Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business)

169
9 min read

Saat ini sejumlah pelanggan bisa didapatkan melalui internet, hingga saat ini internet menjadi salah satu prioritas utama bagi para pemilik bisnis. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja internet dalam dunia bisnis.

Dan salah satu tools yang bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk memaksimalkan bisnis online Anda adalah Google Bisnisku atau Google My Business (GMB). Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan tools yang satu ini. 

Google Bisnisku memiliki fitur-fitur yang bermanfaat, dengan fitur yang ada di dalamnya ini Anda bisa dengan mudah memikat calon pelanggan potensial melalui beragam informasi bisnis yang Anda tampilkan disana.

Lantas, apa saja fitur yang ada di dalam Google Bisnisku tersebut? Dan seberapa besar dampak yang bisa diberikan terhadap kemajuan bisnis? Tenang, kami akan menjelaskan satu persatu dan kita akan mengulasnya dimulai dari apa itu Google Bisnisku?

​Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah salah satu tools keluaran Google yang bisa Anda gunakan untuk mengelola tampilan bisnis, agar muncul di halaman pencarian Google dan juga Google Maps. Apakah Anda pernah membuka salah satu bisnis di pencarian Google dan menampilkan segala informasi tentang bisnis tersebut dari mulai alamat, peta, jam buka, website dan lain sebagainya.

Google Bisnisku atau Contoh Google My Business

Nah tampilan seperti itu bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Bisnisku atau istilah lain Google My Business. Dengan tool tersebut, Anda bisa mengisi informasi tentang bisnis Anda secara terperinci.

Tujuannya adalah untuk memberitahu calon pelanggan potensial Anda, mengenai informasi bisnis Anda ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari Google. Dan yang ditampilkan tidak hanya informasi berupa alamat, jam buka, maps saja. Anda juga bisa mendapatkan review secara langsung dari pelanggan Anda di Google Bisnisku tersebut.

Review tersebut akan memberikan dampak positif untuk bisnis Anda. Karena nantinya akan menarik perhatian calon pelanggan potensial Anda untuk mengetahui bisnis Anda.

​Manfaat Google Bisnisku

Jika Anda masih ragu menggunakan Google Bisnisku, maka simak beberapa manfaat yang kami temukan dari tool Google Bisnisku tersebut.

​Bisnis Lebih Mudah Ditemukan

Salah satu manfaat terbesar dari Google Bisnisku adalah bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan pelanggan potensial. Karena ketika pelanggan mencari bisnis Anda di Google, di pencariannya nanti akan menampilkan berbagai informasi seperti alamat, jam buka, kontak dan website.

Nah dari informasi tersebut, pelanggan potensial tersebut akan menggunakan Google Maps untuk menunjukkan jalan menuju toko Anda nantinya. Tidak hanya itu saja, manfaat Google Bisnisku bisa meningkatkan SEO.

Ketika pelanggan mencari bisnis Anda di Google, kemungkinan besar bisnis Anda akan muncul di halaman pertama pencarian. Apalagi Google Bisnisku memiliki fitur analytics yang bisa membantu Anda untuk melakukan analisis performa bisnis dan menerapkan strategi berikutnya yang lebih tepat.

​Calon Pelanggan Lebih Mudah Mendapatkan Informasi

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Saat ini banyak calon pelanggan melakukan riset online terlebih dahulu sebelum mereka mendatangi toko untuk membeli sesuatu. Nah, tools Google Bisnisku bisa menjadi salah satu solusi untuk memberikan informasi tentang pelanggan agar mereka bisa lebih mudah dan detail mendapatkan informasi tentang bisnis Anda.

Informasi detail, akan membuat pelanggan tidak ragu lagi untuk datang langsung ke tempat bisnis Anda. Misalnya saja, ada seorang pelanggan yang ingin datang ke restoran Anda. Pelanggan tersebut sedang mencari nama restoran Anda di Google dan pelanggan melihat berbagai menu yang ditawarkan, lengkap dengan harganya.

Tidak hanya informasi masakan yang disediakan, hasil pencarian juga memunculkan informasi terkait alamat dan jam bukanya. Nah informasi detail tersebut lebih memudahkan calon pelanggan untuk mengenali bisnis Anda dan segera memutuskan untuk datang ke restoran Anda.

​Kepercayaan Akan Semakin Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, Google Bisnisku memiliki fitur review yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan.

Dengan review tersebut, terutama review positif tentang layanan bisnis Anda yang positif akan lebih mudah meningkatkan kepercayaan calon pelanggan potensial Anda. Ketika mereka melihat review tersebut di Google, maka mereka tidak akan ragu lagi untuk menggunakan layanan atau membeli produk Anda.

Think With Google melakukan penelitian bahwa ada sekitar 88% pelanggan mempercayai review online, hal itu sama dengan merekomendasikan layanan dan produk tersebut kepada orang-orang yang ada di dekatnya.

Sehingga, semakin banyak review positif yang bisa Anda dapatkan. Maka semakin besar kesempatan Anda untuk meraih kepercayaan dan keuntungan yang tinggi nantinya. Tidak heran jika para penggiat bisnis online memasukkan peningkatan review positif sebagai salah satu cara membangun brand awareness di website.

​Cara Mendaftar Bisnis ke Google My Business/Google Bisnisku

Untuk bisa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku, Anda memerlukan akun Google terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan akun Google yang sudah ada atau membuat akun Google baru.

Bagaimana cara mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku? Berikut penjelasannya untuk Anda:

Langkah 1: Sign in/Log in ke akun Google Anda.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Langkah 2: Setelah selesai log in, silahkan kunjungi Google My Business dan klik tombol biru bertuliskan “Kelola Sekarang”.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Langkah 3: Setelah masuk, masukkan nama bisnis Anda untuk ditampilkan di halaman pencarian nantinya.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Langkah 4: Kemudian, pilih kategori bisnis Anda. Misalnya disini adalah toko pakaian dan klik Berikutnya.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Langkah 5: Sekarang masukkan alamat lengkap untuk lokasi bisnis Anda. Nantinya alamat tersebut yang akan muncul di Google Maps sehingga lebih mudah untuk ditemukan oleh pelanggan.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022
Masukkan alamat

Dan klik Berikutnya seperti dalam gambar di atas.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022
Masukkan lokasi toko Anda

Langkah 6: Pilih salah satu Ya atau Tidak.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Langkah 7: Tambahkan info kontak bisnis Anda. (Optional) Anda bisa melewati langkah ini.

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Langkah 8: Sekarang agar Anda bisa sepenuhnya mengelola akun Google Bisnisku secara menyeluruh, perlu adanya verifikasi dan cara verifikasi google bisnisku sangatlah mudah yaitu masukkan nama kontak dan klik tombol kirim. Cek detail di gambar berikut:

Cara Mendaftar Google Bisnisku (Google My Business) - 2022

Nantinya pihak Google akan mengirim kartu pos yang berisi kode verifikasi unik kepada Anda. Untuk mengonfirmasi bahwa bisnis Anda berada di alamat yang tercantum.

Setelah Anda mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan Google, masa berlaku kode tersebut akan berakhir selama 30 hari. Jadi segera masukkan kode tersebut di halaman yang disediakan.

Catatan: Pastikan alamat di google maps yang Anda masukkan sebelumnya akurat, agar kode unik yang nantinya

Selain melalui pengiriman kode unik melalui POS, ada beberapa metode verifikasi lainnya seperti Telepon dan SMS, Email, Perekaman Video dan Panggilan Video Langsung. Hanya untuk beberapa keadaan tertentu terkadang hanya satu metode yang tampil, seperti dalam demo kali ini kami hanya menemukan satu metode verifikasi yaitu melalui pengiriman kode unik via kantor POS.

​Masukkan Kode Verifikasi Google Bisnisku

Setelah Anda mendapatkan kode unik yang dikirimkan Google via kantor pos. Saatnya memasukkan kode tersebut, cara memasukkan kode verifikasi Google Bisnisku ini sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Masuk ke Google Bisnisku.

Langkah 2: Buka lokasi yang ingin Anda verifikasi.

Langkah 3: Klik tombol verifikasi lokasi dan cari tombol verifikasi sekarang.

Langkah 4: Di bagian kolom kode, masukkan kode verifikasi tersebut yang ada pada surat yang Anda dapatkan dari Google.

Langkah 5: Klik kirim.

Anda telah berhasil melakukan verifikasi dan biasanya proses verifikasi ini membutuhkan waktu sampai dengan 3 hari kerja, Anda bisa cek secara berkala di halaman pencarian dan maps.

Sambil menunggu proses verifikasi selesai, Anda bisa melengkapi informasi yang belum terisi. Setelah verifikasi selesai, segera masukkan google maps bisnis Anda ke website. Anda bisa menemukan pembahasan tentang cara menambahkan google maps di website melalui blog Exabytes Indonesia.

Sebarkan Informasi Bisnis Anda di Google dengan Google Bisnisku

Itu beberapa gambaran singkat tentang Google Bisnisku atau beberapa orang menyebutnya Google My Business lengkap dengan penjelasan cara mendaftarkan akun, manfaatnya dan cara kerja Google Bisnisku.

Pada dasarnya, Google My Business adalah tool gratis yang bisa Anda dapatkan untuk memudahkan Anda mengelola bisnis di dunia maya. Dengan Google Bisnisku, informasi yang berkaitan dengan bisnis seperti website, alamat, jam buka toko dan lain sebagainya bisa dengan mudah ditemukan calon pelanggan potensial.

Tidak hanya bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari, website yang Anda tambahkan ke tools tersebut bisa meningkatkan performa SEO lokal menjadi jauh lebih baik lagi. Sederhananya, Google Bisnisku akan membantu visibilitas website Anda.

Bagaimana jika masih belum memiliki website? Tenang, Anda masih bisa mendaftar Google Bisnisku. Hanya saja, jika Anda belum memiliki website kami sarankan untuk segera membuatnya. Sekarang membuat website sangatlah mudah, sudah banyak jasa pembuatan website profesional dengan menawarkan jasa pembuatan website murah yang sesuai dengan budget Anda.

Jadi, tak usah berlama-lama lagi. Yuk segera buat websitenya dan jangan lupa gunakan salah satu layanan hosting dari Exabytes Indonesia ya!

Semoga berhasil meningkatkan bisnisnya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments