7 Strategi Konten Untuk Optimasi Digital Ads Dan SEO

267
7 Strategi Konten Untuk Optimasi Digital Ads dan SEO
Berkah Ramadhan
9 min read

Hi Exabytes Friends! 

Di artikel kali ini, mimin akan membahas sesuatu yang sudah pasti nggak asing ketika kalian membacanya. Dari judulnya saja sudah ketebak, kan? Yup! Kali ini mimin akan membahas tentang 5 Strategi Konten Untuk Optimasi Digital Ads Dan SEO. 

Pada Exabytes Digital Day x RemoteHub tanggal 25 September kemarin, EDD berkesempatan untuk berbincang bersama dengan Erwin Petas selaku SEO Manager dari Kumparan. Pembahasan yang dibahas juga seputar strategi konten untuk optimasi digital ads dan SEO. 

Barangkali kamu lagi mau belajar tentang bagaimana caranya meningkatkan traffic atau hal lain yang berkaitan dengan SEO, kamu boleh banget simak artikel di bawah untuk mengetahui pilar apa saja yang penting dalam menyusun strategi konten untuk optimasi digital ads dan SEO!

So, tanpa panjang lebar yuk simak dulu penjelasan apa itu SEO agar lebih mudah memahami strategi kontennya~

Apa itu SEO?

SEO yang merupakan kependekan dari Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

Strategi Konten Untuk SEO

Lalu kenapa sih masih banyak sekali orang yang nggak bisa memahami cara meningkatkan traffic lewat SEO? Guys, ternyata semua itu butuh strategi konten! Sama hal nya jika kamu ingin mendapatkan sesuatu yang bermakna dalam hidup, kamu pasti membutuhkan strategi. Sama hal nya dengan optimasi digital ads dan SEO. 

7 Strategi Konten Untuk Optimasi Digital Ads dan SEO

Kamu penasaran nggak sih apa aja strategi kontennya? Dibawah ini akan mimin kupas ya apa saja strateginya! So, jangan lupa disimak sampai habis~

1. Keyword Research

Keyword Research

Nah, strategi pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan keyword research. Poin yang satu ini udah nggak usah dijelasin panjang lebar namun mimin yakin beberapa dari kalian pasti sudah paham maksud dan tujuan melakukan keyword research di awal itu apa. 

Kita pun nggak bisa memungkiri bahwa sejatinya menaikan traffic nggak cukup hanya dengan menulis artikel yang asal-asalan. Kamu juga perlu mengetahui apa aja sih keyword yang sedang naik dan banyak dibahas oleh orang-orang atau website dengan traffic yang tinggi. Disinilah dapat terlihat bahwa keyword research sangat diperlukan. Kamu dapat menggunakan tools seperti Ubbersuggest, Google Keyword Planner, dan Google Trends. 

Nah guys, keyword research sendiri juga punya langkah-langkah loh supaya kamu nggak buta kamu harus ngapain. Hal-hal dibawah ini akan bermanfaat banget sih guys kalau kamu tekun dan mempunyai keinginan yang besar dalam memahami dan juga belajar tentang SEO! Nih ya guys mimin kasih langkah-langkah untuk lebih mudah dalam melakukan keyword research~

  • Tentukan niche bisnis
  • Research keyword
  • Tentukan target (ini optional ya guys kamu mau memilih meningkatkan di traffic atau conversion)
  • Sortir keyword yang sudah kamu lakukan sebelumnya
  • Lihat Google Trend. Disini poin yang sangat penting untuk kamu lakukan karena dari sini kamu dapat mengetahui apakah keyword yang kamu tentukan sedang naik atau tidak. 
Baca Juga  Belajar SEO WordPress Untuk Pemula (Lengkap)

2. Konten SEO

Konten SEO

Guys, di langkah ke 2 ini kamu akan mempelajari beberapa poin yang sangat penting pada saat kamu ingin menulis artikel untuk menaikkan traffic SEO. Beberapa dari kamu mungkin pernah membuat konten yang trafficnya nggak naik-naik alias stuck atau kamu yang baru mau memulai menulis masih bingung bagaimana supaya kontenmu tembus traffic SEO. Nah di langkah berikut ini kamu akan membaca serta mempelajari apa saja sih poin-poin yang penting dalam membuat konten SEO. 

Rombak letak keyword

Rombak Letak Keyword

Dalam poin ini artinya kamu harus betul-betul memastikan bahwa keyword targetmu ada di judul, di mata deskripsi, dan di paragraf pertama artikel yang kamu buat. Seperti yang dikatakan Erwin Petas saat EDD lalu, Google sendiri melihat keyword dari judul, deskripsi, kemudian paragraf pertama. Jadi pastikan ketika kamu menentukan suatu keyword, letak keywordnya pun diperhatikan ya guys.

Tulislah konten untuk manusia, optimasi untuk robot

Apa maksudnya poin ini? Nah, mungkin kebanyakan dari kalian masih menulis konten artikel asal-asalan dan nggak memperhatikan paragraf. Disini mimin akan jelasin bahwa tulislah artikelmu untuk manusia, buatlah artikel yang mudah dibaca. 

Tulis konten untuk manusia

Artinya jangan terlalu bertele-tele dan menumpuk kalimat. Apalagi di era saat ini orang-orang nggak hanya membaca lewat PC atau handphone. Dan pembaca pasti malas untuk baca tulisan yang panjang dengan bahasa yang sulit dimengerti. So, pastikan konten artikel yang kamu tulis nggak bertele-tele dan minim spasi serta paragraf ya guys, dengan begitu traffic SEOmu akan naik~

3. Plan Konten Sosial Media

Buatlah konten di sosial media yang menurut kamu berkemungkinan untuk disukai oleh banyak orang. Disini kamu juga perlu memperhatikan konten yang akan kamu buat ada hubungannya atau tidak dengan sesuatu yang sedang kamu bangun. 

Plan konten sosial media

Pastikan juga konten tersebut berdampak baik dan cenderung meningkatkan SEO. Setelah kamu selesai plan konten sosial media, kamu dapat memposting pada waktu yang ramai. Kapan saja waktu yang direkomendasikan untuk memposting sesuatu di sosial media? Nanti mimin jawab dibawah ya!  

4. Buatlah Landing Page Yang Berkaitan 

Di poin ini, mimin akan mengingatkan sekaligus memberi tahu jika kamu belum tahu bahwa Google Ads mempunyai quality score. Apa itu quality score? Quality score adalah salah satu fitur bawaan Google Ads yang dapat menilai iklan yang ingin kamu buat sesuai atau tidak dengan landing pagemu. 

Artinya disini kamu nggak boleh main-main guys~ sebagai contoh kamu ingin mengiklankan makanan viral khas bandung, siomay misalnya, namun landing page yang kamu buat adalah bakso. Hal tersebut akan dinilai jelek oleh Google Ads. Oleh karena itu buatlah landing page yang relevan dengan apa yang ingin kamu iklankan agar mendapat quality score yang baik dari Google. 

Baca Juga  8 Cara Meningkatkan Organic Click Through Rate (CTR) di Google

5. Susun Skema Campaign Dengan Baik

Kalau kamu ingin memaksimalkan SEO dan Google Ads, kamu bisa banget nih guys memakai strategi konten yang diberikan oleh Erwin Petas. Dalam presentasinya kemarin, Erwin Petas membagikan tips dengan mempresentasikan Skema Campaign Google Ads menggunakan Ad Groups yang tersusun dengan baik. Mimin akan jelaskan langkah-langkah dan memberikan penjelasannya berikut ini ya guys! 

Susun skema campaign dengan baik
  • Akun (Siapa yang menjalankan campaign tersebut atau penjual)
  • Campaign (Menjual apa, misal: jual baju wanita)
  • Ad Groups (Baju wanita muslim)
  • Keywords and Bids (Tentukan kata kunci termasuk juga dengan landing page) 
  • Tentukan budget ads 

Diakui oleh Erwin Petas sendiri bahwa langkah-langkah diatas jauh lebih efisien dan campaign yang akan kamu lakukan akan jauh lebih teroptimasi dengan baik.  

6. Waktu Yang Tepat Untuk Posting Di Sosial Media

Waktu yang tepat untuk posting di sosial media

Bagi kamu yang memiliki bisnis online atau bekerja di ranah media sosial dan masih mempunyai masalah dengan jam posting konten yang tepat, kamu perlu banget nih menyimak yang satu ini karena akan sangat berguna lho guys untuk keberlangsungan meningkatkan traffic SEOmu~ 

Data yang diambil dari sproutsocial menjabarkan waktu terbaik untuk posting di beberapa media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram. Diantaranya sebagai berikut:

Facebook

  • Jam terbaik: Rabu, 11 a.m -12 p.m
  • Hari terbaik: Rabu
  • Hari yang tidak disarankan: Minggu

Twitter

  • Jam terbaik: 9 a.m.
  • Hari terbaik: Rabu dan Jumat
  • Hari yang tidak disarankan: Sabtu 

Instagram 

  • Jam terbaik: Rabu, 11 a.m dan Jumat dari 10 a.m – 11 a.m 
  • Hari terbaik: Rabu
  • Hari yang tidak disarankan: Minggu

Namun karena saat ini WFH dan sedang pandemi, semua waktu fleksibel dan nggak ada kemungkinan bagus atau nggak bagus pada saat memposting konten tersebut. “Menurut saya jangan jam malam sih, karena malam kan waktunya orang istirahat,” ujar Erwin di tengah presentasinya membahas tentang Strategi Konten Optimasi SEO Dan Digital Ads. 

Tuh guys buat kamu yang masih cuek sama waktu posting di media sosial, coba mulai sekarang lebih diperhatikan lagi dan jangan sampai asal posting ya! Kamu harus memperhatikan hal ini guna meningkatkan traffic juga lho.

7. Monitoring

Monitoring

Terakhir adalah memonitoring iklan dan postinganmu. Seperti berapa banyak postingan dan iklan tersebut dilihat orang, seberapa tinggi traffic yang didapatkan, dan pastinya seberapa besar audience engage dengan konten yang kamu buat. Dengan melakukan monitor, kamu bisa tahu apa mana yang efektif dan yang perlu kamu tingkatkan untuk membuat rencana selanjutnya.

Nah itulah tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu menginginkan optimasi SEO dan Digital Adsmu. Ikuti strategi konten yang sudah mimin kasih di atas ya guys!

Jangan cuma 1 atau 2 poin saja yang diikuti, tapi 7 langkah diatas wajib dan perlu kamu lakukan jika kamu ingin memaksimalkan kinerja SEO dan Digital Ads. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba guys!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan