Membuat Strategi Pembelian Domain: Apa Saja Yang Perlu Diketahui

0
1692

Apa yang kamu khawatirkan perihal pembelian domain? Apakah takut salah pilih domain atau khawatir melakukan kesalahan memilih domain? Atau mungkin kamu khawatir tidak mendapatkan layanan dan dukungan pelanggan yang baik? 

Coba atur strategi pembelian domain yang akan membantu kamu dalam membuat keputusan yang tepat saat membeli domain.

Mengenal Domain dan Fungsinya

mengenal domain dan cara membangun strategi pembelian domain
Sumber: pixabay

Sering mendengar istilah domain tetapi belum tahu apa itu domain dan fungsinya? Domain menjadi bukti nyata situs web berada di internet. Domain merupakan pengganti alamat internet protocol (IP) agar bisa lebih mudah dikenali. 

Berbeda dengan IP yang berisi sederet angka yang sulit untuk diingat, nama domain biasanya terdiri dari beberapa karakter atau kata saja.

Bahkan, tidak sedikit pihak yang menggunakan nama domain pendek dan singkat namun unik yang terdiri tidak lebih dari 5 karakter.

www.exabytes.co.id adalah contoh nama domain yang akan membantu pengguna internet menemukan siapa dibalik keberadaan situs web tersebut. Dimana www merupakan bagian ketiga, exabytes adalah bagian kedua, dan .co.id adalah top level domain atau TLD.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang apa itu TLD melalui artikel satu ini.

Lalu, apa fungsi domain? Domain memiliki fungsi yang tidak boleh kamu sepelekan karena dapat mempermudah pengunjung untuk bisa mengakses situs web yang mereka cari tanpa harus mengetikkan alamat IP. 

Itu artinya, pengunjung tidak harus menghafal deretan angka karena domain akan jauh lebih mudah diingat dan diketik dengan benar.

Meski demikian, tidak mudah memilih nama domain. Untuk bisa mendapatkan domain yang unik dan mampu mencerminkan sebuah brand atau produk, diperlukan cara yang tepat dalam memilih domain. Bahkan kamu juga harus memiliki strategi pembelian domain yang tepat.

Membuat Strategi Pembelian Domain: Apa Saja Yang Perlu Diketahui - 2024

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Domain

membuat strategi pembelian domain
Sumber: pixabay

Berbicara tentang strategi pembelian domain, apa saja yang harus seseorang ketahui sebelum memutuskan untuk membeli nama domain? Apakah cukup dengan mengecek ketersediaan domain untuk memastikan bahwa domain pilihannya belum digunakan oleh pihak manapun?

Untuk bisa membangun strategi pembelian domain, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui dan pahami dengan baik:

Tentukan Nama Domain Beserta Ekstensinya

Sudah punya nama brand atau rencana ide nama domain? Menentukan nama domain beserta ekstensinya merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun strategi pembelian domain.

Memilih nama domain yang tepat memang perlu trik dan tidak jarang menjadi tantangan, terutama bagi para pemula. Apabila sudah memiliki nama brand atau produk yang dikenal khalayak, kamu bisa mencoba menggunakan nama brand tersebut.

Sebaliknya, jika ini kali pertama kamu berencana memulai bisnis baik dengan menawarkan produk atau jasa, pertimbangkan nama domain yang akan sangat menjual, brandable, unik, dan mudah diingat.

Pemilihan ekstensi juga menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui. Saat ini, ada banyak jenis ekstensi domain baik yang bisa digunakan secara umum maupun dibuat khusus untuk pihak tertentu.

Beberapa ekstensi domain yang tidak bisa digunakan oleh berbagai pihak secara bebas diantaranya adalah domain.SCH, domain.GOV, domain.EDU, domain.ORG, dan ekstensi lain yang hadir dengan persyaratan khusus. Artinya, hanya pihak yang memenuhi persyaratan tersebut yang bisa menggunakan jenis ekstensi yang disebutkan.

Pernah mendengar tentang penggunaan domain.NET? Domain satu ini bisa menjadi salah satu pilihan ekstensi domain bagi yang ingin membangun situs web yang berhubungan dengan bidang teknologi jaringan. NET merupakan singkatan dari network atau jaringan.

Kenali lebih jauh tentang domain.NET serta kelebihannya melalui artikel ini!

Cek Terlebih Dahulu Ketersediaan Nama Domain

cek ketersediaan domain
Sumber: pixabay

Sudah susah payah mencari nama domain yang cocok namun ternyata tidak bisa kamu beli? Salah satu hal yang perlu kamu ingat dengan baik adalah bahwa kamu bukanlah satu-satunya orang yang ingin menggunakan sebuah nama domain tertentu. 

Di belahan dunia lain, mungkin banyak pihak lain yang juga tertarik dengan nama domain pilihanmu meskipun kalian tidak saling mengenal sama sekali. Jadi, agar bisa menggunakan nama domain pilihan, pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. 

Cek ketersediaan domain dengan mudah secara online, seperti melalui laman Exabytes atau dengan mengunjungi situs web WHOIS.

Apabila domain masih tersedia, artinya kamu bisa menggunakan nama domain tersebut. Namun, tentu saja kamu harus terlebih dahulu membeli domain tersebut agar tidak didaftarkan oleh pihak lain.

Tidak tahu dimana harus membeli domain? Mengapa tidak menghubungi Exabytes yang juga memungkinkanmu mendapatkan domain murah dengan harga yang begitu ramah kantong?

Apabila domain sudah tidak tersedia, jangan berkecil hati. Kamu bisa mencoba alternatif, misalnya dengan memilih ekstensi domain yang berbeda. Jika sebelumnya kamu memilih ekstensi domain.COM, gunakan ekstensi domain lain sebagai alternatif. 

Coba cek beberapa ekstensi domain unik yang memungkinkanmu mendapatkan domain yang diinginkan serta tampil beda.

Jangan Lupa Untuk Mengecek Riwayat Domain

cek history domain

Strategi pembelian domain yang tepat akan sangat membantu dalam mendapatkan nama domain yang cocok. Domain diperlukan agar bisa membuat situs web. Domain adalah alamat situs web yang akan mengantarkan pengguna internet menuju situs web milikmu.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengecek riwayat domain tersebut, terlebih jika domain tersebut sebelumnya pernah digunakan oleh pihak lain. Sayangnya, tidak semua orang sadar betapa pentingnya mengetahui riwayat domain yang mereka beli.

Pastikan bahwa domain tersebut digunakan dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Artinya, domain tidak digunakan untuk tindak kejahatan siber. Untuk mengecek riwayat domain, kamu bisa mengunjungi situs archive.org.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengetikkan nama domain yang kamu inginkan dan tunggu hingga hasilnya muncul di layar perangkat. Hanya domain yang pernah digunakan yang memiliki riwayat penggunaan. 

Apabila kamu tidak menemukan rekam jejak apapun pada domain incaranmu, itu artinya belum pernah ada yang menggunakan domain tersebut.

Pilih Registrar Domain Terpercaya

Masih seputar strategi pembelian domain, hal penting lain yang harus kamu perhatikan adalah memastikan bahwa registrar domain pilihanmu benar-benar terpercaya. Registrar adalah perusahaan atau organisasi yang mendapatkan akreditasi dari registry untuk bisa melayani pendaftaran nama domain.

Dengan kata lain, registrar juga bisa kita kenali sebagai penyedia domain terbaik di negara tertentu, seperti Exabytes di Indonesia. Privasi menjadi hal sensitif dan krusial sehingga perlu dilindungi. Oleh karena itu, privasi menjadi alasan mengapa kamu harus menemukan registrar yang bisa dipercaya.

Kali pertama mendengar istilah registrar dan registry? Apa perbedaan keduanya? Coba simak perbedaan registry, registar, dan registrant di artikel satu ini.

Waspadai Biaya Tersembunyi

Seperti pada poin sebelumnya bahwa penting untuk memilih registrar terpercaya. Selain untuk alasan privasi, biaya juga menjadi alasan yang masuk akal untuk berhati-hati dalam memilih penyedia domain.

Saat memutuskan untuk membeli domain, kamu harus mewaspadai biaya tersembunyi yang akan membebanimu. Agar tidak terjebak dengan biaya tersembunyi, tinjau persyaratan layanan registrar. Dimana kamu bisa melihat apakah ada persyaratan, kewajiban, atau biaya yang meragukan.

Selain itu, kamu juga harus memeriksa dengan baik perihal biaya perpanjangan domain. Apabila memang harus membayar biaya tambahan misalkan untuk mendapatkan fitur tertentu, pastikan informasi tersebut jelas di awal pembelian. Jadi, kamu bisa memastikan apakah domain tersebut sesuai dengan budget atau tidak.

Pahami Cara Melindungi Privasi Domain

strategi pembelian domain dengan melindungi privasi domain
Sumber: pixabay

Privasi domain bukan sesuatu yang bisa ditawar untuk alasan apapun. Itulah kenapa kamu harus memahami cara melindunginya. Data yang kamu bagikan saat membuat akun di portal penyedia domain juga berfungsi sebagai syarat pendaftaran domain.

Meski merupakan persyaratan yang harus kamu penuhi, tetapi data tersebut bisa diakses secara publik. Itu artinya, siapapun bisa melihat informasi tersebut saat memeriksa domain di WHOIS record.

Apabila kamu ingin melindungi privasi domain, ada layanan domain privacy protection yang bisa kamu beli dari Exabytes. Dengan layanan tersebut, kamu bisa memastikan bahwa informasi tentang domain milikmu akan dibatasi saat orang-orang mengakses WHOIS untuk memeriksa domain yang kamu punya.

Manfaatkan Promo Atau Kupon

Tampaknya strategi pembelian domain satu ini banyak disukai. Ya, saat membeli domain, kamu bisa memanfaatkan promo atau kupon yang ditawarkan oleh penyedia domain. 

Apabila tidak menemukan informasi seputar promo yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan domain dengan harga terbaik, tidak ada salahnya menanyakan hal tersebut.

Pentingnya Mendapatkan Layanan Terbaik dari Customer Support

Meski banyak perusahaan yang saat ini menyediakan layanan pembelian domain, tetapi layanan yang diberikan berbeda. Untuk pembelian domain, akan lebih baik apabila mendapatkan layanan terbaik dari customer support. 

Apabila terjadi kendala atau masalah dengan penggunaan domain yang kamu beli, tim ahli akan dengan senang hati membantu mengatasi masalah tersebut.

Beli Domain Sekarang Juga

Dengan berbekal strategi pembelian domain yang tepat, kamu bisa meminimalisir kekhawatiran yang tiba-tiba muncul. Dengan begitu, kamu bisa lebih awal mendapatkan domain incaran sebelum didaftarkan oleh pihak lain yang juga ingin menggunakan domain tersebut.

Sudah punya nama domain pilihan namun masih ragu untuk mendaftarkannya? Mungkin kamu bisa menghubungi Exabytes yang akan membantu mendapatkan domain pilihan terbaik, termasuk domain murah.

Membuat Strategi Pembelian Domain: Apa Saja Yang Perlu Diketahui - 2024

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments