Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress

425
Membuat Website dengan WordPress
11 min read

Exabytes Friends, pernah nggak sih kamu berpikir ingin membuat website tapi nggak ngerti coding? Lalu kalau nggak bisa coding masa nggak bisa punya website sih? Eits, kamu bisa memanfaatkan platform WordPress lho guys! 

Kehadiran WordPress terbukti memudahkan semua blogger atau pebisnis untuk membuat sebuah website. Tidak perlu lagi menggunakan coding yang sulit dipahami. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang sudah disediakan untuk memaksimalkan website. Membuat website tidak lagi sulit, deh!

Mungkin banyak nih dari kamu yang belum paham langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat website dengan WordPress. Apa aja sih yang harus kamu lakukan? Yuk simak 9 langkah membuat website dengan WordPress yang bisa kamu ikuti pada artikel di bawah!

Apa Itu WordPress?

WordPress, platform untuk membuat website

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang WordPress yang cukup populer digunakan oleh para blogger. Namun, kamu tahu nggak sebenarnya apa itu WordPress? 

WordPress merupakan platform CMS (Content Management System) yang memiliki fungsi untuk membuat, membaca, mengupdate, dan menghapus data pada website yang dibangun. WordPress itu sendiri dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.

Pada WordPress juga disediakan fitur-fitur yang memudahkan seseorang untuk membuat website tanpa perlu memahami bahasa pemrograman yang rumit nih, guys. Jadi, kamu bisa membuat website tanpa perlu coding!

Langkah Membuat Website dengan WordPress

Membuat website dengan WordPress itu memang jauh lebih mudah. Namun, kamu juga harus mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan untuk membuatnya biar nggak salah langkah, nih. Nah, mimin bantu berikan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah dibawah ini, ya!

1. Tentukan Jenis Website

Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress - 2021

Sebelum mulai membuat website dengan WordPress, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tujuan pembuatan website tersebut. Apa kegunaan website tersebut? Apakah akan digunakan untuk pribadi atau untuk sebuah bisnis?

Hal ini akan memudahkan kamu mengetahui konsep seperti apa yang akan digunakan, tema, dan hal apa saja yang harus kamu ada pada website tersebut. Berikut ini merupakan beberapa jenis website yang paling sering digunakan:

  • Website Toko Online

Jenis website ini digunakan sebagai platform jual-beli barang atau jasa secara online. Jika kamu ingin melakukan bisnis secara online, website merupakan hal penting yang tidak bisa kamu lewatkan, nih! Website bisa membuat bisnis kamu lebih terpercaya, lho.

Website toko online yang kamu buat juga harus memiliki isi dan struktur yang lengkap dan memudahkan pelanggan. Mulai dari detail produk, opsi pengiriman, cara pembayaran, dan lainnya.

  • Blog atau Website Pribadi

Blog merupakan salah satu jenis website yang cukup populer, nih. Pasti kamu juga sudah sering mendengar blog atau blogger atau semacamnya. Sebuah blog biasanya mengutamakan update informasi terbaru. Tidak heran jika sebuah blog berisi konten-konten yang up to date dan memiliki audiens tersendiri.

Tidak hanya untuk pribadi, sebuah blog banyak digunakan oleh perusahaan atau pebisnis, lho! Hal ini dikarenakan sebuah blog sangat berpengaruh dalam meningkatkan trafik website dan engagement, guys.

  • Website Portofolio

Kamu juga bisa memanfaatkan sebuah website untuk portofolio kamu, lho. Website jenis ini digunakan untuk memajang hasil karya atau keterampilan kamu. Portofolio online ini akan memudahkan siapapun dan dimanapun orang tersebut untuk mengetahui keahlian yang kamu miliki. Lumayan kan kalau tiba-tiba kamu mendapatkan tawaran pekerjaan menggiurkan dari portofolio online-mu!

  • Situs Berita

Website Situs Berita bisa kamu gunakan sebagai platform untuk menyampaikan artikel terkait berita terbaru. Buatlah bayangan situs berita seperti apa yang ingin kamu buat. Misalnya situs berita yang membahas berita pada wilayah tertentu saja, atau hanya niche tertentu yang akan dibahas.

  • Website Forum

Jenis website ini biasanya digunakan sebagai platform untuk berbagi informasi pada sebuah komunitas. Membuat website forum akan sangat berguna jika komunitas tersebut memiliki anggota yang berasal dari berbagai lokasi nih, guys. Sehingga informasi maupun hanya sekedar silahturahim dan bertukar pendapat tetap bisa berjalan tanpa terhambat jarak.

Baca Juga  10 Fakta Menarik Membuat Website dengan WordPress di Exabytes Sangat Mudah

2. Memilih Hosting dan Domain

Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress - 2021

Tak hanya membuat website dengan WordPress saja, semua jenis website selalu membutuhkan hosting dan domain, lho. Hal ini dilakukan agar website kamu bisa diakses oleh semua orang. Lalu apa sih Hosting dan Domain itu? 

Hosting adalah layanan untuk menaruh data-data dan membuat website kamu menjadi online agar bisa diakses oleh pengguna. Jadi, kalau kamu tidak menggunakan hosting, maka data-data website tidak memiliki tempat penyimpanan dan tentunya tidak bisa diakses oleh pengguna.

Pastikan layanan hosting yang kamu pilih memenuhi syarat-syarat dibawah ini:

  • Keamanan data yang terjamin
  • Proses loading yang cepat
  • Pelayanan pelanggan yang cepat dan selalu ada 24/7
  • Kapasitas RAM yang sesuai dengan jenis website
Ekstensi domain dalam website

Sedangkan domain merupakan nama alamat yang ditujukan kepada sebuah website tertentu. Domain ini digunakan sebagai pengganti alamat IP nih guys. Alamat IP yang berisi angka yang rumit akan menyusahkan pengguna mencari website kamu, bukan? Pelanggan akan kesusahan menemukan website kamu. Maka dari itu dibuatlah sebuah nama domain agar website kamu mudah dicari dan diingat oleh pengguna.

Buatlah nama domain yang kamu mudah dibaca dan menggambarkan websitemu, ya. Misalnya jika kamu ingin membuat website untuk bisnis maka kamu bisa membuat domain seperti www.namabisniskamu.com. Gunakan pula ekstensi domain yang sudah populer di masyarakat seperti .COM, .ID, .NET, dan lainnya. Sesuaikan ekstensi dengan jenis website kamu juga ya, Exabytes Friends!

Nggak perlu khawatir, jika kamu bingung tentang domain dan hosting, kamu bisa berkonsultasi ke tim profesional Exabytes Indonesia lho.

3. Install WordPress

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk membuat website yaitu memiliki platform WordPress. Kamu bisa melakukan instalasi seperti langkah dibawah ini.

Log In cPanel

Sebelum melakukan instalasi WordPress, kamu perlu melakukan login ke akun cPanel terlebih dahulu. Masukkan alamat URL dengan cara memasukkan nama domain website lalu tambahkan /cPanel. Misalnya http://namadomainkamu/cpanel.

Setelah itu masukkan username dan password akun cPanel milikmu. Jika proses login berhasil, maka layar akan beralih ke halaman utama cPanel.

Klik Softaculous Installer

Setelah berhasil login ke cPanel, scroll halaman ke bawah sampai menemukan kolom bagian Softaculous Apps Installer atau kamu bisa melakukan pencarian pada search box dan ketik “Softaculous”. Setelah itu klik logo WordPress pada kolom tersebut.

Install Now

Tekan tombol Install Now berwarna biru pada bagian tengah layar. 

Klik Choose Domain

Klik Choose Domain (Kamu bisa mengabaikan kolom In Directory yang tertera) lalu pilih domain website kamu.

Isi Data Website

Tulis nama website kamu pada bagian Site Name, dan deskripsi website pada bagian Site Description.

Masukkan data Admin Account

Pada bagian ini, masukkan username, password, dan email milikmu. Pastikan kamu mengingat username dan password karena akan digunakan sebagai akses untuk masuk ke dashboard WordPress kamu.

Instalasi Selesai

Selesai! Jika kamu berhasil mengunduh, maka akan muncul notifikasi yang berisi alamat website dan Administrative URL ke dashboard admin.

4. Login ke Dashboard WordPress

Setelah berhasil melakukan instalasi, kamu perlu login ke dashboard WordPress. Caranya yaitu dengan membuka URL www.namadomainkamu.com/wp-admin. Lalu masukkan username dan password yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya.

Jika berhasil, maka tampilan layarmu akan seperti ini.

Contoh ilustrasi dashboard di WordPress

5. Tentukan Tema Website

Ketika baru saja mengunduh WordPress, maka tema website yang ditampilkan yaitu disesuaikan dengan default. Desain dan struktur website masih simple dan polos. Nah, kamu bisa mengganti tema untuk website dan mengeditnya agar sesuai dengan keinginanmu, lho.

Cara menentukan tema WordPress

Untuk mengubah tema, klik Appearance pada menu di sebelah kiri > Themes

Lalu klik Add New

Selanjutnya layar akan menampilkan banyak sekali tema gratis yang bisa kamu pilih. Pastikan tema yang kamu pilih sesuai dengan jenis websitemu, ya! Cari tema dengan struktur dan desain yang cukup menggambarkan website kamu agar tidak terlalu banyak kustomisasi yang dilakukan.

Klik Install > Activate. Tema yang baru sudah aktif, deh! (Jika ingin mengedit tampilan tema yang telah dipilih, kamu bisa klik “Customize” dan tinggal menyesuaikan saja dengan keinginanmu)

6. Ganti Permalink

Permalink yang dianggap bagus oleh Google harus berisi judul dan kata kunci lho, guys. Namun, permalink default yang otomatis dibuat oleh WordPress biasanya sangat panjang dan berisi angka atau tahun.

Baca Juga  Ini Dia 9 Rekomendasi Plugin Migrasi WordPress Yang Patut Dipakai!

Nah, kamu bisa mengganti permalink tersebut dengan cara klik Settings > Permalinks > Post Name > Save Changes. Secara otomatis, permalink kamu akan berubah sesuai yang kamu tulis.

7. Install Plugin Pada WordPress

Langkah membuat website dengan WordPress selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengunduh berbagai plugin gratis yang tersedia pada WordPress, ya! Plugin merupakan sebuah program tambahan yang dirancang untuk menjalankan fungsi khusus pada website. Nah, kamu bisa banget nih menginstall beberapa plugin yang populer digunakan untuk memaksimalkan website kamu.

Berikut beberapa plugin wordpress populer yang banyak digunakan:

  • Yoast SEO yang merupakan salah satu plugin SEO terbaik yang dapat menilai konten kamu sudah SEO Friendly atau belum. Mulai dari keyword, struktur, judul, dan lainnya yang mempengaruhi Google untuk memberikan peringkat website kamu.
  • Elementor merupakan salah satu plugin yang bisa membantu kamu membuat desain website lebih menarik dan terstruktur.
  • Smart Slider merupakan plugin untuk membuat slider pada website, dan lainnya.

Kamu bisa melakukan instalasi plugin pada WordPress dengan cara klik Plugin > Add New

Kemudian pilih plugin yang menurut kamu penting untuk keberlangsungan website yang kamu buat.

8. Buat Halaman Website (Page)

Walaupun telah menggunakan tema gratis pada WordPress, namun pasti ada beberapa bagian yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya saja terkait halaman pada website. Misalnya halaman Home, About Us, Contact, dan lainnya. Tenang aja, guys! Kamu bisa menambah atau mengurangi halaman pada website kamu, lho.

Berikut cara menambah page pada website kamu:

Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress - 2021

Klik Pages pada bagian kiri layar, lalu klik Add New untuk menambahkan halaman baru.

Masukkan Permalink, Title, dan Content untuk halaman tersebut. Lalu klik Publish.

Permalink : Alamat URL untuk yang akan tertuju pada halaman yang kamu buat.

Title : Judul atau nama halaman. Misalnya kamu ingin membuat halaman Home, maka tulis pada bagian judul “Home”

Content : Bagian isi pada halaman tersebut. Kamu bisa menuliskan kalimat yang nantinya akan ditampilkan saat pengunjung membuka halaman tersebut.

Nah, jika kamu ingin memasukkan halaman tersebut ke dalam menu utama, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress - 2021

Klik Appearance > Menu

Nggak Pake Coding! 9 Langkah Membuat Website dengan WordPress - 2021

Layar kamu akan berubah tampilannya menjadi seperti gambar diatas. Lalu ikuti langkah di bawah ini sesuai dengan nomor urut yang tertera pada gambar:

  1. Cantumkan nama untuk menu website.
  2. Klik kolom ceklis pada bagian kiri layar seperti pada gambar. Kamu bisa klik semua halaman yang ingin ditampilkan pada website.
  3. Klik Add to Menu, lalu secara otomatis halaman tersebut telah muncul pada bagian menu.
  4. Sesuaikan struktur menu dengan drag & drop pada halaman-halaman tersebut.
  5. Klik Primary Menu sampai muncul tanda ceklis.
  6. Klik Save Menu. Maka halaman kamu sudah pasti ada pada menu utama website kamu.

9. Buat Slider

Slider akan sangat mempercantik tampilan website kamu lho, guys! Mimin sarankan untuk mengunduh plugin Smart Slider agar langkah ini lebih mudah dilakukan. 

  1. Klik Smart Slider > New Slider
  2. Masukkan nama untuk slider tersebut.
  3. Lalu pilih preset yang kamu inginkan, dan tekan tombol Create.
  4. Setelah itu, klik Add Slide dan pilih gambar atau video sesuai yang ingin kamu masukkan ke dalam slider tersebut.
  5. Jika ingin mengedit gambar tersebut, kamu bisa klik Edit pada tengah gambar yang telah di upload. Lalu jika sudah selesai, klik Save.
  6. Klik Pages > All Pages.
  7. Klik halaman yang ingin ditambahkan slider tersebut, lalu klik Edit with Elementor.
  8. Setelah itu, klik fitur Smart Slider dan drag slider tersebut ke posisi yang kamu inginkan. Lalu klik Update.

Nah, website kamu sudah jadi deh! Mudah sekali bukan membuat website dengan WordPress? Kini kamu sudah bisa memasukkan konten-konten dan informasi yang ingin dicantumkan sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan website kamu aktif dan dikelola dengan baik juga ya guys! Semoga langkah yang mimin berikan diatas cukup membantu kamu untuk membuat website atau blog ya.

Jika kamu membutuhkan bantuan profesional untuk membuat website, kamu bisa menghubungi Exabytes Indonesia. Atau bila ingin performa website kamu lebih maksimal, kamu perlu berlangganan WordPress Hosting. Jangan khawatir, Exabytes pun menyediakan layanan WordPress hosting Indonesia dengan harga terjangkau namun berkualitas dan memiliki banyak keuntungan.

Selamat mencoba, Exabytes Friends!

Credit: Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak