Tips Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran

37
2 min read

Hi Exabytes Friends!

Tidak terasa Hari Raya Lebaran telah berlalu.

Menjaga kesehatan tubuh setelah Lebaran sangatlah penting apalagi selama Lebaran makanan dan minuman yang kita konsumsi berkalori tinggi. Rutinitas dan kegiatan yang dilakukan saat puasa dan lebaran tentunya akan berbeda dengan sesudah Lebaran. Jika kita tetap melakukan rutinitas yang sama dengan pada saat puasa, kondisi tubuh kita akan menurun. Dibawah ini beberapa tips untuk menjaga pola hidup setelah Lebaran.

Banyak mengkonsumsi air putih

Saat Puasa dan Lebaran, tubuh pastinya kekurangan air dan lebih lagi ditambah dengan minuman manis yang tidak baik untuk kesehatan. Cobalah untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat melakukan aktivitas. Jangan lupa juga untuk menghindari minuman yang bergula yang dapat berdampak buruk untuk pencernaan.

Hindari minuman manis dan bergula

Minuman bergula pastinya banyak dikonsumsi saat puasa yang justru bukan lah kebiasaan yang baik jika dilanjutkan. Jika ingin menerapkan pola hidup yang sehat, ganti minuman manis dan juga bergula dengan air putih yang baik untuk tubuh.

Olahraga

Selama puasa, kita akan merasa malas untuk berolahraga karena tubuh merasa capai dan lemas. Begitu juga saat Lebaran, kita akan merasa malas sekali untuk olahraga dan hanya makan banyak. Kebiasaan ini tidaklah sehat yang nantinya akan mengganggu kesehatan dan juga akan mempengaruhi kegiatan sehari hari yang dilakukan. Mulailah berolahraga untuk membakar kalori dan juga pola hidup yang sehat.

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan sangatlah sulit dijalankan jika kita masih mengikuti kebiasaan saat puasa dan Lebaran, yaitu makan dengan porsi yang cukup besar saat berbuka ditambah dengan makanan bergula yang biasanya dikonsumsi cukup sering saat menjalankan puasa dan juga Lebaran. Coba kurangi porsi makan dan juga makanan manis yang biasanya dihidangkan sesudah makan.

Memperbaiki pola tidur

Saat puasa dan Lebaran, pola tidur kita tetap sama karena tubuh telah terbiasa untuk bangun pagi meskipun tidak lagi makan sahur. Lalu tubuh akan terasa capai saat memasuki siang hari dan akan merasa kantuk lebih cepat. Jika pola tidur seperti ini dilanjutkan, badan akan mudah terkena penyakit. Memperbaiki pola tidur merupakan hal yang penting yang nantinya akan mempengaruhi kegiatan sehari hari. Setelah Lebaran, cobalah memperbaiki pola tidur dengan tidur 7 – 8 jam per hari. Usahakan untuk bangun pagi diatas jam sahur dan tidur sebelum tengah malam.

Sekian Tips Menjaga Kesehatan Setelah Puasa dan Lebaran dari Exabytes. Selamat kembali ke rutinitas dan terus semangat

(Credit to: Claudia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here