Tren Web Design Tahun 2023 Yang Wajib Dilakukan Desinger

0
2366

Kesan pengunjung situs web, 94% terkait dengan desain website. Oleh karena itu, penting untuk membuat desain yang baik. Untuk memastikan bahwa situs web kamu dapat menarik pengunjung, kamu perlu mengetahui tren web design yang terbaru.

Namun, saat membuat sebuah website, kamu sebagai seorang desainer bisa kebingungan dalam mencari inspirasi web design yang menarik. Apa tren web design tahun 2023 nanti?

Nah, kamu tidak salah tempat. Pada artikel ini, kamu akan menemukan tren web design tahun 2023 untuk membantu kamu merancang situs web yang sukses!

8 Tren Web Design Tahun 2023

Meneliti tren web design tahun 2023 sendiri pasti akan memakan banyak waktu. Tapi, tidak perlu khawatir. Kami telah mengumpulkan tren web design yang menarik untuk kamu.

tren web design tahun 2023

Berikut adalah tren web design yang perlu kamu ketahui.

Dark Mode

Banyak desainer web dan aplikasi sudah mulai memasukkan dark mode ke dalam produk mereka.

Pemberian dark mode pada desain web lebih memudahkan pengunjung jika ingin mengutamakan kenyamanan mata saat membaca konten pada suatu website.

Seiring dengan fitur praktisnya, menambahkan opsi dark mode ke situs web kamu akan memberikan tampilan baru dengan aksen warna yang berbeda dan menarik.

Aksesibilitas

Membuat desain web yang mudah diakses adalah hal mendasar, tetapi kamu tetap harus memperhatikan tren pada tahun 2023.

Aksesibilitas yang disebutkan tidak hanya mudah digunakan atau ramah pengguna, tetapi juga memastikan bahwa setiap orang yang mengunjungi situs dapat mengakses hal-hal yang ingin mereka lakukan.

Untuk membuat desain yang dapat diakses, kamu mungkin perlu memenuhi persyaratan tertentu. Semuanya dilakukan agar desain web kemudian dapat beradaptasi dengan keragaman.

Bold Color

Salah satu elemen web design yang bisa kamu evaluasi untuk tren 2023 adalah pemilihan warna. Warna memiliki pengaruh yang besar bagi pengunjung website, tidak hanya dari segi estetika tetapi juga dari segi identitas brand.

Salah satu tren web design terbesar untuk tahun 2023 adalah penggunaan warna-warna berani. Ini cara yang bagus untuk membantu situs web yang kamu rancang tampil menonjol dan memberikan konsep yang segar dan unik.

Tak hanya warna-warna cerah, tren hitam putih dengan akses warna bold juga akan hadir di tahun 2023.

Tipografi

Tipografi adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi pengalaman pengunjung situs web.

Kamu harus memastikan bahwa desain jenis huruf yang digunakan dapat terbaca dengan jelas. Tipografi tebal akan menjadi salah satu tren web design tahun 2023.

Tren ini akan sangat meningkatkan tipografi halaman web, namun tetap terbaca meski diakses melalui perangkat mobile atau smartphone.

Menggunakan jenis huruf yang tepat juga dapat menanamkan kepercayaan pada pengunjung kamu dan meningkatkan desain website kamu, lho!

Penggunaan GIF

Lewatlah sudah hari-hari ketika web design hanya menampilkan gambar dalam konten, pengguna cenderung mudah bosan dengan antarmuka ini. Salah satu tren web design tahun 2023 yang bisa kita prediksi adalah penggabungan GIF ke dalam konten website.

GIF adalah animasi atau video pendek (1 hingga 4 detik) tanpa suara. Ini tidak hanya membantu pengguna terhubung lebih banyak dan informasi ditransmisikan lebih efisien, tetapi juga membuat pengguna tinggal lebih lama di situs.

Kamu juga dapat menambahkan desain unik dan elemen lain untuk pengalaman yang lebih baik.

Voice Optimization

Pada tahun 2022, penggunaan voice shopping menjadi industri bernilai tinggi.

Semakin banyak perusahaan dan merek menggunakan opsi pencarian suara di situs web mereka, yang merupakan pendahulu tren web design tahun 2023.

Kamu harus dapat mengoptimalkan desain web kamu menggunakan mesin pencari suara atau pengoptimalan suara jika kamu ingin mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Seperti yang kamu ketahui, peringkat di mesin pencari sangat bagus untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

tren web design di tahun 2023

Artificial Intelligence

Penggunaan AI telah meluas dan merambah hampir di setiap industri, mulai pemasaran hingga desain web. Saat kamu menerapkan teknologi AI pada situs web yang kamu desain, kamu dapat menggunakan data tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengunjung kamu.

Salah satu cara termudah untuk menerapkan AI ke situs web adalah dengan menggunakan chatbot.

Misalnya, banyak situs web yang menggunakan chatbot untuk menanggapi masalah atau keluhan apa pun yang disampaikan oleh pengguna.

Virtual Reality

Pengalaman VR atau virual reality akan terus menjadi arus utama di tahun 2023.

Contoh situs web yang menggunakan realitas virtual adalah Airbnb. Mereka membantu kamu melihat dan “berkeliling” asrama atau kamar yang akan kamu pesan.

Contoh lain yang tak kalah populer adalah IKEA, yang biasa digunakan untuk mencocokan furnitur yang akan dibeli dengan ruangan yang kamu miliki.

Virtual reality dapat menjadi alat yang ampuh untuk situs web serta alat bantu pemasaran dan penjualan.

Update Terus Tren Web Design Agar Website Kamu Tetap Kekinian!

Sudahkah website kamu mengikuti tren web design di atas? Jika belum, sekarang mungkin saat yang tepat untuk mempertimbangkan memperbarui desain situs web kamu!

Namun, kamu tidak harus mengikuti setiap tren web design, bukan? Hanya memilih satu dapat membuat situs web kamu lebih fungsional dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kami harap informasi ini telah membantu kamu. Jika ada tren web design lain pilihan kamu, jangan ragu untuk mempostingnya di komentar, oke?

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments