Memilih Layanan Web Hosting Terbaik Untuk Website WordPress

0
937

Temukan panduan lengkap dalam memilih layanan web hosting terbaik untuk website WordPress Anda. Pilih dengan bijak untuk kinerja optimal dan pengalaman pengguna yang baik.

Sebelum mengelola website WordPress, Anda harus mencari web hosting terbaik untuk website WordPress terlebih dahulu. Web hosting itulah yang akan menentukan bagaimana performa situs Anda secara garis besar. 

Mengenal WordPress Secara Global

wordpress 6.2

WordPress adalah CMS (Content Management System) atau sistem manajemen konten yang dimanfaatkan untuk membuat serta mengelola blog/website. Dengan software inilah, pengguna bisa lebih leluasa mengatur dan mempublikasikan kontennya dalam bentuk apapun.

WordPress merupakan open source software yang bebas dan gratis digunakan oleh siapapun. Tidak heran, penggunanya sangat banyak, terlebih tutorial WordPress juga mudah. Bahkan, pengguna juga dapat menikmati fitur unggulan di dalamnya. Di antaranya adalah tema dan plugin. 

Saat ini, ada dua jenis WordPress. Yang pertama yaitu WordPress.com dan yang kedua yakni WordPress.org.

Nama kedua WordPress tersebut memang saman. Namun sebenarnya, ada perbedaan tersendiri antara WordPress.org dan WordPress.com

WordPress.com merupakan platform untuk membuat website secara gratis. Platform ini pun menyediakan domain dan hosting untuk pengguna.

Sementara, WordPress.org merupakan penyedia platform WordPress. Namun, untuk menikmati WordPress.org, pengguna perlu berlangganan domain dan hosting dari penyedia lain. 

Dalam hal ini, pengguna harus menggunakan layanan web hosting terbaik untuk website WordPress. Dengan begitu, segala aktivitas yang memanfaatkan WordPress akan berjalan dengan baik. 

Lantas, bagaimana caranya? Sebelum itu, mari kita bahas sedikit mengenai hosting untuk WordPress.

Mengenal Web Hosting Terbaik untuk Website WordPress

shared hosting vs dedicated server: mengenal aoa itu dedicated server
Sumber: iStock

Sebagaimana yang telah kita singgung di poin sebelumnya, WordPress.org merupakan platform WordPress yang tidak menyediakan hosting (self-hosted). Artinya, pengguna harus membeli/berlangganan layanan web hosting terlebih dahulu. 

Web hosting inilah yang akan membantu pengguna untuk mengelola dan menyimpan semua file yang terdapat dalam situs web. Secara rinci, fungsi web hosting yaitu menjalankan dan mengelola server, mengamankan situs web, dan memastikan semua file website bisa diakses. 

Dengan begitu, pengguna dan pengunjung seluruh dunia bisa mengakses situs tersebut dalam sekali klik. Keamanan juga lebih terjamin karena hosting tersebut bekerja dengan baik untuk melindungi server. 

Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website WordPress

Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan web hosting:

Mengetahui Niche/Tema Website

web hosting terbaik untuk website wordpress

Jenis atau tema website sangat menentukan paket layanan hosting Indonesia yang hendak Anda gunakan. Misalnya, kebutuhan hosting untuk situs yang memuat tulisan berbeda dengan situs yang banyak memuat gambar, video streaming, dan lainnya. 

Yang pertama, tentukan apakah Anda hendak membangun website blog, website bisnis, atau bahkan website e-commerce. Tentu saja, tiga jenis website tersebut akan membutuhkan paket hosting yang tidak sama. 

Jika membuat website blog, layanan hosting yang digunakan relatif murah. Dan yang jelas, layanan tersebut tetap harus mampu mengelola konten yang terdapat di situs, baik tulisan, gambar, audio, ataupun video. 

Sementara, untuk website bisnis, hosting yang digunakan harus lebih baik. Misalnya, keamanannya jauh lebih ketat, ruang lebih luas, dan sebagainya. Sehingga, tarif berlangganan juga relatif tinggi. Hal semacam ini pun berlaku untuk website e-commerce.

Memilih Tipe Web Hosting

Perbedaan shared hosting vs VPS di alokasi sumber daya
Sumber: flickr

Setelah mengetahui jenis website, Anda bisa memilih tipe web hosting terbaik untuk website WordPress. Web hosting sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah shared hosting, VPS hosting, WordPress hosting, dan juga dedicated hosting. 

Masing provider tentu saja menyediakan layanan dengan fitur dan keunggulan yang berbeda. Jadi, Anda harus benar-benar cermat dalam menentukannya. 

Biasanya, untuk web baru, Anda bisa menggunakan web hosting yang sederhana terlebih dahulu. Jika web tersebut semakin bagus traffic pengunjungnya, Anda bisa upgrade layanan menjadi lebih tinggi. 

Loading Speed

Memilih Layanan Web Hosting Terbaik Untuk Website WordPress - 2024
Website Loading Optimization, Page Speed and SEO. 3D Isometric Flat Vector Conceptual Illustration.

Cepat lambatnya loading suatu server sangat menentukan peringkat SERPs (halaman/informasi yang muncul di mesin pencarian). Jadi, Anda harus memastikan bahwa hosting yanh Anda pilih sudat tepat dengan kecepatan optimal. 

Hosting yang lambat juga akan memperlambat akses situs web. Hal semacam ini tentu sangat mengganggu. Bahkan, pengunjung pun enggan melanjutkan untuk mengakses situs tersebut. 

Tidak hanya itu, admin panel website juga tidak optimal. Sehingga, pengelolaan website akan menghabiskan banyak waktu. Itulah sebabnya, Anda harus memilih layanan hosting yang menawarkan fast loading speed. 

Keamanan

Memilih Layanan Web Hosting Terbaik Untuk Website WordPress - 2024

Setiap platform website tidak bisa lepas dari gangguan virus (malware), hacker, dan hal-hal lain yang mengancam keamanan situs. Ini pun berlaku untuk website WordPress. 

Ketika suatu website terserang gangguan, tidak hanya situs tersebut yang terancam keamanannya. Namun, keamanan pengunjung juga ikut menjadi taruhannya, seperti data diri dan informasi privasi. 

Jika sudah seperti ini, reputasi website akan buruk. Pengunjung menurun dan rank di mesin pencarian juga anjlok. 

Dalam hal ini, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan menggunakan hosting yang menyediakan top security. Keamanan yang optimal dari web hosting terbaik untuk website WordPress itulah yang akan menjaga situs Anda dari berbagai threats. 

Fitur Tambahan

Anda juga bisa mempertimbangkan melalui fitur tambahan yang disediakan. Biasanya, setiap layanan akan menawarkan berbagai fitur web hosting. 

Dalam hal ini, Anda tidak seharusnya langsung tergiur. Pastikan apakah fitur-fitur tersebut memang merupakan fitur yang sangat Anda butuhkan. Setidaknya, fitur tersebut berkaitan erat dengan keamanan dan perlindungan. 

Customer Support

Memilih Layanan Web Hosting Terbaik Untuk Website WordPress - 2024
Woman with headset is sitting at her computer and talking with client. Clients assistance, call center, hotline operator, consultant manager, technical support and customer care. Vector illustration.

Kriteria web hosting terbaik yang tidak kalah pentingnya adalah customer support. Semakin berkualitas customer support, semakin berkualitas pula layanan yang tersedia. 

Ini sangat berkaitan erat dengan keamanan dan kenyamanan layanan. Ketika terjadi sesuatu dengan server, pengguna bisa langsung menghubungi penyedia layanan kapanpun. 

Idealnya, layanan hosting harus menyediakan customer support 24/7/365. Dalam artian, mereka bersedia membantu pelanggan selama pelanggan tersebut memakai layanannya. 

Bentuk customer service juga harus beragam, karena memang keadaan pelanggan tidak sama. Pihak layanan hosting bisa menyediakan support via email, live chat, telepon, tiket, dan lainnya. Yang paling utama adalah attitude customer support harus baik terhadap semua pelanggan. 

Harga dan Garansi

Memilih Layanan Web Hosting Terbaik Untuk Website WordPress - 2024
Inflation money time concept vector icon flat cartoon illustration, cash savings value crisis risk, long period term financial bad investment, loss income or profit revenue, economy recession image

Harga dan garansi juga menjadi cara menentukan web hosting terbaik untuk website WordPress. Tentu saja, ini sangat mempengaruhi perkembangan web Anda selanjutnya.

Yang harus Anda perhatikan adalah keseimbangan antara paket layanan dan harga. Semakin tinggi harga, maka jenis layanan juga harus semakin baik. 

Selanjutnya, pastikan pihak layanan hosting menyediakan fasilitas garansi uang kembali. Hal semacam ini membuktikan bahwa mereka tidak main-main dengan layanannya. Jadi, Anda akan merasa lebih aman dan nyaman memakai layanannya. 

Mengecek Rating dan Review Pelanggan

tips memilih domain hosting untuk blogger dengan melihat rating dan review
Sumber: flickr

Setelah menentukan pilihan hosting dengan beberapa kriteria di atas, Anda tidak boleh langsung memutuskan untuk mengambil layanan tersebut. Ada hal lain yang harus Anda lakukan, yaitu mengecek rating dan review pelanggan.

Kenapa demikian? Tentu saja, ini sebagai alat pembuktian bahwa layanan hosting yang hendak Anda pakai memang benar-benar bagus. 

Lantas, bagaimana cara melihatnya? Anda bisa mengecek melalui beberapa sumber. Misalnya, forum, blog, hingga pengguna secara langsung. Pastikan Anda tidak hanya menyimpulkan dari satu ulasan. Dengan begitu, kesimpulan akan lebih objektif dan akurat. 

Kuncinya terletak pada kekurangan dan kelebihan hosting. Simak dan perhatikan dengan baik bagaimana sumber tersebut memberikan ulasan terkait kekurangan serta kelebihannya. Setelah itu, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan hosting tersebut atau beralih ke layanan lain.

Web Hosting Berkualitas Baik adalah Pondasi untuk Website WordPress 

Web hosting merupakan faktor penting dalam mengelola sebuah website WordPress. Performa keseluruhan situs sangat bergantung pada kualitas layanan hosting yang digunakan, bisa dibilang web hosting adalah pondasi penting untuk kinerja website.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih web hosting terbaik untuk website WordPress. Faktor-faktor tersebut meliputi jenis tema website, tipe web hosting yang sesuai,kecepatan loading, keamanan, fitur tambahan, customer support, harga dan garansi, serta rating dan review dari pelanggan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan meneliti dengan seksama, kita dapat memilih web hosting terbaik untuk website WordPress yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Anda juga dapat mempertimbangkan WordPress Hosting dari Exabytes Indonesia yang sudah memiliki sertifikat ISO 27001, yang menunjukkan komitmen Exabytes terhadap keamanan dan perlindungan data.

Jangan ragu untuk memilih WordPress Hosting dari Exabytes Indonesia untuk memastikan bahwa website WordPress Anda berjalan dengan baik, aman dan andal. 

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments