14 Rekomendasi Website E-commerce Fashion Indonesia 2021

1124
rekomendasi website ecommerce fashion indonesia di 2021
10 min read

Hai, Exabytes Friends!

Saat mendengar kata E-commerce’ apa sih yang muncul di pikiranmu?

Ketika mendengar kata ‘e-commerce’, mungkin yang muncul di benak kalian adalah website atau aplikasi jualan seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, dan lain-lain. E-commerce adalah sarana transaksi jual-beli barang atau jasa melalui internet.

Dalam website atau aplikasi E-commerce, para penjual dipertemukan dengan calon-calon pembelinya tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini menguntungkan karena dapat menghemat waktu, menjangkau audiens lebih luas, serta transaksi yang lebih praktis.

Jenis-Jenis E-commerce

E-commerce sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah:

Business-to-Business (B2B)

E-commerce jenis Business-to-Business (B2B) adalah model bisnis yang melibatkan transaksi perdagangan antara dua atau lebih perusahaan. Umumnya, saluran perdagangan model bisnis ini mencakup pedagang grosir konvensional dan produsen yang berhubungan dengan pengecer. Salah satu e-commerce jenis Business-to-Business (B2B) di Indonesia adalah bizzy.co.id.

Business-to-Consumer (B2C)

E-commerce jenis Business-to-Consumer (B2C) adalah model bisnis yang berkaitan dengan aspek ritel e-commerce, yaitu penjualan barang dan/atau jasa kepada konsumen akhir melalui sarana digital. Salah satu contohnya adalah Amazon.

Consumer-to-Consumer (C2C)

Berikutnya, model Consumer-to-Consumer (C2C) adalah model bisnis yang memanfaatkan konsumen untuk menjual barang dan/atau jasa kepada konsumen lain melalui media digital. Transaksinya dilakukan melalui platform yang disediakan oleh pihak ketiga. Contohnya seperti OLX.

Consumer-to-Business (C2B)


Jenis Consumer-to-Business (C2B) adalah kebalikan dari model Business-to-Consumer (B2C). Bisnis model ini memberi kesempatan kepada konsumen akhir untuk menjual produk/layanan mereka kepada perusahaan. Biasanya mencakup pembuatan desain/logo, penjualan foto/media/elemen desain bebas royalti, dan sebagainya. Contohnya seperti freelancer.com, unsplash.com, dan lain-lain.

Business-to-Administration (B2A)

Jenis model bisnis ini memungkinkan transaksi online antara perusahaan dan administrasi publik. Model ecommerce ini menyediakan platform bagi sebuah bisnis untuk melakukan penawaran seperti lelang, tender, pengajuan aplikasi, dan lainnya kepada lembaga pemerintah. Contohnya seperti www.bpjs-online.com.

Consumer-to-Administration (C2A)

Model jenis ini menyediakan platform yang dimaksudkan untuk konsumen, yang dapat menggunakannya untuk meminta informasi atau memasang masukan mengenai sektor publik secara langsung ke pemerintah berwenang.

Kenapa Harus Membangun E-commerce?

Ada beberapa alasan yang membuat orang-orang beralih ke bisnis online. Beberapa keuntungan membangun e-commerce adalah sebagai berikut:

  1. Membangun toko online hanya memerlukan waktu yang singkat. Kamu bisa membangun bisnis online impianmu hanya dalam kurun waktu dua sampai enam minggu.
  2. Menjangkau audiens lebih luas dibandingkan toko offline. Dengan membangun sebuah e-commerce, penjual dapat menawarkan barang/jasa kepada pembeli yang di luar jangkauan.
  3. E-commerce bisa menjadi bisnis jangka panjang.
  4. Monetisasi yang lebih menguntungkan dan biaya operasi yang lebih rendah.

Keuntungan Membangun E-commerce Fashion di Indonesia

Apakah kamu berminat untuk mengalihkan toko fashion offline ke bisnis e-commerce? Ada beberapa alasan mengapa e-commerce di bidang fashion menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Mari simak beberapa alasan berikut ini!

Peningkatan penjualan drastis

Produsen fashion terkemuka seperti Nike mengalami pertumbuhan 30% dalam penjualan e-commerce di tahun 2012. Hal ini juga terjadi kepada pengecer fashion online seperti Debenhams, yang mengalami peningkatan penjualan online sebesar 40% hanya dalam periode 4 bulan di tahun 2013. Hal ini membuktikan bahwa fashion e-commerce dapat membantu meningkatkan penjualan.

Menggerakkan bisnis ke pasar yang lebih luas

Tidak terbatas hanya pada ekonomi mode mapan di dunia saja, tetapi e-commerce bidang fashion dapat menjangkau negara-negara berkembang seperti India, Cina, Brasil, dan Afrika Selatan.

Bisnis online fashion diperkirakan tidak akan hilang

Fashion memiliki peran penting terhadap kehidupan setiap orang. Itu sebabnya bisnis e-commerce fashion juga menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Peran internet dalam bisnis fashion diperkirakan akan terus meningkat, ditambah lagi penggunaannya tidak menghilangkan konsep toko fisik.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Membangun E-commerce di Bidang Fashion?

Jika kamu tertarik untuk segera mengalihkan bisnis fashion ke fashion e-commerce, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Berikut poin penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membangun e-commerce di bidang fashion:

Membuat business plan

Sebaiknya kamu memiliki perencanaan yang benar-benar matang sebelum mengoperasikan bisnismu agar bisnis onlinemu juga berjangka panjang dan tidak stuck di tengah jalan.

Menentukan konsep dan nama untuk bisnismu

Menentukan konsep dan nama untuk bisnismu juga merupakan hal yang penting. Ini dapat membangun citra bisnismu di mata calon-calon audiensmu menjadi lebih unik dibandingkan dengan bisnis para pesaingmu.

Membuat domain

Agar bisnismu menjadi lebih terpercaya di mata calon konsumen, kamu sebaiknya memiliki domain yang terverifikasi. Kamu juga sebaiknya menggunakan sistem keamanan pada websitemu untuk mencegah para pencuri yang ingin membongkarnya.

Memperhatikan template dan customize toko onlinemu

Semua orang pasti menyukai keindahan. Jika kamu senang merias tokomu dengan bunga-bunga, serta bangunan dengan desain interior yang menyegarkan mata, begitu juga kamu harus mendekorasi website atau toko onlinemu. Pilihlah template yang menarik. Ini akan membuat calon-calon pembeli betah melihat-lihat websitemu, sehingga memungkinkan mereka akan terus menggunakan toko onlinemu. 

Kamu juga bisa membaca rekomendasi tema WooCommerce untuk toko online berikut sebagai referensi, ya!

Menentukan harga dan memberi label pada blog

Tentukan harga pada list untuk memudahkan calon pembeli bertransaksi kepada penjualnya. Kamu juga dapat memberi label pada blog atau domain untuk memisahkan tiap-tiap item fashion, seperti fashion khusus wanita, fashion khusus pria, dan fashion khusus untuk anak-anak.

Menulis blog yang berkaitan

Menulis blog akan membangun awareness para calon pembeli. Carilah seorang blogger terkemuka yang dapat menulis artikel-artikel untuk mengisi blogmu. Pastikan artikel-artikel pada blog tersebut berkaitan dengan produk yang kamu jual, sehingga dapat membangun awareness para audiens yang mampir.

Memasarkan bisnismu ke sosial media

Melihat semakin banyaknya pengguna sosial media, ini membuka peluang bagimu untuk mengiklankan bisnismu ke sosial media. Kamu juga dapat mempekerjakan seorang social media marketing untuk memasarkan bisnis onlinemu. Pelajari juga alasan pentingnya beriklan di sosial media untuk bisnis online di artikel blog Exabytes berikut.

14 Rekomendasi Website E-commerce Fashion Indonesia

Untuk menambah inspirasi sebelum terjun ke dunia bisnis e-commerce fashion, yuk simak 15 rekomendasi website e-commerce di Indonesia berikut ini!

Zalora Indonesia

Zalora Indonesia menawarkan berbagai produk fashion, baik baju formal, informal, sepatu, sandal, rok, sampai gaun. Zalora menawarkan produk brand lokal maupun internasional dan terjamin original. Zalora menawarkan mulai dari fashion wanita, pria, anak-anak, sampai usia remaja.

Berry Benka

14 Rekomendasi Website E-commerce Fashion Indonesia 2021 - 2022

Berry Benka menawarkan pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris terkini mulai dari harga tertinggi sampai harga terendah. Berry Benka menawarkan produk fashion wanita dan pria.

Bimbi

bimbi e-commerce fashion indonesia untuk anak anak

Bimbi merupakan toko online fashion dengan target audiens anak-anak. Toko ini menawarkan produk mulai dari baju formal, jaket, dress, sepatu, sampai baju renang. Bimbi memiliki toko fisik yang berada di Plaza Indonesia. 

HijUp

hijup fashion ecommerce

HijUp menawarkan berbagai produk desainer fashion muslim Indonesia. HijUp adalah islamic fashion e-commerce pertama di dunia yang berdiri di tahun 2011. HijUp menawarkan produk baju muslim, hijab, sampai aksesoris.

Cloth Inc

cloth inc e-commerce fashion di indonesia

Cloth Inc menawarkan fashion untuk wanita, mulai dari jumpsuit, outwear, loungewear, bundle set, dan lain-lain. Cloth Inc juga bekerja sama dengan seorang fashion designer, Stella Lunardy, untuk produk yang mereka tawarkan.

Maskoolin

Maskoolin menawarkan produk fashion khusus untuk pria. Mereka memiliki toko fisik di daerah Serpong, kota Tangerang. Tak hanya fashion, mereka juga menawarkan produk perawatan rambut pria.

Hijabenka

hijabenka

Hijabenka merupakan fashion e-commerce yang menawarkan berbagai busana muslim. Ada beberapa pilihan busana yang ditawarkan, mulai dari macam-macam model hijab, busana muslim, hingga aksesoris yang sangat fashionable.

Bobobobo

bobobo

Bobobobo merupakan platform e-commerce mode yang menyatukan merek lokal, perancang busana iconic, dan merek ternama dari seluruh dunia. Mereka menawarkan berbagai macam fashion mulai dari fashion jalanan (street fashion) sampai fashion kelas atas.

Pomelo

14 Rekomendasi Website E-commerce Fashion Indonesia 2021 - 2022

Pomelo adalah fashion e-commerce yang menjual berbagai rancangan busana tren fashion high-street dari Tokyo, Hong Kong, dan Seoul, dirancang khusus untuk pecinta fashion jalanan. Mereka tidak memiliki toko fisik dan hanya memiliki online store.

Sorabel

sorabel

Sorabel adalah e-commerce fashion yang telah berdiri sejak tahun 2014 dengan nama Sale Stock yang berpusat di Yogyakarta. Mereka berfokus pada penjualan busana dengan harga yang terjangkau.

Zara Indonesia


zara indonesia

Zara merupakan sebuah toko yang menyediakan busana tren untuk wanita, pria, sampai usia anak-anak. Zara berfokus pada industri fast-fashion, yaitu industri fashion yang bergerak dengan sangat cepat dengan koleksi baru yang diluncurkan setiap minggu. Mereka menjual baju, sepatu, aksesoris, hingga parfum, dan alat-alat kecantikan.

Fashiontoday

fashiontoday

Fashiontoday menawarkan fashion untuk wanita remaja sampai dewasa. Kini, Fashiontoday juga membangun online store untuk fashion anak-anak yang dinamakan Mini Today. Fashiontoday telah dirintis sejak tahun 2013. Dahulu store ini diberi nama 8wood, kemudian berubah nama menjadi fashiontoday

Iwearup

iwearup adalah salah satu e-commerce fashion indonesia

Produk yang ditawarkan iwearup cukup unik karena memiliki tema warna-warni di setiap produknya. Iwearup merupakan fashion e-commerce yang menawarkan brand fashion aksesoris, sandal, sepatu, baju, rok, dan lain-lain untuk usia remaja.

Moselo

moselo indonesia

Moselo merupakan e-commerce platform yang bergerak di bidang kerajinan dan barang kreatif. Ini merupakan platform di mana pengusaha kreatif, seniman lokal, dan pengrajin menjual produk-produk mereka. Selain kerajinan tangan, mereka juga menjual berbagai rancangan busana seperti sepatu, tas, kaos, dan dress.

Kesimpulan

Bisnis fashion e-commerce memang terdengar sebagai ide bisnis yang menarik, terutama bagi kamu yang pecinta fashion. Namun, ada kekurangan dalam ide bisnis ini, yaitu mengingat banyaknya pesaing di luar sana yang mungkin memiliki ide serupa. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk tetap memperhatikan planning kedepannya agar bisnismu tetap berjalan dengan baik.

Ide-ide yang kreatif dan inovatif tentunya sangat diperlukan agar bisnis fashion e-commerce milikmu tetap diminati oleh banyak orang. Kamu juga mungkin bisa bekerja sama dengan para perancang busana dalam negeri untuk memajukan bisnis fashion e-commerce untuk menjangkau calon-calon konsumen yang lebih luas lagi.

Nah, kini kamu sudah mempunyai bekal untuk mulai membangun e-commerce sendiri. Namun jika kamu ingin hasil yang lebih praktis, efisien, dan juga cepat, kamu bisa membangun toko onlinemu dengan layanan jasa pembuatan website dari Exabytes! Karena, Exabytes merancang website lebih cepat, menjamin keamanan para pelanggan, memiliki layanan bantuan teknis profesional selama 24 jam, juga menyediakan server dan jaringan yang cepat untuk mengoptimalkan performa kelancaran bisnis. Selain itu, kamu juga bisa mengiklankan produk e-commerce dengan Facebook Ads untuk hasil yang lebih maksimal. Mulai sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments