Membuat Website WordPress Yang Cepat dan Responsif

0
869

Pelajari tips dan trik terbaik untuk membuat website WordPress yang cepat dan responsif. Dapatkan panduan lengkap dalam mengoptimalkan kecepatan dan kinerja situs Anda.

Membuat website wordpress, seperti toko online berbasis WordPress saat ini adalah hal yang cukup mudah. Namun, Anda perlu membangung website wordpress yang cepat dan responsif. 

Apa tujuannya? Selain mempertahankan dan meningkatkan reputasi web, web yang responsif juga meningkatkan pengunjung. Dengan begitu, rank di laman pencarian akan terus membaik dari waktu ke waktu, bahkan mencapai posisi pertama. 

Lantas, bagaimana caranya agar web lebih cepat dan responsif? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Menerapkan Tema atau Template yang Responsif

website wordpress yang cepat dan responsif

Template atau tema WordPress menjadi tampilan utama sebuah website berbasis WordPress  yang bisa menarik pengunjung. Dengan kata lain, template merupakan desain web yang membantu menumbuhkan kepuasan pengunjung. 

Sebagai contoh, jika tampilan sebuah website modern, cerah, dan menarik, pengunjung akan merasa telah mendapatkan sambutan yang ramah. Dengan begitu, mereka akan betah berlama-lama dalam website tersebut. 

Namun, Anda harus tahu bahwa tidak semua template yang elegan itu responsive. Banyak template yang bagus dan menawan, tetapi justru memperlambat kinerja website. Itulah sebabnya, Anda harus memilih template yang pas baik dari segi tampilan maupun kecepatan. 

Kenapa, sih, tema harus responsif? Tema yang responsif dapat membantu Google mengindeks web dengan cepat. 

Jika web dapat terindeks, ada kemungkinan besar bahwa web tersebut telah teroptimasi dengan baik. Hal tersebut sangat mempengaruhi ranking website di setiap hasil pencarian para pengunjung. 

Lantas, bagaimana manfaat dari sisi pengunjung? Pengunjung akan mendapatkan pengalaman searching yang menarik. Mereka tidak perlu menunggu lama untuk membuka konten. Bahkan, mereka juga bisa mengunjungi tautan lain dengan cepat serta membagikannya. 

Membuat Menu yang Tepat dan Sederhana

belajar copywriting

Tips untuk membuat website wordpress yang cepat dan responsif selanjutnya adalah pengaturan menu web. Sekarang, siapapun bisa mengakses website baik via ponsel maupun laptop. Pemilik web harus cerdas mengelola tampilan agar sesuai di dua media tersebut. 

Sebagaimana yang kita pahami, bahwasannya layar ponsel dan desktop tidaklah sama. Resolusi ponsel sekitar 720p. Sementara, resolusi desktop paling kecil adalah 1080p. Jadi, Kebutuhan akan tampilan halaman web pun berbeda. 

Maka, sebagai pengelola web, Anda harus memastikan bahwa menu web dapat disesuaikan secara otomatis. Artinya, ketika pengunjung membuka web baik melalui laptop maupun mobile tetap mendapatkan tampilan yang pas. 

Menambahkan Kolom Pencarian

Membuat Website WordPress Yang Cepat dan Responsif - 2024
SEARCH ENGINE MARKETING CONCEPT

Dulu, banyak yang mengabaikan fitur pencarian atau kolom search. Namun sekarang, setiap pengguna web menyadari bahwa kolom search sangat membantu dalam menjelajahi isi website. 

Biasanya, banyak pengunjung baru yang bingung saat menelusuri web terkait. Sehingga, mereka lebih memilih untuk mengandalkan kolom pencarian. Mereka tinggal mengetikkan nama, judul, atau apapun terkait informasi yang dicari. 

Maka, Anda sebaiknya menambahkan kolom search pada website. Kolom search memang terkesan sepele. Padahal, peletakan dan tampilan pun harus diperhatikan dengan baik. Tujuannya adalah agar pengunjung bisa langsung melihat kolom tersebut. 

Biasanya, tempat paling strategis untuk kolom pencarian web adalah di bagian atas. Pastikan ukurannya cukup sesuai agar tampilan tetap enak dipandang. Yang jelas, pengunjung bisa menemukannya secara langsung saat pertama kali mengunjungi web. 

Memilih Jenis dan Ukuran Font yang Tepat

Membuat Website WordPress Yang Cepat dan Responsif - 2024

Pemilihan font juga sama pentingnya dengan pemilihan tema website wordpress yang cepat dan responsif. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dan performa website. 

Ingat, orang tidak hanya membuka web melalui laptop. Mereka pun bisa membuka web melalui mobile phone, tablet, dan lainnya. Jadi, jangan sampai ukuran dan jenis font tidak ramah pengunjung yang justru mengakibatkan mereka keluar dari web tersebut. 

Sebagai contoh, jenis font klasik tidak sesuai saat ditampilkan di ponsel. Ukurannya menjadi terlalu besar sehingga tidak terkesan indah. Sementara, font dengan jenis dekoratif juga tidak mobile friendly. Maka, pilihlah font website yang benar-benar pas untuk mobile maupun laptop. 

Font dengan ukuran dan jenis yang sesuai akan membuat konten Anda terbaca dengan mudah. Selain itu, mood dan kesan pengunjung juga akan tetap baik. Maksudnya adalah mereka tidak merasa kesulitan membaca atau mengalami trouble lainnya. 

Jika sudah demikian, pengunjung tidak merasa rugi telah berada dalam web tersebut. Mereka pun cenderung berkunjung lagi di lain waktu. Inilah salah satu hal yang bisa menjadikan website semakin responsive. 

Membuat Form Singkat

meningkatkan performa wordpress

Dalam web bisnis, form sangat diperlukan. Misalnya, untuk meminta informasi diri, kontak, produk, dan lainnya. 

Ternyata, form juga bisa mempengaruhi kinerja web. Form bisa saja membuat web lebih responsif, bahkan sebaliknya. 

Tugas Anda adalah membuat form website sesederhana mungkin. Potong atau hapus saja isian form yang tidak begitu penting. Misalnya, untuk data kontak, cukup sertakan nama dan alamat email atau nomor handphone. 

Bagaimana jika form tersebut mengacu pada pengiriman barang? Buatlah form yang memang bisa mewakili informasi produk. Misalnya, nama produk, jumlah, size, dan warna. Jadi, semuanya bisa direkap dengan jelas. 

Mengoptimasi Gаmbаr

apa itu konten visual

Konten visual seperti gambar termasuk elemen yang sangat penting dalam membangun website wordpress yang cepat dan responsif. Bahkan, pada setiap postingan, pengguna harus menyertakan gambar yang mewakili isi konten. 

Kenapa demikian? Ini karena gambar merupakan salah satu syarat optimasi SEO website. 

Jika sudah menyangkut SEO web, Anda tentu tidak boleh asal menyertakan gambar. Anda harus memastikan bahwa gambar tersebut sudah optimasi, mulai dari ukuran, kecerahan, deskripsi, dan lainnya. 

Yang perlu diingat adalah ukuran gambar yang terlalu besar bisa memperlambat jalannya web. Akibatnya, web tidak responsif, loading lama, dan tidak SEO. Maka, buatlah gambar dengan ukuran yang sesuai dengan syarat website. 

Sementara, tampilan atau kecerahan gambar juga ikut berpengaruh. Pengunjung akan enggan berkunjung apabila gambar tidak sesuai, tidak bisa dilihat, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, reputasi web akan buruk. 

Mеnghіndаrі Pop Uр

pop up adalah

Popup merupakan suatu promosi atau penawaran informasi yang muncul di konten website. Biasanya, pengguna web merancang popup untuk menarik pengunjung agar melakukan apa yang pemilik web inginkan. Dengan kata lain, popup merupakan Call to Action (CTA). 

Popup akan memakan banyak tempat di tampilan konten web. Itu artinya, popup sangat mengganggu pengunjung yang membuka web via mobile. 

Selain itu, tombol close (x) pada popup relatif kecil. Ini membuat pengunjung kesulitan menutup dan cenderung membuka popup tersebut. Tentu saja, aktivitas searching web menjadi terganggu dan terkesan buruk. 

Menggunаkаn AMP

Membuat Website WordPress Yang Cepat dan Responsif - 2024

AMP atau Accelerated Mobile Page merupakan suatu proyek Google yang dapat mempercepat loading website. Ini karena AMP tersebut menggunakan cache. 

Cache sendiri merupakan media untuk menyimpan data web via mobile. Jadi, meskipun pengunjung membuka web lewat handphone, web tetap berjalan cepat dan responsive seperti halnya membuka lewat laptop. 

Yuk Praktekkan Langsung Tips Terbaik Membuat Website WordPress Yang Cepat dan Responsif Ini!

Itulah penjelasan mengenai website wordpress yang cepat dan responsif. Anda bisa mencoba menerapkan sebaik mungkin agar website semakin berkembang dan mampu menyaingi web besar lainnya. 

Dengan menerapkan tips-tips diatas, Anda dapat menciptakan website yang optimal dan memperoleh ranking yang baik di hasil pencarian.

Selain menerapkan tips-tips di atas, penting juga untuk memilih layanan hosting yang terpercaya. Dalam hal ini, Exabytes Indonesia dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Layanan hosting Exabytes menghadirkan unlimited inodes hosting dan dilengkapi dengan sertifikat ISO 27001, Anda akan mendapatkan keuntungan yang signifikan. Anda dapat menjaga dan mengelola website Anda dengan baik, tanpa khawatir tentang batasan inodes dan keamanan data.

Jadi, manfaatkanlah tips terbaik ini dan pilihlah layanan hosting terpercaya seperti Exabytes Indonesia untuk menciptakan website WordPress yang cepat, responsif, dan sukses. 

Dapatkan hasil yang optimal, kebebasan dalam mengelola inodes dan jaminan keamanan data dengan menggunakan layanan hosting Exabytes Indonesia yang terpercaya.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments