20 Widget Website Terbaik yang Bisa Anda Gunakan!

0
3187

Hendak membuat website namun masih bingung widget mana yang akan dipasang di web milik Anda? Sebenarnya, ada begitu banyak pilihan widget, sehingga Anda bisa menemukan widget website terbaik sesuai kebutuhan dan keinginan.

Akan tetapi, jika ini kali pertama membuat website dan masih butuh inspirasi dan ide agar website tidak hanya berfungsi tetapi juga terlihat menarik, coba widget website terbaik yang kami rekomendasikan di artikel ini.

Mengenal Apa Itu Widget Website

Tidak semua orang familiar dengan istilah widget meskipun mereka sudah memiliki website. Jadi, apa sebenarnya widget website? Widget web bisa dikatakan sebagai komponen yang ditambahkan ke sebuah website atau aplikasi sebagai fitur yang berdiri sendiri. 

Untuk bisa memasang widget di website, Anda hanya perlu copy paste kode tertentu yang sudah disediakan oleh pembuat widget tersebut. Biasanya, mereka juga menyediakan instruksi bagaimana dan di mana pemilik website harus memasang kode tersebut.

Dengan memasang widget, pemilik website bisa menampilkan postingan terbaru, membuat daftar halaman, kolom pencarian, dan masih banyak lagi. Semua itu tergantung dari widget website apa yang akan Anda pasang.

Sudah punya website? Jika belum dan masih bingung menentukan hosting yang tepat, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan keberadaan hosting murah sehingga biaya pembuatan website menjadi lebih terjangkau.

Sebenarnya, website tetap bisa berjalan sesuai fungsinya meski tanpa widget. Akan tetapi, penggunaan widget website terbaik mampu memberikan beberapa keuntungan. 

Keuntungan tersebut bisa Anda jadikan sebagai alasan kenapa akhirnya memutuskan untuk memasang beberapa widget di website yang sudah jadi maupun yang hendak dibuat.

Rekomendasi Widget Website Terbaik yang Patut Dicoba

Apabila sedang membangun website, Anda bisa mulai mempertimbangkan widget mana yang tepat untuk dipasang di web milikmu.

Berikut adalah beberapa rekomendasi widget website terbaik agar website terlihat semakin menarik dengan fungsi yang lebih banyak.

Image Widget

Image widget menjadi salah satu widget website terbaik

Melihat konten berupa tulisan atau teks membuat pengunjung website mudah merasa bosan. Oleh karena itu, Anda harus menambahkan konten lain seperti gambar dan foto. Gambar bahkan bisa ditambahkan ke sidebar tanpa harus menggunakan kode HTML

Bagaimana caranya? Gunakan saja image widget yang terbilang mudah digunakan bahkan oleh pemula.

Enhanced Text Widget

rekomendasi widget website terbaik: enhanced text widget

Enhanced text widget merupakan versi lebih baik dari text widget di WordPress, di mana kamu dapat menambahkan teks, CSS, HTML, flash, atau PHP sebagai konten dengan tambahan judul yang bisa ditautkan. 

Widget ini juga akan sangat berguna apabila kamu ingin menampilkan grup postingan yang berbeda berdasarkan kategorinya.

Google Maps Widget

rekomendasi widget website terbaik: google maps widget

Dengan tersedianya berbagai widget website terbaik, Anda bisa memilih Google maps widget sebagai salah satu yang dipasang di website

Seperti namanya, widget ini akan membantu Anda dalam menampilkan fitur Google Maps namun dalam bentuk widget yang terpasang di sidebar. 

Instagram Feed

rekomendasi widget website terbaik: instagram widget

Instagram feed merupakan widget yang bisa menampilkan satu atau beberapa feeds dari Instagram dalam format yang dipilih. Apabila ingin menarik lebih banyak followers Instagram, widget keren satu ini sangat cocok. 

Widget ini memungkinkan penggunanya untuk meletakkan Instagram feed yang responsif terhadap perangkat seluler di lokasi yang sangat strategis di website WordPress.

WP Call Button

WP call button sebagai widget website terbaik

Seiring dengan bertambahnya trafik internet dari perangkat mobile, pengguna internet merasa lebih nyaman untuk menghubungi bisnis atau perusahaan guna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Dengan widget WP call button, pemilik website termasuk Anda bisa dengan mudah menambahkan tombol click to call now atau hubungi sekarang juga ke website.

WPForms

rekomendasi widget website terbaik: WPForms

Pernah menggunakan widget satu ini? WPforms merupakan plugin WordPress contact form terbaik yang ada di pasaran bahkan hingga saat ini. Dengan WPforms, Anda bisa membuat form kontak dan menambahkannya di website.

Selain hadir dengan drag dan drop form builder, widget ini juga menawarkan berbagai template yang siap digunakan. Bahkan fitur-fitur tersebut bisa didapatkan dari versi gratis seperti WPforms lite.

Masih bingung dalam menentukan lokasi yang tepat untuk memasang widget WPforms? Kamu bisa mencari contoh landing page yang bisa dijadikan sebagai inspirasi agar bisa mendapatkan ide baru dalam membangun website.

OptinMonster

rekomendasi widget website terbaik: optimonster

Mendapatkan leads menjadi harapan para pemilik website terutama mereka yang menjalankan website bisnis. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengapa tidak mencoba widget menarik seperti OptinMonster? Widget ini merupakan plugin lead generation yang bisa dipasang di WordPress

Meskipun website masih berupa konsep dan desain, tetapi Anda harus menentukan widget apa saja yang akan dipasang di website. Sementara untuk kebutuhan web hosting, mengapa tidak memanfaatkan promo hosting?

rekomendasi widget website terbaik: sidebar widget manager

Widget website terbaik selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah sidebar widget manager. Widget ini akan membantu pemilik website untuk mengganti tampilan standar, tema sidebar, serta beberapa widget bawaan WordPress

Dengan begitu, Anda bisa membuat tampilan halaman, sidebar, dan widget yang lebih unik dan responsif.

Beberapa fitur yang disediakan oleh widget ini adalah menampilkan atau menyembunyikan widget di semua halaman website dan custom sidebar tanpa batas.

Compact Archives

rekomendasi widget website terbaik: compact archives

Sebenarnya, widget archives bawaan WordPress akan menampilkan arsip blog atau postingan. Akan tetapi, tampilan tersebut sangat menyusahkan pembaca. 

Oleh karena itu, Anda harus mencoba compact archives sehingga bisa menampilkan arsip postingan blog per bulan secara horizontal. Alhasil, pembaca bisa lebih mudah untuk mengklik arsip tersebut.

rekomendasi widget website terbaik: youtube channel gallery

Ingin menampilkan video dari channel Youtube di website WordPress? Sangat bisa apalagi kalau menggunakan widget YouTube channel gallery. Kamu dapat menampilkan video dalam bentuk layout grid sehingga akan menghemat lebih banyak ruang. 

Selain itu, tampilan tersebut juga akan membuat video terlihat lebih menarik sehingga akan semakin banyak pengunjung yang penasaran dan kemudian melihat video yang ada di website Anda.

Astra Widget

rekomendasi widget website terbaik: astra widget

Popularitas tema Astra membawa astra widget hadir ke tengah pengguna WordPress. Widget ini bisa Anda gunakan untuk menambah lokasi bisnis, daftar ikon, dan link profil sosial di sidebar website

Widget ini dapat berfungsi dengan baik dengan semua tema WordPress. Tidak hanya itu, astra widget juga sangat kompatibel dengan semua page builder plugin populer.

Social Count Plus

rekomendasi widget website terbaik: social count plus

Jika masih butuh rekomendasi widget website terbaik di tahun ini, tambahkan social count plus ke daftar widget yang Anda buat. 

Tidak jarang kita melihat website yang menampilkan jumlah follower media sosial di bagian sidebar. Percaya atau pun tidak, hal tersebut bisa meningkatkan kredibilitas website.

Namun, widget ini hanya menampilkan jumlah followers media sosial, bukan berapa kali artikel dibagikan dibagikan oleh pengunjung website.

AdSanity

rekomendasi widget website terbaik: adsanity

Setiap pemilik website pasti memiliki tujuan dan rencana tertentu dalam membuat situs. Nah, jika Anda berencana mendukung website milik Anda dengan Google AdSense, affiliate marketing, atau banner ads, maka Anda butuh widget seperti AdSanity

Widget tersebut akan membantu memaksimalkan ruang iklan dan menghasilkan revenue yang lebih banyak.

WP Live Chat Support

rekomendasi widget website terbaik: wp live chat support

Live chat muncul di berbagai sudut layar saat mengunjungi berbagai jenis website. Melalui popup live chat, pengunjung bisa tahu bagaimana cara berkomunikasi atau berinteraksi dengan pemilik website

Mereka bisa menanyakan berbagai hal termasuk harga dan kelebihan produk atau layanan yang ditawarkan di website.

Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pemilik website karena mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan calon pembeli atau klien potensial. 

Jika Anda juga berpikir demikian, gunakan WP live chat support untuk menambahkan live chat ke situs WordPress. Interface yang simpel membuat widget satu ini masuk dalam jajaran widget live chat WordPress yang paling populer.

Tabbed Login Widget

rekomendasi widget website terbaik: tabbed login widget

Agar bisa menambahkan form login di sidebar website, Anda bisa menggunakan tabbed login widget. Dengan widget tersebut, Anda dapat menambahkan widget login langsung dengan tiga tab sekaligus seperti tab login, registrasi, dan lupa password

Testimonial Widget

rekomendasi widget website terbaik: testimonial widget

Membangun kepercayaan di dunia maya bukanlah tugas yang mudah. Jika Anda ingin menunjukkan bahwa sudah banyak pelanggan atau klien yang puas dengan layanan yang Anda berikan, Anda bisa membuktikannya melalui testimoni. 

Untuk membagikan testimoni di website, gunakan testimonials widget!

Google Calendar Events

rekomendasi widget website terbaik: google calendar events

Google calendar akan sangat membantu pemilik website dalam membuat event. Bahkan kini Anda bisa membagikan event tersebut di website menggunakan plugin atau widget Google Calendar Events

Dengan begitu, pengunjung bisa tahu bahwa Anda memiliki event spesial misalnya promo atau diskon besar-besaran di tanggal atau momen tertentu.

Easy Table of Contents

rekomendasi widget website terbaik: easy table of contents

Agar pengunjung atau pembaca bisa tahu isi konten apa yang Anda bagikan secara garis besar, tentunya Anda harus menampilkan daftar isi. 

Agar bisa menambahkan daftar isi ke artikel atau blog, Anda bisa menggunakan easy table of contents. Widget ini akan memasukkan daftar isi secara otomatis ke dalam artikel yang panjang. 

Theme My Login

rekomendasi widget website terbaik: theme my login

Ada banyak cara untuk menarik para pengunjung website. Salah satunya adalah dengan menyediakan halaman custom login. Ini sangat berguna terlebih jika Anda ingin pengunjung melakukan registrasi di website Anda. 

Untuk keperluan satu ini, Anda bisa memasang theme my login dan memilihnya sebagai widget website terbaik versi Anda.

Google Language Translator

rekomendasi widget website terbaik: google language translator

Ingin website diakses oleh pengguna internet di berbagai belahan dunia? Agar konten website bisa dibaca dan dimengerti oleh pengunjung dari negara berbeda, Anda bisa menggunakan Google language translator

Dengan plugin ini, Anda dapat menambahkan widget pengubah bahasa ke website. Konten pada website akan diterjemahkan oleh Google translate ke berbagai bahasa.

Kesimpulan

Dari beberapa rekomendasi widget website terbaik di atas, widget mana yang kira-kira lebih Anda butuhkan? Dengan konsep website yang sudah dibuat, Anda bisa mulai memilah dan memilih beberapa widget yang paling tepat untuk ditambahkan ke website.

Pembuatan website tidak hanya memerlukan nama domain unik tetapi juga web hosting

Untuk mendapatkan layanan hosting Indonesia, Anda bisa menghubungi Exabytes dan dapatkan beberapa keunggulan layanan yang tidak didapatkan dari penyedia layanan hosting lainnya.

3 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments