Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya

344
blog exabytes indonesia
11 min read

Menurut Exabytes Friends, hal apa sih yang paling dibutuhkan agar produk dari sebuah bisnis dapat laku dan memperoleh banyak pelanggan? Tentu saja beberapa akan menjawab strategi pemasaran. Memang strategi pemasaran adalah bintang utama agar produk memiliki banyak pelanggan. Saat ini berbagai jenis digital marketing (seperti Facebook Ads, video marketing, Google Ads, dan lainnya) telah banyak diterapkan oleh pelaku bisnis dengan harapan produk yang mereka jual cepat laku dan menghasilkan banyak profit. 

Namun fakta mengejutkan dari Baymart Institute menunjukkan bahwa sebesar 70% orang tidak akan melanjutkan transaksi yang mereka lakukan karena tergoda oleh produk lain dari kompetitor yang dirasa memiliki penawaran lebih menarik.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi agar kompetitor tidak menikung calon pelanggan yang telah susah kita dapatkan melalui promosi digital? Exabytes Friends jangan khawatir karena kalian dapat menerapkan strategi bernama “Lead Generation” supaya tak mudah kehilangan calon pelanggan. 

Apa itu Lead Generation? Apakah Lead Generation benar-benar penting untuk diterapkan pada bisnis? Dan bagaimana cara untuk memaksimalkan Leads? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab lunas dengan kalian membaca artikel ini. So, selamat menyimak!

Apa Itu Leads?

Leads sangat berpotensial untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan profit. (Sumber: Shutterstock)
Leads sangat berpotensial untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan profit. (Sumber: Shutterstock)

Leads adalah calon pelanggan yang menunjukkan minat terhadap produk dari suatu brand sehingga menjadikan orang tersebut sebagai pelanggan potensial. Tujuan utama dari setiap perusahaan atau bisnis tentu saja untuk menghasilkan Leads sebanyak mungkin. Karena semakin banyak calon pelanggan potensial yang dapat diprospek, maka profit yang diperoleh akan semakin besar.

Lead Generation juga dapat diibaratkan sebagai calon pelanggan yang dengan sukarela meninggalkan alamat email atau kontak mereka agar tak ketinggalan update terbaru dari produk yang mereka inginkan. Oleh sebab itu, dengan menguasai Lead Generation, perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan loyal customers dan mengetahui consumer behaviour.

Macam-Macam Leads 

Dalam dunia marketing, Leads terbagi menjadi lima macam yaitu, Information Qualified Lead (IQL), Marketing Qualified Lead (MQL), Sales Qualified Lead (SQL), Product Qualified Lead (PQL), dan Service Qualified Lead (SQL).

Sales Qualified Lead

Ciri dari Sales Qualified Lead yaitu calon pelanggan yang tertarik untuk membeli produk. Pelanggan tersebut bahkan telah menyiapkan sejumlah uang untuk langsung membayar agar segera memiliki produk. Dapat pula dikatakan bahwa Sales Qualified Lead adalah cinta pada pandangan pertama di mana pelanggan langsung terkesan dengan produk saat pertama kali melihatnya. 

Marketing Qualified Lead

Calon pelanggan yang termasuk ke dalam MQL adalah orang-orang yang telah berinteraksi dengan produk (membaca newsletter produk, mengunduh e-book, dan lainnya) tetapi mereka masih belum siap untuk melakukan transaksi pembelian produk. Oleh karena itu, MQL adalah jenis Leads yang paling cocok untuk diprospek.

Information Qualified Lead

IQL biasa disebut juga dengan “Cold Lead”. Karena Leads jenis ini adalah tahap awal (first stage) dalam melakukan prospek pada calon pelanggan. Calon pelanggan yang termasuk dalam IQL masih memiliki informasi yang sangat minim terhadap produk tetapi mereka menunjukkan ketertarikan.

Product Qualified Lead 

Mungkin sebagian besar Exabytes Friends adalah bagian dari Product Qualified Lead ini. Karena PQL adalah orang-orang yang sebelumnya telah mencoba menggunakan suatu produk melalui versi trial atau versi gratis. Lalu mereka selanjutnya tertarik untuk terus menggunakan produk tersebut dengan cara berlangganan atau membeli versi premium.

Service Qualified Lead

Service Qualified Lead memiliki pengertian yang hampir sama dengan PQL. Service Qualified Lead mengelompokkan calon pelanggan yang telah mencoba versi suatu produk secara gratis dan mereka tertarik untuk mencoba produk secara lebih dalam meskipun harus mengeluarkan biaya berlangganan. 

Trik Rahasia untuk Mengoptimalkan Leads

Pada bagian berikut akan dijabarkan beberapa trik rahasia untuk memaksimalkan Leads.

1. Memahami Marketing Funnel

Tahap awal untuk memaksimalkan Leads adalah kalian harus memahami kedudukan Leads dalam Marketing Funnel. Dapat diketahui bahwa Marketing Funnel memiliki 5 tahapan yaitu Awareness, Consideration, Acquisition, Service, dan Loyalty. 

Nah, Leads berada pada tahap kedua dari Marketing Funnel yaitu “Consideration”. Tahap awal dari Marketing Funnel (yaitu “Awareness”) adalah strategi promosi melalui digital marketing, campaign, content marketing, endorse, dan lainnya. Oleh karena itu, tanpa Lead Generation, usaha promosi produk yang telah dilakukan dengan susah payah akan berakhir sia-sia.

Karena promosi produk hanya akan menghasilkan peningkatan trafik, brand awareness, dan eksposur saja. Tetapi dengan menambahkan Lead Generation (semisal mengirimkan newsletter pada new users, membagikan diskon khusus member baru, dan lainnya), maka calon pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk. 

Selain itu, Leads juga dapat berguna untuk melakukan segmentasi pelanggan melalui data yang kita peroleh (usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan metrik lainnya) ketika mereka subscribe pada produk. 

2. Menciptakan Landing Page

Landing Page pada website yang khusus memuat informasi penting dan detail terkait produk yang dijual sangat dibutuhkan untuk menghasilkan Leads. Oleh karena itu, kalian dapat membuat Landing Page menggunakan subdomain website agar pengunjung lebih mudah untuk mengetahui seluk-beluk produk tanpa harus bertanya kepada customer service atau sales terlebih dahulu. 

3. Ciptakan Konten yang Menarik

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022

Strategi content marketing tidak hanya berguna untuk media promosi, tetapi juga sangat berharga dalam menghasilkan Leads. 

Sebagai contoh, bisnis kalian bergerak pada bidang produksi pakaian. Pada cuaca yang sedang panas, sering kali calon pelanggan memiliki permasalahan dalam menemukan pakaian yang dingin dan tidak panas di kulit. Nah, kalian dapat membuat konten mengenai bahan-bahan tekstil pakaian yang cocok untuk daerah panas (seperti katun, linen, viscose, dan lainnya). Lalu pada akhir artikel cantumkan rekomendasi produk pakaian yang kalian jual. 

4. Mengadakan Giveaway atau Sistem Trial Produk

Apabila Exabytes Friends adalah pengguna media sosial aktif, maka tentu sering menemukan event giveaway yang diselenggarakan oleh online shop atau bahkan perusahaan bisnis besar, bukan? Nah, giveaway memang dianggap cara yang cukup ampuh untuk mendatangkan Leads. 

Dengan membagikan sampel produk secara gratis melalui giveaway, maka calon pelanggan akan mendapat kesempatan untuk menggunakan dan me-review produk kalian. Apabila produk tersebut bagus, maka kemungkinan besar mereka akan terus berlangganan dan membeli produk tersebut.

5. Sediakan Opsi “Berlangganan Newsletter”

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022

Strategi untuk memaksimalkan Leads selanjutnya yaitu melalui newsletter. Melalui newsletter pada website user friendly, pelanggan akan menerima update tentang produk secara rutin dan berkala. Selain itu, newsletter juga dapat memberikan informasi seputar diskon-diskon tertentu sehingga dapat mengubah prospek menjadi Leads.

Untuk mengirimkan newsletter, diperlukan data pelanggan seperti alamat email dan nama. Sehingga akan lebih baik apabila situs website dilengkapi dengan formulir isian bagi pengunjung. 

6. Bedakan Member dan Non-Member

Lebih menarik apabila sebuah situs website menyediakan pilihan untuk mendaftar sebagai member (sign up). Karena para pelanggan yang akhirnya mendaftar menjadi member dapat dipastikan adalah pelanggan potensial yang sangat tertarik dengan produk kalian.

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022

Lalu bagaimana cara untuk menjaga ketertarikan dan kesetiaan member? Kalian dapat menyajikan konten-konten eksklusif khusus member (konten yang memberikan insight dan wawasan menarik serta menyajikan data dan analisis terperinci), diskon khusus member, serta freebies (hadiah atau free produk) khusus member.

7. Sediakan Layanan Live Chat Situs Website

Calon pelanggan yang berpotensi menghasilkan Leads adalah mereka yang merasa penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang sebuah produk. Nah, dengan menyediakan layanan live chat pada website, bisnis kalian telah memfasilitasi para calon pelanggan yang mempunyai pertanyaan terkait produk dan ingin mendapatkan jawaban segera.

8. Gunakan Data Demografi Pelanggan 

Apabila pelanggan berlangganan newsletter, mendaftar menjadi member, atau mereka mengisi data diri ketika akan membeli produk, maka data pelanggan tersebut akan terpusat menjadi satu pada database. Data tersebut bermanfaat untuk membuat customer persona guna mengetahui kebiasaan perilaku pelanggan. 

Dengan memahami persona dan perilaku pelanggan, maka dapat dengan mudah untuk membuat personalisasi promo sehingga meningkatkan Leads. Dengan begitu, strategi pemasaran yang telah dijalankan menggunakan Marketing Mix atau digital marketing tidak akan berakhir percuma.

9. Mengoptimalkan Media Sosial

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022
Memanfaatkan media sosial untuk mendulang Leads. (Sumber: Shutterstock)

Strategi social media marketing memegang peranan kunci dalam hal pemasaran, namun media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan Leads. Melalui akun media sosial bisnis yang dimiliki, kalian dapat berinteraksi dan meningkatkan awareness serta engagement dari para followers dengan cara membuat komunitas pelanggan berdasarkan daerah mereka tinggal.

Dengan begitu, para pelanggan akan merasa mendapatkan manfaat lebih dari berlangganan produk karena mereka juga mendapatkan teman dan network yang baru. Pada grup komunitas, kalian juga bisa rutin mengirimkan informasi produk baru yang akan dirilis. 

Saat ini pun telah hadir beberapa strategi pemasaran melalui media sosial, seperti Facebook Ads. Biaya Facebook Ads pun tergolong sangat terjangkau dan hemat di kantong. 

10. Mengadakan Event atau Webinar

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022

Kemudahan teknologi membuat segala aktivitas dapat dilakukan secara daring, termasuk menimba ilmu baru. Generasi muda saat ini pun banyak yang memiliki antusias tinggi dalam mencari wawasan baru. Exabytes Friends dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengadakan webinar gratis. 

Untuk dapat mengikuti webinar, kalian dapat membuat syarat agar melakukan subscribe pada situs website terlebih dahulu. Dengan topik webinar yang menarik, tentu saja para pengunjung akan tetap antusias untuk subscribe demi memperoleh ilmu gratis. Nah, diharapkan hal tersebut dapat menuntun pula pada kenaikan Leads.

11. Membuat Kuis atau Polling 

Kuis dan polling yang disajikan melalui media sosial dapat menjadi sarana untuk mendulang Leads. Strategi yang dapat dilakukan yaitu: semisal para followers media sosial yang mengikuti kuis dan memperoleh hasil paling tinggi berhak mendapatkan voucher diskon 50%. Dengan begitu, para pemenang kuis akan berbelanja produk kalian menggunakan diskon tersebut.

12. Menggunakan Copywriting yang Out of The Box

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022
Copywriting yang menarik dapat mempersuasi calon pelanggan. (Sumber: Shutterstock)

Copywriting sangat berpengaruh dalam hal persuasi calon pelanggan. Kata-kata yang serasa menghipnotis dan tepat sasaran akan membuat calon pelanggan penasaran terhadap produk dan ingin mencobanya. Selain itu, copywriting juga berperan besar dalam meyakinkan para calon pelanggan terkait produk yang dipasarkan. 

13. Melakukan Program Referral

Referral dapat menjadi peluang emas untuk memperoleh Leads. Hal ini dikarenakan calon pelanggan yang menjadi target melalui program referral atau afiliasi adalah mereka yang memang siap dan bersedia untuk berlangganan. Namun perlu diperhatikan bahwa perusahaan harus bersedia menyiapkan timbal balik bagi si pemberi referral berupa diskon, poin, uang, atau hadiah. 

14. Tawarkan Hadiah Khusus Untuk New Member

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022

Biasanya pengguna baru memerlukan perhatian khusus agar mereka mau mencoba produk untuk pertama kalinya hingga ketagihan untuk berlangganan. Exabytes Friends dapat memberikan promo khusus, diskon, hadiah, atau gratis ongkir bagi pengguna baru yang ingin membeli produk. Hal tersebut diharapkan dapat menunjang Leads. 

15. Unggah Testimoni Pelanggan 

Testimoni dan review pelanggan dapat menumbuhkan rasa percaya dan yakin pada calon pelanggan lainnya. Dengan membaca banyak testimoni positif, calon pelanggan akan merasa produk yang ditawarkan benar-benar bagus dan memenuhi ekspektasi mereka. Diharapkan pula Leads dan konversi penjualan akan meningkat.

16. Ciptakan Face of the Brand

Face of the brand sangat berpengaruh untuk menciptakan kesan pertama yang menarik bagi calon pelanggan. Saat ini, peran influencers sangat berpengaruh bagi seluruh kebiasaan dan aktivitas para anak muda. Banyak generasi Z yang berkiblat pada public figure dan influencers dalam hal gaya hidup.

Oleh karena itu, dengan menggaet public figure yang memiliki pamor gemilang dan citra positif sebagai face of the brand, akan membuat suatu brand lebih mudah diterima di tengah masyarakat.

17. Lakukan Demo Produk

Demo produk dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengenalkan dan mempromosikan produk. Tetapi selain itu juga dapat menjadi ladang untuk mencari Leads. Kalian dapat membuat strategi dengan mengadakan demo produk dan membuat promo bagi siapa pun yang melakukan pembelian produk selama acara demo berlangsung akan mendapatkan hadiah atau diskon khusus. Hal tersebut dapat menarik perhatian calon pembeli. 

18. Gunakan Tools Hunter.io

Apa Itu Leads? Ini 18+ Trik Rahasia Mendapatkannya - 2022

Hunter.io sangat direkomendasikan khusus bagi pemilik bisnis B2B. Tools ini dapat mencari dan menemukan alamat email suatu perusahaan yang ingin diketahui. Sehingga apabila Exabytes Friends membutuhkan kerjasama, ingin menawarkan produk, atau kebutuhan lainnya pada perusahaan lain, kalian akan sangat membutuhkan tools ini.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya perlu memasukkan alamat website suatu perusahaan lalu admin Hunter.io akan mencarikan email dari perusahaan tersebut. 

19. Menggunakan Linktree

Bagi Exabytes Friends yang belum familiar, Linktree adalah semacam halaman yang digunakan untuk mencantumkan kumpulan tautan. Linktree sering digunakan oleh para pemilik online shop. Namun ternyata Linktree dapat menjadi trik untuk mendulang Leads, loh! Melalui Linktree, para calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan tautan untuk masing-masing produk yang ingin mereka beli. Cara membuat Linktree pun sangat mudah dan anti-ribet. 

Kesimpulan

Lead Generation adalah calon pelanggan yang menunjukkan minat terhadap produk dari suatu brand sehingga menjadikan orang tersebut sebagai pelanggan potensial. Leads memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk memetakan target pelanggan, mengetahui pelanggan potensial, mempermudah dalam menghubungi calon pelanggan, dan mempermudah untuk melakukan pemasaran pada segmen pelanggan yang dirasa cocok. 

Leads memiliki jenis yaitu Information Qualified Lead (IQL), Marketing Qualified Lead (MQL), Sales Qualified Lead (SQL), Product Qualified Lead (PQL), dan Service Qualified Lead (SQL). Beberapa trik untuk mendulang Leads yang dapat Exabytes Friends terapkan adalah Memahami Marketing Funnel, Menciptakan Landing Page, MenCiptakan Konten yang Menarik, menyediakan Opsi “Berlangganan Newsletter”, Mengadakan Giveaway atau Sistem Trial Produk, memBedakan Member dan Non-Member, serta menyediakan Layanan Live Chat Situs Website. 

Selain tips dan trik di atas, masih ada rahasia lainnya untuk meningkatkan Leads. Strategi tersebut yaitu mengumpulkan Data Demografi Pelanggan, Mengoptimalkan Media Sosial, Mengadakan Event atau Webinar, Menggunakan Copywriting yang Out of The Box, Membuat Kuis atau Polling, Melakukan Program Referral, menawarkan Hadiah Khusus Untuk New Member, mengunggah Testimoni Pelanggan, menCiptakan Face of the Brand, meLakukan Demo Produk, dan menggunakan tools Hunter.io. 

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rahasia meningkatkan Leads. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan jasa digital marketing dan jasa iklan Google Ads, loh! 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments