11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

201
12 min read

Hello Exabytes Friends!

Di era pandemi seperti ini, sebetulnya banyak sekali kegiatan dan rutinitas yang dapat kita lakukan sehari-hari. Walaupun #DirumahAja saat ini terdengar begitu menyeramkan untuk kalian, khususnya para pejuang kerja garis keras yang merasa resah serta bingung dengan adanya kondisi dan situasi yang terbilang galau saat ini.

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Mau ga mau, suka ga suka, kamu yang biasanya keluar rumah untuk pergi ke kantor, saat ini harus tetap #DirumahAja dan gak boleh kemana-kemana, kecuali ada kepentingan yang amat sangat mendadak ya, Exabytes friends! Anyway, dengan tetap tertib pada aturan dan protokol pandemi Covid-19, para pekerja atau mungkin kamu sendiri mau ga mau juga diharuskan memutar otak untuk tetap menjaga perekonomian stabil.

Kenapa harus memutar otak?

Karena seperti yang kita ketahui, dengan berlangsungnya pandemi seperti ini, banyak perusahaan yang terpaksa memotong gaji pekerja, bahkan potong kontrak pekerjanya sendiri. Dampak dari itu semua adalah banyak pekerja jadi kekurangan income atau bahkan lost income, karna dari yang tadinya #DirumahAja, meleset jadi ke #DirumahkanAja.

But hold on! Kalian semua udah pasti tau kan tentang dampak penggunaan internet yang keren dan sangat membooming di era digital saat ini. Dengan adanya keuntungan keuntungan yang bisa diraih melalui internet, kamu yang WFH ataupun kamu yang terpaksa kehilangan pekerjaan kamu saat pandemi seperti ini. Bisa banget loh memanfaatkan platform online untuk menambah income kamu!

Yang perlu kamu ketahui sebelum menyimak beberapa hal dibawah ini adalah semua hal yang kamu lakukan memerlukan ketekunan dan kegigihan. So, untuk mencapai goals kamu dalam sukses memutar otak melalui internet, kamu juga perlu kesabaran, kegigihan, dan ketekunan ya guys!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Nah! Exabytes friends, dibawah ini mimin sudah merangkum beberapa hal yang siapa tau nantinya dapat menginspirasi dan membantu kamu untuk kembali stay on the track dalam masalah finansial dan ga kebingungan dengan kondisi pandemi yang bikin hati jadi kayak terombang-ambing bak air ditengah. Simak baik-baik, ya!

  1. Membuka jasa online shopping atau toko online

Membuka online shop atau toko online dapat menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan ketika pandemi seperti ini. Selain memang mengurangi resiko bertatap muka secara langsung, memiliki toko online juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah toko anda dapat buka selama 24 jam tanpa harus tutup seperti toko offline atau toko konvensional.

Toko online juga memiliki jangkauan calon konsumen yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan jangkauan calon konsumen pada toko offline. Hal ini dapat menguntungkan kamu sebagai calon pelaku bisnis loh, guys!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
  1. Menjadi Content Creator Di Youtuber dan Tiktok

Saat pandemi seperti ini, menjadi seorang pembuat konten adalah salah satu hal yang digemari oleh kamu, kamu para millenials yang sudah mulai bosan ketika #DirumahAja atau kamu yang capek dikejar deadline WFH. Yang tadinya iseng-iseng berhadiah, ternyata menghasilkan uang, dan bikin nagih pula! Konten yang dapat kamu buat juga bermacam-macam, mulai dari fnb, make up, lifestyle, tutorial, dan lain-lain, tergantung taste dan interest apa yang kamu miliki untuk kamu tampilkan di laman tiktok atau youtubemu!

Youtube sendiri dapat di monetize ketika kamu sudah hit 10k subscriber. Oleh karena itu, buat kamu yang hobinya ngomong didepan kamera, kamu bisa banget nih memanfaatkan platform youtube untuk tempat kamu berekspresi sekaligus mendapatkan uang.

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Tapi, kamu juga harus sabar ya, karena mendapatkan subscriber tidak sebegitu instannya. Kamu harus membuat kanal dan kontenmu terlihat begitu menarik, kemudian juga kamu harus rajin mengunggah video agar orang-orang tertarik untuk berlangganan di kanal youtube kamu, tentunya dengan konten yang bermanfaat ya guys! Karena dengan konten yang bermanfaat, akan menambah perhatian dan ketertarikan mereka dalam mengunjungi dan berlangganan di kanal youtubemu!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
  1. Membuat Blog

Saat ini, blogging bukan lagi menjadi hobi yang semata-mata dilakukan karena menghasilkan kepuasan tersendiri saja, namun, blogging juga dilakukan karena saat ini menekuni blog dapat menghasilkan uang. Fyi, siapapun boleh membuat blog, siapapun bebas menulis di laman blognya masing-masing, siapapun boleh berekspresi melalui hal yang disukai. Saat ini, sudah banyak sekali blogger ternama yang menghasilkan uang melalui laman blognya.

Baca Juga  Ini Dia! 7 Blogger Wanita Paling Inspiratif 

Langkah pertama jika kamu berniat untuk menekuni dunia blog dan mendapatkan penghasilan, kamu harus membuat laman blog pribadi mu. Namun saat ini, membuat blog gratis sendiri tanpa berlangganan hosting memiliki beberapa kelemahan dalam mendapatkan uang dari internet. Oleh karena itu, pastikan kamu berlangganan hosting pada saat membuat blog yah!

Kenapa membuat blog gratis memiliki banyak kelemahan dalam menghasilkan uang dari internet?

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah blog gratis rata-rata melarang kamu untuk memasang iklan. Kedua, jika di blog kamu terdapat konten konten atau bahasan yang sensitif, platform blog bisa langsung menghapus blog kamu. Artinya, kamu tidak bisa bebas berekspresi dan menuangkan apa yang kamu inginkan di dalam blogmu!

Selanjutnya, jika blog kamu sudah selesai dibuat dan online, kamu dapat memulai dengan menulis hal-hal yang kamu sukai dan menarik. Semakin rajin kamu menulis dan semakin menarik tulisan serta design yang terpampang di laman blogmu, semakin banyak juga orang yang tertarik untuk mengunjungi blogmu, atau bahkan ketagihan membaca tulisanmu! Apalagi kalau konten yang kamu tulis membawa impact positif untuk banyak orang, sudah pasti pengunjung laris manis visit blogmu setiap kamu posting! 

Jangan khawatir, selagi kamu gemar menulis dan kreatif, blog akan jadi surgamu kok! Jadi WFH bukan jadi masalah ya guys kalau kamu udah punya kegemaran ngeblog! Selain hobi, kamu juga dapat uang tambahan, makin berseri-seri deh harimu!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Setelah hal diatas sudah kamu lakukan, kamu dapat memulai mendapatkan uang dengan beberapa hal dibawah ini, seperti:

  • Google Ads

Kamu bisa bergabung dengan google adsense guna mendapatkan uang dari laman blogmu. Saat pengunjung mengunjungi laman blogmu dan mengklik iklan yang terpampang disana, kamu bisa mendapatkan penghasilan.

  • Afiliasi

Cukup menempatkan banner atau poster afiliasi di blogmu. Lalu kamu bisa dengan mudah mendapatkan komisi afiliasi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut. 

Untuk mendapatkan program afiliasi yang tepat, kamu bisa menggunakan jasa afiliasi yang ditawarkan oleh Exabytes loh! 

  • Sponsored Posts

Kamu bisa banget loh kerjasama dengan pihak lain untuk meletakkan postingannya di laman blogmu!

  1. Menawarkan jasa kursus online

Saat #DirumahAja, tentu banyak sekali waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk bermain gadget dan do nothing.

Eits, kamu bisa kok ngakalin ini semua! Kalau kamu memiliki passion atau hobi yang tidak tersalurkan terhadap suatu hal, kamu bisa kok menuangkannya pada jasa kursus online! Misalnya, kamu suka baking dan banyak yang memuji kue kue buatanmu enak.

Dengan memanfaatkan skill bakingmu, kamu dapat menarik audience untuk mengikuti kelas belajar online. Selain itu, kamu juga dapat mengatur waktumu sendiri dalam membuka kursus ini. Misalnya, kamu ingin 3 kali seminggu, atau 2 kali seminggu, dengan durasi yang dapat kamu tentukan sendiri juga.

Good luck!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
  1. Menjadi Reseller dari suatu bisnis

Guys! Kamu kebingungan untuk build up bisnis pertama mu? Kamu ga perlu khawatir kok, sekarang banyak banget pelaku bisnis online yang membuka reseller. Tagline mereka pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar, “reseller are welcome”!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Nah, dengan mengetahui hal ini, kamu bisa banget loh jadi salah satu reseller produk mereka. Kalian ga perlu mikir sejauh mana bisnis kamu akan bertahan, atau memikirkan inovasi apa yang akan kamu buat, karena kamu sudah punya “induk” dari bisnis kamu!

  1. Menjual Jasa pembuatan Design

Untuk kamu yang jago banget dalam dunia per-design-an kamu bisa banget nih membuka jasa design kamu di kala pandemi seperti ini! Ditambah lagi, saat pandemi seperti ini, banyak sekali pelaku bisnis online yang gencar untuk meng “gong” kan nama mereka lagi.

Salah satu teknik membuat bisnis mereka viral adalah dengan meningkatkan nilai estetika. Seperti estetika feeds instagram dan instagram story yang dimiliki oleh pelaku bisnis tersebut.

So, buat kamu yang hobi design dan lagi butuh penghasilan tambahan, yuk coba rekomendasi dari kami yang satu ini! Hope it works yah!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
  1. Membuka Jasa Virtual Photoshoot

Pernah dengar kata “photoshoot”? sebelumnya? Udah pasti pernah lah ya! Tapi, photoshoot yang kali ini beda loh guys! Karena photoshoot kali ini menggunakan media. Yaitu video call pada saat pengambilan fotonya. Trend virtual photoshoot ini dimulai ketika masa pandemi ini.

Baca Juga  Pengaruh Domain.ID Terhadap Perkembangan Bisnis Online
11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Wah, mimin sih tertarik guys buat cobain virtual photoshoot! Bisa jadi diluar sana juga banyak yang tertarik. Oleh karena itu, kamu yang skill fotografinya diatas rata-rata, boleh banget nih coba buka jasa virtual photoshoot! Karena selain viral, virtual photoshoot juga unik banget loh! Mimin sih baru liat hasil selebgram selebgram aja, tapi belum pernah coba virtual photoshoot nya, huhuhu!

  1. Menjadi Proof Reader

Kamu pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata proof reader atau proof reading! Proof reader adalah seseorang yang mengecek kesalahan pada sebuah dokumen, lalu setelah itu siap diterbitkan.

Berbeda atau sama saja dengan editor? Ya jelas beda dong!

Proof reading lebih fokus kepada penggunaan kata yang salah, penggunaan ejaan yang salah, atau biasa disebut typo.

So, jika kamu punya ketelitian dan jago dalam tata kalimat serta pengejaan, kamu bisa coba pekerjaan ini guys! Tentunya pekerjaan ini sangat praktis karena bisa dilakukan dari rumah. Uang yang didapatkan dari menjadi seorang proofreader juga lumayan loh guys! Proof reading bisa menjadi salah satu list pekerjaan yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan kamu dari rumah!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
  1. Menawarkan Jasa Pembuatan Power Point

Membuat tampilan power point terlihat menarik adalah kesukaan hampir semua orang. Namun, tidak semua orang dapat merealisasikannya terlihat menarik. Oleh karena itu, untuk kamu yang capable dan hobi membuat power point terlihat menarik, kamu bisa coba pekerjaan satu ini guys! Selain dapat dilakukan dari rumah, kamu juga bisa menambah penghasilan dan tentunya mengisi waktu luangmu selama #DirumahAja.

Jangan khawatir, kamu bisa menentukan fee mu sendiri kok! Seperti mimin lihat di social media twitter, banyak sekali akun twitter yang menawarkan jasa pembuatan power point, karena memang hal ini dibutuhkan oleh banyak kalangan. Good luck!

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
  1. Menekuni Bidang Video Editing

Buat kamu yang gemar berkawan dengan backsound, trim, split, cut, dan lain sebagainya, kamu bisa mencoba menekuni skill kamu guys! Saat ini, banyak orang yang ingin sekali merealisasikan ide-ide yang dimiliki dalam bentuk video.

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

So, dengan kamu menekuni bidang video editor, kamu bisa banget kok menambah pendapatan kamu! Yang perlu kamu catat dan pahami, karena video editing adalah salah satu hal yang tidak mudah, kamu harus benar-benar menekuni ya guys! Jadi, pada saat kamu menawarkan jasa kepada klien, mereka akan merasa puas dan memungkinkan mereka untuk membayar anda lagi untuk mengedit video selanjutnya.  

  1. Membuat dan Menekuni Podcast

Podcast ini pertama kali muncul dalam artikel yang dibuat oleh Ben Hemmersley dalam surat kabar The Guardian tahun 2004 lampau. Pada saat itu, podcast belum membooming seperti sekarang. Podcast sendiri awalnya berasal dari kata Pod yang memiliki arti Play on Demand. Pada saat itu, podcast hanya dapat diunduh dengan koneksi internet. Berbeda dengan saat ini, podcast dapat didengarkan di platform musik yaitu Spotify.

11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Seperti halnya blogging, membuat podcast juga dapat membantu menambah income kamu saat WFH. Sebagai langkah paling awal, kamu bisa membuat website WordPress dan memasang plugin podcast. Setelah itu, kamu bisa menghubungkannya ke beberapa platform musik seperti Spotify for podcaster dan Google podcasts.

Untuk membuat podcast yang bagus dan digemari oleh calon pendengar, pastikan konten yang kamu bicarakan di podcast menarik, bahasannya tidak bertele-tele, bahasanya easy listening, dan disajikan dengan audio yang bagus. Dicatat ya, jangan pernah record podcast dengan resolusi abal-abal. Karena nantinya akan membuat pendengar kamu justru kesal dan tidak tertarik lagi untuk mendengar obrolanmu. So, pastikan kamu memperhatikan hal-hal diatas ya! Dengan begitu pendengarmu akan bertambah dan penghasilanmu juga akan terus bertambah!

Itulah beberapa hal yang dapat mimin infokan ke kamu yang sedang kebingungan dengan kantong yang tidak stabil. Padahal udah lirik lirik skincare, tapi lupa kalau dompet tipis. Semoga hal-hal rekomendasi mimin diatas bisa ngebantu kamu untuk tetap produktif dan menghasilkan uang dari rumah ya, Exabytes friends! 

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan mentaati protokol Covid-19! 

Credit : Aisya Damayanti Sumarno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here