8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk Bisnismu

27
11 min read

Hi Exabytes Friends!

Saat ini, berbisnis jadi hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Terlebih lagi bisnis online yang sangat mudah dilakukan tanpa harus keluar rumah. Melakukan bisnis online di rumah pun tidak menutup kemungkinan bahwa konsumen tetap akan beramai-ramai membeli produk mu. Apalagi jika cara mu mempromosikan bisnis menggunakan cara yang tepat. Jadi, cara mu mempromosikan dan memilih platform untuk promosi juga harus diperhatikan dan kamu juga perlu mencari tahu platform apa yang paling cocok dengan bisnis mu.

Nah, untuk kamu yang punya bisnis offline pun jangan khawatir tidak bisa menggunakan platform online untuk promosi. Kamu juga bisa banget loh menggunakan platform online untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis mu agar lebih diketahui banyak orang. Kalau kamu masih bingung memilih platform apa yang tepat untuk mempromosikan bisnis mu, langsung saja simak artikel ini sampai akhir ya!

Facebook

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk Bisnismu

Salah satu platform media sosial yang masih sangat terkenal sejak dulu hingga sekarang. Gak cuma untuk sharing mengenai pengalaman aja, Facebook juga bisa menjadi sebuah sarana untuk mempromosikan bisnis mu. Promosi yang kamu lakukan di Facebook juga berpotensi untuk dilihat oleh banyak sekali orang karena pengguna Facebook di dunia sejumlah kurang lebih 2,3 miliar pengguna. Benar-benar banyak kan? Facebook ini juga bisa digunakan secara gratis untuk mempromosikan bisnis mu, kategori bisnis yang bisa dipromosikan juga tentunya sangat bervariasi. Sehingga kamu bisa mempromosikan bisnis mu dengan mudah. 

Saat mempromosikan melalui Facebook, kamu bisa menentukan target audience yang sesuai dengan target pasar dari bisnis mu yang akan membuat promosi mu tertuju pada orang yang tepat. Untuk mulai mempromosikan bisnis melalui Facebook, kamu bisa memperkenalkan produk mu melalui halaman utama yang didesain secara menarik agar dapat menarik konsumen untuk melihat-lihat produk mu bahkan sampai membelinya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tingkat engagement di Facebook bisnis mu. Kamu perlu membuat promosi menarik yang bisa melibatkan audience untuk ikut berkomunikasi langsung di halaman Facebook bisnis tersebut. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan banyak respon seperti komentar maupun like yang bisa menarik lebih banyak konsumen lagi. Terakhir, pahami lah bagaimana karakteristik target pasar mu agar kamu bisa menyediakan jenis-jenis promosi atau konten yang bervariasi yang dapat menarik target pasar mu.

Instagram

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk BisnismuTak hanya sosial media platform Facebook saja yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis mu, Instagram juga menjadi salah satu platform untuk promosi yang sangat populer saat ini. Jumlah pengguna nya pun menempati urutan kedua tertinggi di dunia setelah Facebook. Fitur yang ditawarkan oleh Instagram juga sangat beragam seperti Instagram story, feeds, Instagram shop, IGTV, dan lain-lain. Fitur tersebut pastinya akan menunjang promosi untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Seperti halnya mempromosikan bisnis melalui platform Facebook, kamu juga harus membuat promosi atau konten yang unik dan menarik di Instagram. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan fitur di Instagram seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kamu bisa membuat konten menarik seperti Tips and Trick menggunakan produk yang kamu jual dan diupload ke IGTV. Dengan begitu, target audience mu bisa menyimpan informasi tersebut dan menontonnya lagi jika sewaktu-waktu ingin mencoba tips dari kamu atau membeli produk mu. Selain menggunakan beberapa fitur yang tersedia di Instagram, kamu juga bisa berkolaborasi dengan influencer atau KOL (Key Opinion Leader) di Instagram untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Dengan kolaborasi antara kamu dan influencer, maka kamu akan meraih lebih banyak lagi audience dengan kriteria yang sesuai dengan target pasar bisnis mu itu. Selain itu, influencer atau KOL sudah memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat atas produk yang dipromosikan atau direview. Sehingga bisnis mu akan lebih dipercaya oleh audience dan masyarakat melalui Instagram.

Promosi di Instagram ini memang benar-benar bervariasi dan kamu bisa mengexplore semua jenis promosi yang bisa digunakan. Selain membuat konten menarik di Instagram dan menggunakan jasa influencer atau KOL untuk mempromosikan bisnis mu, kamu juga bisa mencoba Instagram ads sebagai pilihan. Instagram ads ini bisa kamu tentukan target audience nya agar ads yang kamu pasang muncul di timeline target audience yang sesuai dnegan kriteria. Kamu juga bisa memasang harga berapa pun untuk ads sesuai kemampuan, namun jika kamu memasang harga lebih tinggi pasti hasil atau insight nya juga akan lebih baik dan maksimal. Bisa kamu coba juga ya promosi melalui Instagram ads ini!

Baca Juga  Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Google My Business

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk Bisnismu

Google My Business ini adalah salah satu platform yang bisa kamu jadikan sebagai channel promosi untuk bisnis mu. Google My Business merupakan platform dari Google yang bisa membantu kamu untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan kategori yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Google My Business juga telah digunakan oleh banyak orang bahkan miliaran orang di dunia ini untuk mempromosikan bisnisnya sehingga bisa diketahui oleh lebih banyak orang. Nah, fitur yang disediakan oleh Google My Business ini juga sangat bermanfaat untuk bisnis mu, seperti fitur rating yang bisa memberikan informasi kepada para konsumen atau audience yang melihat bisnis mu. 

Fitur rating ini bisa menarik audience yang kamu tuju jika bisnis mu memiliki rating yang baik, tak hanya itu, konsumen yang sudah pernah membeli produk mu juga bisa ikut mereview dan membagikan pengalaman baiknya terkait produk yang kamu jual. Dengan begitu, audience yang lain akan lebih tertarik dan percaya dengan bisnis mu. Selain fitur rating yang ada di Google My Business, terdapat fitur Google Maps yang bisa kamu gunakan agar audience yang mencari bisnis mu di Google Search Engine akan mengetahui dimana lokasi bisnis mu yang bisa didatangi secara langsung. Dengan menggunakan fitur ini, peluang mu mendapatkan pengunjung juga semakin tinggi. Sebelum memutuskan untuk menggunakan Google My Business, kamu juga perlu memahami ketentuan dari paltform tersebut agar bisa dilakukan dengan tepat.

Blog

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk Bisnismu

Saat ini blog juga bisa menjadi pilihan mu untuk melakukan promosi dari bisnis yang kamu punya. Mungkin banyak orang masih berpikir bahwa blog hanya bisa digunakan untuk menulis artikel atau berbagi pengalaman saja. Namun kenyataannya adalah blog sangat bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis mu dengan cara yang berbeda dan menarik. Dengan menggunakan channel blog untuk promosi, kamu bisa menulis artikel yang berkaitan tentang produk yang kamu jual. Kamu bisa membuat artikel yang secara tidak langsung akan mengarahkan pengunjung blog untuk melihat produk mu atau disebut juga soft selling. Misalnya bisnis mu merupakan sebuah bisnis makeup yaitu lipstick. Kamu bisa membuat artikel mengenai tips ombre lips, tips membuat overdrawn lipstick, dll dan nantinya kamu akan memasukkan backlink menuju produk yang kamu jual. Dengan begitu, cara mu mempromosikan akan terlihat sangat halus dan tidak hanya ingin berjualan tetapi juga ingin membagikan informasi bermanfaat pada pengunjung blog. Selain itu, kamu juga bisa membagikan pengalaman atu prestasi mu saat berbisnis, sehingga bisa menginspirasi pengunjung blog yang bisa berujung dengan ketertarikan pada produk mu. Untuk lebih mengoptimalkan traffic di blog yang kamu buat, kamu bisa menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization) agar menjadi lebih banyak orang yang mengunjungi blog mu dan tertarik pada produk mu.

Email marketing

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk BisnismuEmail marketing merupakan sebuah channel promosi yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk agar dapat tertuju secara langsung kepada target konsumen dari bisnis mu. Meskipun sebagian orang berpikir bahwa email marketing ini merupakan cara yang jadul dibandingkan dengan platform media sosial, email marketing tetap memiliki kekuatan yang hebat dalam mempromosikan secara online. Proses yang dilakukan untuk melakukan email marketing kepada konsumen bisa dimulai dengan mencantumkan kolom kosong untuk konsumen mengisi email saat akan membeli produk mu melalui toko online. Jika konsumen mu mengisi kolom email tersebut tentunya database konsumen mu akan semakin banyak dan bisa ditargetkan untuk pengiriman email marketing. Kamu bisa mengirimkan email marketing kepada konsumen untuk mempromosikan produk mu seperti memberikan promo hari besar, promo untuk pembelian melalui marketplace, promo dengan kode voucher, dan lain-lain. Pengiriman email marketing ini tentunya akan tepat pada sasaran yaitu konsumen bisnis mu yang sudah mencantumkan email nya atau artinya mereka sudah setuju untuk dikirimi email marketing. Meskipun konsumen mu setuju, kamu juga perlu memahami bahwa jangan sampai email marketing yang kamu kirim justru menjadi spam dan mengganggu konsumen. Oleh karena itu kamu perlu membuat jadwal-jadwal tertentu untuk mengirim email marketing. Tidak hanya menentukan jadwal pengiriman email marketing, kamu juga bisa mencantumkan tombol unsubscribe email sehingga keputusan tetap ada di tangan konsumen.

Marketplace Ads

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk Bisnismu

Pastinya kamu sudah tahu bahwa marketplace menjadi sebuah channel yang sangat menarik untuk melakukan bisnis online. Kamu tidak perlu memiliki platform tersebut seperti website yang harus diurus sendiri dan tentunya juga lebih sulit daripada marketplace. Dengan melakukan sign up dan memiliki akun, kamu sudah bisa berjualan di marketplace ternama yang ada di Indonesia. Nah, saat kamu sudah berbisnis online melalui marketplace, bagaimana untuk mempromosikan produk mu agar bisa dilihat dan dibeli oleh banyak orang? Kamu bisa mempromosikan bisnis mu melalui marketplace ads. Marketplace ads ini merupakan layanan yang bisa  digunakan untuk memposisikan toko mu di halaman pertama marketplace tersebut. Sistem yang digunakan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ads di platform lain seperti Facebook atau Instagram, yaitu ketika ada calon konsumen yang mengetikkan keyword yang sesuai dengan produk mu maka produk yang kamu jual akan menduduki posisi teratas pada halaman pertama. Sehingga konsumen akan langsung tertuju pada produk mu yang menempati posisi teratas. Promosi menggunakan marketplace ads juga sangat mudah dan yang paling menguntungkan yaitu biaya nya yang murah. Biaya yang murah tersebut pun juga bisa dikatakan worth it karena kamu bisa mengatur keyword sasaran dan mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga  7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia Yang (segera) Bangkrut [Update 2018]

YouTube

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk Bisnismu

Platform video broadcasting yang satu ini sangat populer di kalangan millenial karena platform YouTube menyediakan berbagai informasi yang sangat bervariasi dan bermanfaat. Paltform yang didirkan sejak tahun 2005 ini menjadi favorit banyak orang salah satunya publisher. Publisher dapat memberikan informasi apa pun seputar pengalamannya atau hal lainnya. Selain publisher, di dalam platform YouTube juga ada yang berperan sebagai advertiser yaitu pihak yang akan mempromosikan bisnis nya pada channel milik publisher. Jika kamu ingin mempromosikan bisnis mu melalui YouTube, maka kamu berperan sebagai advertiser dan kamu harus membuat sebuah rencana promosi agar promosi yang kamu lakukan bisa memberikan feedback positif dan tentunya menguntungkan kamu. 

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis mu yaitu dengan memasang iklan di channel YouTube yang sejalan dengan kategori bisnis mu. Misalnya kamu memiliki bisnis fashion, maka kamu bisa memasang iklan di channel YouTube yang membahas tentang fashion agar penonton channel tersebut bisa melihat produk mu yang sesuai dengan pembahasan pada channel tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat konten video sendiri yang misalnya membahas tentang bagaimana melakukan mix and match produk fashion di beberapa kegiatan. Konten tersebut juga bisa kamu sisipkan promosi halus atau soft selling agar penonton video mu tertarik. Pastikan kamu mengemas video tersebut secara menarik dan membuat judul video yang unik dengan keyword yang sesuai agar dapat muncul di halaman pertama dengan posisi teratas. Terakhir, yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis yaitu berkolaborasi dengan influencer di YouTube yang berada di bidang sesuai dengan bisnis mu. Kolaborasi ini pastinya akan membuat promosi mu lebih banyak dilihat orang karena influencer tersebut sudah memiliki audience yang banyak. Menarik sekali kan?

Zomato

8 Rekomendasi Channel Promosi Online untuk BisnismuUntuk kamu yang memiliki bisnis di bidang kuliner, Zomato bisa jadi salah satu platform yang akan sangat membantu kamu. Zomato adalah sebuah platform yang menyediakan ulasan-ulasan mengenai banyak restoran, kafe, atau pun tempat makan lainnya. Informasi yang dibagikan pun beragam mulai dari nama restoran, alamat, peta lokasi yang terhubung dengan Google Maps, kontak, menu, dan lain-lain. Zomato bisa kamu pilih sebagai channel promosi agar konsumen mu bisa memberikan review mengenai restoran mu supaya bisa dilihat banyak orang yang mencari restoran mu dan bisa saja membuat mereka tertarik dengan adanya review positif tentang restoran milkik mu. Selain itu, informasi umum mengenai restoran mu seperti menu juga bisa jadi salah satu hal untuk mempromosikan makanan apa saja yang ada di restoran mu dan restoran mu memiliki tema seperti apa yang bisa dibayangkan oleh konsumen. Dengan menggunakan Zomato pun calon konsumen tidak perlu mendatangi restoran mu secara langsung untuk mengetahui lebih lanjut tentang menu, event, atau lainnya. 

Nah itu dia beberapa channel promosi online yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis mu mulai dari bisnis di dunia kuliner, fashion, kecantikan, atau yang lainnya. Gak cuma bisnis online aja yang bisa menggunakan promosi secara online, bisnis offline pun bisa menggunakannya yaitu menggunakan platform Zomato atau Google My Business yang akan menampilkan informasi penting tentang bisnis mu. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang bisa mengetahui dan tertarik dengan bisnis mu. Serta, kamu juga akan lebih banyak menjaring audience melalui platform online.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here