Ingin Punya Bisnis Online Tanpa Modal? Inilah 13 Idenya!

396
Bisnis Online Tnpa Modal
10 min read

Bicara soal bisnis, kamu pasti membutuhkan modal untuk memulai sebuah bisnis. Hal yang pertama kamu lakukan pasti adalah mulai menghitung berapa besar modal yang harus kamu keluarkan. Lalu, kamu mulai melirik isi dompet yang semakin menipis. Rupanya kamu tidak punya cukup modal untuk membangun bisnis online impian itu. Akhirnya, kamu pun harus mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum kamu berhasil mewujudkan bisnis online tersebut.

Saat kamu sudah menjalankan bisnis online impian dengan mengeluarkan modal yang kamu telah kumpulkan, nyatanya keuntungan yang kamu dapatkan tidak sebanding dengan modal yang sudah kamu keluarkan. Akibatnya kamu mulai menyerah dan bisnis onlinemu berhenti.

Jika kamu tidak ingin mengalami risiko-risiko seperti di atas, mungkin kamu bisa mencoba beberapa bisnis online yang dapat diterapkan tanpa mengeluarkan modal. Oh ya memangnya ada?

Ya, di artikel ini Exabytes akan sharing kepadamu beberapa inspirasi ide bisnis online tanpa modal yang mungkin bisa kamu coba. Ayo pilih dari 13 bisnis online di bawah ini, mana yang ingin kamu jalankan?

13 Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Mencari inspirasi ide bisnis online tanpa modal
Bisnis Online Tanpa Modal – Blogger (Sumber: Adobe Stock Photo)

Exabytes friends, tidak semua bisnis online memerlukan modal loh. Beberapa dari antaranya bahkan tidak membutuhkan modal ataupun hanya membutuhkan sedikit modal. Contohnya seperti inspirasi bisnis online tanpa modal di bawah ini:

Blogger

Kamu hanya membutuhkan sebuah laptop dan jaringan internet. Kamu bisa memilih sendiri ide blog apa yang kamu ingin usahakan. Pilihlah sebuah topik yang memang benar-benar kamu suka atau kuasai. Kamu juga bisa mempelajari hal-hal yang baru selagi kamu menulis konten untuk blog. Blogger memiliki beberapa kelebihan yang dapat kamu ketahui. Simak kelebihan blogger yang tidak banyak diketahui selengkapnya di artikel berikut.

Untuk membuat blog yang menarik, kamu juga sebaiknya mendesain template yang menarik. Kamu bisa mengunjungi blog-blog orang lain untuk mempelajari bagaimana mereka menyusun tata letak template blog mereka atau kamu pun bisa menilik rekomendasi template blogger gratis berikut sebagai referensi.

Dengan konsisten mengisi dan memposting konten secara rutin pada blog akan menambah peluang blog semakin dilirik oleh audiens. Buatlah konten yang bisa relate dengan target audiens, sehingga itu akan membuat mereka merasa terikat dengan konten blog dan setia menunggu update postingan baru dari blogmu.

Kamu juga bisa bergabung di komunitas writer untuk menambah networking dan menambah peluang berkolaborasi bersama mereka. Kamu bisa memanfaatkan komunitas ini untuk mempromosikan situs blog milikmu.

Membuat blog bisa menguntungkan loh. Dengan monetisasi blog, kamu bisa mendapatkan uang dari google ads. Kamu bisa belajar kisah-kisah blogger sukses di dunia seperti Huffpost yang menghasilkan 500 juta dollar dari mengusahakan blog.

Pelajari Apa Itu Google Ads di Blog Exabytes!

Bagaimana langkah-langkah menjadi seorang blogger? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Memilih tema blog
    Sebelum memulai membuat blog ada baiknya kamu memikirkan dulu tema blog apa yang ingin kamu buat. Apakah blog tersebut membahas tentang tanaman-tanaman hijau, review produk kosmetik berbahan vegan, masakan untuk para vegan, pecinta hewan, pecinta olahraga, kerajinan tangan dari sampah-sampah daur ulang, review film, blog untuk para penggemar, blog tentang teknologi, blog khusus perempuan, atau yang lainnya. Pergi telusuri berbagai blog agar kamu mendapat insight untuk tema blog kamu.
  • Membuat nama domain
    Setelah kamu sudah menentukan tema blog, kamu sudah lebih mudah untuk menentukan nama domain yang tepat untuk blog milikmu. Agar kamu bisa mematenkan nama domain atau alamat website, kamu bisa mendaftarkan domain blog milikmu. Jika kamu mencari layanan domain yang murah, Exabytes menyediakannya dengan harga domain terbaik untukmu.
  • Menggunakan Layanan Web Hosting
    Ada baiknya kamu menggunakan layanan web hosting. Web hosting berguna untuk menyimpan data-data website, seperti teks, gambar, video, dan lain-lain. Ada beberapa jenis layanan web hosting yang bisa kamu temukan, yaitu Shared Hosting, Dedicated Hosting, Virtual Private Server (VPS), Cloud Hosting, dan Colocation Server. Untuk mencari tahu jenis layanan hosting mana yang tepat untuk blog, kamu bisa membaca Alasan Menggunakan Hosting di blog Exabytes!

Penulis Kontributor

Apakah kamu hobi menulis? Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menjadi penulis kontributor. Penulis kontributor adalah penulis yang menyumbangkan tulisannya ke dalam sebuah situs, seperti situs portal berita/media online atau freelance penulis untuk perusahaan.

Penulis kontributor akan diberikan sebuah komisi sesuai dengan kesepakatan yang telah diputuskan oleh portal berita/media online atau perusahaan itu sendiri. Misalnya, sebuah portal berita akan memberikan komisi kepada penulis kontributor berdasarkan berapa banyak orang yang mengklik tulisan tersebut atau komisi juga bisa diberikan per artikel sesuai dengan kesepakatan situs portal berita/media online atau perusahaan itu sendiri.

Dropshipper

menjadi dropshipper dapat jadi bisnis online tanpa modal
Bisnis Online Tanpa Modal – Dropshipper (Sumber: Adobe Stock Photo)

Berbeda dengan reseller yang harus membeli barang grosiran untuk dijual kembali, seorang dropshipper menjual kembali sebuah barang dari toko tanpa harus membelinya jadi kamu tidak perlu mengeluarkan modal. Seseorang bisa membuat toko online sendiri dengan menjadi dropshipper.

Berikut beberapa tips dalam menjadi seorang dropshipper yang sukses:

  • Pelajari produk yang ingin kamu jual atau jual sebuah barang yang kamu ketahui
    Ketika kamu menjual sebuah barang, kamu pasti harus mengenalkannya kepada customer. Jika kamu tidak mengenali barang yang kamu jual, maka kamu tidak bisa menjelaskan apa kegunaan dan manfaat yang bisa didapatkan dari barang yang kamu jual kepada pelanggan, sehingga itu menurunkan minat mereka untuk membeli barang jualanmu.
  • Memperhatikan spesifikasi barang yang dijual
    Ketika kamu belanja di sebuah toko retail, kamu pasti akan melihat barang-barang jualan tersusun sesuai kategori benda. Itu membuat para pelanggan yang mengunjungi toko lebih mudah untuk mencari barang yang mereka cari. Misalnya, seorang wanita mengunjungi toko untuk membeli teflon anti lengket. Maka pegawai toko akan mengarahkan wanita tersebut ke bagian alat-alat dapur.

    Begitu juga dengan toko online. Sebaiknya kamu memperhatikan spesifikasi barang yang kamu jual sehingga itu memudahkan audiens menemukan apa yang mereka butuhkan. Kamu juga bisa membangun toko dengan memilih niche sendiri agar toko online tersebut lebih unik dan berbeda dari kompetitor lainnya.
  • Jangan menjual barang terlalu mahal
    Karena kamu hanya akan menjual kembali barang-barang dari toko lain, sebaiknya kamu tidak menjual barang terlalu mahal dari harga aslinya. Tentu saja itu akan membuat orang lain mempertimbangkan membeli barang dari tokomu.
  • Mempromosikan toko online dengan layanan iklan
    Tentu saja ini akan menambah pengetahuan orang lain terhadap Online Shop milikmu. Gunakan layanan iklan untuk mempromosikan Online Shop. Semakin banyak orang yang mengetahui toko online tersebut, semakin banyak peluang menambah customer baru. Jika kamu ingin menggunakan layanan iklan, Exabytes menyediakan Layanan Google Ads dan Facebook Ads terbaik.
  • Membuat website Online Shop
    Selain itu, kamu juga dapat membuat website Online Shop sendiri. Menggunakan website akan membuat audiens lebih mudah dalam melakukan transaksi dari toko online. Selain itu, membuat website akan membuat Online Shop terlihat lebih profesional dan terpercaya. Jika kamu ingin membuat website secara mandiri, kamu bisa membaca panduan lengkap cara membuat website yang sudah disediakan Exabytes.

Fanspage Facebook

Tahukah kamu kalau kamu bisa mendapat keuntungan dari membangun sebuah fanspage di Facebook? Fanspage adalah sebuah halaman dalam Facebook berisikan informasi mengenai sebuah organisasi atau perusahaan. Seorang influencer atau selebriti juga dapat menggunakan halaman tersebut untuk menjangkau audiens.

Membuat halaman di Facebook tidak membutuhkan biaya. Kamu bisa menggunakannya untuk mempromosikan bisnis atau organisasi. Dengan menggunakan halaman Facebook, kamu dapat kemudahan untuk tracking insights dari audiens dan juga mengundang seorang teman untuk menyukai halaman milikmu.

Kamu harus mengikuti standar komunitas Facebook, kebijakan monetisasi partner, dan kebijakan monetisasi konten untuk mendapat monetisasi lewat fanspage Facebook.

Membuat Channel YouTube

YouTube menjadi sarana hiburan yang dipilih oleh orang-orang pada masa ini. Buatlah sebuah konten yang menghibur atau dibutuhkan oleh orang-orang. Membuat satu tim komunitas channel YouTube akan sangat mengasyikan bagi kamu yang senang bersosialisasi sekaligus mencari pendapatan.

Menjual Jasa Desain Grafis

Di zaman ini jasa desain grafis sangat dibutuhkan. Tidak hanya oleh perusahaan atau bisnis kecil, tetapi juga organisasi-organisasi nirlaba. Desain grafis diperlukan sebagai media komunikasi lewat gambar kepada publik. Desain grafis juga dapat bermanfaat untuk membangun personal branding

Bayangkan jika kamu adalah seorang pembeli dan kamu melihat sebuah desain yang bagus pada produk yang kamu beli, pastilah kamu akan lebih senang melihat desain yang indah. Karena itu, jasa desain grafis dibutuhkan. 

Jika kamu memiliki bakat di bidang ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk ide bisnis online. Kamu bisa menaruh hasil-hasil karya di sosial media Instagram sebagai portofolio yang akan diberikan kepada pelanggan.

Online Tutor

Sekarang, banyak sekali situs web yang menawarkan jasa iklan untuk seorang tutor. Bagi kamu yang senang mengajar, kamu bisa membangun online tutor sendiri. Kamu bisa mengajar orang lain secara daring dengan menggunakan aplikasi komunikasi video seperti ZOOM dan Google Meet.

Kamu bisa juga mengiklankan diri lewat media sosial supaya jasa online tutor kamu diketahui oleh banyak orang, sehingga menambah peluang kamu akan mendapat murid baru. Kamu juga bisa meminta testimoni dari murid-murid sebagai tanda bahwa tutor online yang kamu buat semakin terpercaya.

Tutor Memasak

ide bisnis online tanpa modal - tutor memasak
Bisnis Online Tanpa Modal – Tutor Memasak (Sumber: Adobe Stock Photo)

Jika kamu ahli dalam memasak, kamu bisa membagikan video tutorial memasak di dalam blog, Instagram Reels, TikTok atau channel YouTube. Tutorial memasak dan tips-tips memasak akan sangat bermanfaat bagi orang lain. 

Banyak orang yang mengetahui cara mengolah makanan, tetapi tidak banyak yang mengetahui tentang rahasia-rahasia dalam memasak, seperti menggunakan jenis-jenis pisau menurut kegunaannya atau metode-metode memasak yang tepat.

Ghost Writer

Ghost writer adalah seorang penulis di balik layar. Penulis tersebut tidak akan disebutkan namanya sebagai penulis jika tulisan tersebut diterbitkan, tetapi ghost writer akan mendapat komisi dari kepenulisan tersebut.

Ghost writer biasanya menulis biografi untuk influencer, selebriti, atau pengajar (dosen). Ghost writer mendapat keuntungan besar setiap proyeknya. Maka dari itu, menawarkan jasa ghost writing bisa menjadi ide bisnis online yang menguntungkan.

Fotografer

Seorang fotografer juga dapat melampirkan hasil-hasil karyanya lewat media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan jasa layanannya. Selain itu, membuka layanan fotografer juga bisa membuka peluang karir baru. Hasil-hasil karya tersebut bisa menjadi portofolio saat melamar ke sebuah perusahaan.

Online Gamer

Bermula dari hobi, seorang online gamer juga bisa mendapat keuntungan loh. Keuntungan menjadi seorang esports bisa mencapai 1,000 sampai 5,000 dollar per bulan. Bergabunglah bersama komunitas gamer online untuk mendapat informasi.

Membuat Podcast Bermanfaat

Tak hanya dari membaca, kini orang-orang bisa menambah wawasan melalui media Podcast. Podcast bisa menjadi media pembelajaran pengganti bagi seseorang yang memiliki gangguan membaca.

Podcast adalah sebuah rekaman suara tanpa video yang berisi sebuah informasi. Bagi kamu yang gemar dengan public speaking dan suka membagikan informasi, kamu bisa membuat konten Podcast yang bermanfaat bagi orang lain.

Pilihlah sebuah tema Podcast yang kamu inginkan, contohnya Podcast yang membahas tentang sejarah musik. Pastikan kamu menguasai materi Podcast yang ingin kamu buat sehingga melancarkan kamu dalam perekaman audio.

Online Editor/Proofreader

Seseorang dengan kemampuan literasi yang baik bisa memanfaatkan kemampuannya untuk menjadi seorang proofreader. Proofreader sangat dibutuhkan agar sebuah tulisan mengikuti kaidah bahasa yang sesuai standar. Dengan mengikuti kaidah kebahasaan yang baik, sebuah tulisan akan dimengerti oleh para pembaca.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak ide bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Tentunya kamu harus konsisten dalam menjalankan bisnis online agar bisnis tersebut menjadi lebih berkembang. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lewat bisnis online tanpa modal seperti di atas.

Sebagai pelengkap untuk bisnis onlinemu, Exabytes menyediakan Layanan Web Hosting dan domain murah. Kamu juga bisa mempromosikan bisnis online tersebut melalui Facebook Ads dan Google Ads untuk hasil yang lebih optimal. Mulai sekarang!

Semoga artikel mengenai ide bisnis online tanpa modal ini dapat memberikan inspirasi untukmu. Lalu, inspirasi bisnis online tanpa modal mana yang ingin kamu jalankan? 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments