Mengenal Brotli: Sistem Kompresi Google Untuk Optimasi Website

301
mengenal brotli
6 min read

Di zaman yang semakin berkembang, pengalaman pelanggan merupakan salah satu strategi paling ampuh dan efisien yang bisa dikembangkan oleh seseorang untuk meningkatkan bisnis yang dimilikinya. Dalam pembahasan kali ini, kami akan fokus untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan secepat mungkin, yaitu dengan pemuatan halaman yang lebih cepat.

Menurut penelitian Google, sekitar 40% orang pergi meninggalkan situs website yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 detik untuk memuat dan penundaan sekitar 1 detik dalam merespon halaman, di mana hal tersebut dapat menghasilkan pengurangan konversi sebesar 7%. 

Agar situs website yang kita gunakan dapat dimuat atau diakses dengan lebih cepat, maka diperlukan alat kompresi file karena kita tahu bahwa setiap detik itu penting. Oleh karena itu kita perlu menghemat sekitar 2,5 detik (persentil ke-90) dan 1,2 detik (persentil ke-50) dengan menggunakan kompresi Brotli. Apa itu Brotli?

Apa itu Brotli?

Brotli merupakan sebuah algoritma kompresi yang dikembangkan oleh Google untuk optimasi website. Brotli berfungsi paling baik untuk mengkompresi sebuah teks, alasannya karena Brotli menggunakan kamus kata kunci dan frasa umum di sisi klien dan server sehingga memberikan rasio kompresi yang lebih baik. Brotli didukung oleh semua browser utama seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini:

apa itu brotli
Brotli didukung oleh semua browser yang dapat memudahkan pengelola website dalam menggunakannya. (Sumber: caniuse.com)

Agar browser bisa memanfaatkan penggunaan Brotli secara maksimal, maka kamu harus membangun sebuah dukungan ke dalam browser tersebut. Karena pada dasarnya Brotli sebuah algoritma kompresi dengan nomor LZ77, di mana nomor algoritma tersebut digunakan juga oleh gzip.

Sebelum Brotli familiar seperti sekarang, Brotli hanya digunakan untuk mengkompres sebuah font atau teks saja. Namun sekarang Brotli banyak digunakan untuk data berupa teks. 

Sejarah kemunculan Brotli ini diawali pada tahun 2013. Pada tahun tersebut, Brotli mulai diluncurkan untuk sebuah kompresi offline dari font atau tulisan website. Kemudian pada tahun 2015, Pihak Google meluncurkan versi lain untuk Brotli yaitu kompresi data Lossless Generic. Hal tersebut mengingat penggunaan dari Brotli ini adalah dikhususkan untuk mengkompresi sebuah HTTP.

Oleh karena itu, Brotli bisa dikatakan sebagai sebuah open source di mana algoritma kompresi data lossless nya memuat kepadatan kompresi yang lebih baik apabila dibandingkan dengan gzip. Di mana hal tersebut dapat mengurangi konsumsi transfer data atau bandwidth dan bisa membantu memuat konten website menjadi lebih cepat. Ini kenapa kamu harus mengaplikasikannya pada situs website kamu.

Brotli adalah open source, algoritma kompresi data lossless dengan kepadatan kompresi yang lebih baik daripada gzip yang mengurangi konsumsi bandwidth dan membantu memuat konten lebih cepat. Inilah mengapa Kamu harus menggunakannya.

Apakah Browser Kamu Mendukung Brotli?

Browser yang mendukung Brotli akan mengirim ‘br’ di permintaan utama penerimaan-penyandian. Jika Brotli diaktifkan di server website Kamu, Kamu akan mendapatkan respons dalam format terkompresi Brotli.

Menurut situs Caniuse.com, Brotli disokong lebih dari 90% pengguna, di mana semua website browser yang terkenal sudah mendukung algoritma kompresi Brotli ini seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan Safari. 

Hanya Internet Explorer saja yang sayangnya tidak mendukung adanya Brotli, tetapi saat dilakukan konfigurasi, kamu bisa melakukan konfigurasi web server kamu untuk mendukung sebagian penyandingan seperti halnya dilakukan oleh gzip.

Bagaimana Sistem Brotli Bekerja?

Dalam melakukan kompresi data, apakah sistem Brotli bisa berjalan secara efektif? Nah untuk mengetahuinya, yuk pelajari lebih jauh tentang sistem kerja Brotli itu bekerja!

  • Pengguna mengakses aplikasi website atau situs website melalui browser yang sedang berjalan di server yang mendukung Brotli
  • Ketika pengguna mengakses aplikasi atau situs website tersebut, browser secara otomatis akan memberitahu server tentang jenis konten apa saja yang bisa dikompres dengan memakai format permintaan seperti Header Accept-Encoding
  • Server menerima permintaan tersebut, kemudian menetapkan jenis konten mana saja yang perlu dikompresi.
  • Setelah itu server memberitahu browser tentang hasil dan metode yang digunakannya melalui content- Encoding 
  • Kemudian browser akan mengembalikan file atau data dari bentuk zip atau rar menjadi file atau data terpisah (dekompresi) sebelum menampilkan di halaman website.

Keunggulan Brotli Sebagai Sistem Kompresi

Seperti yang kita ketahui bersama kalau semua sistem kompresi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membuat sebuah situs website dapat diakses lebih cepat. Dengan adanya proses transfer suatu data yang lebih efisien, maka proses loading halaman website akan lebih cepat dan tidak perlu menunggu waktu yang sangat lama.

Keunggulan apa saja yang membuat Brotli menjadi sangat spesial jika dibandingkan dengan sistem kompresi lainnya? Berikut beberapa di antaranya:

Mengakses Halaman Website Lebih Cepat

Saat data website kamu sudah dikompresi ke ukuran yang lebih kecil, tentunya kamu hanya membutuhkan bandwidth atau data transfer yang lebih sedikit untuk memuat bukan? Semakin kecil konsumsi bandwidth atau data transfer yang digunakan, maka pengaksesan halaman website akan semakin kencang.

Dengan begitu, situs website kamu nantinya akan lebih mudah untuk menduduki peringkat tertinggi di hasil pencarian Google (SERP).

Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Dengan adanya sistem Brotli yang dapat membantu melakukan kompresi data website sehingga situs website dapat lebih mudah diakses, itu artinya pengguna yang sudah mencobanya langsung akan turut bahagia.

Karena pada dasarnya, setiap perusahaan menginginkan situs website yang dikelolanya dapat bekerja lebih baik, diakses lebih kencang dan bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi. 

Dukungan Browser

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa Brotli ini awalnya tidak disokong oleh sebagian besar browser, karena dinilai sistemnya yang lumayan rumit. Namun saat ini sistem tersebut mengalami perubahan ke arah yang lebih baik lagi, sehingga sudah banyak browser yang menyematkan sistem Brotli ini dan dapat dijalankan dengan mudah oleh para penggunanya.

Alasan Kamu Harus Menggunakan Brotli

Setelah mengetahui keunggulan dari sistem Brotli ini, tentunya kamu tahu alasan kenapa kamu harus menggunakan Brotli ini. Ya, seperti yang kita ketahui bersama jika Brotli ini lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan Gzip. Alasannya karena dengan lebih sedikitnya data atau file yang ditransfer, maka kamu bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam pengantara data dari pengirim ke penerima serta mengurangi budget yang dikeluarkan untuk CDN (Content Delivery Network).

Tentunya dengan pemasangan Brotli pada browser kamu, ada peningkatan ukuran file seperti:

  • JavaScript : peningkatan nilai kompresi lebih kecil dari gzip sebesar 14% 
  • CSS : peningkatan nilai kompresi lebih kecil dari gzip sebesar 17%
  • HTML: peningkatan nilai kompresi lebih kecil dari gzip sebesar 21%

Namun yang perlu kamu tahu, Brotli ini hanya digunakan untuk mengkompresi file dalam bentuk teks saja. Sehingga apabila kamu memiliki file dalam bentuk format .JPG atau .MP4, format jenis ini tidak perlu dikompresi oleh Brotli karena sudah memiliki sistem kompresi tersendiri atau bawaan. 

Kesimpulan

Ketika teknologi digital sudah mewabah di berbagai penjuru dunia, tidak hanya memberikan kemudahan saja namun teknologi digital harus bisa meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna yang menggunakannya contohnya kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses situs website. Salah satu teknologi digital terbaru yang bisa menjalankan peran yang sangat baik tersebut adalah sistem kompresi bernama Brotli.

Ketika kamu menggunakan Brotli, proses akses website kamu akan menjadi lebih cepat dibandingkan dari biasanya. Tentunya hal ini akan membuat para pengunjung situs website kamu merasa senang karena tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk mengakses halaman demi halaman yang ada di website kamu.

Supaya sistem Brotli ini berjalan dengan efektif, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan browser yang mendukung sistem Brotli dan server bagi website kamu.

Oleh karena itu, Exabytes sebagai penyedia layanan web hosting No. 1 di Indonesia mendukung penuh dengan adanya sistem Brotli ini dengan menghadirkan layanan web hosting yang didukung dengan server berkualitas tinggi yang memiliki keandalan performa dengan level terbaik.

Jadi tunggu apa lagi, segera lakukan yang terbaik untuk situs website kamu sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments