Cara Membuat WordPress Multisite [Tutorial Lengkap & Mudah]

346
Cara Membuat Wordpress Multisite
9 min read

Fitur multisite WordPress memungkinkan pengguna bisa mengelola banyak website secara bersamaan dalam satu akun website WordPress. Fitur multisite ini bisa memberikan akses kepada semua situs dalam satu jaringan multisite untuk menggunakan fitur yang sama dengan website utama.

Dengan fungsionalitasnya yang sangat bermanfaat bagi pengelola website, namun masih belum banyak pengguna yang mengetahui cara membuat WordPress Multisite tersebut. Banyak juga yang sudah mengetahui cara membuat WordPress Multisite namun masih belum memahami dengan benar mengenai multisite WordPress tersebut.

Pada artikel kami ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang apa itu multisite, mengapa harus menggunakan multisite, hingga pembahasan tentang cara membuat WordPress multisite.

Apa itu WordPress Multisite?

WordPress multisite merupakan jenis instalasi WordPress yang memungkinkan Anda bisa membuat dan mengelola beberapa situs dalam satu dashboard WordPress. Multisite juga dapat membantu Anda melakukan perubahan untuk beberapa website dari satu tempat.

Anda bisa dengan mudah membuat jaringan multisite untuk diri sendiri yang hanya dapat diakses oleh Anda sendiri atau Anda juga bisa menambahkan pengguna lainnya yang dapat membuat situs mereka sendiri dalam jaringan multisite dan membatasi mereka untuk mengakses fitur utama.

Agar lebih memahami tentang apa itu WordPress multisite, akan kami sediakan contohnya. Misalnya, website Exabytes Indonesia memiliki jaringan multisite WordPress yang disebut dengan Exabytes Blogs yang memungkinkan siapa saja yang memiliki alamat email tertentu bisa membuat blog mereka sendiri.

Akan tetapi mereka yang membuat blog sendiri dan menggunakan multisite, tidak bisa mengakses fitur utama seperti plugin atau melakukan perubahan besar terhadap website tersebut. Hanya “admin utama” yaitu Anda sebagai pemilik multisite yang bisa melakukannya.

Selain itu,pengaturan optimasi SEO on page tidak bisa dilakukan secara bersamaan dalam satu dashboard, karena hal tersebut pastinya akan berbeda di setiap website. Jadi untuk melakukan optimasi SEO Anda bisa melakukannya pada setiap website multisite yang Anda kelola.

Manfaat Menggunakan Multisite WordPress

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat WordPress multisite, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mengenai manfaat multisite WordPress. Ada apa saja?

Pertama, dengan menggunakan satu instalasi WordPress. Maka Anda bisa dengan mudah mengelola banyak website sekaligus dan website yang dibuat juga bisa sangat website user friendly tergantung dalam Anda mengelola dan merancang user interface serta SEO.

Kedua, melakukan update plugin, tema, dan script WordPress hanya cukup satu kali saja. Karena semuanya sudah diatur di dashboard utama yang aksesnya hanya dimiliki Super Admin saja.

Ketiga, Setiap subdomain maupun sub direktori yang ada bisa dikelola dengan mudah di root domain dalam satu dashboard utama.

Keempat, Setiap website di WordPress multisite memiliki admin sendiri. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan lagi dalam mengurusnya.

Kapan Anda Harus Menggunakan  WordPress Multisite?

Cara membuat WordPress multisite tergolong tidak sulit dan Anda bisa melakukannya dalam sekali belajar. Akan tetapi, Anda perlu memahami kapan waktu yang tepat menggunakan WordPress multisite. Karena dengan Anda menggunakan WordPress multisite, Anda perlu hosting yang tepat di mana Anda harus sudah siap memenuhi space di media penyimpanan hosting Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mempersiapkan template WordPress gratis yang cocok untuk kebutuhan WordPress multisite. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan WordPress multisite?

WordPress multisite diperlukan ketika Anda ingin mengelola beberapa situs website secara terpisah dalam satu dashboard WordPress. Multisite biasanya digunakan oleh website perusahaan, sekolah, portal berita, bisnis online, universitas dan jenis website lainnya.

Jika Anda sedang membangun banyak website dengan fungsi dasar yang sama, maka kami menyarankan Anda menggunakan WordPress multisite. Selain itu, jika website yang Anda kelola adalah website sebuah perusahaan yang mengharuskan untuk mengelola beberapa website dengan banyak subdomain, multisite dapat menjadi pilihan terbaik. Hal ini sesuai dengan cara kerja dari WordPress multisite yaitu menambahkan website melalui subdomain maupun sub direktori.

Persiapkan Ini Sebelum Menggunakan WordPress Multisite!

Sebelum Anda menggunakan WordPress multisite, maka Anda kami sarankan untuk mempertimbangkan kapasitas space hosting yang Anda miliki dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Karena ketika Anda mengaktifkan multisite, artinya Anda akan berbagi hosting yang sama.

Anda harus memilih layanan WordPress hosting terbaik dengan menyesuaikan setiap kebutuhan Anda sesuai dengan tingkatan hosting dan paket hosting.

Cara Membuat WordPress Multisite dengan Mudah

Setelah Anda mengetahui secara detail tentang apa itu WordPress multisite, manfaatnya, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan WordPress multisite, sudah saatnya kita membahas tentang cara membuat WordPress multisite.

Pembahasannya dimulai dari cara instalasi dan pengaturan WordPress multisite, yuk ikuti panduan cara membuat WordPress multisite secara lengkap di bawah ini.

Aktifkan WordPress Multisite

Jika Anda memiliki akun Exabytes Indonesia, maka Anda perlu login terlebih dahulu melalui halaman login Exabytes. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Setelah berhasil login, klik Layanan.

Langkah 1: Setelah berhasil login, klik Layanan.

Langkah 2: Di halaman produk saya & layanan, klik Atur Produk di salah satu layanan hosting yang digunakan. Dalam hal ini kami mendemokan menggunakan layanan WP 12 Beginner.

Di halaman produk saya & layanan, klik Atur Produk di salah satu layanan hosting yang digunakan. Dalam hal ini kami mendemokan menggunakan layanan WP 12 Beginner.
Di halaman produk saya & layanan, klik Atur Produk di salah satu layanan hosting yang digunakan. Dalam hal ini kami mendemokan menggunakan layanan WP 12 Beginner.

Langkah 3: Scroll dan klik Manage My Hosting.

Scroll dan klik Manage My Hosting.

Langkah 4: Klik Files dan cari folder httpdocs dan cari file wp_config.php.

Klik Files dan cari folder httpdocs dan cari file wp_config.php.

Langkah 5: Klik file wp_config.php tersebut sehingga terbuka dan menampilkan banyak kode di dalamnya.

Klik file wp_config.php tersebut sehingga terbuka dan menampilka

Langkah 6: Temukan tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ dan tambahkan kode di bawah ini tepat di atas tulisan tersebut.

/* Multisite */define( 'WP_ALLOW_MULTISITE', true );

Temukan tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ dan tambahkan kode di bawah ini tepat di atas tulisan tersebut.

Langkah 7: Simpan perubahan tersebut dan tutup code editor tersebut.

Selesai, kita lanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu melakukan pengaturan WordPress multisite di dashboard WordPress Anda.

Setting WordPress Multisite Melalui Dashboard

Sebelum melakukan konfigurasi WordPress multisite di dashboard, Anda perlu login terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress Anda dengan cara login seperti biasa, jika sudah lanjutkan ke langkah pertama di bawah ini:

Langkah 1: Kami menyarankan Anda untuk menonaktifkan terlebih dahulu Plugin yang terpasang di website WordPress Anda.

Langkah 2: Klik Tools > Network Setup dan beri nama Network title dan klik instal.

Langkah 2 dalam cara membuat wordpress multisite: Klik Tools > Network Setup dan beri nama Network title dan klik instal.

Merubah File wp-config dan .htaccess

Setelah mengikuti setiap langkah cara membuat WordPress multisite di atas, biasanya akan ada petunjuk untuk mengubah file wp-config.php dan juga file .htaccess.

Setelah mengikuti setiap langkah cara membuat WordPress multisite di atas, biasanya akan ada petunjuk untuk mengubah file wp-config.php dan juga file .htaccess.

Langkah 1: Buka terlebih dahulu file wp-config.php dan cari tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ dan tambahkan kode perintah di atas sebelum tulisan tersebut dan klik save.

Buka terlebih dahulu file wp-config.php dan cari tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ dan tambahkan kode perintah di atas sebelum tulisan tersebut dan klik save.

Langkah 2: Cari file .htaccess dan buka file tersebut, kemudian ganti kode di dalamnya dengan yang sebelumnya sudah tersedia ketika mengaktifkam multisite dan klik Save.

Cari file .htaccess dan buka file tersebut, kemudian ganti kode di dalamnya dengan yang sebelumnya sudah tersedia ketika mengaktifkam multisite dan klik Save.

Langkah 3: Kembali ke halaman dashboard WordPress dan temukan menu baru yaitu My Sites.

Langkah 3: Kembali ke halaman dashboard WordPress dan temukan menu baru yaitu My Sites.

Membuat Situs Baru Menggunakan WordPress Multisite

Sekarang kita sudah masuk ke inti dari pembahasan cara membuat WordPress multisite. Cara penerapannya sangat mudah, Anda hanya cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar.

Langkah 1: Klik menu My Sites > Network Admin > Sites.

Klik menu My Sites > Network Admin > Sites.

Langkah 2: Klik Add New.

Klik Add New.

Langkah 3: Isi semua kolom yang disediakan dan setelah semua kolom selesai terisi, klik Add Site.

Isi semua kolom yang disediakan dan setelah semua kolom selesai terisi, klik Add Site.

Selesai, Anda sudah berhasil menerapkan cara membuat WordPress multisite.

Aktifkan Kembali Plugin yang Dinonaktifkan Sebelumnya

Sekarang saatnya Anda mengaktifkan kembali plugin yang sebelumnya telah dinonaktifkan dan Anda bisa mengaktifkan plugin yang sama secara menyeluruh di website yang telah Anda buat tadi menggunakan WordPress multisite.

Caranya adalah dengan klik menu Plugin, kemudian pilih plugin yang akan diaktifkan dan klik Network Activate dan Apply.

Caranya adalah dengan klik menu Plugin, kemudian pilih plugin yang akan diaktifkan dan klik Network Activate dan Apply.

Buat Situs Multisite Anda Sekarang Juga!

WordPress memang selalu menghadirkan fitur canggih secara cuma-cuma di dalam platformnya, salah satunya adalah multisite. Fitur ini sangat membantu penggunanya yang ingin mengelola beragam situs WordPress yang tergabung dalam jaringan Anda.

Ketika Anda menggunakan WordPress multisite, Anda tidak perlu kerepotan dalam mengurus website lainnya. Karena hanya melalui menu Network Admin, Anda bisa dengan mudah menonaktifkan tema, plugin dan fitur lainnya hanya dalam satu klik saja.

Meskipun banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, namun ada kondisi di mana fitur WordPress multisite belum saatnya Anda gunakan. 

Jika Anda memang benar-benar memerlukan multisite untuk mengelola puluhan website dalam satu jaringan, maka fitur WordPress multisite bisa menjadi solusi terbaik untuk menangani hal tersebut. Bagaimana, siap untuk menggunakan WordPress multisite?

Good luck!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments