18 Cara Meningkatkan Facebook Likes dan Followers Dengan Gampang

0
2826

Cara meningkatkan Facebook likes dan followers memang tidak mudah. Namun, dengan usaha yang tepat dan rajin, like dan followers akun Facebook kamu perlahan akan bertambah.

Jika Exabytes friends adalah pemilik bisnis yang menggunakan Facebook sebagai pemasaran media sosial, maka baca artikel ini sampai akhir!

Menurut katadata.co.id pada kuartal kedua tahun 2022, jumlah pengguna Facebook mencapai 2,93 miliar. Jumlah ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan platform media sosial sejenis lainnya seperti Twitter, YouTube, dan Instagram.

Kamu dapat melihat perbandingannya melalui grafik yang kami sediakan!

18 Cara Meningkatkan Facebook Likes dan Followers Dengan Gampang - 2024

Ini menunjukkan bahwa Facebook adalah platform media sosial pilihan bagi pengguna internet dari berbagai kelompok usia dan jenis kelamin.

Jika tidak, tentunya kamu tidak akan sampai ke halaman yang memiliki artikel berjudul “18 Cara Meningkatkan Facebook Likes dan Followers Dengan Gampang”. Ayo mulai!

Cara Meningkatkan Facebook Likes dan Followers

cara meningkatkan facebook likes dan followers

Followers sering digunakan sebagai ukuran popularitas kamu di media sosial atau platform online sejenis. Ada banyak studi psikologi yang mendukung fenomena ini.

Memang, itu mungkin tidak baik untuk kamu karena kamu cenderung membandingkan diri kamu dengan teman-teman Facebook lainnya.

Namun, kita bisa melihat sisi positifnya, tidak perlu membandingkan diri kita seperti itu, kamu bisa menggunakan Facebook sebagai alat jurnal online untuk menyampaikan perasaan atau pikiran kamu sendiri setiap hari.

Bahkan, kamu bisa berbagi informasi yang menghibur dan bisa bermanfaat bagi pengguna Facebook lainnya.

Setidaknya ada beberapa trik yang bisa menjadi cara meningkatkan Facebook likes dan followers. Simak selengkapnya berikut ini ya!

Baca Juga: 8 Pentingnya Beriklan di Sosial Media untuk Bisnis Online

Menjalankan Iklan Facebook

Jika kamu mencoba mencari cara untuk mendapatkan pengikut di Facebook, solusi yang paling jelas adalah iklan Facebook. Kamu dapat menjalankan iklan “Engagement”, yang membantu kamu meningkatkan visibilitas merek kamu di Facebook.

Meskipun, sejujurnya, iklan apa pun yang kamu buat berpotensi menghasilkan peningkatan pelanggan, bahkan iklan “Konversi”.

Jika pengguna Facebook menyukai konten iklan kamu, mereka lebih cenderung terlibat dengan posting kamu dan lebih cenderung menyukai atau mengikuti halaman Facebook kamu.

Jadi, jika tujuan utama kamu adalah penjualan di toko, kamu dapat menjalankan iklan yang mengonversi dan terus mendorong Facebook likes di halaman kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan Instagram Dengan Efektif dan Enggak Ribet

Mengundang Orang Untuk Menyukai Halaman

Cara termudah untuk meningkatkan Facebook followers adalah dengan mengundang orang untuk menyukai halaman kamu. Hasil terendah di sini adalah mengundang teman dan keluarga kamu.

Saat kamu mulai menjalankan iklan untuk toko kamu, Facebook terkadang akan mengirim kamu pesan yang meminta kamu mengundang orang untuk menyukai halaman kamu.

Secara umum, jika menjalankan iklan interaktif, maka mendapatkan lebih banyak orang daripada yang dapat diundang untuk menyukai halaman tersebut.

Namun, meskipun mengundang orang secara manual, pada akhirnya diblokir sementara oleh Facebook. Jadi, kamu harus menghitung jumlah orang yang kamu undang sekaligus.

Selain itu, jika kamu diblokir sementara, Facebook mungkin masih mengirimi kamu pesan yang meminta kamu untuk mengundang orang. Tapi kamu tetap tidak bisa mengundang siapa pun. Tunggu satu atau dua hari sebelum mencoba mengundang lebih banyak orang.

Kamu juga dapat mengundang teman dan keluarga untuk menyukai halaman kamu. Namun, perlu diingat bahwa lebih baik memiliki audiens yang kecil dan tertarget daripada audiens yang besar dan luas, karena hal ini dapat membatasi keefektifan iklan di masa mendatang.

Ditandai Oleh Halaman Facebook Lainnya

Mendapatkan traffic organik dari halaman Facebook yang lebih besar dapat membantu kamu mendapatkan lebih banyak pengikut Facebook.

Untuk mendapatkan perhatian, cari merek yang secara teratur menampilkan pelanggan mereka atau bisnis non-kompetitif lainnya di situs media sosial.

Selanjutnya, pilih merek dengan audiens yang mirip dengan milik kamu atau merek yang setidaknya terkait.

Misalnya, jika kamu menjual jam tangan, kamu dapat memposting foto jam tangan kamu bersama dengan kacamata hitam merek lain, mengidentifikasi merek di foto tersebut.

Ini dapat meyakinkan mereka untuk membagikan pesan kamu kepada audiens mereka.

Menawarkan Kupon Untuk Menyukai Halaman Facebook

Inti dari mendapatkan pengikut di Facebook adalah mendapatkan penjualan. Dengan aplikasi pop up, kamu dapat memberikan kupon kepada pelanggan jika mereka menyukai halaman kamu.

Jadi kamu tidak hanya mendapatkan calon pelanggan baru, tetapi pelanggan dapat menukarkan kupon dengan diskon untuk pembelian mereka.

Aplikasi ini sangat cocok untuk orang yang menginginkan bukti sosial di halaman Facebook mereka dan mungkin mendapatkan beberapa penjualan.

Mengadakan Giveaway

Giveaway adalah cara yang bagus untuk meningkatkan Facebook likes. Kamu juga dapat menyelenggarakan giveaway di situs web kamu.

Bagikan giveaway kamu dengan grup atau forum Facebook, situs giveaway, dan tentu saja di halaman Facebook kamu.

Dengan melakukan salah satu cara “visit Facebook page” kamu akan lebih berpeluang untuk menambah jumlah followers Facebook yang kamu miliki.

Karena kamu membagikannya di halaman kamu sendiri, kemungkinan pengikuti Facebook kamu akan melihatnya. Mereka dapat membagikan kiriman giveaway dengan teman-teman mereka, yang juga dapat membantu meningkatkan pengikut Facebook kamu.

Setelah kamu siap, jangan batasi diri kamu dengan Facebook. Bagikan ini di semua saluran pemasaran dan media sosial yang kamu miliki.

Membuat Konten Viral

Di halaman Facebook kamu, kamu dapat membagikan meme, video lucu, dan kutipan yang relevan.

Orang menandai teman mereka di pos, yang sering kali membantu meningkatkan keterlibatan sosial, tetapi juga membantu meningkatkan jangkauan sosial.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan artistik untuk membuat konten viral yang kamu sendiri, kamu selalu dapat membagikan konten viral yang relevan dengan audiens kamu. Tapi pastikan kamu selalu menghargai penciptanya.

Posting Konten Yang Menarik Perhatian

Jika kamu mencoba mencari cara untuk mendapatkan Facebook likes, kamu mungkin ingin memastikan konten kamu menonjol di umpan. Sekarang kamu perlu memiliki audiens yang mengikuti kamu agar ini berfungsi.

Gif mengubah warna latar belakang posting secara diagonal untuk menarik perhatian kamu bolak-balik setiap beberapa detik. Saat kamu menggulir umpan, mata kamu menangkapnya, membuat kamu lebih cenderung memperhatikan dan terlibat.

Memposting konten semacam itu membantu kamu mendapatkan pengikut Facebook karena keunikan dan daya tariknya.

Membuat Lebih Banyak Konten Video

Ingin tahu cara meningkatkan suka di Facebook? Cobalah pemasaran video.

Konten video di Facebook umumnya memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada posting gambar atau teks. Akibatnya, lebih banyak orang akan melihat konten kamu.

Semakin banyak pemirsa Facebook dan suka yang kamu dapatkan, semakin besar kemungkinan konten kamu ditemukan oleh calon pengikut Facebook baru.

Rahasia untuk mendapatkan pengikut baru tidak selalu membangun audiens kamu, ini tentang membangun merek dalam format populer dapat membantu kamu membangun pengikut kamu.

Jadi jika kamu ingin meningkatkan Facebook likes kamu, kamu perlu meningkatkan strategi konten video kamu.

Tambahkan Pop Up Facebook Likes

Beberapa toko online memerlukan email setelah berniat keluar.

Namun, jika tujuan utama kamu adalah meningkatkan Facebook likes dan followers, kamu dapat membuat pop up Facebook likes.

Hindari menambahkan terlalu banyak pop up ke situs kamu karena dapat membebani perangkat seluler dan menyebabkan orang keluar lebih cepat.

Jadi jika kamu menambahkan pop up seperti Facebook ke situs web kamu, pastikan itu adalah satu-satunya.

Menambahkan Widget Facebook Likes

Jika kamu ingin meningkatkan Facebook likes, cara termudah untuk melakukannya di situs e-commerce kamu adalah dengan menambahkan widget Facebook Likes.

Tambahkan Tautan Media Sosial ke Website

cara meningkatkan facebook likes dan followers

Kamu akan terkejut betapa banyak pemilik toko baru yang lupa menambahkan tautan media sosial ke situs web mereka.

Tergantung pada tema kamu, ikon sosial kamu mungkin ada di menu header, footer, atau sidebar.

Menambahkan Hashtag #

Sementara “hashtag” mengingatkan pada Twitter atau Instagram, kamu juga dapat meningkatkan pengikut Facebook kamu dengan menggunakan tagar di posting Facebook kamu.

Dalam hal hashtag, ada dua pendekatan utama. Kamu dapat menggunakan tagar literal seperti #fashion untuk postingan mode, atau kamu dapat menggunakan tagar yang berfokus pada audiens.

Dalam hal ini, hashtag membantu kamu menjangkau audiens baru dengan postingan mereka yang berpotensi menjadi pengikut Facebook.

Mencoba Facebook Live

Beberapa video yang paling viral adalah video Facebook Live.

Jika kamu membangun toko khusus, Facebook Live kamu bisa lebih banyak tentang saran umum.

Namun, jika kamu baru saja menambahkan item baru ke toko kamu dan memesan sampel, kamu dapat memberikan tampilan pertama produk tersebut di Facebook Live.

Kamu dapat meningkatkan pengikut Facebook kamu dengan memberi tahu pengikut dan pelanggan kamu bahwa kamu akan tayang setiap hari.

Semua video Facebook Live ditampilkan di tab Facebook Live, jadi semakin banyak orang yang menonton streaming langsung kamu, semakin tinggi kamu akan muncul di streaming.

Bermitra Dengan Influencer

Jika kamu ingin tahu cara mendapatkan pengikut di Facebook, terkadang rahasianya terletak pada kemitraan influencer.

Influencer terbaik yang pernah bekerja dengan saya sebenarnya bukanlah influencer. Faktanya, kebanyakan dari mereka adalah halaman penggemar khusus.

Tahukah kamu, halaman niche hanya membagikan produk menarik atau artikel menarik tentang niche. Mereka ada di Facebook. Dan mereka sering menarik audiens yang sangat besar. Dan mereka seringkali lebih murah daripada influencer.

Strategi ini bekerja dengan baik jika anggaran kamu sangat ketat. Tetapi jika kamu ingin bermitra dengan influencer nyata, kamu juga dapat menemukan influencer di niche kamu.

Cara termudah untuk melakukannya adalah pergi ke “blogger [niche]” Google. Misalnya, kamu mungkin mencari blogger mode. Kemudian kamu melihat halaman penggemar mereka dan menghubungi mereka untuk mengetahui tarifnya.

Jika influencer potensial bersedia berkolaborasi, kamu akan mengirimkan sampel produk untuk digunakan sebagai model. Saat mereka membagikan postingan di Facebook, minta mereka untuk menkamui halaman Facebook kamu di postingan tersebut.

Dengan cara ini, orang yang tertarik dengan produk kamu akan lebih cenderung mengikuti kamu.

Gunakan Alat Optimasi Untuk Meningkatkan Aktivitas

Otomatisasi pemasaran dapat membantu kamu mendapatkan pengikut di Facebook.

Bagaimana caranya? Nah, kamu tidak akan meningkatkan suka Facebook jika kamu tidak pernah memposting di Facebook. Dan menjalankan toko bisa sangat sibuk. Jadi terkadang hal-hal seperti memposting ke Facebook gagal di tengah jalan.

Total hanya 20 menit seminggu untuk pemasaran media sosial kamu? Gunakan alat otomatisasi untuk menyiapkan serangkaian posting untuk beberapa hari ke depan.

kamu dapat menambahkan gambar produk ke posting kamu dengan tautan ke halaman, konten yang kamu tulis, atau bahkan video atau gambar lucu yang kamu temukan online (tentu saja! dengan pengenalan yang sesuai).

Jika kamu tahu bahwa setiap hari Jumat pukul 5 sore, kamu harus menjadwalkan posting untuk minggu depan, yang membantu kamu menghabiskan minggu depan untuk mengerjakan proyek yang berdampak lebih tinggi.

Semakin banyak kamu memposting di Facebook, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan pengikut di Facebook.

Menggunakan Daftar Email

Jika kamu ingin tahu cara meningkatkan pengikut Facebook, coba gunakan milis yang ada.

Kamu dapat memilih untuk menyertakan ikon media sosial (termasuk Facebook) di semua email kamu, atau kamu dapat mengirim email ke daftar kamu secara langsung dan meminta mereka untuk mengikuti halaman Facebook kamu.

Jika kamu belum membuat daftar email tetapi memiliki pelanggan yang telah ikut serta dalam pemasaran email, kamu dapat mengirim email kepada orang-orang tersebut untuk meningkatkan suka Facebook mereka.

Terlibat Dengan Komunitas

Beberapa merek terbesar tidak berinteraksi dengan pelanggan mereka. Ini memberi pengecer terkecil keunggulan kompetitif yang sangat besar.

Tetapi berinteraksi dengan komunitas kamu bukan hanya tentang layanan pelanggan, seperti menjawab pertanyaan tentang waktu pengiriman. Ini juga tentang membangun hubungan.

Dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain berckamu sedikit atau menanggapi dengan cara yang membuat pelanggan merasa seperti sedang mengobrol dengan teman-teman mereka.

Ditandai Oleh Pelanggan

Setelah produk dikirim ke pelanggan kamu, kirim email (jika mereka menerima pemasaran) dan minta mereka untuk menkamui kamu ketika mereka memposting foto mereka.

Orang-orang yang secara teratur membagikan produk mereka di media sosial dan ditkamui oleh pelanggan dapat membantu kamu mendapatkan lebih banyak pengikut di Facebook… dan lebih banyak penjualan.

Pemirsa akan lebih sedikit, tetapi dari mulut ke mulut akan lebih berdampak karena otentik.

Sudah Tahu Cara Meningkatkan Facebook Likes dan Followers?

cara meningkatkan facebook likes dan followers

Bagaimana, apakah kamu mengerti cara meningkatkan Facebook likes dan followers? Sebenarnya, ada banyak cara agar kamu memiliki banyak pengikut dan suka. Cobalah untuk terus melihat profil Facebook yang dinilai berhasil dalam hal pengikut dan suka.

Kamu dapat meninjau atau mempelajari cara mereka melakukannya. Kamu juga bisa lebih kreatif dalam hal personal branding dan pembuatan konten.

Misalnya, kamu bisa membuat halaman Facebook yang seru tapi unik, atau kamu bisa membuat inovasi lain yang bisa menarik perhatian publik ke akun Facebook kamu.

Lalu yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengatur privasi di akun Facebook kamu. Jika kamu menyetelnya terlalu sempit sehingga orang tidak dapat membagikan konten yang mereka sukai, akun kamu tidak akan dapat menarik keterlibatan, suka, dan pelanggan.

Ini adalah artikel tentang cara meningkatkan Facebook likes dan followers. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil!

4.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments