Apa Itu Pop Up? Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

0
2147

Di beberapa artikel atau halaman, terkadang kita menggunakan istilah pop up untuk menggambarkan menu pilihan yang baru saja muncul. Jadi, apakah kamu tahu apa itu pop up?

Saat mengakses hal-hal tertentu di komputer, di website, atau di smartphone, terkadang kita menjumpai jendela kecil yang muncul saat kita memilih opsi tertentu, jendela tersebut mengapung di halaman, Jendela ini disebut jendela pop up.

Untuk menghindari kebingungan, mari kita ambil contoh, misalnya ketika mengunjungi beberapa situs web seperti situs berita, akan muncul beberapa pop up yang harus kita tutup untuk mengakses semua berita.

Atau contoh lain, saat menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone, sebagian pengguna pasti akan melihat jendela kecil yang muncul ketika ada chat baru, berisi isi chat dan kolom untuk menjawabnya.

Apa Itu Pop Up?

Dari sudut pandang teknis, pop up adalah jendela yang ditampilkan di layar depan antarmuka visual. Juga, pop up mungkin muncul saat kita menjalankan aplikasi. Kehadiran pop up adalah masalah pilihan atau pengaturan yang telah diatur sebelumnya oleh pengguna.

apa itu pop up

Munculnya pop up di layar perangkat pengguna dapat terjadi karena menekan tombol tertentu atau melakukan gerakan tertentu. Saat layar smartphone terkunci, jendela notifikasi di layar depan bisa disebut sebagai notifikasi pop up.

Apa Fungsi Pop Up?

Fungsi pop up tidak terbatas pada estetika. Kehadirannya memiliki banyak fungsi. Berikut fungsi-fungsi dari pop up:

Menampilkan Menu

Salah satu fungsi pop up adalah memungkinkan kamu berinteraksi dengan perangkat, aplikasi, atau situs web kamu. Contoh sederhana adalah menu yang muncul saat kamu mengklik kanan file di Windows Explorer.

Dengan mengkllik menu pop up, kamu dapat mengelola file yang dipilih. Misalnya, menyalin atau menghapus file.

Memberikan Notifikasi

Pop up juga berguna untuk mengirimkan notifikasi sistem dari perangkat atau aplikasi yang kamu miliki. Dengan fungsi pop up ini, kamu dapat melihat apakah pesan telah mencapai kotak masuk kamu, unduhan selesai, dll.

Pada umumnya pop up notifikasi disertai dengan tombol-tombol yang fungsinya sesuai dengan konteks pesan. Misalnya untuk bisa langsung membalas chat yang masuk.

Memberikan Peringatan

Fungsi pop up selanjutnya adalah peringatan tentang sesuatu yang terjadi pada perangkat kamu, terutama yang buruk.

Contohnya adalah ketika aplikasi yang kamu akses tidak dapat dibuka. Ketika ini terjadi, perangkat kamu akan menampilkan pop up yang memberi tahu kamu bahwa aplikasi tidak responsif.

Sarana Promosi

Dalam aplikasi dan website, pop up digunakan untuk menampilkan berbagai informasi penting kepada pengguna atau pengunjung. Salah satunya, informasi promosi. Secara umum, promosi ini menawarkan produk milik situs web atau aplikasi yang kamu kunjungi.

Namun, ada juga pop up yang mempromosikan produk dari perusahaan lain. Misalnya, pop up di situs web yang menggunakan layanan periklanan seperti Google AdSense.

Apa Saja Jenis-Jenis Pop Up?

pop up adalah

Pop up yang ada pada pengguna juga memiliki jenis yang berbeda. Jenis perbedaan ini diklasifikasikan menurut tujuan dan bentuknya. Jenis pop up berikut:

1.Pop Up Menu

Salah satu jenis pop up adalah menu pop up yang berisi beberapa opsi tindakan dalam suatu aplikasi. Kamu dapat menemukan contoh pop up ini ketika kamu membuka pengelola file manager web hosting.

Saat kamu mengklik kanan pada sebuah file, sebuah pop up akan muncul dan memberi kamu beberapa opsi untuk tindakan, seperti mengunduh, mengedit, dan mengganti nama file.

2.Pop Up Dialog Box

Dialog box ini digunakan untuk mengonfirmasi tindakan kamu di komputer atau ponsel cerdas. Biasanya, pop up jenis ini berisi pertanyaan dan tombol “Yes” dan “No”.

Misalnya, ketika kamu mengklik menu hapus file di Windows Explorer, kamu akan ditanya apakah kamu benar-benar ingin menghapus file tersebut.

3.Pop Up Notifikasi

Notifikasi di smartphone dan komputer adalah jenis pop up. Dengan notifikasi pop up, kamu akan mendapatkan informasi penting tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

4.Pop Up Chat

Chat pop up mirip dengan notifikasi, tetapi hanya ditemukan di aplikasi chatting. Jenis pop up ini tidak hanya menampilkan pesan masuk, tetapi juga memberi kamu opsi untuk membalas pesan tersebut dengan lebih mudah.

5.Pop Up Iklan

Seperti namanya, jenis pop up ini menampilkan iklan di website. Isi iklan dapat berupa tawaran atau ajakan untuk melakukan beberapa tindakan yang diinginkan oleh pemilik situs. Contoh iklan pop up biasanya melibatkan pengunduhan e-book, mendaftar untuk buletin, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Membuat Pop Up?

Bagaimana cara membuat pop up? Beberapa aplikasi di perangkat dapat dibuat dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Namun, sebagian besar pengguna hanya mengatur pop up di aplikasi yang paling sering mereka buka, seperti WhatsApp, Instagram, dan WordPress. Selengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Pop Up Pada WhatsApp

Berikut cara mengaktifkan notifikasi pop up di WhatsApp yang bisa kamu coba:

  1. Buka WhatsApp
  2. Klik tombol menu (titik tiga) di pojok kanan atas dan pilih Settings
  3. Klik menu Notifications
  4. Klik menu Pop Up Notification
  5. Tiga opsi yang bisa kamu pilih, yaitu:
    • Only when screen “on” : menampilkan pop up saat layar menyala
    • Only when screen “off” : menampilkan pop up saat layar mati
    • Always show pop up : menampilkan pop up baik saat layar menyala dan layar mati

pop up whatsapp

Cara Membuat Pop Up Pada Instagram

Jika kamu ingin mengaktifkan notifikasi pop up di Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Buka halaman profile kamu dengan mengklik ikon di pojok kanan bawah
  3. Klik tombol menu (garis tiga) di pojok kanan atas dan pilih Settings
  4. Klik menu Notifications, lalu pilih jenis notifikasi yang ingin kamu aktifkan dan pilih On

pop up instagram

Cara Membuat Pop Up Pada WordPress

Jika kamu memiliki situs web yang menggunakan WordPress, membuat iklan pop up itu sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  1. Log in ke Dashboard WordPress
  2. Klik menu Plugins > Add New di sidebar
  3. Cari dan install plugin CM Pop up
  4. Klik menu CM Pop Up banners for WordPress di sidebar
  5. Klik tombol Add New Campaign dan isi konten iklan kamu
  6. Tentukan konfigurasi pop up
  7. Aktifkan pop up dengan klik Publish

Siap Untuk Menggunakan Pop Up?

Sampai sini, kamu mulai memahami apa itu pop up, fungsinya, jenisnya, dan cara membuatnya. Pop up adalah antarmuka grafis yang muncul saat mengakses fitur perangkat, baik smartphone maupun website. Pop up dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan interaksi antara aplikasi dengan pengguna.

Semoga bermanfaat artikel kali ini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments