13 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat dan Mudah

0
1501

Dapat ditebak! Saat ini kamu harus mencari cara untuk meningkatkan pengunjung blog kamu bukan?

Traffic blog yang tinggi memang menjadi impian para blogger untuk bisa mendapatkan uang. Sedangkan salah satu manfaat blogging untuk bisnis adalah dapat meningkatkan penjualan.

Baiklah, kami akan memberi tahu kamu sedikit, oke? Sebenarnya cara meningkatkan pengunjung blog tidak begitu sulit. Intinya, kamu hanya perlu mengoptimasi blog kamu agar lebih banyak orang yang menemukannya. Baik di pencarian Google, media sosial atau yang lainnya.

Tapi bagaimana caranya? Tenang, kami akan menjelaskan satu per satu secara detail di artikel ini. Sekarang, mari kita lihat pembahasannya.

Kenapa Blog Saya Sepi Dari Pengunjung?

cara meningkatkan pengunjung blog

Sebelum memberikan tips bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog kamu, tidak ada salahnya dimulai dengan memahami kemungkinan penyebab rendahnya jumlah pengunjung blog kamu.

Menurut pengalaman saya, berikut beberapa hal yang menurut saya sering menjadi penghambat blog mendapatkan banyak pengunjung:

Baru Belajar Ngeblog Kemarin Sore

Alasan paling jelas adalah kamu baru mengenal blog dan tidak memiliki banyak pengalaman blogging.

Membuat blog memang mudah, siapapun bisa melakukannya, namun membuat blog terkenal dan dikunjungi banyak orang bukanlah hal yang mudah.

Jika kamu merasa baru belajar ngeblog, tidak perlu bingung atau khawatir jika blog kamu masih belum dikunjungi. Ini sangat masuk akal karena semuanya membutuhkan waktu dan proses. Namun jika kamu sudah lama ngeblog dan blog kamu masih kosong, mungkin ada yang salah dengan cara kamu ngeblog. Solusi, silahkan baca terus.

Berharap Pengunjung Akan Datang Sendiri

Kamu pasti pernah mendengar seorang blogger memberikan saran seperti ini: “Rajin update saja, nanti pengunjung akan datang sendiri”.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan nasehat tersebut, hanya saja menurut saya tidak sepenuhnya adil dan bisa menyesatkan.

Mengapa? Jika kamu ngeblog 10 tahun yang lalu, mungkin cara ini masih bisa dilakukan karena saat itu belum banyak blogger. Juga, blog yang diperbarui secara berkala cenderung mencapai peringkat yang baik di Google.

Tapi kalau sekarang? Rajin update modal saja tidak akan cukup. Masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah promosi blog yang tepat.

Hanya Konten Biasa

Salah satu kunci sukses sebuah blog adalah kualitas kontennya. Jika kamu ingin menarik lebih banyak pengunjung, perhatikan kualitas konten blog kamu terlebih dahulu.

Apalagi jika blog kamu pada topik yang sudah sangat kompetitif, jika konten blog kamu buruk maka hanya akan tenggelam di tengah persaingan yang ketat.

Jika menurut kamu blog kamu memiliki banyak konten untuk diperbaiki, maka fokuslah untuk meningkatkan konten terlebih dahulu agar lebih baik lagi, jangan terlalu memikirkan bagaimana cara membanjiri blog kamu dengan pengunjung.

Asumsi Semua Blog Adalah Sama

Dalam artikel saya tentang cara menghasilkan uang dari blog, saya menjelaskan bahwa ada banyak jenis blog. Yah, tidak semua blog sama, dari tujuan, topik, audiens, dll, bervariasi dari blog ke blog.

Nah, karena setiap blog berbeda maka strategi promosinya juga berbeda. Ada yang efektif menggunakan cara ini, ada yang efektif menggunakan cara ini, dan seterusnya. Jika kamu ingin blog kamu memiliki banyak pengunjung, kamu perlu memahami perbedaan tersebut dan apa alasannya sehingga kamu dapat menemukan strategi promosi yang tepat untuk blog kamu.

Beberapa Alasan Lainnya

Selain beberapa hal di atas, masih banyak hal lain yang bisa menjadi penyebab blog sepi pengunjung. Salah satunya adalah masalah teknis seperti desain blog yang berantakan dan loading blog yang berat.

Tapi 4 hal yang saya jelaskan diatas menurut saya yang paling penting.

Bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung Blog?

cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat dan aman

Nah tibalah bagian yang ditunggu-tunggu yaitu cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat dan mudah.

Beberapa cara yang akan saya berikan di bawah ini sudah saya terapkan di blog saya sendiri, namun ada juga beberapa yang tidak atau belum saya lakukan.

Silahkan disimak ya Exabytes friends!

Lakukan Penelitian Kata Kunci Untuk Posting Blog

Sebelum itu, periksa kembali untuk melihat apakah posting kamu sebelumnya telah ditulis, apakah itu topik yang menarik untuk blog tersebut, dan apakah itu memiliki kata kunci yang potensial? Atau apakah kamu masih bekerja dari ide kamu sendiri?

Jika benar, mulai sekarang kamu harus riset kata kunci untuk menulis artikel.

Dari riset kata kunci, kamu bisa mendapatkan kata kunci yang berpotensi banyak dicari orang atau memiliki volume pencarian tinggi. Hasilnya, blog kamu bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Untuk melakukan penelitian kata kunci yang tepat, kamu perlu memperhatikan volume pencarian, kesulitan, saran kata kunci, dan SERP. Kamu dapat dengan mudah melakukan semua langkah ini dengan tool SEO yang tersedia untuk riset kata kunci, seperti Ubersuggest, Google Trends, Ahrefs, dan lainnya.

Buat Konten Berkualitas

Kamu mungkin bertanya-tanya, seperti apa sih konten berkualitas itu? Jawaban berupa full paper dan dapat menjawab pertanyaan dari peneliti.

Misalnya, kamu akan menulis artikel “cara membuat blog”. Kamu perlu membahas secara detail langkah-langkah membuat blog pertama cari hasil pencarian di halaman pertama dengan topik yang mirip. Kemudian buat artikel yang lebih baik.

Oya satu lagi, ternyata panjang artikel yang diterbitkan bisa menentukan ranking lho. Jika jumlah kata pada postingan kamu sebelumnya hanya sekitar 300 kata, kamu harus menambah jumlahnya lagi.

Sebab, rata-rata panjang postingan blog yang muncul di halaman pertama Google adalah 1447 kata. Meski begitu, selalu sesuaikan dengan topik artikel yang sedang kamu tulis ya. Misalnya, kamu menulis tutorial pemasangan aplikasi hanya 700 kata. Artikel kamu masih bisa berpeluang tampil di halaman pertama, asalkan lengkap dan lebih baik dari kompetitor.

Gunakan Judul Yang Unik

Konten berkualitas tinggi, tetapi judul kontenya tidak menarik, sama saja bohong.

Soalnya, 8 dari 10 orang mengatakan mereka membaca judul sebelum mengklik sebuah artikel di hasil pencarian. Artinya, judul postingan kamu adalah elemen penting yang akan dilihat orang pertama kali. Oleh karena itu, kamu perlu membuat judul artikel yang menarik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat judul artikel blog agar dapat dilihat semua orang.

  • Gunakan angka dalam judul artikel tipe daftar. Misalnya: 10 Cara Efektif Untuk Menghasilkan Uang di Internet.
  • Gunakan kata sifat yang kuat misalnya kuat, tepat, efektif, terlengkap, dll. Contoh judul: Tips Menjalankan Diet Sehat (Terbukti Ampuh)!.
  • Jangan terlalu panjang. Buat judul sekitar 60 kata agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Itulah beberapa tips untuk membuat judul yang unik. Soalnya juga mengadaptasi konten di sana. Jangan mencoba untuk menipu alias clickbait. Karena itu hanya akan menurunkan kredibilitas blog kamu. Pengaruh peringkat blog kamu juga menurun.

Pengoptimalan Kecepatan Website

Siapa yang suka menunggu~ eaak. Termasuk menunggu loading blog, ya. Faktanya, 53% orang akan meninggalkan blog yang memuat lebih dari tiga detik. Ya, tiga detik!

Untuk mengetahui seberapa cepat loading blog, kamu bisa menggunakan tool seperti Google Pagespeed Insight. Di sana kamu akan mengetahui kecepatan dan faktor apa yang memperlambat loading blog kamu.

Nah, agar loading blog kamu lebih cepat, ada beberapa cara efektif yang harus kamu terapkan:

Pengoptimalan gambar

Sebagian besar pengunggahan gambar dapat menyebabkan situs web memuat dengan lambat. Apalagi jika ukurannya besar. Untuk melakukan ini, pertama-tama pastikan gambar dikompresi. Kompres gambar hingga kurang dari 100 KB sebanyak mungkin.

Hapus plugin yang tidak digunakan

Memasang terlalu banyak plugin dapat menyebabkan blog kamu memuat dengan lambat. Sebaiknya hapus semua plugin yang sudah tidak aktif dan yang tidak penting.

Batasi jumlah artikel di halaman utama blog

Atur jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman utama untuk mempercepat loading.

Pembaruan WordPress

Pembaruan WordPress benar-benar dapat meningkatkan kinerja blog. Untuk itu, pastikan kamu selalu update ke versi terbaru.

Gunakan web hosting berkualitas

Kualitas server yang digunakan dapat sangat mempengaruhi performa blog. Pastikan memilih web hosting dengan web server LiteSpeed yang dianggap paling cepat. Kamu bisa menggunakan hosting dari Exabytes yang sudah menggunakan LiteSpeed.

Pastikan Blog Kamu Mobile Friendly

Kamu mungkin sedang membaca artikel ini di ponsel kamu sekarang. Nah, masalahnya sekarang kebanyakan lewat perangkat mobile. Ternyata, 52% lalu lintas web berasal dari ponsel. Pertama, kamu dapat menguji daya tanggap blog kamu menggunakan situs web Google Mobile-Friendly Test. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi dan masalah pemuatan halaman.

Jadi, jika kamu ingin memaksimalkan potensi lalu lintas, kamu perlu membuat blog yang mobile friendly. Jika kamu menggunakan CMS WordPress, ada ratusan template ramah seluler untuk membuat blog responsif.

Lakukan Blogwalking

Cara meningkatkan pengunjung blog selanjutnya adalah blogwalking. Seperti namanya, blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain untuk tujuan tertentu.

Blogging memiliki banyak manfaat, seperti membangun jaringan, mendapatkan ide konten, meninjau materi, dan yang terpenting, mempromosikan blog kamu.

Nah, untuk blogwalking, kamu bisa mencoba mencari blog yang satu niche dengan kamu. Jika hobi ngeblog kamu adalah mengasuh anak, cari blogger dengan minat mengasuh anak. Kamu kemudian dapat mengomentari konten blog. Ya, tapi jangan hanya berkomentar “hebat, bun” atau “postingan menarik”. Sebisa mungkin, hargai poin-poin menarik dari artikel tersebut. Sehingga komentar kamu dapat dijawab oleh pemilik blog atau pengunjung lainnya.

Dari situ, kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan blogger lain. Dari sana, kamu dapat bekerja sama untuk mempromosikan blog kamu.

Lakukan Newsjacking

Newsjacking adalah teknik memanfaatkan isu atau berita yang sedang beredar untuk menarik perhatian publik. Namun, dalam teknik ini, kamu juga memasukkan ide atau pendapat pribadi.

Misalnya, blog kamu mungkin berkisar seputar ulasan film dan teater. Saat film Avatar: The Way of Water sedang booming karena memenangkan penghargaan bergengsi, kamu bisa memberikan pendapat pribadi tentang film tersebut

Dengan memanfaatkan viralnya film tersebut, blog kamu juga bisa menjadi populer karena banyak orang akan mencari review atau sinopsis film tersebut sebelum menonton.

Penting bagi kamu untuk terus memperbarui berita yang sedang viral. Ingatlah juga untuk memberikan analisis dan pendapat terbaik kamu.

Bagikan Konten di Media Sosial

Selain berusaha mendapatkan banyak traffic dari Google, menjajal potensi traffic dari media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Apalagi, jumlah pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia menempati urutan ke-4 dunia. Kira-kira jika total ada lebih dari 180 juta pengguna aktif. Oh… angka yang bagus, bukan?

Pokoknya cara share konten, bukan copy paste link aja. Sebaiknya buat ringkasan artikel konten blog kamu untuk dibagikan di media sosial. Jika perlu, kamu dapat membuat infografis untuk membuat postingan kamu lebih menarik.

Cara ini juga digunakan oleh Exabytes untuk mendorong traffic dan sosial media awareness. Dengan desain grafis ini, audiens kamu akan lebih mudah membaca posting blog kamu dan memiliki kesempatan untuk menyebarkannya di blog kamu.

Aktif Pada Komunitas Facebook

Selain memposting tautan di berbagai jejaring sosial, kamu juga dapat melakukan hal berikut, termasuk memposting di grup atau komunitas di Facebook. Namun, kamu harus berhati-hati saat berpromosi di komunitas.

Kamu tidak dapat secara terang-terangan memaksa anggota forum untuk membaca postingan kamu, karena dapat dianggap sebagai spam. Oleh karena itu, kamu dapat terlebih dahulu aktif dalam grup dengan mengajukan atau menjawab pertanyaan dari anggota grup lainnya. Jadi, misalnya jika kamu mengirimkan artikel, kemungkinan anggota lain mengunjungi blog kamu akan meningkat.

Aktifkan di Halaman Tanya Jawab

Jika kamu terbiasa aktif di forum atau komunitas, kamu juga bisa mencari peluang traffic dari situs Q&A.Misalnya, Brainly dan Quora.

Penting bahwa jika ada pertanyaan yang dapat kamu jawab dengan konten yang kamu miliki, berikan saja tautan di sini. Jadi, kamu harus secara aktif memeriksa untuk melihat apakah ada pertanyaan yang dapat kamu jawab dan promosikan konten tersebut. Ingat untuk memberikan jawaban dan isi jawabannya? Dengan cara ini kamu bisa dianggap ahli di bidangnya berdasarkan segmen blog. Alhasil, kamu pun berpeluang mendapatkan lebih banyak subscriber.

Sebarkan Melalui Email Marketing

Dioptimalkan pada pencarian Google, sudah. Juga melalui media sosial. Tidak ada salahnya mencoba email marketing sebagai sumber traffic tambahan. Bahkan, strategi ini disebut 40 kali lebih efektif dibandingkan menggunakan media sosial.

Bagaimanapun, sebelum kamu mengirim email marketing, pastikan kamu telah membuat daftar email atau memiliki daftar email pengunjung blog. Untuk bisa mendapatkan email list, kamu perlu membuat formulir berlangganan. Tidak perlu membuat formulir yang panjang, cukup sertakan kolom nama dan email untuk mendaftar.

Kamu dapat membuat formulir seperti itu menggunakan plugin seperti Contact Form 7. Jadi, jika kamu sudah memiliki daftar email, kamu dapat mulai membuat desain email marketing dan mengirimkannya dengan tool email marketing seperti Mailchimp.

Gunakan Strategi Internal Link

Internal link adalah bagian dari SEO teknis dengan menautkan link artikel blog kamu.

Internal link ini dimaksudkan untuk membuat struktur blog lebih mudah dipahami oleh Google. Selain itu, kamu juga akan memudahkan pengunjung blog untuk mendapatkan informasi lain yang mereka inginkan.

Nah, ada beberapa cara untuk menautkan link di postingan kamu. Dimungkinkan untuk menyisipkan tautan langsung ke teks yang relevan, yaitu anchor text. Selain itu, untuk memudahkan kamu menemukan rekomendasi internal link, silahkan manfaatkan berbagai tools SEO.

Jadi, sedikit banyak, internal link ini memungkinkan kamu menerapkan cara meningkatkan traffic website. Ini karena internal link mengarahkan traffic dari konten yang sibuk ke konten yang jarang dikunjungi. Sangat menguntungkan bukan?

Melakukan Link Building

Cara meningkatkan pengunjung blog selanjutnya adalah dengan link building. Sederhananya, link building adalah kegiatan mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website kamu. Jenis tautan eksternal ini juga dikenal sebagai backlink.

Namun, menemukan backlink tidaklah sembarangan. Kamu harus menemukan backlink berkualitas dan mendapatkan traffic berkualitas yang cukup. Mengapa?

Karena semakin banyak backlink dari website yang bagus, maka Google akan menilai kualitas blog kamu. Dengan kata lain, blog kamu menjadi referensi bagi situs-situs lain. Alhasil, Google akan memprioritaskan blog kamu untuk tampil di halaman pertama Google.

Kesimpulan

Nah, tadi adalah cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat dan mudah yang bisa kamu coba. Kedengarannya seperti banyak, tetapi pada kenyataannya langkah-langkahnya tidak terlalu banyak dan sangat rumit.

Sebagian besar cara di atas memang bisa digunakan oleh siapa saja. Namun, untuk kecepatan dan kinerja blog kamu, itu tergantung pada hosting yang kamu gunakan. Jadi jangan salah pilih hosting.

Tidak perlu mencari lagi karena pilihan akomodasi terbaik ada di sini. Ya, Exabytes menawarkan hosting yang didukung server tercepat yaitu web server LiteSpeed. Jadi blog kamu dijamin super cepat dan stabil. Harganya juga sangat terjangkau.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments