Ketahui 10+ Keuntungan Menggunakan Facebook Ads Ini!

0
2777

Menjalankan sebuah bisnis mengharuskan kamu untuk melakukan pemasaran. Saat ini, banyak bisnis yang memilih digital marketing termasuk Facebook Ads. Sudah tahu apa saja keuntungan menggunakan Facebook Ads?

Facebook Ads memang bukanlah satu-satunya pilihan marketing dan promosi produk atau jasa. Namun, keuntungan yang bisa didapatkan menjadi alasan dibalik keputusan bisnis atau perusahaan untuk menggunakan Facebook sebagai media pemasaran. 

Jika kamu tertarik, akan lebih baik untuk mengetahui apa saja keuntungan menggunakan Facebook Ads.

Sekilas Tentang Facebook Ads

Mengenal apa itu facebook ads
Facebook ads untuk semua jenis bisnis online. (Sumber: flickr)

Sesuai namanya, Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang dimiliki oleh Facebook. Layanan iklan tersebut bisa kamu pilih untuk mengiklankan produk atau jasa menggunakan Facebook sebagai medianya.

Saat memilih Facebook Ads, kamu harus memastikan bahwa audiens yang kamu targetkan memang merupakan pengguna aktif media sosial satu ini. Dengan begitu, iklan yang kamu pasang akan tepat sasaran dan dapat memberikan return sesuai estimasi dan harapan.

Kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan beberapa hal seperti usia, pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan, lokasi, minat, kebiasaan, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

keuntungan menggunakan facebook ads
Keuntungan menggunakan Facebook Ads. (Sumber: pixabay)

Sudah tahu kenapa Facebook Ads akhirnya menjadi pilihan tepat untuk kebutuhan digital marketing bisnis kamu? Jika masih belum begitu yakin untuk melakukan beriklan di Facebook, jangan terburu-buru memilih jasa Facebook Ads.

Sekarang, kamu bisa mulai mengumpulkan sebanyak mungkin informasi seputar iklan di platform media sosial Facebook. Sehingga, kamu akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari iklan Facebook.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Facebook Ads yang sering digunakan sebagai alasan mengapa banyak bisnis atau perusahaan memilih layanan iklan satu ini.

Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Tidak bisa dipungkiri bahwa Facebook menawarkan pengiklan salah satu base pengguna yang terbesar. Menurut statistik, per Juli 2020, Facebook memiliki lebih dari 2,6 juta pengguna di seluruh dunia. Siapapun target bisnis kamu, kamu bisa mencoba menemukan profil audiens yang kamu inginkan di Facebook.

Dengan demikian, akan semakin mudah untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Hal tersebut tentu sangat baik bagi bisnis karena mereka memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk menemukan calon konsumen. 

Menawarkan Call to Action yang Fleksibel

Jika kamu masih bertanya-tanya apa saja keuntungan menggunakan Facebook Ads, kamu akan menyadarinya setelah memulai iklan tersebut. Beriklan di Facebook berarti kamu bisa menggunakan call to action yang fleksibel atau sesuai dengan kebutuhan serta keinginan.

Seperti yang kita tahu bahwa CTA dapat membantu meningkatkan conversion rate

Bisa Menargetkan Audiens Berdasarkan Kategori Tertentu

Agar iklan bisa memberikan hasil yang maksimal, sangat penting untuk membuat target pasar sebelum menjalankan iklan tersebut. Hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang ingin menggunakan layanan iklan Facebook.

Saat memilih Facebook sebagai media promosi dan iklan, pengguna memiliki kesempatan untuk menargetkan audiens dengan berbagai kategori mulai dari jenis kelamin, usia, hingga minat. Dengan kategori terperinci, kamu bisa memastikan bahwa iklan akan tepat sasaran. 

Selain Facebook Ads, apakah kamu menggunakan strategi marketing lainnya, misalnya content marketing

Jika ia, kamu bisa mengetahui tingkat keberhasilan pemasaran yang dijalankan menggunakan digital marketing metric.

Memberikan Hasil yang Cepat

Keuntungan menggunakan Facebook Ads lainnya adalah kemungkinkan untuk mendapatkan hasil dengan sangat cepat. Iklan satu ini menjadi pilihan ideal untuk brand yang ingin menjalankan strategi digital marketing jangka pendek maupun jangka panjang.

Facebook Ads mampu menyediakan konversi setelah kamu menayangkan iklan tersebut. Iklan tersebut akan mulai menampilkan produk atau brand kepada ribuan pengguna potensial dengan sangat cepat.

Dengan begitu, pengguna Facebook atau target audiens akan melihat iklan tersebut dan mungkin tertarik untuk melakukan pembelian atau melakukan tindakan lain. Menurut penelitian yang dirilis oleh Wordstream, tingkat konversi rata-rata Facebook Ads adalah sekitar 9,21 %.

Lalu bagaimana bisa mengetahui hasil iklan yang dijalankan? Insight tentang kinerja iklan bisa kamu lihat di pengelola iklan (Ads manager). Data yang ditampilkan mencakup jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan serta jumlah yang kamu habiskan untuk iklan tersebut.

Untuk bisa menikmati berbagai keuntungan beriklan di Facebook, kamu harus mengatur campaign di Ads manager dan menunggu pihak Facebook melakukan review terhadap kampanye iklan yang kamu buat. Biasanya, iklan akan disetujui dalam waktu 24 jam. Artinya, bisnis kamu akan segera mendapatkan sales dalam beberapa hari setelahnya. 

Menyediakan Tools Remarketing yang Efektif

Facebook telah berkembang menjadi mesin pemasaran yang tangguh. Melalui platform media sosial ini, setiap jenis dan ukuran bisa dapat memperluas jangkauannya sehingga memiliki peluang yang lebih besar untuk menjangkau calon pembeli potensial.

Untuk menjangkau pengunjung yang pernah melihat produk atau layanan yang kamu tawarkan, remarketing melalui Facebook bisa menjadi pilihan tepat. 

Remarketing membantu kan menampilkan kembali produk kepada mereka di kemudian hari. Sudah tahu apa itu remarketing dan apa perbedaan retargeting vs remarketing?

Kamu bisa memberikan penawaran yang menarik seperti potongan harga yang dapat meningkatkan kesempatan untuk mengkonversi pengunjung menjadi lead. Jika belum tahu apa itu leads dan mengapa setiap bisnis yang melakukan marketing secara digital membutuhkannya, mulailah dari artikel ini.

Memungkinkan Bisnis Mendapatkan Like yang Lebih Banyak di Halaman Facebook

Mendapatkan likes Facebook lebih banyak
Bisnis akan mendapatkan likes halaman yang lebih banyak. (Sumber: pixabay)

Facebook Ads memang hadir dengan begitu banyak keuntungan. Kamu memiliki peluang untuk mendapatkan like yang lebih banyak dari pengguna Facebook yang mengunjungi halaman yang dibuat. 

Saat seseorang menyukai halaman Facebook milikmu, mereka dapat melihat postingan Facebook organik kamu di feednya. 

Like pada setiap postingan Facebook baik untuk engagement dan jangkauan, kamu juga membutuhkannya sebagai pondasi dari strategi pemasaran Facebook yang dijalankan. 

Facebook Ads akan membantu mendapatkan like yang lebih banyak melalui like campaign. Ads ini terhubung ke halaman yang kamu buat dan call to action atau CTA ads yang tersedia.

Tombol CTA memungkinkan kamu untuk memberikan calon konsumen instruksi apa yang kamu ingin mereka lakukan baik itu melakukan pembelian, menggunakan aplikasi, menonton video, dan lain sebagainya.

Memberikan Transparansi Audiens

Jangkauan audiens Facebook sangat transparan. Berdasarkan penargetan audiens yang bisa kamu pilih sendiri, kamu memiliki tingkat kontrol dan transparansi yang tinggi atas audiens yang kamu targetkan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui beberapa hal mengenai audiens, seperti:

  • Fans: follower Facebook kamu
  • Teman dari fans: Pengguna yang menjadi teman dari follower kamu
  • Behavior atau interest: Pengguna yang memenuhi kriteria yang kamu tetapkan
  • Remarketing: Pengguna yang sebelumnya pernah mengunjungi website kamu

Di Facebook, kamu juga bisa melihat segmen mana yang memiliki performa terbaik. Alhasil, kamu dapat membuat kesimpulan dengan peluang untuk melanjutkan pengetesan dan penyempurnaan strategi pemasaran yang digunakan.

Facebook Ads Bisa Lebih Murah Daripada Iklan PPC

Biaya Facebook ads terjangkau
Biaya Facebook Ads terjangkau. (Sumber: pixabay)

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah PPC atau pay per click. Jika pernah menggunakan PPC sebagai strategi pemasaran digital, berapa banyak biaya yang kamu keluarkan untuk kebutuhan tersebut?

Dalam beriklan melalui Facebook, ada beberapa hal yang mempengaruhi biaya iklan termasuk jenis kampanye yang kamu jalankan, siapa saja yang kamu targetkan, dan penempatan iklan itu sendiri. Akan tetapi, setiap klik pada Facebook Ads bisa lebih murah untuk setiap kliknya dibandingkan Google Ads

Inilah keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan Facebook Ads.

Filter yang Memblokir Audiens yang Tidak Kamu Inginkan

Tidak semua pengguna Facebook adalah audiens yang tepat. Jika kamu ingin membatasi munculnya iklan di beberapa pengguna, kamu bisa memanfaatkan filter yang akan memblokir audiens yang tidak diharapkan. Inilah salah satu keuntungan menggunakan Facebook Ads yang perlu kamu tahu.

Kamu dapat mengatur daftar blokir pada kampanye iklan agar iklan tidak ditampilkan di URL di mana kamu tidak ingin muncul. Artinya, kamu bisa mengatur agar iklan tidak muncul di aplikasi, video, serta halaman tertentu. 

Dengan menggunakan filter tersebut, iklan akan lebih efisien dan meningkatkan ROAS atau Return on Ad Spend

Mendapatkan Trafik dari Pengguna Aktif Facebook

Dengan begitu banyaknya keuntungan menggunakan Facebook Ads, kamu bisa meyakini bahwa iklan ini akan menjadi cara efektif untuk mendapatkan trafik dari pengguna aktif Facebook. Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar dan mampu mengubah cara bisnis mengiklankan produk atau jasa mereka. 

Iklan di Facebook sangat mungkin dilihat oleh sebagian besar pengguna serta mampu menjangkau berbagai demografi. Hal ini semakin mungkin dengan adanya update Instagram terbaru yang berfokus pada tab toko di Instagram. Kombinasi kedua platform tersebut memungkinkan brand kamu semakin dilihat oleh banyak pengguna.

Meningkatkan Brand Awareness

Branding merupakan bagian tak terlupakan dari sebuah bisnis. Saat hendak meningkatkan brand awareness bisnis, kamu bisa memanfaatkan Facebook Ads. Mengapa demikian? 

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Facebook memiliki banyak pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Ini adalah kesempatan bagus bagi bisnis agar semakin diketahui dan dikenal oleh banyak orang terutama target audiens yang kamu tentukan. 

Dengan kesuksesan branding di Facebook, kamu bisa mencapai tujuan bisnis lain dengan lebih mudah. Bukan tidak mungkin pengguna Facebook terutama dari Indonesia akan membeli produk setelah mengetahui keberadaan brand kamu yang dapat memenuhi kebutuhan atau apa yang mereka cari.

Mendapatkan Keuntungan yang Tidak Terbatas

Tujuan menjalankan bisnis adalah menjangkau pasar yang luas dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Facebook Ads dapat membantu kamu mewujudkan tujuan bisnis tersebut karena iklan akan dilihat oleh berbagai kalangan.

Jangkauan yang luas memungkinkan kamu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak melalui pembelian yang dilakukan oleh para pengguna Facebook. Untuk bisa mendapatkan keuntungan menggunakan Facebook Ads yang satu ini, iklan harus kamu buat semenarik mungkin.

Nah, kamu bisa mulai belajar copywriting sekarang agar tahu bagaimana caranya memengaruhi target audiens untuk membeli produk kamu melalui iklan yang mereka tonton di Facebook.

Kesimpulan

Facebook Ads kini banyak digunakan oleh pebisnis untuk melengkapi strategi digital marketing yang sudah lebih dulu mereka jalankan. Dengan berbagai keuntungan menggunakan Facebook Ads, sangat wajar jika semakin banyak pebisnis yang tertarik menggunakan layanan iklan satu ini.

Jika kamu ingin beriklan di Facebook namun masih terbilang awam atau tidak memiliki banyak waktu untuk menanganinya sendiri, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga.

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments