10+ Daftar Niche Blog Populer & Menguntungkan di 2022

393
Daftar Niche Blog
14 min read

Pekerjaan sebagai content creator saat ini telah mengalami masa kejayaan dengan kemajuan yang pesat. Seiring semakin mudahnya berteknologi dan orang-orang semakin betah di rumah saja, membuat konten-konten dunia maya semakin populer dan digemari.

Salah satu bentuk konten dunia maya adalah blogging. Kelebihan blogger tentu saja sangat banyak sekali. Namun untuk pemula yang baru saja menekuni dunia blogging mungkin akan merasa sedikit kewalahan dalam menemukan ciri khas atau value yang ingin ditunjukkan dari blog yang dibuat.

Nah, apabila Exabytes Friends masih merasa kesulitan dalam menemukan topik utama untuk dijadikan bahan tulisan dalam blog, maka kalian berada pada referensi yang tepat. Karena pada artikel kali ini akan berfokus untuk membahas berbagai daftar niche blog populer dan menguntungkan di tahun 2022. 

Apa Itu Niche Blog?

Niche blog sebagai pilihan topik utama untuk acuan dalam membuat konten blog. (Sumber: ShutterStock)
Niche blog sebagai pilihan topik utama untuk acuan dalam membuat konten blog. (Sumber: ShutterStock)

Sebelum menentukan jenis niche blog yang sesuai, tentu saja kalian perlu menyiapkan blog yang akan digunakan sebagai wadah membuat konten terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena saat ini telah tersedia berbagai template untuk membuat blog gratis.

Niche Blog sendiri adalah topik khusus yang dipilih dan dibuat sebagai acuan untuk memproduksi konten blog kedepannya. Dengan hanya menggunakan satu niche, maka blog akan terkesan lebih spesifik, unik, otentik, dan fokus.

Hal tersebut akan memiliki pengaruh baik terhadap target audience kalian. Blog yang hanya berfokus pada satu niche saja juga dapat membantu Exabytes Friends dalam membuat konten menarik berkualitas untuk blog. 

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan jika hanya menggunakan satu niche blog saja, yaitu memperoleh pengunjung dan pembaca yang sesuai dengan target, membuat blog lebih konsisten bahkan sang blogger bisa berkembang menjadi ahli, serta akan lebih mudah untuk melakukan monetisasi blog.

Tips Menentukan Niche Blog yang Sesuai untuk Anda

Berikut akan disajikan tips agar lebih mudah memilih dan menentukan niche blog yang sesuai dengan keinginan namun tetap dapat memberikan keuntungan. 

Melakukan Brainstorming Secara Fokus

Pada proses brainstorming, Exabytes Friends dapat mencari ide untuk niche blog mulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Seperti dari kehidupan sehari-hari, hobi, orang di sekitar, kebiasaan, membaca buku kesukaan, atau bahkan dari produk-produk populer yang sering dibeli pada situs ­e-commerce.

Melakukan Validasi Pada Ide yang Telah Diperoleh 

Hal berikutnya yang perlu dilakukan yaitu memvalidasi ide-ide dan topik niche blog yang terkumpul. Lakukan validasi ide dengan mempertanyakan “Apakah ide tersebut merupakan passion kita?” Karena apabila niche blog yang dipilih merupakan sebuah passion, maka kalian akan lebih mudah untuk menikmati dalam membuat konten dan mengembangkan blog ke depannya.

Pertimbangan selanjutnya yaitu “Apakah niche blog tersebut akan disukai oleh banyak pengunjung blog dan apakah niche blog tersebut kedepannya dapat dikembangkan untuk menghasilkan uang?” Untuk mengetahui perbandingan topik apa saja yang sedang populer dan banyak diminati oleh masyarakat, Exabytes Friends dapat memantaunya melalui Google Trends.

Contoh penggunaan Google Trends yaitu semisal Exabytes Friends adalah penggemar sepak bola dan otomotif, namun kesulitan dalam menentukan pilihan niche blog dari kedua topik tersebut. Maka kalian dapat membandingkan performa dari kedua topik melalui Google Trends.

Melakukan Validasi Pada Ide yang Telah Diperoleh 

Seperti diketahui, “sepak bola” memiliki lebih banyak peminat selama tahun 2021. Fluktuasi dari kata kunci “sepak bola” juga terlihat lebih jelas. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa niche blog “sepak bola” lebih populer dan berpotensi untuk menghasilkan keuntungan ke depannya.

Nah, dari uraian yang telah dijelaskan di atas, apakah Exabytes Friends sudah menemukan ide niche blog yang akan digunakan? Jika belum, kalian tidak perlu khawatir. Karena pada bagian selanjutnya Exabytes telah merangkum daftar niche blog kekinian yang diprediksi akan populer dan menguntungkan di tahun 2022. 

Daftar Niche Blog Populer dan Menguntungkan di Tahun 2022 

1. Hiburan atau Entertainment

Semenjak pandemi Covid-19 menjamah seluruh dunia bahkan sampai ke Indonesia, banyak di antara kita yang akhirnya menggunakan sebagian besar waktu hanya di rumah saja. Oleh karena itu, kita sering kali lebih membutuhkan hiburan yang dapat diakses dari rumah untuk mengisi waktu luang. Rutinitas hiburan yang dapat dilakukan di rumah yaitu menonton film, membaca novel, menonton drama korea, membaca konten pada blog, membuka media sosial, dan lainnya.

niche blog: hiburan atau entertaiment

Beberapa kata kunci terkait “hiburan” yang direkomendasikan yaitu “lirik lagu”, “drama”, “film”, dan “novel”. Dari data yang diperoleh melalui Google Trends menunjukkan bahwa kata kunci “lirik” dan “film” memiliki performa yang paling bagus.

Untuk topik seputar hiburan atau entertainment, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Lirik lagu BTS

  Rekomendasi drama korea paling kece di tahun 2021

  Daftar film Marvels yang wajib dilihat di tahun 2022

  Rekomendasi series Netflix terbaru yang akan rilis tahun 2022

  Review novel terbaru

  Review film atau drama korea

  Dan lain lain

Apakah niche blog hiburan dapat menghasilkan keuntungan?

Tentu saja niche hiburan dapat menghasilkan keuntungan. Apabila kalian menulis konten review tentang sebuah novel misalnya, lalu tulisan tersebut di-notice oleh penulis aslinya, maka kalian dapat memperoleh kesempatan untuk bekerja sama dalam karya selanjutnya penulis tersebut. 

2. Kecantikan

Salah satu efek pandemi yang dirasakan oleh sebagian orang terutama kaum hawa adalah rutinitas kecantikan yang cenderung hanya dapat dilakukan sendiri di rumah. Masyarakat masih mengurangi aktivitas untuk mendatangi klinik kecantikan atau salon kecantikan. Membeli produk-produk kecantikan pun lebih banyak dilakukan secara online melalui online shop atau e-commerce.

niche blog: kecantikan

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “kecantikan” adalah “skincare”, “makeup”, dan “jerawat”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika kata kunci “jerawat” memiliki performa yang paling bagus.

Untuk topik seputar kecantikan, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Rekomendasi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

  Tutorial make up unik dan anti-mainstream

  Rekomendasi produk makeup anti luntur walaupun menggunakan masker

  Tips menghilangkan jerawat secara alami

Baca Juga  12 Prediksi Trend WordPress di Tahun 2021

  Rekomendasi produk makeup drugstore dengan harga murah

  Dan lain-lain

Apakah niche blog kecantikan dapat menghasilkan keuntungan?

Niche blog kecantikan tentu saja dapat dimonetisasi. Kalian dapat menghasilkan uang dari iklan yang dipasang oleh brand-brand produk kecantikan. Selain itu, kalian juga bisa bekerja sama dengan brand ataupun jasa kecantikan, atau istilah kerennya adalah “endorse”. 

3. Fashion

Niche blog yang diperkirakan akan populer pada tahun 2022 selanjutnya adalah “Fashion”. Dewasa ini, banyak anak muda yang sering mengikuti trend fashion dari dunia entertainment. Sebagai contoh, mereka mulai mengikuti gaya berbusana para aktris atau selebgram yang sering muncul di layar kaca dan media sosial. Oleh karena itu, niche blog “Fashion” sangat cocok terutama bagi blogger wanita.

niche blog: fashion

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “fashion” adalah “outfit”, “kebaya”, “hijab”, dan “sepatu”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika kata kunci “sepatu” memiliki performa yang paling bagus.

Untuk topik seputar fashion, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog? 

  Model kebaya terbaru 2022

  Outfit lebaran remaja

  Gaya trendi hijab masa kini

  Outfit nongkrong di café

  Outfit ke kantor nan kece

  Sepatu wanita kekinian 2022

  Dan lain-lain 

4. Kuliner

Kuliner atau makanan sejatinya adalah pilihan niche blog paling mudah jika kalian benar-benar sudah tidak menemukan ide lainnya. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang selalu ada pada hidup semua orang.

niche blog: kuliner

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “kuliner” adalah “resep”, “cara membuat”, dan “makanan”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika konten blog yang mengandung kata kunci “resep” memiliki performa yang paling bagus sehingga cocok untuk dikembangkan ke dalam blog. 

Untuk topik seputar kuliner, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Cara membuat Croffle mudah di rumah

  Cara daftar shopee food

  Resep nasi goreng simpel ala anak kos

  Cara memesan di shopee food dan Traveloka eats

  Rekomendasi kota di Indonesia dengan makanan khas yang menggiurkan

  Rekomendasi kafe yang cocok untuk work from home

  Cara order kopi di Starbucks

  Dan lain-lain 

Apakah niche blog kuliner dapat menghasilkan keuntungan?

Niche blog kuliner tentu dapat menghasilkan pundi-pundi uang bagi kalian. Terutama jika blog kuliner tersebut diikutsertakan dalam kompetisi blog, menerima tawaran iklan dari sebuah brand makanan atau restoran tertentu, atau bekerja sama dengan beberapa food blogger untuk membuat konten menarik agar dilirik oleh banyak pengiklan.

5. Finance (Keuangan)

Pada zaman sekarang, sangat penting sekali agar generasi muda dapat melek finansial. Kebiasaan hedon dan pola hidup konsumtif akan berdampak buruk pada kehidupan masa tua kita. Tetapi, dari mana masyarakat dapat memperoleh literasi finansial?

Saat ini telah banyak berhamburan di internet, youtube, media sosial, maupun blog mengenai penjelasan literasi keuangan. Blog kalian pun juga dapat mengambil peran penting dalam mengedukasi generasi muda tentang keuangan.

niche blog: finance atau keuangan

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “keuangan” adalah “investasi”, “saham”, “bitcoin”, dan “bisnis”. Selama satu tahun ke belakang (tahun 2021), topik keuangan memiliki jumlah interest dan audience yang cenderung stabil.

Berdasarkan riset keyword blog, “saham” dan “bisnis” memiliki performa yang paling bagus berdasarkan Google Trends. Selain keempat kata kunci tersebut, kata kunci lainnya yang berpotensi tinggi dan perlu dioptimasi lebih lanjut adalah “reksadana” (volume pencarian meningkat hingga 210 persen selama 2021), “tips menabung” (volume pencarian meningkat hingga 140 persen selama 2021), dan kata kunci “beli emas” (volume pencarian meningkat 85 persen).

Untuk topik seputar keuangan, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Daftar franchise dengan modal terjangkau cocok untuk millennials

  Rekomendasi saham terbaik 2022

  Cara mengelola gaji UMR

  Tips dan trik berinvestasi bagi pemula

  Tips membangun bisnis online bagi pemula

  Pentingnya dana darurat sebelum berinvestasi

  Elemen investasi yang cocok bagi generasi muda

  Dan lain-lain 

6. Travelling

Bagi kalian yang memiliki hobi berwisata, berkelana, berpetualang, atau bahkan menjelajahi hidden game yang ada di Indonesia, maka niche blog travelling dapat menjadi alasan memulai blogging. Setelah sekian lama hanya menghabiskan sebagian waktu di rumah, maka konten travelling dari blog kalian dapat mengobati kerinduan masyarakat akan indahnya berwisata.

niche blog: travelling

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “travelling” adalah “tempat wisata”, “hotel”, dan “piknik”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika konten blog yang mengandung kata kunci “hotel” memiliki performa yang paling bagus sehingga cocok untuk dikembangkan ke dalam blog.

Untuk topik seputar wisata, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Tips dan trik backpacker bagi pemula

  Syarat-syarat melakukan perjalanan selama PPKM

  Rekomendasi hotel murah

  Hotel di Bali dengan pemandangan fantastis

  Tips travelling dengan anggaran minimalis

  Hidden game wisata di Jawa Timur

  Dan lain-lain

7. Lifestyle 

Lifestyle atau topik perbincangan mengenai gaya hidup dapat menjadi pilihan niche blog yang sangat menguntungkan bagi Exabytes Friends. Karena kalian tidak perlu memikirkan terlalu dalam akan menulis apa, cukup menulis tentang gaya hidup sehat dan seimbang yang kalian jalani setiap hari.

Saat ini pun banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya memiliki gaya hidup sehat yang seimbang seperti menjaga pola makan, mengatur stress, hingga pentingnya menjaga mental agar terhindar dari mental health issue selama pandemi.

niche blog: lifestyle

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “lifestyle” adalah “olahraga”, “diet”, “gaya hidup sehat”, dan “gaya hidup minimalis”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika konten blog yang mengandung kata kunci “hotel” memiliki performa yang paling bagus sehingga cocok untuk dikembangkan ke dalam blog.

Untuk topik seputar gaya hidup, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Pentingnya work life balance

Baca Juga  21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Keren 2021

  Tips menghilangkan stress saat bekerja

  Cara olahraga yang mudah dan simpel untuk dilakukan di rumah

  Cara menerapkan gaya hidup minimalis

  Hal-hal yang perlu ada pada list resolusi 2022 kalian

  Dan lain-lain

8. Edukasi

Rekomendasi niche blog lainnya sebagai opsi kalian dalam mengembangkan blog yang menguntungkan adalah “Edukasi”. Kata kunci yang disarankan untuk dioptimasi sebagai niche blog edukasi misalnya, “beasiswa”, “webinar”, “kartu pra kerja”, dan “LPDP”.

niche blog: edukasi

Dari keempat kata kunci tersebut, “beasiswa” adalah kata kunci dengan performa yang bagus selama tahun 2021. Sedangkan untuk keyword “webinar”, walaupun tidak memiliki interest pencarian di google yang setinggi “beasiswa”, tetapi performanya stabil dan signifikan. Untuk kata kunci “kartu pra kerja” sendiri memiliki anomali peningkatan drastis di mesin pencarian google pada periode akhir Februari hingga akhir Maret.

Untuk topik seputar edukasi, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Tips lolos beasiswa LPDP

  Tips membuat CV yang ATS-Friendly

  Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis essay beasiswa

  Jurusan-jurusan kuliah yang paling banyak diminati tahun 2022

  Daftar online course gratis yang bisa diikuti

  Pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja

  Dan lain-lain

9. Musik

Musik memiliki penggemar yang sangat masif seantero dunia. Dari generasi muda hingga paruh baya pasti memiliki satu penyanyi dan lagu favorit. Oleh karena itu, niche blog “Musik” dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan blog.

niche blog: musik

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “Musik” adalah “BTS”, “Kpop”, “Chord”, dan “Lagu”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika konten blog yang mengandung kata kunci “lagu” dan “chord” memiliki performa yang paling tinggi sehingga cocok untuk dikembangkan ke dalam blog.

Untuk topik seputar musik, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Daftar nominasi Grammy Awards 2022 mendatang

  Pemenang American Music Awards

  Perjalanan karir BTS hingga menjadi musisi tersohor di seluruh dunia

  Chord gitar Justin Bieber – Off My Face

  Rekomendasi lagu Kpop yang kece

  Dan lain-lain

10. Desain

Estetika sering kali menjadi hal yang dikagumi oleh banyak orang. Selain itu, karena manusia adalah makhluk visual, sehingga keindahan adalah hal yang dapat memanjakan mata dan menarik perhatian. Niche blog desain dapat menarik minat sebagian besar pengunjung blog yang sangat menjunjung tinggi nilai estetika dan visual.

niche blog: desain

Beberapa kata kunci yang direkomendasikan untuk niche blog “Desain” adalah “desain interior”, “desain grafis”, “desain minimalis”, dan “monokrom”. Data yang diperoleh dari Google Trends menunjukkan jika konten blog yang mengandung kata kunci “desain minimalis” dan “desain grafis” memiliki performa yang paling tinggi.

Untuk topik seputar desain, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog?

  Inspirasi desain interior rumah yang menarik

  Inspirasi desain interior kafe ala millennials yang kece

  Kelebihan warna monokrom untuk menjadi elemen utama desain

  Tips membuat desain rumah yang minimalis

  Aplikasi gratis untuk membuat desain grafis

  Dan lain-lain 

11. DIY (Do It Yourself) 

Rekomendasi niche blog selanjutnya sebagai pilihan topik dalam mengembangkan blog adalah “DIY”. Kata kunci yang disarankan untuk dioptimasi sebagai niche blog DIY misalnya, “cara”, “langkah”, “panduan”, dan “tips”.

niche blog: do it yourself

Dari keempat kata kunci tersebut, “cara” adalah kata kunci dengan performa yang bagus selama tahun 2021. Sehingga membagikan konten-konten pada blog kalian mengenai cara membuat sesuatu sendiri dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog. Terutama pengunjung yang bosan di rumah saja dan ingin mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang mereka.

Untuk topik seputar DIY, konten apa saja sih yang bisa kalian buat di blog? 

  Cara membuat kartu ucapan idul fitri yang menarik dan unik

  Cara membuat slime sendiri di rumah

  Cara agar blog tidak bisa di-copy paste

  Langkah mudah membuat hiasan tumpeng untuk peringatan Ramadhan

  Tips meningkatkan kreatifitas dengan DIY Crafts

  Dan lain-lain

Selain niche blog yang direkomendasikan di atas, Exabytes Friends juga dapat memilih niche blog dengan topik “kesehatan”, “teknologi”, “fotografi”, “bisnis”, atau “parenting”.

niche blog: fotografi

Berdasarkan data dari Google Trends, niche blog “fotografi” dapat menjadi pilihan menarik lainnya sebagai topik untuk menulis blog karena fluktuasi performa interest di Google Trends yang sangat bagus selama 2021. Kalian dapat membagikan hasil fotografi atau menuliskan tips dalam hal fotografi bagi pemula.

Kesimpulan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, membuat blog pribadi menjadi mudah karena telah tersedia berbagai template blogger gratis. Selain itu, menulis di blog adalah sebuah hal yang menyenangkan dan seru apabila kita telah menemukan sebuah topik menarik dan sesuai passion untuk dijadikan niche blog. Sebaiknya Exabytes Friends hanya memilih satu niche blog saja sebagai acuan utama untuk membuat konten blog.

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika hanya menggunakan satu niche blog saja, yaitu memperoleh pengunjung dan pembaca yang sesuai dengan target, membuat blog lebih konsisten bahkan sang blogger bisa berkembang menjadi ahli, serta akan lebih mudah untuk melakukan monetisasi blog.

Sebelum menemukan satu pilihan niche blog yang sesuai minat dan menarik, kalian perlu melakukan brainstorming ide dan melakukan validasi topik-topik yang telah terkumpul. Untuk menyambut tahun 20222, Exabytes membagikan beberapa niche blog potensial yang diprediksi dapat populer dan memberikan keuntungan.

Niche blog rekomendasi pilihan Exabytes yaitu Hiburan, Kecantikan, Fashion, Kuliner, Keuangan, Travelling, Lifestyle, Edukasi, Musik, Desain, DIY (Do It Yourself), Fotografi, Kesehatan, Teknologi, Bisnis, dan Parenting.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai daftar niche blog populer dan menguntungkan tahun 2022. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan Hosting Indonesia juga menyediakan jasa website hosting, loh!

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments