Domain site, Pilihan Domain yang Cocok untuk Website Bisnis

0
1837

Bagi bisnis yang menunjukkan keberadaannya secara online, memiliki website adalah sebuah keharusan. Akan tetapi, pembuatan website perlu rencana yang matang, dimana kamu harus mempertimbangkan layanan hosting, SSL, serta nama domain yang tepat. Jika belum punya pilihan yang pas, apakah tertarik untuk menggunakan domain site?

Belum pernah mendengar domain site sebelumnya? Pada kenyataannya, ekstensi domain satu ini sudah mulai banyak digunakan dengan tingkat kesuksesan yang mampu bersaing dengan para pendahulunya, yaitu ekstensi-ekstensi domain yang sudah lebih dulu populer.

Agar lebih jelas, mari kita bahas apa itu domain site dan mengapa banyak bisnis yang justru menggunakan ekstensi ini ali-alih memilih ekstensi domain populer seperti domain .com.

Sekilas tentang Domain .site

sekilas tentang domain.site
Domain site merupakan ekstensi domain yang cocok untuk website bisnis (Sumber: shutterstock)

Sebenarnya, apa itu domain .site? Domain site adalah domain yang saat ini sudah memiliki banyak pengguna. Yang menarik tentang ekstensi domain ini, domain site masuk dalam lima besar domain yang banyak digunakan di tahun 2021.

Setahun setelahnya, yaitu pada tahun 2022, domain .site menduduki peringkat tiga teratas. Selain menjadi ekstensi domain yang banyak digunakan, ekstensi ini ternyata begitu berpengaruh di dunia.

Jadi, kenapa masih ragu untuk memilih domain .site? Exabytes menyediakan berbagai pilihan ekstensi domain. Bahkan, kamu bisa beli domain murah yang pastinya ramah kantong.

Alasan Menggunakan Domain .site

alasan menggunakan domain.site
Keamanan menjadi salah satu alasan menggunakan domain.SITE (Sumber: shutterstock)

Meski belum sepopuler domain .com dan domain .id, tetapi domain .net sudah patut kamu pertimbangkan. Ekstensi domain ini cocok untuk bisnis berbagai ukuran, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar. Terlebih, domain ini begitu fleksibel, terbuka, dan aman. Maka semakin banyak alasan untuk segera menggunakannya.

Website apa yang hendak kamu bangun? Apakah website tersebut bertujuan untuk branding? Dapatkan domain .site sekarang juga dan segera bangun brand kamu agar bisa lebih cepat dikenal oleh target audiens.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya bisnis baru menggunakan domain .site:

Aman dan Terpercaya

Keamanan dan integritas dari domain .site menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang kini mempertimbangkan ekstensi tersebut untuk website mereka. Kamu mungkin sudah tahu kalau domain .id terdaftar resmi di PANDI sehingga website tersebut bisa dipercaya. 

Ternyata, domain site juga akan membuat penggunanya merasa aman dan tenang. Kredibilitas dan perlindungan hukum yang tinggi meminimalisir kemungkinan data bocor. Jadi, pengguna ekstensi domain tersebut tidak perlu takut akan mimpi buruk tersebut.

Tersedia Banyak Pilihan Nama Unik

Meski sudah masuk dalam daftar ekstensi domain populer, tetapi domain .net memungkinkan kamu untuk mendapatkan nama domain unik sesuai brand atau bisnis. Pasalnya, penggunanya yang masih di bawah domain .com membuat ekstensi ini masih memilih pilihan nama domain yang baik.

Itu artinya, peluang kamu untuk mendapatkan nama domain yang pas masih sangat terbuka lebar. Namun jika masih belum punya ide akan pemilihan nama domain untuk website, coba tips memilih nama domain di artikel ini.

Singkat dan Mudah Diingat

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebebasan menentukan nama domain dan memilih ekstensi domain sesuai kebutuhan dan preferensi. Bahkan, tersedia domain unik yang akan membuat website tampil beda di mata pengguna internet.

Tetapi, jika kali ini kamu sudah yakin untuk menggunakan domain.SITE, ada alasan kenapa ekstensi domain ini merupakan pilihan yang pas. 

Selain singkat, ternyata domain tersebut akan mudah diingat. Jadi, pengguna internet akan kembali mengakses website kamu untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Bukan tidak mungkin pula mereka akan membeli produk yang sama secara berulang.

Membantu Membangun Brand Bisnis

Branding merupakan bagian dari sebuah bisnis. Di era digital seperti sekarang ini, branding bahkan bisa dilakukan secara online. Salah satu caranya adalah dengan membangun website yang mampu merepresentasikan bisnis yang kamu jalankan.

Domain .site memungkinkan kamu mendapatkan nama domain yang sesuai dengan brand

Sehingga akan turut mendukung dalam proses branding. Dengan begitu, orang-orang akan menyadari bahwa kini kamu sudah masuk ke dunia digital. Dimana pengguna internet bisa mendapatkan layanan atau produk dengan mudah melalui website yang kamu kelola.

Mampu Menjangkau Pasar Global

Jika melihat dari beberapa contoh website yang menggunakan domain .net seperti situs web Social Change dan lainnya, kamu bisa melihat ternyata ekstensi domain ini mampu menjangkau pasar global. 

Artinya, meskipun bisnis yang kamu jalankan berbasis di Indonesia, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan klien atau pelanggan dari berbagai belahan bumi lain di dunia. 

Hal tersebut membuktikan kalau domain .net cocok dijadikan pilihan terutama bagi bisnis yang punya rencana menjangkau pasar dan target audiens yang lebih luas.

Bagaimana bisa? Domai.SITE merupakan bagian dari Generic Top Level Domain atau gTLD. Jadi, domain tersebut diakui secara internasional atau global.  Dengan menggunakan domain gTLD, hasil pencarian akan mengutamakan SERP internasional.

Yuk pelajari lebih jauh tentang top level domain agar punya lebih banyak alasan untuk menggunakan domain .site untuk website yang hendak kamu buat. 

Harga Domain Terjangkau

Salah satu hambatan dalam mendapatkan nama domain dengan ekstensi domain .com adalah ketersediaan nama domain. Dimana kamu harus bersaing dengan lebih banyak orang yang juga ingin menggunakan nama domain yang sama untuk brand atau bisnisnya. 

Tidak jarang pula nama domain sudah tidak tersedia karena sudah dimiliki oleh pihak lain yang sudah lebih dahulu membelinya.

Harga yang relatif tinggi juga bisa menjadi penghambat dalam mendapatkan nama domain dengan ekstensi domain populer. Berbeda halnya dengan domain .site. Selain ketersediaannya yang masih banyak, harga domain juga tergolong masih sangat terjangkau.

Misalnya, di Exabytes, kamu bisa mendapatkan domain site dengan harga sekitar Rp 139 ribu per tahun untuk harga baru. Itu artinya, kamu hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 11 ribuan saja setiap bulannya. 

Bantu Optimasi SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya optimasi website agar bisa muncul di hasil pencarian teratas. Meski demikian, hasilnya tidak instan sehingga perlu waktu, usaha, dan tenaga yang lebih. Untuk proses optimasi, pemilihan ekstensi domain yang memberikan pengaruh.

Domain .site adalah salah satu ekstensi domain yang akan membantu proses optimasi yang kamu lakukan. Google memperlakukan ekstensi domain dengan sama dalam meranking situs web. Jadi, kamu tidak perlu berkecil hati karena situs web dengan domain site juga memiliki peluang untuk bisa muncul di ranking teratas, termasuk halaman pertama SERP.

Cukup pastikan kalau kamu benar-benar menggunakan teknik SEO yang tepat yang tidak menyalahi aturan dan algoritma Google dalam menentukan posisi ranking di hasil pencarian.

Akses yang Cepat dan Stabil

Kecepatan website menjadi salah satu faktor penting dalam optimasi SEO. Kecepatan juga akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan dan kepercayaan pengunjung. Dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut, apakah kamu sudah memantapkan hati untuk menggunakan domain .site?

Pengguna ekstensi domain yang masih belum banyak membuat server relatif stabil dan cepat. Meskipun traffic website sedang tinggi, tetapi performa situs web akan tetap stabil sehingga tidak mudah down.

Kenali penyebab website down dan cara mengatasinya dengan membaca artikel ini!

Contoh Website yang Menggunakan Domain SITE

contoh website yang menggunakan domain.site
Banyak website yang menggunakan ekstensi domain SITE (Sumber: shutterstock)

Kira-kira, mana yang akan kamu pilih, beli domain murah atau menggunakan domain .site dengan mempertimbangkan kelebihannya? 

Bagi kamu yang masih belum yakin untuk mendaftarkan domain site untuk situs bisnismu, simak beberapa contoh website yang menggunakan domain site dan sukses menjangkau target audiens secara global melebihi apa yang mereka targetkan berikut ini:

Your Cricket

Domain site, Pilihan Domain yang Cocok untuk Website Bisnis - 2024

Tertarik untuk memilih domain site tetapi masih ragu? Mungkin kamu perlu melihat contoh website yang sudah menggunakan ekstensi domain tersebut, misalnya Your Cricket, website yang menawarkan layanan pembuatan website khusus untuk club cricket di Inggris. Dimana klien bisa mendapatkan layanan pembuatan website premium.

Dengan menggunakan domain .site akan membantu branding bisnis menjadi lebih kuat. Domain ini bisa menjadi salah satu pilihan yang pas bagi kamu yang sedang berencana memulai bisnis jasa pembuatan website.

Auto Buyer

Domain site, Pilihan Domain yang Cocok untuk Website Bisnis - 2024

Website Auto Buyer adalah contoh situs web yang menggunakan domain .site. Website satu ini bergerak di bidang dealer online. Tetapi tahukah kamu? Situs web ini mampu menyasar pasar Amerika.

Social Change

Domain site, Pilihan Domain yang Cocok untuk Website Bisnis - 2024

Social Change turut menambah daftar website yang menggunakan domain .site. Hal tersebut membuktikan bahwa ekstensi domain satu ini sudah memiliki banyak pengguna. Berbeda dari dua situs web sebelumnya, website satu ini adalah website organisasi non profit.

Target dari situs web tersebut adalah donatur dari Amerika. Tetapi ternyata mampu mendapatkan donatur dari seluruh dunia.

Kesimpulan

Domain .site adalah salah satu pilihan ekstensi domain yang memberikan peluang yang lebih bagi mereka yang ingin mendapatkan nama domain yang sesuai dengan brand atau bisnis. Ekstensi domain ini juga cocok untuk berbagai jenis bisnis termasuk bisnis kecil yang baru merambah dunia online.

Ingin dapatkan pilihan domain yang lebih banyak dengan harga terjangkau? Pas sekali karena Exabytes menawarkan domain murah dengan harga bervariasi yang bisa kamu sesuaikan dengan budget.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments