• Home
  • Tutorial
    • Tutorial Email
    • Tutorial Hosting
    • Tutorial VPS
    • Tutorial WordPress
    • Tutorial Server
    • Tutorial Domain
  • Marketing
    • Digital Marketing
    • Panduan Bisnis Online
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Content Marketing
    • Media Sosial
  • Website
    • Website Design
    • Website Untuk Semua
  • Cyber Security
Search
Exabytes Indonesia Tutorial Digital Marketing, Website, & Bisnis Online – Exabytes
  • Tips & Triks
  • Event
  • Promo
  • Kembali ke Exabytes.co.id
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Exabytes Indonesia Exabytes Indonesia
  • Home
  • Tutorial
    • AllTutorial EmailTutorial HostingTutorial VPSTutorial WordPressTutorial ServerTutorial Domain
      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      Apa itu SMPT dan Fungsinya

      Protokol SMTP: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap!

  • Marketing
    • AllDigital MarketingPanduan Bisnis OnlineSearch Engine Optimization (SEO)Content MarketingMedia Sosial
      blog exabytes

      Domain Rating: Pengertian, Perbedaan DR dan DA, Cara Meningkatkan DR

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

      blog exabytes

      Platform CMS SEO Friendly untuk Situs Anda

      Tips Facebook Marketing

      15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

  • Website
    • AllWebsite DesignWebsite Untuk Semua
      contoh landing page fashion

      10 Contoh Landing Page Fashion yang Menarik dan Keren!

      DNS Terdesentralisasi

      DNS Terdesentralisasi: Keamanan dan Privasi Lebih Bagus? Ini Penjelasannya!

      contoh portofolio web developer

      4 Contoh Portofolio Web Developer dan Cara Membuatnya Lengkap

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

  • Cyber Security
Home Tutorial Tutorial Email E-commerce Email Marketing: Penjelasan dan Panduan Lengkap
  • Tutorial
  • Tutorial Email
  • Marketing

E-commerce Email Marketing: Penjelasan dan Panduan Lengkap

By
Siti Rohmah Noviah
-
October 3, 2022
4451
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

    E-commerce sudah tidak lagi asing dan bahkan begitu melekat di ingatan kita semua. E-commerce membantu para pelanggan mendapatkan produk untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih cepat. 

    Namun, e-commerce juga memiliki tantangan untuk menarik minat para pelanggan. Bagi kamu yang hendak memasarkan produk e-commerce, tidak ada salahnya mencoba e-commerce email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang tepat.

    Daftar Isi

    • Sekilas tentang E-commerce Email Marketing
    • Alasan Dibalik Keberhasilan E-commerce Email Campaign
    • Perbedaan Email Promosi dan Transaksional dalam E-commerce Email Marketing 
    • Tips E-commerce Email Marketing yang Patut Dicoba
      • Buat Formulir Pendaftaran
      • Desain Template Email
      • Buat Pesan Selamat Datang
      • Otomatisasi Email
      • Tentukan Frekuensi Pengiriman Email dengan Tepat
      • Jadwalkan Pengiriman Email
      • Pastikan Email Responsif di Semua Perangkat
    • E-commerce Email Marketing Tools
      • Mailmunch
      • Hubspot
      • ActiveCampaign
      • Contoh E-commerce Email Marketing
      • User Onboarding
      • Lead Nurturing
      • Mailing List Segmentation
      • Re-engaging Passive Users
      • Cross Selling
      • Upselling
    • Kesimpulan

    Sekilas tentang E-commerce Email Marketing

    E-commerce Email Marketing: Penjelasan dan Panduan Lengkap - 2025
    E-commerce email marketing adalah strategi yang efektif di era digital. (Sumber: pixabay)

    Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada banyak strategi marketing yang bisa diterapkan agar mendapatkan hasil maksimal terutama di era digital seperti sekarang ini. Pernah dengar e-commerce email marketing sebelumnya?

    E-commerce email marketing merupakan strategi pemasaran yang dinilai ampuh dan efektif dengan menggunakan email sebagai media promosi untuk e-commerce kepada pelanggan potensial maupun pelanggan setia. Sudah menjadi rahasia umum kalau email merupakan sarana komunikasi digital yang banyak digunakan saat ini termasuk oleh e-commerce. 

    E-commerce email marketing juga bisa menjadi strategi pemasaran (marketing) yang kuat dengan mengandalkan email untuk mempromosikan produk atau jasa. Sebagai bentuk komunikasi online yang populer, email menjadi saraan yang efektif, efisien, terjangkau, serta menguntungkan termasuk untuk kebutuhan marketing.

    Sebenarnya, e-commerce email marketing semudah menggunakan email untuk kebutuhan sehari-hari. Dimana kamu cukup membuat konsep email yang menarik dan kemudian mengirimkannya kepada pelanggan agar mereka bisa melakukan tindakan seperti membeli produk. 

    Adapun tujuan dari e-commerce email marketing adalah membentuk kepercayaan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

    Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat e-commerce email marketing karena hal tersebut akan berkaitan dengan brand awareness dan first impression. Jadi, saat membuat konten untuk e-commerce email marketing, pastikan untuk menghindari beberapa hal berikut:

    • Membeli list email
    • Menyediakan pilihan unsubscribe
    • Menggunakan frase spamming
    • Mengabaikan kualitas konten
    • Menggunakan opt-in form untuk mengumpulkan email
    Klik Untuk Mulai Email Bisnis Profesional Disini!

    Alasan Dibalik Keberhasilan E-commerce Email Campaign

    E-commerce Email Marketing: Penjelasan dan Panduan Lengkap - 2025
    Ada beberapa alasan dibalik kesuksesan e-commerce email marketing. (Sumber: pixabay)

    Ada banyak keunggulan email marketing yang juga menjadi alasan perusahaan atau pebisnis mulai menggunakan strategi pemasaran satu ini. Akan tetapi, bagaimana dengan tingkat keberhasilan e-commerce email marketing? Tentunya ada beberapa alasan dibalik suksesnya campaign dari e-commerce email marketing.

    Tahukah kamu kalau lebih dari 99 persen klik dari pelanggan mengecek inbox email mereka setiap hari? Selain itu, lebih dari 80 persen retailer menggunakan email marketing sebagai cara paling efektif untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan. 

    Yang lebih menariknya, ternyata ada lebih dari 59 pelanggan bahkan percaya kalau email marketing mampu memengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian. Jadi, tidak heran jika email marketing bisa membangun brand awareness dan kredibilitas sembari mempertahankan hubungan e-commerce dengan pelanggan.

    Perbedaan Email Promosi dan Transaksional dalam E-commerce Email Marketing 

    Nah, sebelum bergegas menerapkan e-commerce email marketing, sudah tahu kan apa perbedaan antara email promosi dan email transaksional?

    Biasanya email promosi berhubungan dengan campaign yang e-commerce rencanakan agar nantinya bisa dikirim kepada pelanggan. Dimana penerimanya adalah orang-orang yang sebelumnya sudah pernah mengisi formulir pendaftaran. 

    Jenis email satu ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti peluncuran produk baru atau menceritakan suatu bisnis atau brand yang bisa membangun kepercayaan dari pelanggan.

    Sementara email transaksional merupakan email yang secara otomatis dikirimkan saat pelanggan melakukan transaksi pembelian atau pemesanan di web e-commerce. Jenis email iniga tergolong penting karena akan membantu e-commerce memberikan informasi kepada pembeli perihal transaksi yang mereka lakukan.

    Seperti namanya, email transaksional biasanya berisi informasi tentang transaksi yang berupa status pemesanan. Bisa juga berisi informasi mengenai konfirmasi pembayaran dan pengiriman produk.

    Tips E-commerce Email Marketing yang Patut Dicoba

    E-commerce Email Marketing
    Coba beberapa tips agar sukses dalam menjalankan strategi e-commerce email marketing. (Sumber: pixabay)

    Apabila sedang membuat strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan berbagai media, apakah kamu akan menjalankan e-commerce email marketing? Jika sudah yakin untuk menerapkan strategi tersebut, ada beberapa tips yang patut kamu coba agar hasil dari e-commerce marketing sesuai harap dan tujuan bisnis.

    Berikut adalah beberapa tips bagi kamu dan siapa saja yang hendak menerapkan email marketing untuk e-commerce:

    Buat Formulir Pendaftaran

    Langkah pertama dalam e-commerce email marketing adalah membuat formulir pendaftaran. Tujuannya adalah untuk mendapatkan data email pelanggan yang nantinya akan menjadi penerima email dari setiap kampanye e-commerce email marketing kamu.

    Formulir bisa kamu letakkan di halaman website bisnis seperti di beranda, footer, sidebar, atau di bawah artikel. Sebaiknya tidak selalu menggunakan kata berlangganan agar terlihat lebih unik dan menarik. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang bersedia mengisi formulir pendaftaran yang kamu siapkan. 

    Desain Template Email

    Dengan ratusan atau ribuan email yang harus dikirimkan setiap ada kampanye e-commerce email marketing, tidak mungkin untuk melakukannya satu per satu, bukan? Solusinya adalah menggunakan template email yang sudah didesain khusus. Selain adanya logo, warna pada template juga harus menggambarkan bisnis e-commerce yang kamu jalankan.

    Fungsi dari template adalah membatu mengirim email dengan lebih cepat. Cukup melakukan sedikit perubahan saja sesuai dengan konteks promosi, email bisa segera dikirimkan kepada pelanggan. 

    Buat Pesan Selamat Datang

    Agar e-commerce email marketing berjalan sukses, pastikan untuk selalu mengirimkan pesan selamat datang atau bergabung pada pelanggan yang baru berlanggan email. Email selamat datang juga bisa kamu sisipkan atau lampirkan informasi mengenai bisnis.

    Otomatisasi Email

    Meski e-commerce email marketing akan sangat membantu dalam memasarkan e-commerce, bukan berarti kamu akan menghabiskan waktu pada strategi tersebut. Ada banyak hal yang harus kamu urusan yang berhubungan dengan e-commerce termasuk beberapa strategi marketing lainnya. 

    Agar e-commerce email marketing tetap memberikan hasil optimal, kamu bisa menjalankannya dengan otomatisasi pesan. Yaitu layanan yang akan membantu menampilkan penawaran lain meski pelanggan tidak melakukan tindakan pada email yang mereka terima.

    Tentukan Frekuensi Pengiriman Email dengan Tepat

    Meskipun e-commerce email marketing merupakan cara pemasaran yang efektif, akan tetapi kamu harus menentukan frekuensi pengiriman email. Bayangkan kamu berada di posisi pelanggan, kira-kira apa yang kamu rasakan apabila terlalu sering menerima email? 

    Email yang sering kamu kirimkan bisa masuk kategori spam. Sehingga pelanggan mungkin tidak akan membuat email tersebut karena email spam biasanya tidak akan masuk inbox melainkan folder spam. Jadi, mulailah untuk menentukan frekuensi pengiriman email yang tepat.

    Misalnya, kirimkan email per satu atau dua bulan sekali. Bisa juga kamu lakukan saat ada peluncuran produk baru. 

    Jadwalkan Pengiriman Email

    Sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan e-commerce email marketing? Agar tidak mengirimkan email yang akan dicurigai sebagai spam, buatlah jadwal email. Selain berkaitan dengan waktu yang tepat untuk mengirimkan email, hal tersebut juga akan membantu mempersiapkan kontek atau isi email yang selanjutnya akan kamu kirimkan.

    Pastikan Email Responsif di Semua Perangkat

    Saat menerima email berupa e-commerce email marketing, setiap pelanggan atau target audiens mungkin saja menggunakan perangkat yang berbeda. Oleh karena itu, setiap email promosi sudah seharusnya dibuat responsif untuk semua jenis perangkat. 

    E-commerce Email Marketing Tools

    E-commerce Email Marketing: Penjelasan dan Panduan Lengkap - 2025
    Penggunaan e-commerce email marketing tools membantu mendapatkan hasil yang lebih maksimal. (Sumber: flickr)

    Apakah e-commerce email marketing memerlukan tools? Untuk e-commerce yang ingin memanfaatkan dan memaksimalkan email marketing, ada beberapa pilihan e-commerce email marketing tools terbaik, diantaranya adalah sebagai berikut:

    Mailmunch

    Selain mengetahui tren email marketing di tahun 2022, e-commerce juga harus tahu apa saja tools untuk e-commerce email marketing yang bisa mereka manfaatkan dengan baik. 

    Salah satu tools yang bisa digunakan adalah Mailmunch yaitu sebuah tool yang didesain secara komprehensif untuk membantu bisnis menjalankan kampanye (campaign) digital marketing. 

    Sangat mungkin bagi bisnis untuk bisa meminimalisir usaha namun berpotensi mendapatkan output yang maksimal. Bahkan tools e-commerce email marketing satu ini menawarkan banyak fitur dengan biaya yang lebih terjangkau.

    Dalam implementasi strategi e-commerce email marketing, ada beberapa hal yang tidak kalah penting untuk selalu diperhatikan, seperti:

    • Personalisasi email agar sesuai minat atau ketertarikan pelanggan
    • Buat subjek email sesingkat mungkin
    • Tawarkan giveaway
    • Lakukan segmentasi

    Hubspot

    Hubspot lebih dari sekedar email marketing tools. Tools satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengelola media sosial, blog, dan customer relationship management (CRM). Dengan tools satu ini, pengguna bisa dengan mudah melacak tingkat pengiriman email. Bahkan, penyimpanan kontak juga tidak terbatas. Pembayaran hanya perlu dilakukan untuk kontak yang digunakan dalam marketing.

    ActiveCampaign

    Selanjutnya, ada ActiveCampaign, yaitu e-commerce email marketing tools yang akan membantu mengelola kontak serta proses penjualan dengan integrasi. Para pengguna tools satu ini dapat memberdayakan kampanye personalisasi melalui otomatisasi email marketing. Tools ini juga menawarkan migrasi data serta implementasi integrasi tanpa batas.

    Contoh E-commerce Email Marketing

    Tidak tahu harus mulai darimana padahal e-commerce email marketing akan sangat membantu pemasaran? Coba beberapa contoh e-commerce email marketing berikut:

    User Onboarding

    Untuk menunjukkan kepada pelanggan seperti apa perasaan kamu, gunakan welcome email. Bagaimanapun juga, kesan pertama harus menarik dan mendapatkan respon positif. Coba lakukan cara yang tepat untuk bisa menarik perhatian pembaca email melalui welcome email.

    Lead Nurturing

    Sudah susah payah mendapatkan prospek? Oleh sebab itu, kamu harus mampu mengubahnya menjadi pelanggan setia. Caranya adalah dengan selalu menyediakan konten edukasi yang tidak lekang oleh waktu. 

    Selain itu, kamu juga harus mencari tahu alasan prospek pergi disaat kamu sudah yakin mereka akan melakukan tindakan pada e-commerce. Di saat membutuhkan dukungan, jangan sampai kamu mengabaikan prospek, dukung sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Mailing List Segmentation

    Contoh e-commerce email marketing lain yang bisa kamu terapkan adalah mailing list segmentation. Penerapannya dilakukan dengan cara melakukan pendekatan yang lebih personal pada klien atau prospek. Masing-masing prospek itu berbeda dan mereka juga memiliki minat yang beragam.

    Cari tahu minat prospek sehingga kamu bisa mengelompokkannya sesuai preferensi dan kebutuhan masing-masing kelompok prospek atau pelanggan. 

    Re-engaging Passive Users

    Strategi e-commerce email marketing satu ini bisa diterapkan apabila pelanggan kehilangan minat terhadap produk e-commerce kamu. Kirimkan email ini sehingga bisa kembali mendapatkan perhatian mereka. Bisa juga menyelipkan isi email yang berupa undangan spesial untuk mereka agar mendapatkan diskon atau penawaran menarik lainnya.

    Cross Selling

    Cross selling adalah email yang bisa membuat pengunjung membeli lebih banyak item produk dari e-commerce. Tawarkan beberapa produk yang akan melengkapi pesanan mereka dengan memilih item yang berhubungan dengan produk yang sudah atau sedang mereka pilih.

    Upselling

    Bagi kamu yang sedang menerapkan e-commerce email marketing, rasanya upselling bisa menjadi pilihan yang cocok. Tawarkan beberapa pilih yang lebih mahal atau fitur yang lebih setelah konsumen memesan atau membeli suatu produk. Cara ini dikenal sebagai upselling dimana pelanggan akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang mereka cari.

    Kesimpulan

    Sudah siap untuk memulai e-commerce email marketing? Apabila ini kali pertama melakukan strategi pemasaran semacam ini dan kamu memiliki kekhawatiran akan hasil yang kurang maksimal, mungkin kamu bisa melibatkan tim ahli seperti Exabytes. 

    Exabytes menawarkan solusi tepat untuk kebutuhan email marketing termasuk untuk e-commerce.

    Gunakan Layanan Email Marketing Disini!
    • TAGS
    • e-commerce
    • Email Marketing
    Facebook
    Twitter
    Pinterest
    WhatsApp
      Previous articlePerbedaan Aged Domain dan Expired Domain, Mana Sih Yang Bagus?
      Next article12 Aplikasi Pihak Ketiga Google Workspace
      Siti Rohmah Noviah
      Siti Rohmah Noviah
      A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.
      Instagram Linkedin Twitter

      RELATED ARTICLESMORE FROM AUTHOR

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      blog exabytes

      Domain Rating: Pengertian, Perbedaan DR dan DA, Cara Meningkatkan DR

      Tips Facebook Marketing

      15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      December 20, 2024
      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      December 18, 2024
      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      December 17, 2024

      Artikel Populer

      21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Responsive

      April 19, 2021

      7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia Yang (segera) Bangkrut [Update 2018]

      July 21, 2017

      Pernah Ngalamin 5 Hal Kocak Ini Pas Belanja di Toko Online?

      December 15, 2016

      Ketegori Populer

      • Tutorial Hosting218
      • Tutorial WordPress162
      • Panduan Bisnis Online130
      • Umum672
      • Tips & Triks184
      • Event Exabytes133
      • Website239
      • Tutorial Domain235

      Artikel Terbaru

      Apa Itu Sidebar Website? Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

      November 20, 2025

      Cara Memindahkan Email Bisnis Lama ke Google Workspace

      November 19, 2025

      Mengapa UMKM Harus Menggunakan Google Workspace

      November 12, 2025

      Support

      • Panduan Pengguna
      • Pengumuman
      • Network Uptime
      • Buka Tiket Support
      • Hubungi Kami

      Ikuti Kami

      Facebook
      Instagram
      Tiktok
      Twitter
      Youtube
      Linkedin

      Berlangganan Newsletter

      Dapatkan informasi promosi terbaru dan berbagai acara menarik kami.

      Hak Cipta © 2025 PT. Exabytes Network Indonesia
      Harga belum termasuk PPN 11%