Bisnis online menuntut kamu untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk. Ada begitu banyak strategi marketing yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan hasil penjualan bisnis online. Salah satunya adalah email marketing yang banyak digunakan oleh para marketer dan pemilik bisnis dengan mengikuti tren email marketing 2022.
Jika kamu penasaran apa dengan tren email marketing di tahun 2022, jangan sampai ketinggalan untuk membaca artikel satu ini ya!
Daftar Isi
Apa Itu Email Marketing?
Jika dilihat dari namanya, kamu mungkin bisa mengartikan sendiri bahwa email marketing merupakan strategi pemasaran produk atau brand melalui email. Email marketing melibatkan penggunaan email untuk mempromosikan produk atau layanan sambil membangung hubungan dengan pelanggan potensial.
Dalam pelaksanaannya, email marketing dilakukan dengan mengirimkan pesan promosi kepada target audiens dalam jumlah yang banyak. Umumnya, cara ini dilakukan agar bisa mendapatkan leads dan sales.
Salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam penerapan dan pengukuran hasil email marketing adalah unsubscribe rate. Untuk mempelajari lebih lanjut apa itu unsubscribe rate, kamu bisa membaca artikel satu ini.
Berbicara tentang email marketing, kamu juga harus memastikan bahwa strategi yang akan kamu gunakan merupakan strategi yang bisa memberikan hasil maksimal, bukan strategi yang sia-sia. Jika ini kali pertama melakukan pemasaran melalui email, kamu harus mengetahui dan mempelajari apa saja tren email marketing 2022.
Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal sehingga marketing bisa berjalan sesuai tujuan awal.
Baca juga: Menggunakan Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan
Manfaat Email Marketing
Setiap pemilik bisnis dan perusahaan tentu memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih email marketing. Salah satu alasan mengapa mereka mempertimbangkan jenis pemasaran digital satu ini adalah manfaat yang bisa didapatkan.
Penasaran? Berikut adalah beberapa manfaat email marketing yang akan semakin membuatmu yakin untuk menggunakan email sebagai media promosi dan pemasaran secara digital.
Memudahkan dalam Memperoleh Data Pelanggan
Salah satu manfaat email marketing adalah kemudahan yang bisa pengguna dapatkan dalam memperoleh data pelanggan. Data pelanggan sangat penting bagi sebuah bisnis namun bersifat pribadi sehingga kamu harus memiliki izin untuk mendapatkannya.
Namun, semua data mulai dari alamat email, nama, usia, hingga jenis kelamin bisa kamu dapatkan melalui fitur berlangganan newsletter. Saat berlangganan fitur tersebut, pelanggan setia maupun calon pelanggan potensial memberikan informasi atau data mereka tanpa paksaan.
Menjaga Relasi dengan Pelanggan
Melakukan email marketing memungkinkan kamu untuk tetap berkomunikasi bahkan secara personal dengan pelanggan. Ini adalah salah satu manfaat serta keunggulan email marketing. Dengan begitu, kamu tetap bisa menjaga relasi dengan pelanggan. Ini juga bisa menjadi cara untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Memungkinkan Kamu Mengukur Hasil Promosi
Dengan adanya email marketing, kamu bisa mengukur hasil promosi yang sudah kamu jalankan. Kamu bisa melakukannya melalui open rate, conversion rate, unsubscribe rate, dan click-through rate. Dengan begitu, kamu bisa menganalisa apa yang harus diperbaiki atau ditingkatkan guna mendapatkan konsumen yang lebih banyak.
Tren Email Marketing 2022
Setiap strategi marketing memiliki tren masing-masing. Ini juga menjadi alasan kenapa kamu harus familiar dengan tren email marketing 2022 yang bisa membantu mendapatkan hasil pemasaran dan promosi yang lebih optimal.
Lalu, apa saja tren email marketing di tahun 2022 ini? Berikut adalah uraian lengkapnya!
Personalisasi Email untuk Newsletter
Untuk kamu yang hendak menerapkan strategi pemasaran melalui email, jangan sampai kamu ketinggalan informasi seputar tren email marketing 2022. Salah satunya adalah personalisasi email untuk newsletter.
Kamu bisa mulai menggunakan nama subscriber serta merancang segmen kecil untuk membuat email list bisnis. Akan tetapi, kamu harus mempersonalisasi email untuk keperluan newsletter. Hal satu ini bisa kamu lakukan menggunakan teknologi machine learning dan otomatisasi.
Email Interaktif
Tren satu ini sebenarnya sudah ada namun akan semakin berkembang di tahun ini. Email interaktif ini memiliki peran penting dalam email marketing. Tren ini mampu meningkatkan engagement dan interaksi email.
Untuk membuat email interaktif, ada beberapa hal yang bisa kamu coba, di antaranya adalah sebagai berikut:
- Tombol dan CTA beranimasi
- Gambar interaktif yang bisa dikontrol oleh pengguna
- Efek rollover untuk menampilkan produk
- Survei, polling, dan konten buatan pengguna (user-generated content)
Gunakan Template Email yang Responsif
Dengan begitu banyaknya tren email marketing 2022, penggunaan template email yang responsif sangat patut untuk kamu coba.
Jika sebelumnya orang-orang harus membuka laptop atau PC untuk membaca email tertentu, kini email bisa dilihat dan dibaca melalui smartphone. Tentunya, strategi email marketing yang kamu terapkan harus responsif bahkan saat email dibuka melalui perangkat seluler.
Dengan kesibukan yang tinggi, pelanggan ingin memiliki cara yang lebih mudah termasuk dalam membuka email. Membuat email yang responsif bukanlah perkara mudah karena kamu harus melakukan berbagai upaya seperti membuat tombol Call-to-Action atau CTA cukup besar agar dapat diklik.
Tetapi, kamu bisa melakukan semua tugas tersebut dengan menggunakan template email yang responsif. kamu bisa memanfaatkan template yang tersedia bahkan secara gratis.
Fokus pada Performance Marketing
Sebelum mengimplementasikan email marketing, akan lebih baik jika kamu juga mempertimbangkan tren email marketing 2022 ini.
Coba pastikan apakah kamu masih menggunakan open rate sebagai tolak ukur keberhasilan kampanye pemasaran email. Jika demikian, mungkin kamu harus mulai berpindah ke CTR atau aspek lain yang berhubungan dengan tindakan penerima email.
Konten Email yang Lebih Storytelling
Masih tentang tren email marketing 2022, di mana kamu harus mencoba membuat konten storytelling untuk email yang akan dikirimkan ke pelanggan sebagai sarana promosi dan pemasaran. Penggunaan konten storytelling juga dinilai efektif untuk menarik perhatian audiens sehingga dapat memengaruhi perilaku mereka.
Memaksimalkan Akses pada Email
Tidak kurang dari 15 persen populasi dunia menjadi penderita disabilitas. Agar tidak kehilangan hubungan yang baik dengan pelanggan serta untuk meningkatkan konversi, optimasi email agar bisa diakses oleh para disabilitas.
Memastikan email bisa diakses oleh semua orang termasuk disabilitas seharusnya menjadi prioritas para pemilik bisnis terutama mereka yang menerapkan email marketing. Aksesibilitas dalam email bisa kamu tingkatkan dengan berbagai cara, seperti:
- Menambahkan teks alternatif untuk grafik pada email agar screen reader dapat membaca teks tersebut.
- Memastikan ukuran huruf tidak kurang dari 14px dan penggunaan gaya tulisan yang dapat terbaca.
- Hindari teks rata tengah karena akan sulit terbaca oleh penderita disleksia.
Gunakan Artificial Intelligence (AI) dan Chatbots
Berbagai industri nampaknya sudah mulai mengadopsi AI. Kehadirannya bahkan bisa mulai terasa di email pada tahun 2022. Tool AI akan menjadi bagian dari email marketing karena banyaknya titik data yang harus dipertimbangkan oleh brand atau bisnis.
Dengan data pelanggan yang ada, kamu bahkan bisa melakukan analisa dengan lebih baik dan juga memungkinkan untuk mengetes email dengan menulis grup penerima email kecil terlebih dahulu. Kamu bisa mengelompokkan audiens atau pelanggan melalui latar belakang dan karakter yang sama.
Penggunaan chatbots juga menjadi tren email marketing 2022 yang tidak boleh kamu anggap sepele. Chatbots bisa kamu bangung dengan mengkombinasikan machine learning dan Artificial Intelligence (AI). Chatbots ini bisa kamu gunakan sebagai tools untuk mendapatkan leads dengan menambahkannya pada konten.
Segmentasi yang Lebih Mendalam
Segmentasi yang lebih mendalam juga diprediksi akan menjadi tren email marketing 2022 yang berguna untuk meningkatkan angka engagement melalui content marketing. Perusahaan-perusahaan besar yang menjaga customer retention sebenarnya sudah lama menggencarkan metode ini.
Siapa sangka jika strategi satu ini kini menjadi tren email marketing di tahun ini. Sebelum mencobanya, kamu mungkin tidak percaya bahwa strategi ini bisa menjadi cara jitu untuk mempertahankan pelanggan tetap setia.
Cara melakukan nya adalah dengan mengirim survei atau polling kepada pelanggan. Survei tersebut berhubungan dengan minat serta kebutuhan mereka. Kemudian, kamu bisa menggunakan hasil survei atau polling tersebut sebagai acuan untuk membuat daftar email yang lebih tersegmentasi.
Kesimpulan
Dengan mengetahui apa itu email marketing dan manfaatnya, kamu akan memiliki alasan tepat untuk menggunakan strategi pemasaran menggunakan media email. Namun, pastikan kamu juga tidak akan mengabaikan tren email marketing 2022 sehingga hasilnya akan lebih maksimal.
Ingin lebih mudah menjalankan email marketing? Untuk itu, kamu bisa memilih email marketing Indonesia dari Exabytes. Mulai email marketing sekarang juga dan dapatkan hasilnya lebih awal!