Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain, Mana Sih Yang Bagus?

0
2392

Salah satu pertimbangan ketika hendak membeli domain adalah sudah memenuhi standar SEO atau tidak. Bahkan dalam strategi lanjutan, banyak orang yang mempertimbangkan aged domain dan expired domain untuk website mereka.

Strategi lanjutan menggunakan aged domain dan expired domain sudah dilakukan selama bertahun-tahun dan sampai saat ini masih berfungsi, tentu dengan cara yang benar.

Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa website yang menggunakan domain lama telah berkembang dengan cepat. Namun, apa perbedaan perbedaan aged domain dan expired domain? Mana yang jauh lebih baik untuk SEO website?

Melalui pembahasan ini, kami akan membahas tentang perbedaan aged domain dan expired domain. Sehingga Anda bisa membedakan dan mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

Aged domain adalah nama domain yang telah digunakan dalam jangka waktu beberapa tahun. Biasanya aged domain ini merupakan domain yang pendaftarannya sudah kadaluarsa dan dibeli oleh pemilik baru untuk dibangun ulang website tersebut.

Sedangkan untuk expired domain adalah domain yang sudah melewati domain life cycle registered namun habis masa aktifnya dan belum diperpanjang oleh pemiliknya dalam periode waktu tertentu.

Jika tidak diperpanjang kembali, maka domain tersebut akan dirilis ulang oleh registry ke publik untuk dijual kembali.

Exabytes Indonesia biasanya akan mengirimkan pemberitahuan 60 hari sebelum, 30 hari sebelum dan 7 hari sebelum tanggal domain expired, jadi Anda bisa memperpanjang domain tepat waktu.

Sudah paham tentang perbedaan aged domain dan expired domain? Kita lanjutkan pembahasan ke kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis domain tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Aged Domain

Meskipun dalam strategi lanjutan digital marketing melalui website banyak para pelaku yang membuktikan kelebihannya. Bukan berarti aged domain tidak memiliki kekurangan, aged domain masih memiliki kekurangannya.

Apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangannya?

Baca juga: Keuntungan dan Kekurangan Expired Domain Yang Perlu Diketahui

Kelebihan Aged Domain

Kami merangkum kelebihan utama aged domain yang perlu Anda ketahui. Berikut diantaranya:

Mudah Terindeks dan Dapat Menghindari Efek Google Sandbox

Aged domain biasanya sudah terindeks dengan sangat baik oleh Google, karena sudah ada aktivitas sebelumnya dengan menggunakan domain tersebut.

Tidak hanya itu saja, aged domain biasanya lebih terhindari dari efek Google Sandbox, mengapa? Dikarenakan biasanya aged domain ini dianggap oleh Google sebagai situs yang sudah ada, namun diakuisisi oleh pemilik baru.

Berbeda dengan domain baru yang akan mengalami Google Sandbox terlebih dahulu sekitar 6 bulan dan hasilnya akan memiliki sedikit tayangan saja di halaman pertama hasil pencarian Google.

Memiliki Tautan Berkualitas

Ini adalah aspek penting dan paling berharga dari aged domain yaitu memiliki tautan berkualitas dari website yang relevan dengan domain tersebut. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa kualitas dan kuantitas tautan bisa menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Agar mudah dipahami, misalnya Anda menyewa sebuah layanan backlink (tautan) dengan biaya sekitar Rp 200.000,- per tautan, maka akan membutuhkan biaya Rp 20.000.000,- untuk mendapatkan backlink sebanyak 100 backlink berkualitas.

Pemilik domain lama ini sebelumnya telah menghabiskan banyak biaya dan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan backlink sebanyak itu. Ya! Aged domain memang akan memberikan Anda backlink berkualitas dari situs dengan traffic dan kualitas terbaik yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan sebelumnya.

Kekurangan Aged Domain

Bagaimana kekurangannya? Kami akan merangkum setidaknya 4 kekurangan utama dari aged domain yang bisa Anda pertimbangkan.

Adanya Backlink Tersembunyi yang Berkualitas Rendah

Ternyata aged domain tidak hanya memiliki backlink dengan kualitas yang bagus. Aged domain juga memiliki potensi besar memiliki backlink tersembunyi yang berkualitas rendah. Anda bisa cek kualitas backlink tersebut dengan menggunakan Ahrefs.

Ahrefs akan memberikan Anda tampilan yang sangat baik tentang backlink aged domain, termasuk backlink dengan kualitas yang rendah, backlink kualitas rendah ini bisa merusak potensi pertumbuhan situs website Anda.

Apakah semua backlink kualitas rendah ditampilkan di Ahrefs? Jawabannya tentu saja tidak, karena ada beberapa situs yang memblokir bot dari Ahrefs di file Robots.txt.

Lantas bagaimana cara mengatasi backlink berkualitas rendah ini? Gampang, Anda hanya perlu mengirimkan file penolakan backlink berkualitas rendah tersebut ke Google dan biasanya Google akan mengabaikan backlink berkualitas rendah tersebut.

Jika Anda ingin membeli aged domain, jangan lupa cek terlebih dahulu jumlah backlink berkualitas rendah dan jangan sampai terlalu banyak backlink yang buruk.

Beresiko Mendapatkan Aged Domain yang Dihukum oleh Google

Sebuah aged domain mungkin saja telah menerima hukuman dari Google berupa pembatasan lalu lintas organik yang tentu saja akan mempersulit website untuk berkembang. Dampak lainnya, ketika adalah Anda tidak dapat menentukan peringkat untuk keyword apapun.

Mengapa? Ternyata, pemilik domain sebelumnya telah menautkan ke banyak website yang dipertanyakan, sehingga domain tersebut menerima penalti dari Google. Apa cirinya?

Pertama, profil tautan domainnya memiliki jumlah tautan masuk/keluar berlebihan.

Kedua, lalu lintas organik terlihat sangat rendah jika Anda cek di Ahrefs.

Ketiga, Tidak ada halaman yang terindeks mesin pencari Google.

Bagaimana jika sudah terlanjur membeli aged domain yang sudah menerima penalti dari Google? Tenang, Anda hanya perlu mengajukan permintaan pertimbangan ulang ke Google dan memberitahu Google bahwa domain tersebut sudah diperbaiki masalahnya.

Catatan: Anda tidak bisa mengkonfirmasi apakah aged domain tersebut telah terkena penalti manual sampai anda bisa memperoleh domain tersebut dan memeriksanya di Google Search Console. Akan tetapi ciri-ciri tadi yang sudah dijelaskan bisa membantu Anda untuk pencegahan mendapatkan aged domain yang sudah mendapatkan hukuman dari Google.

Nama Domain yang Tidak Sesuai

Kekurangan terakhir yang cukup krusial adalah nama domain yang tidak bisa Anda sesuaikan. Karena memang aged domain memiliki pilihan nama domain yang terbatas, sehingga kemungkinan sesuai dengan keinginan Anda sangat rendah.

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

Expired domain juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, setelah Anda mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Perbedaan aged domain dan expired domain akan lebih jelas lagi.

Kita langsung saja, berikut adalah ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan expired domain:

Kelebihan Expired Domain

Kurang lebih kami merangkum 3 kelebihan utama expired domain, berikut diantaranya:

Harga Jauh Lebih Murah

Expired domain biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang aged domain, hal itu dikarenakan expired domain memiliki umur domain yang lebih lama namun tidak selama aged domain.

Bahkan, seringkali juga ada yang menjual expired domain dengan harga yang sama dengan domain baru.

Backlink yang Berkualitas

Umumnya, expired domain ini memiliki kualitas backlink yang bagus. Dengan kelebihan ini Exabytes friends tidak perlu lagi membangun backlink dari awal dan tentu saja bisa menghemat anggaran untuk membangun backlink.

Biasanya Memiliki Pagerank Tinggi

Umumnya beberapa expired domain yang belum di reset di sistem, biasanya akan memiliki pagerank yang tinggi.

Jika dilihat dari sisi SEO-nya, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para pemilik domain, karena Google page rank adalah salah satu faktor utama yang menentukan peringkat website di mesin pencari berdasarkan hitungan algoritma yang dimiliki Google.

Kekurangan Expired Domain

Beberapa kekurangan expired domain juga perlu menjadi perhatian, apa saja kira-kira kekurangannya?

Nama Domain Terbatas

Mungkin Anda akan sulit mencari nama expired domain yang cocok, karena memang agak sulit mencari nama domain yang cocok, karena nama domain yang tersedia sangat terbatas. Jadi, apa yang tersedia belum tentu cocok dengan niche maupun bisnis Anda.

Umur Domain Di Reset

Jika dalam jangka waktu tertentu, expired domain tidak diperpanjang melebihi masa aktif sesuai ketentuannya. Maka domain tersebut akan direset umurnya, sehingga Anda tidak akan mendapatkan keuntungan SEO.

Bagaimana sudah paham bukan perbedaan aged domain expired domain berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang, muncul pertanyaan lain. Dimana tempat membeli aged domain dan expired domain? Kita lihat pada pembahasan selanjutnya!

Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

Tempat yang Tepat Mencari Aged Domain dan Expired Domain

Bagi Anda yang saat ini mungkin langsung tertarik untuk membeli salah satunya, berikut kami list beberapa website yang menyediakan aged domain dan expired domain.

  1. Domcop.com
  2. expireddomain.net
  3. HammercheadDomains.com
  4. RegisterCompass.org
  5. Moonsy.com
  6. FreshDrop.com

Selain menggunakan website, Anda juga bisa mencari aged domain maupun expired domain menggunakan aplikasi scrapebox atau Domain Hunter Gatherer.

Aged Domain dan Expired Domain, Mana yang Lebih Baik?

Setelah Anda mengetahui perbedaan aged domain dan expired domain serta masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Pilihan Anda jatuh pada jenis domain yang mana? Mungkinkah Anda lebih memilih aged domain atau justru memilih expired domain?

Jenis apapun domain yang Anda pilih, baik itu aged domain maupun expired domain. Keduanya bisa Anda gunakan untuk domain website Anda. Karena keduanya memiliki kelebihan yang sama yaitu bisa membantu Anda untuk mendapatkan pagerank tertinggi di Google.

Dari sisi harga memang, aged domain jauh lebih mahal ketimbang expired domain dan kedua jenis domain yang kita bahas ini sama-sama memiliki pilihan nama domain yang terbatas.

Jika memang yang menjadi pertimbangan Anda adalah pilihan nama domain yang bisa sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan, mungkin kami bisa menyarankan Anda beli domain murah di Exabytes Indonesia dengan pilihan nama domainnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Yuk Tentukan Nama Domain Anda Sekarang!

Itu dia perbedaan aged domain dan expired domain lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Jika aged domain dan expired domain ini masih belum menjadi pilihan Anda, Anda bisa beli domain baru dengan harga terjangkau dan pilihan nama domain yang beragam.

Memang dengan domain baru, Anda harus membangun reputasi website dari awal lagi. Akan tetapi, domain baru juga bisa meraih peringkat atas Google dan menjadi investasi domain yang berharga. Asalkan Anda bisa mengelola websitenya dengan sangat baik.

Tunggu apa lagi, yuk segera tentukan nama domain dan daftarkan nama domain Anda di Exabytes Indonesia!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments