12 Aplikasi Pihak Ketiga Google Workspace

0
2478

Sudah mulai familiar dengan Google Workspace terutama di era digital seperti sekarang ini? Kebutuhan akan bekerja atau belajar online serta penyimpanan cloud membuat semakin banyak orang memaksimalkan berbagai layanan termasuk layanan dari Google. Tapi, tahukah kamu jika ada aplikasi pihak ketiga Google Workspace yang dapat membantumu?

Sekilas tentang Google Workspace

12 Aplikasi Pihak Ketiga Google Workspace - 2024
Google Workspace membantu dalam kolaborasi tim agar lebih cepat dan mudah. (Sumber: Shutterstock)

Sebelum membahas keberadaan aplikasi Google Workspace tersebut, mari kita sedikit flashback agar tidak lupa apa itu Google Workspace. Google Workspace juga dikenal dengan sebutan Google Suite (G-suite) adalah layanan yang bisa perusahaan atau organisasi gunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Layanan tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur yang tidak lain dan tidak bukan merupakan besutan Google seperti Google Drive, Gmail, Calendar, Sheets, Docs, Google Meet, dan lain sebagainya. 

Setidaknya ada sekitar 19 fitur aplikasi Google Workspace yang akan memudahkan kolaborasi tim dalam mencapai tujuan serta merealisasikan rencana yang sudah mereka buat dengan matang.

Pada dasarnya, setiap fitur dari aplikasi Google Workspace termasuk Gmail dan Google Drive bisa pengguna nikmati secara gratis dan individu. Akan tetapi, aplikasi tersebut akan lebih terintegrasi melalui Google Workspace. Terdapat juga beberapa fitur tambahan yang akan semakin mempermudah pengguna bekerja dengan rekan kerja, tim, atau kolega.

Salah satu fitur yang bisa pengguna manfaatkan adalah fitur mention dalam aplikasi Google Workspace. Dimana apabila bisa menyebut (mention) orang lain, informasi orang tersebut akan muncul ketika kursor diarahkan ke nama tersebut.

Jika ingin menggunakan fitur lainnya, kamu bisa mulai menggunakan Google Workspace untuk perusahaan atau bisnis yang sedang kamu kembangkan dengan cara menghubungi Exabytes.

Baca juga: Cara Membuat Google Workspace Dan Menggunakannya

Alasan Menggunakan Google Workspace

12 Aplikasi Pihak Ketiga Google Workspace - 2024
Keuntungan penggunaan Google Workspace menjadi alasan semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan Google tersebut. (Sumber: pixabay)

Sebelum menghubungkan atau mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga dengan Google Workspace, sepertinya kamu tertarik untuk mengetahui apa saja keuntungan yang menjadi alasan mengapa semakin banyak orang menggunakan layanan Google ini meskipun merupakan layanan berbayar.

Ada banyak hal bisa pengguna lakukan menggunakan Google Workspace dan tidak bisa diberikan oleh layanan Google secara terpisah. Termasuk diantaranya kontrol dan fitur yang lebih banyak, dokumen dan data yang lebih aman, dan kolaborasi yang lebih efektif.

Selain itu, Google Workspace juga bisa diintegrasikan dengan CRM atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Hal tersebut memungkinkan para pengguna yang tergabung dalam tim akan bisa bekerja dengan lebih produktif dan lebih inovatif.

Biaya juga menjadi alasan lain kenapa banyak perusahaan atau bisnis yang mulai melirik dan menggunakan Google Workspace. Bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang harus perusahaan keluarkan untuk memelihara data agar tetap aman.

Namun, dengan menggunakan Google Workspace, perusahaan atau bisnis tidak perlu membayar apapun untuk kebutuhan tersebut karena Google membangun pusat data yang hemat biaya sehingga para pengguna juga bisa menikmati kelebihan tersebut. Jadi, perusahaan kamu tidak perlu lagi harus menganggarkan mesin tambahan, software, dan karyawan. Membayar paket Google Workspace sudah cukup bagi perusahaan.

Pihak Google yang akan melakukan upgrade dan perbaikan pada software. Bahkan pengguna akan tetap bisa menggunakan versi terbaru yang disediakan oleh Google. Berapapun banyaknya karyawan yang ada, kamu tetap bisa menggunakan layanan Google berupa Google Workspace.

Aplikasi Pihak Ketiga Google Workspace Untuk Membantumu

aplikasi pihak ketiga untuk Google Workspace
Aplikasi pihak ketiga Google Workspace akan terintegrasi dan membantu mempermudah dalam kolaborasi pekerjaan. (Sumber: pixabay)

Berbicara tentang Google Workspace, mungkin masih banyak orang yang belum tahu kalau ada beberapa aplikasi yang bisa mereka gunakan untuk pengalaman menggunakan Google Workspace dengan lebih maksimal. Bahkan, Google sendiri memiliki daftar rekomendasi aplikasi pihak ketiga Google Workspace, diantaranya adalah sebagai berikut:

AODocs

Pernah mendengar istilah AODocs? AODocs merupakan salah satu aplikasi atau tools yang bisa bekerja dengan Google Workspace. Aplikasi ini terintegrasi dengan Google Drive dan bekerja untuk mengontrol semua dokumen penting tersimpan secara cloud. Dengan begitu, kamu atau pengguna lain bisa dengan mudah menemukan dokumen yang dicari. 

Bahkan, aplikasi adalah satu-satunya platform layanan konten yang terintegrasi dengan Google Drive dan Google Workspace. 

Copper

Layanan Google berbayar seperti Google Workspace tentunya hadir dengan berbagai fitur dan kelebihan. Bahkan layanan tersebut terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah Copper, yaitu CRM yang didesain khusus untuk Google Workspace.

Melalui aplikasi satu ini, pengguna bisa melakukan update catatan dari Gmail secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk merekam serta menyinkronkan rapat dengan kontak serta menganalisa data langsung dari Google Spreadsheet.

Dialpad

Aplikasi pihak ketiga Google Workspace selanjutnya adalah Dialpad. Jika kamu ingin mengisi tautan rapat atau meeting secara otomatis di undangan acara, cukup hubungkan aplikasi ini dengan Google Workspace.

DocuSign

Di era digital sekarang ini, dokumen penting bisa segera ditandatangani. Jadi, setiap orang atau pihak yang terkait bisa segera menandatangani dokumen yang diperlukan dimanapun mereka berada. Jadi, kamu tidak perlu bertemu mereka secara langsung dan membawa dokumen dari satu tempat ke tempat lain. Gunakan DocuSign yang menyediakan integrasi tanda tangan elektronik dengan cepat, mudah, dan aman.

LumApps

Masih seputar aplikasi Google Workspace, kamu juga bisa mengintegrasikan dan memaksimalkan penggunaan dari LumpApps untuk memberdayakan tim agar lebih produktif serta terorganisir. Mereka juga tidak akan ketinggalan informasi melalui komunikasi yang dapat dipersonalisasi.

Mailmeteor

Mulai menggunakan Google Workspace dan semua fitur yang tersedia? Itu berarti kamu juga sudah siap untuk menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga yang dapat terintegrasi dengan layanan Google satu ini.

Aplikasi yang juga bisa kamu gunakan adalah Mailmeteor, yaitu sebuah platform email marketing yang memungkinkan para pengguna Gmail dan Google Workspace mengirimkan email dalam jumlah banyak. 

Bahkan, ada fitur-fitur terbaik dari Mailmeteor yang akan membantu pengguna untuk mengelola, menjadwalkan, dan mengotomatiskan email campaign agar terlihat lebih profesional.

Jadi, pesan yang kamu kirimkan untuk keperluan email marketing akan semakin terlihat menyakinkan sehingga penerima tertarik untuk membuka dan membaca email yang mereka terima. 

Tidak menutup kemungkinan mereka nantinya akan melakukan tindakan seperti yang bisnis atau perusahaan kamu harapkan, misalnya membeli produk atau jasa, berlangganan newsletter, mendownload ebook, dan sebagainya.

Miro

Perlu memastikan semua idea dan rencana terkumpul di satu wadah? Nah, kali ini kamu bisa menggunakan aplikasi Miro. Yaitu whiteboard online yang memungkinkan tim berkolaborasi bersama. 

Kolaborasi antara Google Workspace dengan Miro akan membantu merencanakan meeting dan kolaborasi secara visual. Dengan demikian, kerja tim tidak hanya akan lebih selaras tetapi juga lebih inovatif.

RingCentral

RingCentral adalah aplikasi yang akan mempermudah komunikasi dimana dapat terhubung dengan tim. Semuanya akan berjalan lebih mudah hanya menggunakan satu aplikasi saja. Cukup hubungkan alat ini dengan aplikasi Google Workspace, dan alur kerja akan lebih cepat dan sederhana.

Signeasy

Bisnis memang penuh tantangan namun bukan berarti kamu harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk melakukan setiap hal yang berhubungan dengannya. Sebagai contoh, untuk kebutuhan eSignature, kamu bisa menggunakan solusi yang modern dan mudah digunakan seperti Signeasy. 

Aplikasi satu ini akan sangat membantu bisnis agar dokumen dari Google Workspace bisa ditandatangani, dikirim, dan dikelola dengan mudah dengan adanya add-on Signeasy.

Supermetrics

Sebagai bagian dari tim marketer, kamu pasti harus mengumpulkan data dari beberapa platform marketing. Hal tersebut bisa kamu lakukan tanpa ribet menggunakan Supermetrics, yang sudah digunakan oleh lebih dari 750 ribu marketer di seluruh dunia. Data tersebut bisa langsung kamu masukkan ke dalam Spreadsheet, BigQuery, maupun DataStudio. 

Caranya sangat mudah yaitu dengan memilih sumber data, kemudian pilih data yang ingin kamu masukkan ke salah satu tools Google Reporting, dan refresh dengan beberapa klik saja.

Yet Another Mail Merge (YAMM)

Untuk mengirim email pribadi yang sudah kamu personalisasi ke banyak orang, YAMM akan sangat membantu. Kamu bahkan bisa menyesuaikan email dan melacak hasilnya secara real-time. Tindak lanjut dari Google Spreadsheet juga bisa kamu jadwalkan melalui YAMM.

Sheetgo

Ingin semua pekerja lebih otomatis? Gunakan Sheetgo untuk menghubungkan file pada spreadsheet dan mengintegrasikan nya dengan Google Workspace. Mengelola data menjadi lebih mudah dan tentunya kamu bisa mengerjakan pekerjaan. Sangat hemat tenaga dan sumber daya, bukan?

Kesimpulan

Dari sekian banyak aplikasi pihak ketiga Google Workspace di atas, kira-kira mana yang lebih kamu perlukan untuk menjalankan bisnis atau perusahaan? Berapapun banyaknya aplikasi yang nantinya akan kamu gunakan setelah terintegrasi dengan Google Workspace, pastikan terlebih dahulu kamu sudah memilih paket Google Workspace yang tepat. 

Exabytes menawarkan beberapa pilihan paket aplikasi Google Workspace seperti business starter, business standard, dan business plan. Masing-masing menawarkan kelebihan yang bisa kamu nikmati sembari mendapatkan semua yang kamu butuhkan dalam satu tempat.Jika masih ragu dalam menentukan pilihan yang tepat, mengapa tidak menghubungi Exabytes sekarang juga?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments