5 Fakta Menarik Domain ID Yang Harus Kamu Ketahui

0
1809

Sebagai warga negara Indonesia yang akan mengelola website di negara tersebut, tentunya kamu bisa memilih ekstensi domain country code top level domain, yaitu domain ID. Mengenai domain satu ini, tahukah kamu kalau ekstensi domain satu ini tidak hanya hadir dengan berbagai kelebihan tetapi juga fakta menarik?

Nah, fakta menarik domain ID akan kita bahas di artikel kali ini. Jadi, kamu akan semakin tahu informasi seputar domain satu ini sehingga tidak akan ragu untuk segera membeli domain tersebut untuk melengkapi nama domain website yang ingin kamu dapatkan.

Sekilas tentang Domain ID

domain id
Domain.ID merupakan ccTLD yang khusus digunakan untuk negara Indonesia. (Sumber: shutterstock)

Belum tahu apa itu domain ID meski sudah sering melihat situs web yang menggunakan ekstensi domain tersebut? Domain ID adalah ekstensi domain khusus negara Indonesia yang juga merupakan country code top level domain untuk negara Indonesia.

Bagi kamu yang menjalankan bisnis di Indonesia atau harus mengelola situs web organisasi yang berlokasi di Indonesia, domain ID bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meski domain ccTLD sendiri sudah digunakan sejak tahun 1985 di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, dan Israel, di Indonesia, ccTLD baru digunakan di tahun 1993 hingga saat ini.

PANDI mencatat sekitar 350 ribu lebih domain yang menggunakan ekstensi domain ID per akhir tahun 2019. Tentunya, ada kemungkinan jumlah tersebut semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Jenis Domain ID

Meski ada banyak pilihan domain unik, pastinya kamu punya alasan tersendiri kenapa pada akhirnya memilih domain ID. Ekstensi domain satu ini tidak sulit untuk kita jumpai di berbagai website, baik website bisnis, organisasi, institusi, pemerintahan, atau lainnya. 

Nah, berikut adalah beberapa jenis domain ID yang bisa disesuaikan dengan jenis situs web yang hendak kamu bangun:

Domain.GO.ID

Salah satu jenis domain ID yang banyak digunakan adalah domain.GO.ID. Seperti namanya, domain satu ini merupakan domain untuk situs web instansi pemerintahan di Indonesia. Berbagai level di dalam pemerintahan bisa menggunakan jenis domain ID satu ini.

Akan tetapi, domain ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. GO menunjukkan government yang artinya domain.GO.ID hanya diperuntukkan bagi situs web pemerintahan, bukan untuk masyarakat umum.

Domain.AC.ID

Jenis domain ID yang selanjutnya adalah domain.AC.ID. Nah, AC sendiri adalah singkatan dari academic. Jadi, domain ini akan menunjukkan identitas pemilik situs web yaitu perguruan tinggi.

Domain.AC.ID sudah terdaftar di beberapa kementerian yang memberikan izin pendidikan ke berbagai perguruan tinggi. Kementerian tersebut diantaranya adalah Kementerian Agama, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. dan lainnya.

Domain.OR.ID

Selanjutnya, ada domain.OR.ID yang cocok untuk organisasi, komunitas, atau yayasan yang berlokasi di Indonesia. Seperti dua jenis domain ID sebelumnya, domain ini juga tidak bisa digunakan sembarangan.

Untuk bisa menggunakannya domain tersebut, ada sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan pembuatan domain termasuk KTP dan surat kerja internal organisasi.

Jika demikian, mengapa harus menggunakan domain satu ini? Pada dasarnya domain ID menawarkan berbagai kelebihan. Yuk baca artikel satu ini agar tahu kelebihan domain ID bagi para penggunanya.

Domain.SCH.ID

Sch pada domain.SCH.ID memberitahukan kalau situs web merupakan milik sekolah di Indonesia. Selain untuk sekolah formal, domain ini juga dapat digunakan oleh lembaga pendidikan non formal apabila memenuhi persyaratan. 

Misalnya lembaga pendidikan non formal yang sudah disahkan oleh SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Ada sejumlah alasan memilih domain ID yang bisa kamu cari tahu melalui artikel ini.

Domain.CO.ID

Jenis lain dari domain ID adalah domain.CO.ID. Dibandingkan beberapa domain sebelumnya, jenis satu ini adalah yang sering ditemukan, bukan?

Bisnis dan perusahaan yang beroperasi di Indonesia banyak yang menggunakan domain.CO.ID. Tentunya, perusahaan tersebut harus yang memiliki legalitas hukum baik PT, CV, firma hukum, atau lainnya. Adapun beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendaftarkan domain ini adalah KTP, surat izin perdagangan, kepemilikan merek, dan lainnya.

Merasa berbagai pilihan domain yang tersedia belum cocok untuk bisnis online yang kamu jalankan? Mungkin kamu bisa memilih domain premium.

Untuk mengetahui apa itu domain premium, silahkan baca informasinya di artikel ini ya.

Fakta Menarik Domain ID

Fakta menarik domain id
Domain.ID memungkinkan pengunjung mengakses website dengan mudah karena lokasi DNS yang berada di Indonesia. (Sumber: shutterstock)

Berbicara tentang domain ID, apakah kamu sudah tahu beberapa fakta menarik domain ID? Seperti yang kita tahu kalau domain ini merupakan domain yang digunakan khusus untuk negara Indonesia yang merupakan country code top level domain atau ccTLD.

Berikut adalah fakta yang harus kamu ketahui tentang domain ID bahkan sebelum memilih ekstensi domain tersebut:

Aman dan Nyaman

Fakta menarik domain ID yang pertama adalah pengguna domain ini bisa merasa aman dan nyaman. Ekstensi domain ID tidak bisa didapatkan begitu saja karena adanya sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin mendaftarkan domain tersebut.

Sebagai pengelola nama domain Indonesia, PANDI mengambil langkah yang tepat guna menjamin keamanan serta kenyamanan para pengguna. Dengan begitu, penyalahgunaan domain website bisa diminimalisir. Domain ID tidak dapat digunakan untuk situs web yang melanggar hukum di Indonesia termasuk judi, pornografi, serta penipuan.

Itu artinya, pengguna internet bisa merasa lebih aman dan nyaman tanpa khawatir akan menjadi korban kejahatan cyber.

Kenali berbagai jenis cyber crime agar bisa lebih berhati-hati dalam mengakses situs web dan berbelanja online.

Ramah SEO (SEO Friendly)

Website dan SEO sepertinya akan sulit dipisahkan. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan upaya mengoptimasi situs web agar bisa muncul di hasil pencarian teratas mesin pencari Google.

Bagi kamu yang sedang menjalankan teknik SEO yang sesuai dengan algoritma Google, menggunakan domain ID akan sangat membantu. Domain ID merupakan salah satu ekstensi domain yang dikenal SEO-friendly atau ramah SEO. 

Mesin pencari seperti Google akan mendeteksi situs web yang menggunakan ccTLD yang relevan dengan keyword terkait sesuatu yang populer di Indonesia. Hal tersebut akan membantu pemilik situs web untuk berfokus pada wilayah Indonesia.

Dengan kata lain, kompetisi hanya akan menargetkan keyword di Indonesia saja. Berbeda halnya dengan domain.COM yang fokusnya lebih luas yaitu seluruh dunia. Artinya, persaingan untuk bisa berada di posisi ranking teratas juga akan lebih tinggi.

Untuk kamu yang tertarik menggunakan domain ID maupun domain.COM, jangan ragu untuk menghubungi Exabytes sekarang juga.

Ketersediaan Nama Domain

Masih seputar fakta menarik domain ID, rasanya sudah menjadi rahasia umum kalau domain satu ini menyediakan nama domain yang melimpah. Jadi, kamu memiliki peluang yang tinggi untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan. 

Agar semakin yakin bahwa domain yang akan kamu pilih masih tersedia, cek domain terlebih dahulu ya.

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan domain yang tepat dengan harga domain yang bersahabat.

Website Lebih Cepat Diakses

Selanjutnya, fakta menarik domain ID satu ini pastinya sekaligus menjadi kabar baik bagi mereka yang hendak menggunakan domain ID.

Dengan menggunakan domain ID, website yang kamu kelola bisa diakses dengan lebih cepat. Jadi pengunjung situs web tidak perlu merasakan website loading yang akan sangat menyebalkan.

Situs web yang bisa diakses dengan cepat cenderung menjadi pilihan pengguna internet karena bisa membawa mereka pada laman yang sedang dicari atau dibutuhkan. Kecepatan situs web dengan domain ID berkat server DNS yang berada di Indonesia yang dikelola oleh PANDI.

Penggunaan bandwidth yang lebih hemat membuat waktu loading yang cepat dalam mengakses situs web. Sehingga website akan bisa diakses dengan lancar setiap waktu.

Mampu Meningkatkan Kredibilitas Website

Ingin membuat situs web tampak kredibel di mata para pengguna internet? Jika demikian, kamu cukup menggunakan domain ID. Fakta menarik domain ID yang mungkin masih belum banyak orang ketahui adalah bahwa domain tersebut dapat meningkatkan kredibilitas situs web.

Domain ID bisa digunakan apabila pembeli domain dapat memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran domain. Oleh sebab itu, kemungkinan pemilik website melakukan penipuan juga tergolong kecil. 

Jadi, situs web bisnis online akan lebih kredibel dibandingkan menggunakan ekstensi domain yang bisa didapatkan dengan mudah tanpa syarat apapun.

Dimana Bisa Membeli Domain .ID?

Meski sudah populer di berbagai kalangan masyarakat, bukan berarti semua orang tahu bagaimana bisa mendapatkan domain .ID. Setelah mengetahui fakta menarik domain ID, kamu mungkin semakin yakin untuk menggunakan domain tersebut. 

Sudah siap tampil kredibel dan berjajar di hasil pencarian Google teratas? Jangan ragu untuk memilih domain .ID dengan menghubungi Exabytes.

Exabytes menyediakan domain .ID dan berbagai pilihan domain murah. Jadi, pelanggan bisa sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments