10 Keyword Tools Gratis Terbaik Untuk Riset Keyword [Terbaru]

0
2953

Tak dapat dipungkiri lagi jika tingkat penetrasi internet yang meningkat semenjak pandemi, membuat semakin banyak orang melakukan aktivitas secara daring. Hal tersebut juga menyebabkan tingkat persaingan digital content semakin ketat karena banyak brand atau perusahaan yang berusaha menarik konsumen dengan menerbitkan konten atau artikel melalui website. 

Agar konten dan situs kita dapat bersaing di era digital seperti sekarang, maka diperlukan beberapa strategi jitu seperti menggunakan website cek plagiarisme agar konten yang dibuat otentik dan orisinil, menemukan cara agar postingan blog tidak bisa di-copy sehingga tidak ada yang melakukan plagiasi, hingga menggunakan keyword tools kompeten untuk melakukan riset kata kunci.

Nah, khusus pada artikel kali ini akan membahas rekomendasi keyword tools gratis yang dapat dimanfaatkan Exabytes Friends dalam melakukan analisis keyword. Yuk, simak selengkapnya!

Rekomendasi Keyword Tool Terbaik dan Gratis

Keyword tools dapat digunakan sebagai sumber informasi dalam menentukan kata kunci terbaik bagi konten. (sumber: ShutterStock)
Keyword tools dapat digunakan sebagai sumber informasi dalam menentukan kata kunci terbaik bagi konten. (sumber: ShutterStock)

Nah, kali ini kita telah masuk pada topik utama dari artikel berikut, yaitu membahas mengenai beberapa rekomendasi keyword tools untuk SEO pilihan dari Exabytes. Sudah tidak sabar apa saja rekomendasinya? Yuk, simak terus artikel ini!

Keywordkeg

Rekomendasi keyword tools: Keyword Keg

Keywordkeg merupakan keyword tools untuk kebutuhan SEO yang cukup populer saat ini. Keywordkeg tidak hanya dapat digunakan untuk riset kata kunci Google, tetapi bisa juga untuk beberapa mesin pencari lainnya seperti Ask, Bing, DuckDuckGo, Wikipedia, eBay, Alibaba, YouTube, dan Amazon.

Fitur utama dari Keywordkeg yaitu menganalisis traffic dari sebuah keyword termasuk topik populer atau niche blog yang sedang banyak diperbincangkan. 

Cara penggunaan dari Keywordkeg pun terbilang cukup mudah. Exabytes Friends hanya perlu memasukkan kata kunci yang ingin dicek volume dan trendnya, lalu memasukkan pula asal negara dan situs yang ingin dicek. Seperti contoh yang disajikan di bawah ini, sebagai contoh kita dapat memilih “YouTube” sebagai situs yang ingin dicek kata kuncinya.

Rekomendasi keyword tools: Keywordkeg

Nah untuk pilihan countries, karena Indonesia masih belum termasuk ke dalam negara yang di-cover oleh Keywordkeg, maka kalian dapat memasukkan “global” sebagai gantinya. 

Untuk biaya, keywordkeg menawarkan daftar harga bagi empat kelompok pengguna yang berbeda, yaitu SEO Freelancer ($38 per bulan), SEO Consultant ($76 per bulan), SEO Expert ($194 per bulan), dan SEO Agency ($762 per bulan).

Ahrefs

Rekomendasi keyword tools: Ahrefs

Bagi Exabytes Friends yang bekerja di bidang digital marketing atau pemasaran, mungkin sudah tak asing lagi dengan keyword tools satu ini. Ahrefs adalah tools untuk riset kata kunci yang telah menjadi sahabat bagi para optimizer profesional di seluruh dunia.

Alasan mengapa tools SEO satu ini begitu populer karena menyediakan fitur dan layanan yang sangat lengkap, mulai dari link building, riset keyword, analisis situs kompetitor, trend dan volume keyword, analisis backlink, CPC, CPS, ranking, parent topic, dan lainnya. 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Ahrefs sebagai platform generator kata kunci adalah mampu menyajikan volume kata kunci dari 171 negara di seluruh dunia.

Ahrefs memiliki beberapa fitur yang dikelompokkan sesuai dengan spesialisasinya. Fitur-fitur tersebut yaitu Site Explorer, Content Explorer, Keyword Explorer, Rank Tracker, dan Site Audit. Nah, bagi Exabytes Friends yang ingin melakukan riset untuk keyword Google, maka dapat menggunakan fitur “Keyword Explorer” pada Ahrefs.

Rekomendasi keyword tools: Ahrefs

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu masuk ke bagian “Keyword Explorer” pada menu “Tools”, lalu memilih situs “Google” dan memasukkan kata kunci yang ingin dianalisis. Hasil analisis dari kata kunci tersebut (seperti trend dan volume) dapat diekspor ke dalam format CSV atau TXT. 

Selain menyediakan analisis terhadap traffic sebuah keyword, ternyata Ahrefs juga menyajikan rekomendasi keyword target pada menu “Phrase Match”. Sebagai contoh, kalian memasukkan kata kunci “beasiswa” di Keyword Explorer. 

Lalu Ahrefs merekomendasikan penggunaan keyword target berupa “beasiswa LPDP”, “beasiswa Chevening”, dan “daftar beasiswa 2022” sebagai pilihan yang dapat digunakan agar konten kalian memperoleh engagement yang lebih tinggi. Dengan mengetahui keyword target melalui Ahrefs adalah salah satu cara membuat artikel menarik yang dapat diterapkan oleh Exabytes Friends. 

TubeBuddy

Rekomendasi keyword tools: TubeBuddy

TubeBuddy merupakan jenis keyword tools khusus untuk YouTube yang dapat di-install melalui ekstensi Google Chrome. Beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh TubeBuddy yaitu: 

  Tag Explorer: yaitu fitur untuk memudahkan para content creator dalam mengetahui hashtag terbaik untuk konten YouTube mereka.

  Data Insight: yaitu fitur untuk membantu dalam membaca data yang diperlukan guna menganalisis video YouTube, seperti data views, share, dan lainnya.

  Video Topic Planner: yaitu fitur untuk membantu dalam memilih topik populer dan trending agar video YouTube yang dibuat dapat menduduki posisi teratas hasil pencarian.

  Best Time to Publish: yaitu salah satu fitur unik untuk menyajikan peak hour atau waktu terbaik dalam mengunggah video sesuai dengan topik yang dibahas.

  Competitor Ranking: menyajikan hasil analisis mengenai kanal YouTube dan video yang diproduksi oleh kompetitor.

Cara riset keyword pada TubeBuddy pun tergolong sangat mudah. Setelah berhasil meng-install TubeBuddy melalui ekstensi Chrome, maka selanjutnya kalian dapat login pada tools tersebut. Setelah itu kalian hanya perlu membuka situs YouTube dan menggunakan TubeBuddy (masuk ke menu Keyword Explorer) untuk memeriksa berbagai kata kunci relevan yang ingin kalian analisis.

Untuk contoh penggunaan dari TubeBuddy, Exabytes Friends dapat menyimak gambar di bawah ini:

Rekomendasi keyword tools: Tubebuddy

Google Search

Membahas mengenai keyword tools gratis tentu tak afdhol apabila melewatkan Google Search. Google Search sebagai sebuah mesin pencari besutan perusahaan teknologi raksasa (Google) telah memiliki pengguna yang sangat masif sekali. Itulah mengapa tools ini dapat digunakan pula untuk menganalisis kata kunci yang paling sering dimasukkan oleh pengunjung Google.

Cara menganalisis keyword melalui Google Search pun sangat mudah. Exabytes Friends tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dicari lalu melihat beberapa kata kunci turunan yang muncul dalam dropdown sebagai rekomendasi dengan volume pencarian terbanyak.

Rekomendasi keyword tools: Google search

Sebagai contoh, Exabytes Friends memasukkan kata kunci “layanan SEO” di Google Search. Maka akan muncul beberapa long tail keyword pada dropdown. Long tail keyword yang muncul tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk dimasukkan pada konten yang kalian buat. Karena kata kunci tersebut yang paling banyak dicari dan sedang dibutuhkan oleh para pengguna Google. 

Google Trends

Rekomendasi keyword tools: Google Trends

Sekali lagi disajikan keyword tools besutan Google yang sangat populer yaitu Google Trends. Memiliki fitur “filter period” sehingga Google Trends dapat membantu kalian dalam melakukan riset keyword yang sedang trend dalam periode waktu tertentu.

Akses data yang dimiliki oleh Google Trends pun sangat melimpah ruah karena berasal dari hasil pencarian real time pada Google. Keunggulan utama yang menjadi salah satu faktor banyak content creator yang menggunakannya adalah karena tersedia secara full gratis dan tidak memerlukan proses instalasi terlebih dahulu.

Rekomendasi keyword tools: Google Trends

User interface yang dimiliki oleh Google Trends pun sangat mudah dipahami bahkan bagi orang yang baru memulai belajar SEO sekalipun. Berikut dijabarkan beberapa keunggulan lainnya dari Google trends:

  Dilengkapi dengan fitur filter sesuai wilayah negara.

  Menyajikan daftar topik yang sedang trend dan banyak diperbincangkan.

  Dapat menyajikan perbandingan volume untuk beberapa keyword sekaligus.

  Menampilkan data kata kunci dari Google Search, Google Images, YouTube, Google News, Google Scholar, dan Google Shopping.

  Memberikan rekomendasi keyword yang relevan dengan topik atau niche.

Dengan menggunakan Google Trends, maka dipastikan konten yang kalian buat akan memiliki kata kunci yang timeless dan trending sehingga dapat terhindar dari kesalahan SEO yang kerap terjadi.

Keywordtool.io

Rekomendasi keyword tools: Keywordtool.io

“Keywordtool”, dari namanya pun sudah memberikan gambaran jelas mengenai fungsi dari tools satu ini. Keywordtool.io merupakan sebuah aplikasi untuk riset ide kata kunci agar sesuai dengan isi konten dan topik yang paling banyak dicari.

Tidak hanya menyediakan fasilitas analisis keyword untuk Google saja, tetapi tersedia pula platform lain seperti YouTube, Bing, Amazon, Play Store, eBay, Instagram, dan Twitter. Sangat lengkap sekali, bukan?

Keywrodtool.io pun telah membuktikan pamornya melalui jajaran brand ternama yang telah menggunakan layanannya, seperti Uber, Harvard University, Philips, dan lainnya.

Berbagai fitur utama dan andalan yang dimiliki oleh keywordtool.io yaitu volume pencarian, rekomendasi keyword, filter lokasi, CPC, trend keyword, analisis kompetitor, format konten yang beragam (gambar, video, news, website), dan ranking.

Rekomendasi keyword tools: keywordtool.io

Untuk dapat melihat hasil analisis keyword secara lengkap hingga 750+ rekomendasi, maka Exabytes diharuskan untuk berlangganan dengan biaya mulai dari $69 per bulan. 

Google Search Console

Rekomendasi keyword tools: Google Search Console

Mencari keyword tools gratis lainnya untuk riset kata kunci? Maka Google Search Console adalah jawaban yang sempurna. Google memang tidak pernah ada habisnya dalam memanjakan para penggunanya dengan tools gratis namun sangat bermanfaat.

Google Search Console (GSC) dapat membantu dalam memantau laporan performa kata kunci untuk konten-konten website kalian. Bahkan GSC pun dapat diintegrasikan dengan mudah pada WordPress untuk kebutuhan riset kata kunci.

Rekomendasi keyword tools: Google Search Console

Beberapa data yang dapat ditampilkan oleh GSC yaitu jumlah klik, impresi, CTR, dan posisi rata-rata situs pada hasil pencarian Google. Selain itu, GSC juga memiliki fitur filter untuk membatasi pencarian berdasarkan bentuk pencarian (pages atau queries), devices, countries, periode waktu, dan tipe pencarian Google (Google Discover, Google News, atau Google Search).

Ubersuggest

Rekomendasi keyword tools: Ubersuggest

Sama seperti TubeBuddy, Ubersuggest adalah keyword tools untuk riset kata kunci SEO yang dapat di-install melalui ekstensi Google Chrome. Data-data berkaitan dengan SEO yang dapat ditampilkan oleh Ubersuggest meliputi search volume, SEO difficulty, paid difficulty, CPC, jumlah klik keyword, trend keyword dalam satu tahun, jumlah backlink, share, hingga estimasi kunjungan pada konten.

Ubersuggest dilengkapi dengan empat fitur utama yaitu keyword analyzer (menyajikan informasi tentang volume pencarian keyword), competitive analysis (menampilkan perbandingan kata kunci dengan website kompetitor), serta SEO explorer (menyajikan informasi seputar tingkat kompetisi dan klik dari keyword hasil SEO), dan keyword ideas (menampilkan daftar kata kunci rekomendasi yang relevan dengan kata kunci yang banyak dicari pengguna Google).

Rekomendasi keyword tools: Ubersuggest

Dalam contoh penggunaan Ubersuggest yang ditampilkan di atas, setelah melakukan instalasi melalui ekstensi Chrome, Exabytes Friends dapat mulai menggunakannya dengan membuka Google Search. Selanjutnya masukkan kata kunci yang ingin dianalisis, lalu klik “View All” yang berada pada sebelah kanan search bar untuk menampilkan hasil analisis dari Ubersuggest. 

Ubersuggest tersedia dalam versi gratis (memiliki beberapa batasan dalam penggunaan fitur) dan versi berbayar dengan harga mulai dari $12 hingga $40 per bulan.

Wordtracker

Rekomendasi keyword tools: Wordtracker

Wordtracker adalah salah satu keyword tools andalan untuk melakukan riset SEO timeless keywords. Informasi mengenai kata kunci yang dapat ditampilkan pada Wordtracker meliputi volume pencarian, tingkat kompetisi kata kunci dibanding kompetitor, dan tren pencarian dalam kurun waktu tertentu.

Selain andal digunakan untuk kebutuhan riset keyword SEO, ternyata Wordtracker juga dapat melakukan analisis untuk keperluan keyword bisnis, seperti Google Ads dan PPC. Versi gratis dari Wordtracker dapat Exabytes Friends nikmati untuk melakukan analisis terhadap 10 kata kunci dengan Batasan 50 keyword relevan yang ditampilkan. 

Apabila ingin menampilkan lebih banyak, maka diharuskan berlangganan dengan biaya mulai dari $27 hingga $99 per bulan.

KWFinder

Rekomendasi keyword tools: KWFinder

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 oleh Mangools, KWFinder terus berkembang hingga menjadi primadona bagi para digital marketers yang ingin mencari keyword tools dengan tingkat akurasi sangat tinggi. 

Fungsi utama yang dapat dijangkau oleh KWFinder yaitu melakukan riset keyword dan menampilkan volume pencariannya melalui grafik statistik historis, menampilkan kata kunci relevan yang digunakan oleh kompetitor, menyajikan analisis SERP, memberikan informasi mengenai kata kunci lokal, dan memberikan rekomendasi kata kunci potensial dengan total pencarian terbesar di Google.

Sedangkan data terkait keyword yang dapat ditampilkan oleh KWFinder meliputi trend, volume, CPC, PPC, Keyword Difficulty (tingkat kesulitan kata kunci dalam menembus peringkat atas SERP), rata-rata jumlah pencarian yang dihasilkan per bulan, backlink, hingga jumlah share ke media sosial.

Rekomendasi keyword tools: KWFinder

Dalam contoh di atas, kata kunci yang coba dimasukkan untuk dilakukan analisis oleh KWFinder adalah “hosting Indonesia” dengan filter hasil pencarian hanya pada Indonesia. Hasil riset yang ditampilkan oleh KWFinder berupa tabel rekomendasi keyword yang relevan dan SERP Overview. 

Dalam upaya meningkatkan user experience dan user engagement, KWFinder menyajikan dua opsi penggunaan, yaitu gratis (versi trial 10 hari) dan berbayar (dengan harga mulai dari $29 per bulan). Namun untuk dapat menggunakan versi gratis dari KWFinder, Exabytes Friends perlu membuat akun terlebih dahulu.

Kesimpulan

Penggunaan keyword tools akan mempermudah Exabytes Friends dalam menerbitkan konten yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kebanyakan pengguna internet saat ini. Informasi mengenai volume pencarian hingga analisis kompetitor dapat diketahui dengan mudah dan cepat melalui keyword tools.

Pada artikel kali ini telah disajikan 10 keyword tools gratis untuk rekomendasi kalian dalam menentukan pilihan. Beberapa keyword tools tersebut adalah Keywordkeg, Ahrefs, TubeBuddy, Google Search, Google Trends, Google Search Console, Keywordtool.io, Ubersuggest, Wordtracker, dan KWFinder. 

Apabila Exabytes Friends sedang mencari keyword tools dengan fitur memadai dan tersedia secara full gratis, maka dapat mencoba Google Search, Google Trends, dan Google Search Console. Namun jika sebaliknya, kalian memerlukan tools dengan versi premium dan tidak mempermasalahkan tentang biaya yang ditawarkan, maka Keywordkeg, Ahrefs, Keywordtool.io, Ubersuggest, Wordtracker, dan KWFinder adalah pilihan yang sempurna. 

Khusus bagi Exabytes Friends yang menginginkan keyword tools untuk riset kata kunci YouTube, maka TubeBuddy sangat direkomendasikan karena sangat lengkap dan mudah digunakan. 

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rekomendasi keyword tools gratis untuk SEO. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan Google Ads Indonesia juga menyediakan jasa SEO website, loh! 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments