Cara Memasang Google Analytics di WordPress [Terlengkap]

351
Cara Memasang Google Analytics di Wordpress
12 min read

Jika Anda ingin sukses dalam mengelola website, maka Anda harus mengetahui cara memasang Google Analytics di WordPress. Karena salah satu fungsi dari Google Analytics adalah untuk memahami pengunjung website.

Dengan Google Analytics, Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan pengunjung dari website dan Anda bisa mengetahuinya dengan menggunakan analisis dari Google Analytics. Google Analytics merupakan salah satu software web yang gratis.

Fungsi utamanya adalah untuk melacak, melihat sumber pengunjung website dan masih banyak fungsi lainnya. Jika Anda dapat mengetahui statistik website, maka Anda dapat dengan mudah merencanakan dan menyusun content marketing yang sesuai untuk para pengunjung.

Pada artikel ini akan membahas tentang cara memasang Google Analytics di WordPress, langkah-langkahnya dimulai dari cara mendaftar sampai menambahkannya ke website WordPress.

Tapi, sebelum membahas hal teknikal tentang cara memasang Google Analytics di WordPress, sebaiknya kita mengenal lebih dalam tentang apa itu Google Analytics serta manfaat yang ada di dalamnya.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan salah satu layanan analisis web yang menyediakan statistik dan alat analisis dasar untuk pengoptimalan search engine. Layanan Google Analytics merupakan bagian dari Google Marketing Platform dan tersedia secara gratis.

Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk keperluan melacak kinerja website dan mengumpulkan informasi dari pengunjung website. Hal ini bisa membantu Anda dalam menentukan sumber traffic, mengukur keberhasilan, dan melakukan kampanye yang tertarget.

Tidak hanya itu saja, beberapa kelebihan Google Analytics lainnya yang dapat menguntungkan penggunanya adalah seperti dapat  melacak pencapaian sesuai target misal pembelian dan conversion rate, menemukan pola serta tren yang sedang terjadi, memperoleh informasi berupa demografi pengunjung website, aktivitas dan perilaku pengunjung, dan lainnya.

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, pengelola website dapat menggunakannya dalam meningkatkan traffic dan mempertahankan pengunjung, serta menambah pengunjung website lain yang memiliki potensi yang sama.

Cara Kerja Google Analytics

Sebenarnya memahami cara kerja Google Analytics itu sangat mudah yaitu ketika seorang pengunjung mencari informasi di mesin pencari seperti Google dengan menggunakan kata kunci tertentu, maka pengunjung tersebut akan diarahkan ke website yang direkomendasikan mesin pencari.

Nah dari sanalah Google Analytics akan mengumpulkan data pengunjung selama berada di website Anda nantinya. Setelah pengunjung website Anda keluar dan tidak berada di website Anda lagi, maka data tersebut akan dikirimkan ke server Google.

Data yang dikirimkan itu yang nantinya akan masuk ke sistem dashboard Google Analytics dan Anda bisa memanfaatkan data tersebut dengan sebaik-baiknya. Selama pengunjung website berada di website Anda, maka Google Analytics bisa menangkap data tentang aktivitas yang dilakukannya di website tersebut.

Manfaat Google Analytics

Google Analytics dapat membantu Anda dalam membangun SEO yang baik, karena Google Analytics dapat melacak kinerja konten di situs Anda dan mengukur traffic dari kata kunci tertentu. Sehingga Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk membangun rencana marketing di sekitar kata kunci yang paling menguntungkan.

Agar lebih jelas lagi, berikut adalah manfaat ketika Anda memasang Google Analytics di website Anda untuk meningkatkan kinerja website menjadi jauh lebih baik lagi.

Membantu Mengoptimalkan Peringkat Website

Anda perlu mempelajari strategi SEO untuk meningkatkan peringkat situs website, salah satu strategi SEO adalah menggunakan kata kunci yang relevan di setiap postingan konten di website Anda.

Namun tidak hanya kata kunci saja yang penting, melainkan ada beberapa langkah lain yang perlu Anda ambil untuk mengoptimalkan keberadaan website Anda di mesin pencari.Beberapa di antaranya adalah mengenali kesalahan SEO dan karakteristik website user friendly terhadap pengguna berdasarkan statistik halaman dan postingan di website Anda melalui Google Analytics.

Tools tersebut dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi kata kunci yang tepat dan meningkatkan visibilitas situs website Anda. Karena penggunaan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan traffic dan konversi di website Anda.

Mendapatkan Informasi Calon Pelanggan

Jika website Anda adalah website untuk berjualan, dengan menggunakan Google Analytics dan mengaktifkan lokasi geografis didalamnya akan sangat membantu dalam meningkatkan bisnis, karena memungkinkan Anda mendapatkan informasi yang sesuai tentang calon pelanggan Anda.

Google Analytics juga dapat membantu Anda dalam merancang strategi pemasaran yang dikhususkan untuk lokasi dan sasaran bisnis tertentu berdasarkan data wilayah geografis. Hal ini juga akan memungkinkan Anda menentukan potensi pertumbuhan bisnis di wilayah tertentu.

Membuat Segmentasi Pengunjung dengan Lebih Efektif

Anda juga bisa memantau jumlah pengunjung yang mengarah ke website dan selanjutnya pengunjung tersebut dapat dikategorikan berdasarkan lokasi, frekuensi kunjungan, dan jalur traffic.

Dengan adanya segmentasi, dapat membantu Anda belajar banyak hal tentang pengguna atau pengunjung web Anda. Anda juga bisa menargetkan mereka secara efektif dan menambahkan lebih banyak nilai dan personalisasi ke kampanye marketing online dengan menggunakan data lalu lintas yang tersegmentasi.

Tetapkan dan Pantau Tujuan Marketing

Setelah Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang pelanggan/pengunjung potensial Anda, maka Anda sudah bisa menetapkan tujuan Anda. Google Analytics hadir dengan fitur pengaturan sasaran yang dapat membantu meningkatkan bisnis.

Bahkan, Anda juga dapat menetapkan nilai untuk setiap tindakan tertentu dan mengukur kelayakannya dengan menggunakan tools Google Analytics.

Visualisasi Data

Google Analytics memungkinkan Anda untuk memahami data yang telah dikumpulkan dengan mengkonversinya menjadi bentuk visual data seperti grafik, bagan, dan spreadsheet yang lebih mudah dibaca dan menarik.

Penyuguhan data yang dihasilkan Google Analytics berupa visual ini dapat membantu Anda dalam mengukur dan memahami kinerja website secara efektif.

Menemukan Platform yang Tepat untuk Bisnis

Google Analytics memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi platform yang tepat untuk menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis. Anda juga bisa menemukan platform media sosial mana yang lebih aktif dan menarik minat audiens.

Google Analytics adalah tools yang sangat berguna dalam meningkatkan kinerja website bisnis Anda secara online. Jika Anda dapat menggunakannya dengan benar, maka Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan, meningkatkan visibilitas online, dan mengejar kompetitor Anda.

Maka dari itu sangat penting untuk memasang Google Analytics di website Anda dan gunakan dengan sebaik-baiknya. Simak juga beberapa alasan lainnya mengapa website membutuhkan Google Analytics.

Lalu, bagaimana cara memasang Google Analytics di WordPress? Yuk ikuti pembahasan selanjutnya tentang cara memasang Google Analytics di WordPress berikut ini.

Memasang Google Analytics dengan Mudah di WordPress

Sebelum menerapkan cara memasang Google Analytics di WordPress, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda bisa mengakses halaman dashboard admin WordPress. Jika sudah, maka Anda sudah bisa mengikuti langkah-langkah cara memasang Google Analytics di WordPress di bawah ini.

Membuat Akun Google Analytics

Langkah pertama adalah membuat akun Google Analytics dan mendapatkan Google Analytics script yang nantinya akan dipasang di dashboard admin WordPress, berikut adalah langkah-langkah cara membuat akun Google Analytics.

Langkah 1: Masuk ke halaman utama Google Marketing Platform.

cara memasang google analytics di wordpress. Langkah 1: Masuk ke halaman utama Google Marketing Platform.

Langkah 2: Klik tombol Sign In to Analytics yang posisinya berada di bagian atas halaman.

Klik tombol Sign In to Analytics yang posisinya berada di bagian atas halaman.

Langkah 3: Login dengan menggunakan akun Google Anda.

Login dengan menggunakan akun Google Anda.

Langkah 4: Setelah login Anda akan diarahkan ke halaman Google Analytics.

Setelah login Anda akan diarahkan ke halaman Google Analytics.

Langkah 5: Klik tombol Mulai Mengukur.

 Klik tombol Mulai Mengukur.

Langkah 6: Masukkan nama akun yang Anda kehendaki dan klik tombol berikutnya.

Masukkan nama akun yang Anda kehendaki dan klik tombol berikutnya.
Tambahkan nama akun
Klik tombol berikutnya
Klik tombol berikutnya

Langkah 7: Buat nama properti dan ubah zona waktu serta mata uang yang digunakan dan klik tombol berikutnya.

Buat nama properti dan ubah zona waktu serta mata uang yang digunakan dan klik tombol berikutnya.

Langkah 8: Isikan informasi bisnis sesuai dengan keadaan bisnis Anda, setelah selesai diisi klik tombol buat.

Isikan informasi bisnis sesuai dengan keadaan bisnis Anda, setelah selesai diisi klik tombol buat.

Langkah 9: Anda akan diminta untuk menyetujui Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics, ceklis pada Saya juga menyetujui Persyaratan Pemrosesan Data sebagaimana diwajibkan oleh GDPR. Pelajari lebih lanjut dan klik Saya Setuju.

Anda akan diminta untuk menyetujui Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics, ceklis pada Saya juga menyetujui Persyaratan Pemrosesan Data sebagaimana diwajibkan oleh GDPR. Pelajari lebih lanjut dan klik Saya Setuju.

Langkah 10: Anda sudah berhasil membuat akun Google Analytics dan sekarang Anda akan diminta untuk memilih platform mana yang akan dipasang Google Analytics nantinya. Dalam hal ini kami memilih platform website.

Anda sudah berhasil membuat akun Google Analytics dan sekarang Anda akan diminta untuk memilih platform mana yang akan dipasang Google Analytics nantinya. Dalam hal ini kami memilih platform website.

Langkah 11: Pada popup berikutnya Anda akan diminta memasukan informasi URL situs dan nama aliran datanya, lalu klik tombol Buat Aliran Data.

Pada popup berikutnya Anda akan diminta memasukan informasi URL situs dan nama aliran datanya, lalu klik tombol Buat Aliran Data.

Selamat Anda telah berhasil membuat akun Google Analytics dan pada halaman selanjutnya Anda akan disuguhkan informasi detail tentang aliran data website Anda yang sebelumnya telah dibuat, lengkap dengan ID Pengukuran.

Selamat Anda telah berhasil membuat akun Google Analytics dan pada halaman selanjutnya Anda akan disuguhkan informasi detail tentang aliran data website Anda yang sebelumnya telah dibuat, lengkap dengan ID Pengukuran.

Sekarang saatnya menerapkan cara memasang Google Analytics di WordPress setelah berhasil membuat akun Google Analytics.

Mendapatkan Google Analytics Script

Setelah berhasil membuat akun Google Analytics, saatnya ke langkah cara memasangkan Google Analytics di WordPress berikutnya yaitu mendapatkan Google Analytics script untuk ditambahkan ke WordPress Anda.

Langkah 1: Klik menu Aliran Data.

Klik menu Aliran Data.

Langkah 2: Klik salah satu aliran data, disini kami klik aliran data yang sebelumnya telah dibuat.

Langkah 2: Klik salah satu aliran data, disini kami klik aliran data yang sebelumnya telah dibuat.

Langkah 3: Scroll dan cari Tag Situs Global, lalu klik Tag Situs Global tersebut untuk mendapatkan Google Analytics script.

Langkah 3: Scroll dan cari Tag Situs Global, lalu klik Tag Situs Global tersebut untuk mendapatkan Google Analytics script.
tag situs global
script google analytics
script google analytics

Copy Google Analytics script tersebut dan tambahkan ke website WordPress Anda.

Tambahkan Google Analytics Script ke WordPress

Langkah berikutnya untuk cara memasang Google Analytics di WordPress adalah menambahkan Google Analytics script ke WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Login ke Control Panel hosting WordPress Anda, dalam demo ini kami menggunakan Plesk Control Panel.

Langkah 2: Karena kami menggunakan template dari Divi, jadi kami akan membuka folder template Divi. Lokasinya di httpdocs > wp-content > themes, setiap control panel mungkin akan berbeda.

Lokasinya di httpdocs > wp-content > themes, setiap control panel mungkin akan berbeda.

Catatan: Anda bisa menyesuaikan dengan template yang Anda gunakan.

Langkah 3: Buka header.php.

Buka header.php.
header.php
header.php setelah dibuka
header.php setelah dibuka

Langkah 4: Tambahkan Google Analytics script tepat sebelum tag </head> dan klik tombol Save.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress [Terlengkap] - 2022

Selesai, Anda telah berhasil menerapkan langkah-langkah cara memasang Google Analytics di WordPress dengan baik dan benar. Hasil datanya akan Anda liat perubahannya setelah 24 jam atau beberapa hari kedepan. Silakan cek secara berkala, ya!

Kesimpulan

Google Analytics menawarkan banyak manfaat terutama untuk menganalisis statistik website, sehingga Anda dapat dimudahkan dalam membuat konten yang relevan untuk pengunjung website Anda.

Google Analytics bisa dibilang tools wajib untuk para webmaster atau pemilik website, terutama bagi Anda yang telah mengetahui cara membuat website pada artikel sebelumnya. Saatnya untuk menerapkan cara memasang Google Analytics di WordPress dengan langkah-langkah di atas.

Pastikan juga Anda menggunakan web hosting Indonesia terbaik untuk performa yang optimal. Gunakan cPanel hosting yang siap membawa Anda ke pengalaman pemakaian hosting terbaik dengan fitur-fitur seperti install dalam 1x klik, gratis domain, backup gratis, hingga jaminan garansi uang kembali! Mulai sekarang!

Selamat mencoba tutorial di atas ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments