Malware Emotet: Pengertian dan Cara Mencegahnya

0
1699

Malware Emotet adalah salah satu malware terbaru yang disebutkan di dunia cyber security. Jenis serangan dunia maya ini menggunakan rekayasa sosial untuk membuat skenario phishing yang sangat meyakinkan, bahkan cenderung sulit dibedakan dari skenario sebenarnya, terutama bagi kebanyakan orang.

Namun meski berbahaya, bukan berarti malware Emotet tidak bisa dicegah. Exabytes friends dapat mencegah ancaman Emotet dengan beberapa cara yang akan kami bahas di artikel ini. Yuk simak penjelasannya!

Apa Itu Malware Emotet?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Emotet adalah salah satu malware paling berbahaya. Pengertian Emotet adalah jenis malware komputer yang awalnya dikembangkan sebagai trojan perbankan. Tujuannya adalah untuk mengakses perangkat asing dan melacak data sensitif.

apa itu malware emotet

Emotet juga dikenal sebagai malware yang menipu program anti-virus dan menyembunyikannya. Setelah komputer terinfeksi, malware menyebar seperti worm komputer dan mencoba menyusup ke komputer lain di jaringan.

Penyebaran Emotet terutama berasal dari spam. Email tersebut berisi tautan berbahaya atau skrip atau dokumen yang terinfeksi. Jika kamu mengunduhnya, malware akan secara otomatis diunduh dan komputer akan terinfeksi. Sayangnya, banyak orang menjadi korban Emotet karena penjahat membuat email terlihat begitu otentik.

Bagaimana Proses Dari Penyebaran Malware Emotet?

Intinya, Emotet bertindak sebagai pembuka kunci dalam serangan dunia maya. Ketika pintu utama dibuka, maka akan lebih mudah bagi penjahat dunia maya untuk menguasai sistem komputer target. Implementasi Emotet dilakukan secara profesional dan tidak ada yang mencurigakan.

Malware Emotet dikirimkan ke perangkat korban melalui berbagai metode. Namun, metode penyebaran yang paling umum adalah melalui lampiran email.

Untuk menarik perhatian korban, pelaku ini membuat email semenarik mungkin. Umumnya, pelaku mengklaim menawarkan promosi, faktur, resi pengiriman, laporan bank, dan lainnya. Selain menarik perhatian, email yang dibuat oleh pelaku dirancang agar terlihat seperti email penting dari orang yang mereka kenal.

Pembuat malware tidak hanya menyertakan pakar komputer, mereka juga mengontrol penulisan dan desain. Itulah mengapa email yang disampaikan terlihat sangat menarik dan sering membuat orang penasaran untuk membukanya.

Setelah korban mengunduh file dan membukanya di komputer mereka, malware secara otomatis terpasang. Selain sebagai malware, Emotet juga menjadi layanan yang bisa disewa oleh penjahat dunia maya lainnya. Hal ini dikarenakan cara Emotet yang unik untuk mengontrol komputer korban hanya dengan membuka pintu utama dan dapat mengambil kendali komputer korban.

Keunikannya menjadikan Emotet salah satu malware paling bertanggung jawab di dunia. Trickbot dan Ryuk adalah contoh organisasi yang sudah menggunakan layanan Emotet.

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Dari Emotet?

Berikut adalah beberapa solusi/tindakan yang dapat kamu ambil untuk mencegah serangan Emotet.

  1. Gunakan Rule Object Group Windows Firewall untuk membatasi komunikasi SMB antara sistem klien.
  2. Gunakan anti-virus, dengan fungsi pembaruan otomatis dan perangkat lunak asli, pada klien dan server.
  3. Terapkan patch dan pembaruan pada sistem operasi yang digunakan (jika ada pemberitahuan pembaruan sistem).
  4. Terapkan filter pada gateway email untuk memfilter email dengan tanda-tanda spam, seperti baris subjek berbahaya, dan blokir alamat IP yang mencurigakan di firewall.
  5. Jika organisasi kamu tidak memiliki kebijakan email yang mencurigakan, pertimbangkan untuk membuatnya dan menetapkan bahwa semua email yang mencurigakan dilaporkan ke departemen keamanan atau TI perusahaan kamu.
  6. Menandai email eksternal menunjukkan bahwa email tersebut berasal dari sumber eksternal. Ini akan membantu pengguna mendeteksi email palsu.
  7. Berikan pelatihan staf dalam rekayasa sosial dan phishing. Mewajibkan karyawan untuk tidak membuka email yang mencurigakan, mengklik tautan di email tersebut, atau memposting informasi sensitif secara online, dan tidak pernah memberikan nama pengguna, kata sandi, inti informasi pribadi.
  8. Pertimbangkan untuk memblokir lampiran yang biasanya terkait dengan malware, seperti .dll dan .exe, dan lampiran yang tidak dapat dipindai oleh perangkat lunak antivirus, seperti file .zip.
  9. Menerapkan Domain-Based Message Authentication, Reporting & Conformance (DMARC), sistem autentikasi yang mengurangi spam dengan mendeteksi email phishing menggunakan Domain Name System (DNS).

malware emotet adalah

Jika pengguna atau organisasi percaya mereka memiliki virus, kami sarankan kamu menjalankan pemindaian virus sistem dan mengambil langkah-langkah untuk mengisolasi workstation yang terinfeksi.

Jika beberapa workstation terinfeksi, tindakan berikut disarankan:

  • Identifikasi, nonaktifkan, dan hapus perangkat yang terinfeksi dari jaringan kantor/koneksi internet.
  • Pertimbangkan untuk sementara memutus jaringan untuk identifikasi, ini akan mencegah infeksi ulang dan mencegah penyebaran malware.
  • Jangan masuk ke sistem yang terinfeksi dengan nama domain atau akun administrator bersamaan.
  • Setelah memeriksa sistem untuk indikator Emotet, pindahkan perangkat sistem yang masih tidak terinfeksi ke jaringan lokal/virtual yang terpisah dari jaringan yang terinfeksi.
  • Karena Emotet memulihkan kredensial, pertimbangkan untuk mengatur ulang kata sandi yang mungkin telah menyimpan kredensial di perangkat yang terinfeksi.
  • Tinjau file log kotak masuk Outlook dan aturan yang terkait dengan akun pengguna yang terinfeksi untuk memastikan penyebaran lebih lanjut tidak terjadi. Ada kemungkinan akun Outlook saat ini memiliki pengaturan email forwarder untuk mengirim email ke luar perusahaan yang dicurigai terlibat dalam serangan malware Emotet.

Lindungi Aset dan Data Kamu Dari Serangan Emotet

Malware Emotet adalah malware yang digunakan sebagai titik masuk dalam serangan dunia maya. Metode yang umum digunakan adalah dengan menggunakan lampiran email. Meskipun banyak dari kita sudah menggunakan software antivirus, akan lebih baik jika kita lebih waspada terhadap lampiran dari alamat email yang tidak dikenal.

Jangan biarkan aset digital dan data kamu diretas oleh Emotet atau malware lainnya. Konsultasikan tingkat keamanan jaringan server atau instalasi kamu dengan Exabytes. Terima kasih telah membaca artikel ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments