9 Mitos Seputar SEO Yang Perlu Kamu Ketahui

0
1681

Agar sebuah website bisa masuk dalam ranking teratas hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, diperlukan teknik optimasi yang tepat. Nah, teknik tersebut dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). 

Tujuan dari SEO tersebut adalah mempermudah mesin pencari atau search engine untuk menemukan halaman atau situs web agar nantinya bisa ditempatkan di halaman pertama di mesin pencari menggunakan keyword yang pengguna internet tentukan. 

Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai berusaha mengenal basic SEO untuk pemula.

Perihal penggunaan teknik optimasi situs web, ternyata banyak mitos yang beredar. Penasaran? Mari kita cari tahu apa saja mitos seputar SEO yang masih dipercayai oleh banyak orang.

Penggunaan Keyword yang Banyak Memberikan Hasil yang Bagus

penggunaan keyword dan mitos seputar SEO
Sumber: pixabay

Pernahkah kamu mendengar mitos seputar SEO satu ini? Beberapa orang beranggapan bahwa semakin banyak penggunaan keyword, maka akan memberikan hasil yang lebih bagus. Itu artinya, Google maupun mesin pencari lain akan bisa dengan mudah menaikkan ranking konten dari situs web yang menerapkan cara tersebut.

Memang benar jika kata kunci menjadi salah satu faktor dalam menentukan posisi ranking situs web di mesin pencari. Akan tetapi, jumlah kata kunci dalam satu konten bukanlah penentu bahwa konten tersebut akan muncul di hasil pencarian teratas.

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Google memiliki algoritma yang menitikberatkan pada pengalaman pengguna saat mengunjungi situs web. Apabila hendak menggunakan kata kunci, sebaiknya tidak menggunakannya berlebih dalam satu halaman.

Kamu bisa berfokus pada pengalaman pengunjung saat mereka berada di satu halaman dari situs web yang kamu kelola. Dengan kata lain, pengalaman pengguna harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Nah, hal tersebut dapat memberikan kemungkinan Google menilai situs web milikmu memiliki potensi untuk berada di hasil pencarian teratas. Karena memang Google mempertimbangkan bahwa situs web tersebut layak mendapatkannya. 

Ingin lebih jauh mengenal apa itu SERP? Yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Berada di Ranking Pertama Mesin Pencari Itu yang Terpenting

Pada dasarnya, para ahli SEO berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun bukan berarti bahwa situs web milikmu harus berada di posisi ranking pertama hasil pencarian.

Nyatanya, posisi tersebut tidak bisa dijadikan jaminan situs web akan selalu mendapatkan klik yang bagus. Meski demikian, kamu bisa menggunakan hal tersebut sebagai awal untuk melakukan kampanye digital marketing.

Dibandingkan hanya berfokus pada ranking pertama di mesin pencari terutama Google, akan lebih baik untuk selalu memperhatikan perubahan dan perkembangan algoritma Google. Mengapa?

Algoritma yang Google tetapkan akan memengaruhi hasil dari usaha atau teknik SEO yang kamu lakukan. Situs web dengan konten yang relevan serta listing yang ramah pengguna di mesin pencari umumnya memiliki performa yang baik.

Jadi, meskipun tidak berada di posisi pertama, situs web tetap memiliki potensi mendapatkan klik yang banyak, misalnya situs web kamu berada di posisi ketiga atau keempat.

Apabila perlu jasa SEO untuk memaksimalkan optimasi yang tim kamu lakukan, jangan sungkan untuk menghubungi Exabytes.

Penggunaan Keyword dan Nama Domain yang Sama

Mitos seputar SEO apalagi yang pernah kamu dengar? Apakah perihal penggunaan kata kunci dan nama domain yang sama? Sekilas mungkin terkesan memberikan manfaat bagi upaya SEO yang kamu lakukan. Tetapi, pernahkah kamu berpikir bahwa hal tersebut justru membuatnya terdengar janggal di telinga para pengguna?

Hal tersebut bahkan bisa memberikan kerugian bagi bisnis atau brand. Domain umumnya merupakan brand yang memang kamu perkenalkan kepada khalayak. Itulah kenapa pemilik domain berusaha menonjolkannnya. Pemilihan kata kunci tidak harus sesuai nama domain melainkan bisa menjadi pendukung yang akan semakin memperkuat brand tersebut.

Dengan begitu, brand tersebut akan semakin familiar dan diingat oleh pengguna internet. Belum punya domain? Dapatkan domain murah yang Exabytes sediakan untuk kamu!

Meta Tag Tidak Penting

Pernah mendengar ada yang bilang kalau meta tag itu tidak penting? Webmaster memberikan informasi tentang website pada mesin pencari melalui meta tag. Meta tag akan menampilkan potongan preview halaman situs web melalui hasil pencarian di layar pengguna atau pencari informasi.

Meta tag terdiri dari judul, deskripsi, dan keyword. Meski meta tag tidak tidak begitu penting, namun bisa membuat mesin pencari tertarik pada sebuah situs web sehingga dapat mendatangkan lebih banyak klik dari pengguna internet yang sedang melakukan pencarian.

Artikel ini cocok bagi siapapun yang sedang mencari informasi atau ingin tahu apa itu meta tag lengkap dengan fungsi dan cara memasangnya.

Optimasi SEO Cukup Dilakukan Sekali Saja

mitos seputar SEO yang perlu diketahui
Sumber: pixabay

Mitos seputar SEO yang menyebutkan kalau optimasi SEO cukup dilakukan sekali mungkin terdengar menggiurkan. Itu artinya, tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga, mereka memiliki kesempatan agar situs web nya muncul di hasil pencarian teratas.

Sayangnya, hasil SEO tidak bisa didapatkan dengan instan. SEO memberikan hasil jangka panjang sehingga perlu upaya terus menerus. Tahukah kamu kalau optimasi situs web merupakan pekerjaan yang tidak memiliki titik akhir?

Pernah membayangkan apa yang akan terjadi pada situs web milikmu yang memiliki kompetitor yang semakin banyak? Itulah kenapa kamu harus mengoptimasi situs web secara berkesinambungan. Dengan begitu, kamu bisa tetap unggul di antara para kompetitor. Google merupakan mesin pencari yang sering melakukan update. 

Selain Google, kamu juga bisa melakukan optimasi mesin pencari lain yang juga banyak digunakan oleh target audiens. Yuk kenalan dengan search engine dan berbagai jenisnya!

SEO Tidak Memerlukan Riset Keyword

SEO nyatanya memerlukan riset kata kunci. Jadi, apabila masih menemukan pernyataan bahwa SEO tidak memerlukan riset kata kunci, hal tersebut merupakan hal yang keliru, bahkan mitos seputar SEO yang perlu dihindari.

Kata kunci merupakan salah satu faktor penting dalam optimasi website. Perlu diketahui bahwa Google update tidak pernah menghapus hal tersebut. Penggunaan kata kunci yang tepat akan memungkinkan situs web mendapatkan lebih banyak klik dari hasil pencarian yang ditampilkan dan dilihat oleh pengguna. 

Agar hasil dari penggunaan kata kunci itu optimal, hindari penggunaan kata kunci yang berlebihan.

Sebagai pemula kamu bisa menemukan cara riset keyword blog yang mudah melalui artikel ini.

SEO Tidak Berhubungan dengan Media Sosial

mitos seputar SEO
Sumber: flickr

Mitos seputar SEO selanjutnya yang harus kamu tahu adalah SEO tidak berhubungan dengan media sosial. Padahal mesin pencari memberikan penilaian khusus pada media sosial. Jadi, backlink dari medsos akan berpengaruh pada hasil SEO.

Seiring dengan semakin majunya media sosial, Google terus berinovasi dan melakukan pengembangan. Sehingga mesin pencari satu ini lebih mengutamakan konten yang relevan yang berasal dari sumber terpercaya.

Konten di media sosial dinilai lebih terpercaya. Artinya, konten media sosial yang kamu post tentunya berhubungan dengan hasil SEO yang tidak bisa dipisahkan.

Ingin memaksimalkan bisnis online melalui media sosial? Cari tahu apa saja media sosial untuk bisnis online yang bisa merupakan pilihan tepat!

Search Engine Marketing (SEM) Memberikan Dampak Ranking Secara Permanen

Saat berbicara tentang mitos seputar SEO, kamu mungkin penasaran apa kaitannya search engine marketing dengan ranking di mesin pencari. Pada dasarnya, SEM membantu menaikkan ranking situs web. Namun, tidak berdampak secara langsung pada teknik optimasi yang sedang berjalan.

Search engine marketing membuat situs web muncul di hasil pencarian dengan menggunakan keyword tertarget. Saat seseorang mencari informasi di mesin pencari menggunakan keyword tersebut, Google maupun mesin pencari lain akan menampilkan situs web yang relevan.

Hal ini membuat seseorang mengingat situs web dengan mudah terlebih saat mereka mencari informasi menggunakan keyword yang sama secara berulang.

SEM juga berkontribusi dalam meningkatkan traffic situs web. Akan tetapi, dampaknya hanya sementara selama kampanye tersebut berjalan. Jadi, pemikiran tentang SEM memberikan dampak permanen pada peringkat situs web jelas merupakan mitos.

Mulailah mempelajari SEM melalui panduan search engine marketing di artikel ini agar bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang SEM dan bedanya dengan SEO.

Panjangnya Konten Menentukan Ranking di Mesin Pencari

mitos seputar SEO tentang konten dan ranking di mesin pencari
Sumber: flickr

Memang begitu banyak mitos seputar SEO yang beredar. Sayangnya, para pemula rentan mempercayai mitos-mitos tersebut karena masih minimnya pemahaman tentang SEO, salah satunya seputar konten.

Dalam optimasi situs web, konten yang panjang memang baik. Namun, konten yang terlalu panjang umumnya tidak diminati pengunjung situs web atau blog karena dinilai terlalu membosankan. 

Apabila hendak membuat konten berkualitas, sebaiknya jangan terlalu berfokus pada banyaknya kata atau panjangnya konten. Pastikan kamu membuat dan menyajikan konten yang menarik. Dengan begitu, semakin tinggi kesempatan untuk tampil di posisi ranking teratas hasil pencarian Google.

Temukan tips dan cara membuat konten berkualitas dan menarik agar bisa menghasilkan banyak klik.

Dapatkan Hasil Optimasi SEO Terbaik dengan Mengecek Mitos dan Fakta Seputar SEO

Dengan mitos seputar SEO yang banyak dijumpai, tentunya kamu harus lebih bijak dalam memilah dan memilih informasi. Meski ingin mendapatkan hasil yang optimal, bukan berarti kamu akan mempercayai setiap hal yang berkaitan dengan SEO. Ingin lebih mudah dan praktis dalam menjalankan teknik optimasi situs web? Sebaiknya pilih layanan SEO berkualitas seperti yang Exabytes tawarkan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments