Panduan Memilih Platform Blogging Untuk Pemula

0
1910

Beberapa diantara Anda mungkin saat ini bingung harus memilih yang mana dari banyaknya platform blogging yang ada. Bagaimana cara memilih platform blogging yang tepat?

Pembahasan tentang panduan memilih platform blogging ini, akan membantu Anda memilih platform blogging secara tepat. Panduan ini berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform blogging.

Kami hanya beberapa platform blogging populer saja dan akan kami bandingan satu dengan yang lainnya. Jika Anda tertarik dengan platform blogging tertentu, Anda bisa klik platform tersebut untuk langsung ke pembahasan.

Panduan Memilih Platform Blogging, Apa yang Perlu Diperhatikan?

panduan memilih platform blogging

Sebelum kita masuk ke pembahasan masing-masing kelebihan dan kekurangan platform blogging, baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang perlu Anda perhatikan dalam memilih platform blogging.

Sebagai seorang pengguna, Anda pasti menginginkan platform yang mudah untuk diatur, bisa lebih cepat belajar, memiliki banyak komunitas dan terpenting tidak memerlukan keterampilan coding sama sekali.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memperhatikan blog seperti apa yang ingin Anda buat. Ketika blog Anda tumbuh menjadi lebih baik, pastinya Anda ingin mengubah tampilan website dan menambah abanyak fitur bermanfaat lainnya untuk memanjakan pengunjung.

Sehingga sangat penting untuk memilih platform blogging yang fleksibel dan mudah untuk berkembang. Dengan mengingat itu semua, mari kita bandingkan untuk menentukan platform blogging yang tepat untuk Anda.

Daftar Platform Blogging Populer

Saat ini ada banyak platform blogging yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya ada yang gratis dan open source, sementara sebagian lainnya ada yang komersil.

Kami rangkum dan beberapa diantaranya ada yang masuk ke dalam daftar 5 CMS website terbaik di tahun 2023.

WordPress.org

Panduan Memilih Platform Blogging Untuk Pemula - 2024

WordPress adalah platform CMS open source, gratis dan CMS paling populer sampai saat ini. CMS WordPress memiliki market share sebesar 42% dari seluruh dunia.

Dengan WordPress, Anda bisa membuat website dalam hitungan menit saja dan merupakan solusi untuk Anda yang tidak memahami coding. Agar bisa menggunakan WordPress.org, Anda memerlukan hosting dan domain sendiri.

Kelebihan

  • WordPress.org memberikan Anda kontrol penuh disetiap aspek blog.
  • Bisa mengembangkan blog dan menambah fitur sesuai dengan kebutuhan dengan sangat mudah hanya cukup instal plugin.
  • Tersedia ribuan tema gratis, banyaknya tema yang ditawarkan memungkinkan Anda untuk lebih mengeksplor desain dan mencari desain web yang menonjol, Anda juga memiliki kontrol penuh atas tema yang digunakan.
  • Tersedia lebih dari 59 ribu plugin gratis siap pakai untuk menambahkan fitur tertentu.
  • WordPress ramah dengan mesin pencari, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan URL, kategori dan tag yang sesuai dengan kaidah SEO. Ditambah lagi ada banyak plugin SEO yang bagus untuk membantu optimasi website.
  • Mudah mengaktifkan analitik menggunakan Google Analytics di WordPress, sehingga Anda bisa lebih mudah melihat performa website dan perilaku pengunjung website Anda.
  • Di WordPress.org versi terbaru sudah hadir fitur editor drag and drop yang bisa memudahkan Anda untuk membuat beragam konten.

Kekurangan

  • Jika belum terbiasa dengan desain dashboard WordPress, Anda perlu menyediakan waktu sedikit untuk mempelajarinya agar terbiasa.
  • Anda perlu melakukan pengamanan sendiri dan mengelola back up file sendiri.

Harga

Pada dasarnya file websitenya gratis, akan tetapi Anda memerlukan nama domain dan hosting untuk memulai menjalankan file website WordPress tersebut.

Di Exabytes Indonesia, Anda bisa memesan WordPress hosting yang direkomendasikan untuk WordPress dan sudah gratis domain. Lihat panduan kami cara membuat blog dengan WordPress tanpa coding.

Secara keseluruhan, WordPress.org adalah pilihan sangat baik untuk memulai membuat blog personal maupun profesional. Sebagian blogger saat ini sudah banyak yang menggunakan WordPress.org.

WordPress.com

CMS Website

Masih pembahasan platform WordPress, hanya saja sekarang kita bahas WordPress.com. Kita tahu bahwa WordPress terbagi menjadi dua yaitu WordPress.org dan WordPress.com, Anda bisa cek postingan kami lainnya tentang perbedaan WordPress.org dan WordPress.com.

WordPress.com adalah layanan blogging gratis yang tidak memerlukan hosting, Anda bisa membeli nama domain secara khusus disana, penyimpanan tambahan dan layanan premium lainnya.

WordPress.com cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan platform blogging simple dan tidak perlu menambahkan fitur lanjutan seperti yang ada di WordPress.org.

Kelebihan

  • Tidak perlu melakukan persiapan lebih.
  • Mudah digunakan dan dikelola.
  • Sepenuhnya gratis (jika Anda senang dengan subdomain wordpress.com) Contohnya exabytes.wordpress.com.

Kekurangan

  • Fitur terbatas, sehingga pilihan untuk mengembangkan situs Anda juga terbatas. Anda juga tidak bisa menggunakan tema dan plugin khusus.
  • Tidak bisa menjalankan iklan blog. Sebaliknya, WordPress.com akan menampilkan iklan mereka.
  • WordPress.com dapat menangguhkan blog Anda jika ditemukan melanggar persyaratan mereka.

Harga

WordPress.com gratis, tetapi akan ada iklan tampil di blog Anda. Anda bisa meningkatkan ke versi berbayar dan Anda juga bisa mendapatkan domain khusus tanpa subdomain WordPress.com.

Wix

Panduan Memilih Platform Blogging Untuk Pemula - 2024

Wix adalah platform blogging populer berikutnya, cara kerjanya cukup drag n drop saja. Dasarnya memang untuk website bisnis seperti toko online, tapi Anda bisa menambahkan halaman blog dengan menambahkan aplikasi Wix Blog di dalamnya.

Wix.com didirikan di tahun 2006 sebagai platform yang membantu siapapun yang ingin membuat website bisnis mereka sendiri. Saat ini sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna dari seluruh dunia.

Kelebihan

  • Tersedia banyak template, sehingga Anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan.
  • Bisa menambahkan add-on pihak ketiga.
  • Fitur drag n drop, memudahkan membuat website.
  • Proses pembuatan cepat dan mudah.

Kekurangan

  • Akun gratiss memiliki fitur terbatas.
  • Terdapat iklan Wix di website Anda.
  • Tidak bisa mengganti template.

Jika ingin lebih jelas, Anda bisa kunjungi artikel kami tentang Wix vs WordPress, Mana yang Terbaik? Untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Harga

Pada dasarnya proses pembuatan website di Wix gratis, akan tetapi dengan akun Wix Anda akan mendapatkan alamat domain seperti ini exabytes.wixsite.com/exabyets.

Akan tetapi jika Anda membeli dan menggunakan domain khusus, paket premiumnya mulai $8,50/bulan sampai dengan $24,50/bulan.

Blogger

daftar-blogger.com
Blogger.com

Blogger adalah layanan blogging gratis dari Google, platform ini menawarkan proses pembuatan blog yang cepat dan mudah untuk pengguna yang kurang mengerti coding. Bisa dibilang, blogger adalah salah satu platform blog paling awal dan pertama kali diluncurkan di tahun 1999.

Kemudian tahun 2003, Google mengakuisisi Blogger dan melakukan desain ulang menjadi produk yang sekarang kita kenal.

Kelebihan

  • Gratis.
  • Mudah digunakan dan juga dikelola.
  • Handal.

Kekurangan

  • Hanya terbatas di alat blog dasar dan tidak bisa menambahkan fitur baru.
  • Pilihan desain terbatas dengan sedikit template yang tersedia secara default.
  • Blogger tidak sering mendapatkan pembaharuan dan fitur terbaru.
  • Google dapat menangguhkan blog Anda kapan saja atau bahkan membatalkan layanan blogger.

Harga

Pada dasarnya blogger gratis dengan menggunakan subdomain blogger misalnya exabytes.blogspot.com. Jika Anda ingin menggunakan domain khusus, Anda perlu membelinya ke penyedia layanan domain.

Weebly

Cara buat website di Weebly

Weebly adalah platform pembuatan website populer lainnya, meskipun secara basic Weebly ditujukan untuk website bisnis dan toko ecommerce. Tapi Weebly memiliki fitur blog dan template blog gratisnya.

Kelebihan

  • Website dan platform yang dihosting sepenuhnya.
  • Integrasi lancar dengan platform pembayaran square.
  • Tidak perlu melakukan pengaturan lebih lanjut.

Kekurangan

  • Paket gratis memiliki fitur dan bandwith terbatas.
  • Langganan paket berbayar dinilai mahal dibandingkan platform blogging lainnya.
  • Fitur SEO tidak sehebat WordPress.

Jika Anda ingin menggunakan Weebly, cek cara membuat website dengan Weebly.

Harga

Pada dasarnya gratis dan versi gratis terdapat iklan branding dari Weebly, paket berbayar memiliki harga kisaran $25 per bulan untuk paket bisnis.

Saran Kami untuk Platform Blogging Terbaik

Dari sekian perbandingan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform blogging di atas, kami percaya bahwa WordPress.org adalah platform blogging terbaik. Kenapa? Karena powerful, mudah digunakan, terjangkau dan paling fleksibel dari semua platform yang ada.

Untuk membantu Anda membuat website dengan WordPress, kami telah membuat panduan cara membuat website dengan WordPress tanpa coding.

Kami berharap pembahasan tentang panduan memilih platform untuk blogging ini bisa membantu Anda, Anda juga mungkin ingin melihat artikel lain kami tentang 5+ cara maintenance website dengan baik dan benar dan panduan lengkap cara optimasi konten visual di WordPress.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments