Perbedaan WordPress dan Blogspot; Yang Mana Yang Harus Kamu Pilih?

113
Perbedaan WordPress dan Blogspot
Berkah Ramadhan
10 min read

Di masa digital seperti sekarang, berbagi konten melalui internet seperti blog bukanlah hal yang asing lagi. Namun, untuk kamu yang baru saja ingin memulai blog,  apakah kamu sudah tau harus memakai platform yang mana? Atau masih bingung? Temukan jawabannya disini!

Pada dasarnya, terdapat banyak sekali platform yang bisa mewadahi kebutuhan blog kamu, diantaranya adalah; WordPress dan Blogspot (atau sekarang disebut juga dengan Blogger.com).

Ilustrasi Blogging, Perbedaan WordPress dan Blogspot

Keduanya merupakan platform blogging yang paling populer dikarenakan fitur pembuatan blog dengan mudah yang dimiliki oleh dua-duanya. Namun tentunya, kedua platform tersebut memiliki fitur serta kegunaan dan yang berbeda.

Apa saja sih perbedaan WordPress dan Blogspot itu? Sebelum mengetahui perbedaannya, sebaiknya kenalan dulu yuk dengan WordPress dan Blogspot.

Perkenalan WordPress dan Blogspot

Sebelum mengetahui perbedaannya, mari kenali dulu kedua blogging platform ini secara singkat. 

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten (CMS) paling terkenal sedunia karena fitur – fitur yang sangat mudah untuk dimanfaatkan.

WordPress ini memperbolehkan kamu untuk menerbitkan konten untuk blog, website ataupun online store tersendiri kamu dengan cara yang sangat simple karena tidak menggunakan bahasa pemrograman yang rumit. 

Ilustrasi WordPress

Dikarenakan WordPress ini sebuah open source software, kamu cuman harus membuat akun di WordPress, lalu menentukan sub-domain (website.WordPress.com).

Kemudian pilih template dan website blogging kamu sudah jadi! Juga, WordPress ini memiliki interface yang sederhana dikarenakan konten kamu akan lebih terlihat dibanding widget ataupun elemen-elemen lain, sehingga platform ini sangat menarik para blogger yang masih pemula. 

Apa Itu Blogspot?

Sementara itu, Blogspot adalah sebuah platform blogging yang dibuat pada tahun 1999 pada Pyra Labs, namun telah diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Karena platform ini di host oleh Google, banyak sekali fitur-fitur Google yang bisa kamu temukan disini, seperti; Google Ads, Google Adsense, dan juga Google Analytics. 

Sebenarnya, Blogspot ini adalah subdomain gratis (Blogspot.com) yang diberikan oleh website Blogger. Jadi, Blogger itu adalah publishing platform yang bisa kamu gunakan dengan free untuk nge publish blog kamu, dimana Blogspot adalah subdomain gratis yang akan kamu dapatkan dari Blogger. Untuk mendapatkan Blogspot, kamu harus menggunakan Blogger dan keduanya dapat memberikan free blogging experience untuk kamu yang ingin membuat blog.

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Dikarenakan memiliki fitur yang sangat sederhana dan interface yang mudah digunakan, platform ini ramai sekali digunakan untuk kamu yang masih amateur dalam dunia blogging. Apalagi, platform ini juga tidak mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya dan kamu bisa mendapatkan domain blogging secara gratis (nama.blogspot.com)

Apa saja yang harus diperhatikan untuk platform blog kamu? 

Untuk kamu yang masih bingung harus menggunakan platform apa, berikut beberapa hal penting yang bisa kamu pertimbangkan saat sedang memilih platform yang pas. 

  1. Penggunaan : Sebagai pemula, tentunya kamu harus membutuhkan platform yang bisa dengan mudah kamu kontrol agar bisa menerbitkan konten blog dengan cepat dan memperbanyak audiensi. 
  2. Keamanan : Keamanan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting karena ketika kamu membuat blog-mu, untuk mencegah kebobolan dari para hackers sebisa mungkin. 
  3. Fleksibilitas : Untuk pemula, perlu pertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan dan juga kemudahan untuk kustomisasi agar bisa mengembangkan blog kamu. 
  4. Performa : Performa seperti kecepatan waktu dalam loading page website milikmu ataupun kecepatan dalam backened situs sangat penting untuk diperhatikan untuk melancarkan penerbitan konten kamu di blog. 

Selain itu, ada beberapa aspek lain juga yang bisa kamu pertimbangkan untuk pembuatan blogmu seperti; biaya, opsi desain, dan kemampuan  SEO, dan juga kemudahan untuk monetize. 

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Lalu apa saja sih perbedaan WordPress dan Blogspot? Ditinjau dari hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih platform, mimin akan jabarkan satu per satu perbedaannya.

Mari bandingkan kedua platform tersebut dan bagaimana keduanya  memenuhi pertimbangan-pertimbangan tersebut. 

Penggunaan 

Sering sekali, Blogspot lebih mudah digunakan dan user-friendly untuk pemula, kenapa? Yuk simak perbedaannya. 

Untuk mengakses Blogspot, kamu cuman harus memiliki akun Google. Setelah memiliki akun, kamu bisa membuat blog hanya dalam beberapa menit. Hanya dengan mengarah ke website Blogger, sign up dengan memakai Google account kamu, mengklik opsi β€œCreate new blog”, kemudian memilih nama, tema, dan judul maka blog kamu telah jadi.

Baca Juga  5 Rekomendasi Tema WooCommerce untuk Toko Online

Nama domain pun sudah dibuatkan oleh mereka. Set-up prosesnya cukup simpel, akan tetapi kustomisasi tema dan menggantinya secara seluruh memang lebih susah karena kamu harus memahami HTML terlebih dahulu. 

Namun, membuat blog melalui WordPress juga gak kalah mudah sebenarnya. Kamu tidak harus memiliki skill coding tertentu, hanya dengan beberapa klik, blogmu sudah jadi.

Kamu bisa mengikuti step membuat website WordPress yang tertera di blog Exabytes (Cek disini! ) dan kamu bisa membuat website dalam kurang dari 1 jam aja. Walaupun banyak step untuk set-up nya, kamu diberikan kebebasan kreatifitas untuk kontenmu sendiri karena banyaknya fitur yang ditawarkan. 

Untuk penggunaannya, Blogspot kerap dikenal sebagai platform pertama untuk blogging karena sudah terkenal dari dulu. Biasanya pengguna Blogspot menggunakannya untuk sharing pengalaman, traveling, kuliner, diary sehari-hari dan lainnya. Umumnya untuk personal.

Sementara WordPress penggunaannya lebih luas tak hanya untuk personal tetapi profesional user. Baik itu untuk bisnis, organisasi, komunitas, perusahaan hingga startup.

Keamanan 

Perbandingan antara WordPress dan Blogspot

Keamanan menjadi salah satu prioritas yang dicari oleh para blogger disaat memilih platform bloggingnya. Hal tersebut dikarenakan, disaat situs kamu kena blacklist ataupun hacking, kamu bisa kehilangan semua konten yang telah di upload. 

Menggunakan Blogspot melalui website Blogger.com akan memberikanmu sekuritas yang ditawarkan oleh Google. Kamu akan mendapatkan akses kepada platform Google yang aman dan kuat, sehingga tidak perlu khawatir lagi.

Namun, ketika website Blogger mengalami down-server, blogging website kamu pun akan terpengaruhi. Jika Blogger tetap down dan tidak balik, begitu pun website kamu. 

Tidak seperti Blogspot, WordPress sering sekali menjadi target para hacker karena memiliki open-source system. Kemudian dikarenakan ini WordPress self-hosted, kamu harus nge back-up sendiri.

Tapi enaknya, kamu bisa memilih memilih host atau pun provider yang canggih untuk memberi keamanan yang ketat. Kamu juga bisa mencari WordPress plugin tersendiri yang bisa melindungi blogmu agar lebih aman.

Fleksibilitas 

Tingkat fleksibilitas penting sekali untuk kamu yang ingin berkreasi sendiri dalam blog milikmu. Kemudahan kustomisasi yang ditawarkan oleh platform bisa membantu kamu untuk mengelola dan kontrol blog kamu. 

Dalam Blogspot, fleksibilitas kamu dilimitkan. Blogspot memiliki built-in β€œgadgets” seperti advertising, subscriptions links, form kontak, dan yang lain-lain. Namun, fungsi gadget-gadget tersebut terbatas karena hanya yang diproduksi oleh Google yang di tampilkan. Sehingga, hal tersebut bisa membataskan potensi kamu dan blog kamu. 

Untuk WordPress, dikarenakan WordPress adalah sebuah open software, kamu bisa ngelink blog kamu dimanapun dan bisa menambah fitur-fitur apapun. Hal tersebut bisa lewat penggunaan plugin ataupun third-party application tertentu. Jadi, untuk kamu yang menginginkan long-term platform dan bloggin dengan serius, WordPress sangat cocok untuk kamu. 

Performa 

Tentunya, kamu tidak ingin blog kamu mempunyai waktu loading yang lama. Oleh karena itu, berikut perbedaan tingkat performa Blogspot dan WordPress: 

Karena Blogspot dihost oleh Google, waktu loading tidak lagi menjadi masalah. Kemudian, karena desain yang sangat simpel, tidak banyak fitur-fitur tambahan, performa Blogspot tidak lagi menjadi kendala untuk yang membuka. 

WordPress pun memiliki performa yang bagus, sehingga waktu loading yang lama tidak usah diragukan. Akan tetapi, karena WordPress ini self-hosted, terkadang performanya akan tergantung oleh provider hosting yang kamu gunakan. Jadi pilih penyedia hosting yang dijamin kecepatannya agar blogging pun jadi lancar.

Kemudian, di WordPress juga kamu bisa mengatur semua konten dan fitur-fitur yang berada di blog kamu agar kecepatan loading tidak menjadi permasalahan dan agar meningkatkan performa blog kamu. 

Biaya 

Tentunya kamu pasti tidak ingin membuat blog yang mengenakan biaya tinggi. Karena biaya yang diminta oleh blogging sangat penting demi kemajuan blog kamu, yuk intip perbedaan dua platform tersebut: 

Platform Blogspot sama sekali tidak meminta kamu untuk membayar karena memang dibuat sebagai β€œfree blogging service”. Semua gadget dan fitur yang terdapat dari platformnya pun gratis. Kecuali, kalau kamu memang ingin memiliki domain tersendiri, hal tersebut akan menagih biaya. 

Baca Juga  WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali Fitur Terbarunya, Yuk!ο»Ώ

Untuk instalasi software WordPress sendiri termasuk free, namun kamu harus bayar untuk mempunyai hosting dan domain untuk memulai blogmu.

Fitur-fitur WordPress berikut pluginnya banyak sekali yang tersedia tanpa biaya, namun jika kamu ingin memiliki layanan yang lain, tentunya harus berbayar. Akan tetapi, fitur-fitur serta plugin yang berbayar tentunya akan menjadi long-term investment yang berguna. 

Investasi jangka panjang yang bisa dilakukan misalnya membuat toko online, situs portal berita dan lainnya yang bisa digunakan dalam waktu lama dimana dari sini bisa kamu monetisasi juga.

Opsi Desain 

Di saat memulai blog, tentunya desain dan kesediaan tema sangat penting untuk membuat blog kamu berpenampilan menarik untuk dibaca. 

Tidak banyak tema dan desain yang ditawarkan di dalam Blogspot. Hanya ada beberapa dan sudah sangat sering dipakai oleh blog pada umumnya.

Oleh karena itu,  dengan Blogspot kamu mentok dengan desain yang telah disiapkan oleh Blogspotnya tersendiri dan tidak bisa berkreasi. Apabila kamu ingin mengganti desain Blogspot, kamu harus mengenali HTML terlebih dahulu. 

Untuk WordPress, banyak sekali tema dan desain yang tersedia secara gratis dan berkualitas tinggi. Kamu bisa mengintip rekomendasi tema WordPress dari Exabytes di sini!). Walaupun ada beberapa yang diharuskan untuk bayar, tema gratis juga banyak dan gak kalah bagus dengan yang bayar.

Oleh karena itu, kamu bisa dengan mudah memilih template yang cocok untuk blog milikmu sendiri. Tentunya, kamu juga bisa membuat desain sendiri tanpa menggunakan koding sama sekali. 

Kemampuan SEO

Kemampuan platform blogging yang bisa mengoptimalkan SEO pada konten kamu di blog akan lebih berguna. Hal tersebut dikarenakan, dengan kemampuan SEO yang tinggi, blog kamu akan bisa lebih mudah ditemukan oleh para pembaca. 

Semenjak Blogspot melakukan pembaruan di tahun 2011, yaitu; Tampilan Dinamis Blogspot (Blogspot Dynamic View), hal tersebut tidak membuat Blogspot menjadi SEO friendly lagi karena Google Spider hanya mendeteksi teks (tidak mendeteksi gambar ataupun javascript). 

Kemudian kolom komentar yang tidak ditampilkan oleh Blogspot pun menurunkan kemampuan SEO nya, padahal banyak sekali kata-kata di dalam komentar yang bisa meningkatkan kemampuan SEO.

Juga, domain mirip yang dimiliki Blogspot membuat para visitor ragu untuk mengklik, hingga tidak menautkan backlink dan pada akhirnya melemahkan kemampuan SEO karena backlink menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO. 

Karena kamu bisa memilih plugin tertentu untuk blog kamu jika melalui WordPress, beberapa plugin tersebut dapat mengoptimalkan kemampuan SEO pada blog milikmu sendiri. Banyak plugin dan tools SEO yang bertebaran diantaranya seperti Rank Math, Yoast, dan sebagainya.

Kesimpulan 

Gambar blog

Setelah menyimak perbedaan WordPress dan Blogspot di atas, kamu jadi tahu kan keunggulan dan kekurangan platform blogging ini.

WordPress dan Blogspot merupakan dua platform yang sering sekali digunakan oleh para pengguna dan untuk kamu yang ingin memulai membuat blog.

Banyak sekali hal yang harus kamu pertimbangan yang harus kamu perhatikan saat memilih platform blogging, yaitu; penggunaan, keamanan, fleksibilitas, performa, biaya, opsi desain, dan juga kemampuan SEO.

Yang mana yang lebih baik? Kembali lagi, hal tersebut bisa dijawab berdasarkan main goal dan target kamu disaat menulis blog. 

Jika kamu ingin membuat blog hanya untuk menulis dan sharing pengalaman sehari-hari ataupun hanya sebagai hobi, kamu cukup memakai Blogspot. Namun, jika kamu ingin membuat blog secara profesional, ingin menghasilkan return on investment yang tinggi, lebih baik kamu memilih memakai WordPress. 

Sebaiknya, jika kamu ingin membuat blog yang lebih profesional (contoh nya: untuk bisnis online kamu), WordPress lebih sering dilirik karena banyak benefit yang ditawarkannya.

Teruntuk kamu yang ingin memulai membuat WordPress atau sudah memiliki tapi belum memiliki hosting, Exabytes tentunya menawarkan WordPress hosting service yang bisa kamu andalkan! Layanan WordPress hosting bisa kamu segera cek di sini!

Sekian untuk artikel mengenai perbedaan WordPress dan Blogspot kali ini, jangan lupa baca artikel lainnya di Blog Exabytes ya. Oh ya kalau kamu sudah memiliki blog, ikutan yuk Lomba Blog Exabytes Season 2. Informasinya ada di artikel ini nih.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan