Ini Dia 9 Rekomendasi Plugin Migrasi WordPress Yang Patut Dipakai!

135
Plugin Migrasi WordPress
10 min read

Untuk para pengguna WordPress, melakukan migrasi website WordPress dari provider sebelumnya ke provider baru merupakan proses yang menantang dan membingungkan. 

Karena WordPress merupakan salah satu platform yang sangat populer untuk para blogger dan yang ingin membuat website, banyak sekali yang ingin migrasi website mereka ke platform tersebut karena mudah untuk digunakan serta fungsionalitas yang luar biasa. 

Meskipun banyak sekali plugin migrasi WordPress yang gratis maupun harus berbayar yang bisa membantu para pemilik website untuk proses migrasi, ada beberapa pemilik yang kesulitan untuk menentukan layanan plugin yang terpercaya dan aman. Oleh karena itu, inilah beberapa rekomendasi plugin untuk migrasi WordPress dari Exabytes yang bisa kamu lirik!

Apa itu Plugin 

Plugin adalah sebuah software berisi sekelompok fungsi yang bisa ditambahkan ke website WordPress. Plugin biasanya digunakan untuk menambah fungsionalitas atau fitur baru terhadap website WordPress. 

Plugin WordPress

Seperti yang disebut sebelumnya, plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan website kamu untuk menambah fitur baru dan fungsi-fungsi tertentu ke dalam website WordPress, sehingga menambahkan dinamika di dalam websitemu. 

Plugin WordPress didirikan dengan bahasa PHP Programming dan diintegrasikan dengan WordPress secara mulus. Jadi, plugin menggampangkan user untuk menambah fitur di website meskipun kamu tidak mengetahui apapun tentang coding. 

Setiap plugin WordPress yang terinstal di website akan terdaftar di database website dan kamu bisa menampilkannya atau mematikannya sesukamu. Ada banyak sekali plugin yang bisa kamu download untuk website dan plugin pun memiliki beragam kegunaan. Contohnya, ada plugin yang bisa membantu SEO website, boost performance, atau membuat tombol sosial media. Ada juga plugin yang membuat side bar, atau fitur komentar. 

Plugin migrasi 

Diantara berbagai macam plugin, ada juga plugin migrasi yang memiliki fungsi untuk membantu website WordPress melakukan migrasi dari satu provider ke provider yang lainnya. Jadi, plugin tersebut akan membantu dalam mengunduh dan transfer semua file yang tertera di website milikmu. Contohnya, file media, tema, ataupun database user. 

Tanpa menggunakan plugin migrasi tersebut, kamu akan mengalami kesulitan dalam hal kloning websitemu karena kesusahan dalam membuat keterampilan serta fungsi yang sama seperti sebelumnya. Migrasi WordPress yang terbaik biasanya menawarkan interface yang bagus, tombol migrasi yang bisa diakses dengan sekali klik, dan tool yang bisa digunakan untuk back up data dan memindahkan file. 

Migrasi WordPress 

Setelah mengetahui apa itu plugin WordPress dan juga plugin migrasi WordPress, apa sih migrasi WordPress ini? Dan mengapa para pemilik website melakukannya? 

Intinya, migrasi WordPress adalah proses dimana website WordPress dipindahkan dari hosting sebelumnya ke hosting baru dengan berbagai macam alasan tertentu. Salah satu alasan untuk melakukan migrasi WordPress adalah karena mungkin pemilik website sudah menemukan bahwa kamu telah terlalu besar untuk host tersebut atau mungkin customer support hosting sebelumnya kurang memuaskan. 

Apapun alasannya, pasti akan ada waktu dimana kamu harus menggunakan server hosting lain. 

Migrasi WordPress dengan Exabytes 

Exabytes memiliki  layanan WordPress hosting yang sangat terpercaya dan aman lho, sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari layanan WordPress Hosting baru untuk websitemu. 

Jika kamu sudah yakin untuk pindah layanan ke Exabytes WordPress Hosting, tapi masih belum punya tim IT ataupun kurang memiliki kemampuan hosting, tenang saja! Kamu bisa mengikuti steps dari artikel migrasi WordPress untuk melakukan migrasi website ke layanan Exabytes lho. Selain itu, tentunya Exabytes akan mendampingimu satu per satu. 

9 Rekomendasi Plugin Migrasi WordPress 

Tanpa basa-basi lebih jauh, inilah 9 rekomendasi plugin migrasi WordPress yang bisa kamu pertimbangkan untuk melakukan migrasi WordPress

Baca Juga  Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

All-In-One WP Migration 

All-In-One WP Migration ini adalah plugin migrasi WordPress yang populer dan sering dipakai oleh para pemilik website karena memiliki fitur yang cukup komprehensif. Namun, tidak seperti plugin migrasi yang ada di list ini, All-In-One WP Migration ini bukan backup plugin dan khusus untuk migrasi website WordPress. 

plugin wordpress
All in one WP Migration (Source: screenshot website)

Plugin migrasi WordPress yang ini telah diuji dan bisa mendukung berbagai macam provider WordPress hosting, sistem operasi, versi PHP dan masih banyak lagi. Kemudian, All-in-One WP Migration ini bisa mendukung versi WordPress yang lama sampai ke versi 3.3.Selanjutnya, plugin yang ini bisa melewati size file host dengan cara mengimpor data secara sepotong-sepotong. 

Akan tetapi, plugin migrasi WordPress ini versi gratis nya memiliki limit size untuk impor yaitu, 512MB, dan diatas itu mengharuskanmu untuk bayar. Kemudian, plugin ini juga mengharuskan kamu untuk menginstal WordPress secara manual di lokasi baru. 

Duplicator

Duplicator ini adalah salah satu plugin migrasi WordPress yang memiliki lebih dari 20 juta download. Tidak seperti All-In-One WP migration, Duplicator bisa membantu user WordPress untuk migrasi, copy, pindah, ataupun klon site dari satu lokasi sebelumnya ke site selanjutnya dan juga menawarkan simple backup utility

plugin migrasi
Duplicator (Source: screenshot website)

Selain itu, Duplicator hanya memiliki beberapa langkah untuk memindahkan semua file ke hosting baru. Kemudian, plugin migrasi WordPress yang ini hanya membutuhkan satu klik untuk memilih file atau item yang ingin kamu unduh dan download, jadi akan sangat pas untuk kamu yang sedang mencari plugin yang aman serta cepat dan tidak ribet. 

Selanjutnya, Duplicator ini memiliki dua versi; free dan premium dan keduanya sangat berguna untuk membantu migrasi di level-level tertentu. 

BackupBuddy 

BackupBuddy merupakan salah satu plugin migrasi yang sudah memiliki pelanggan setia karena telah ada sejak tahun 2010. Plugin Migrasi WordPress kali ini memiliki fitur backup, restorasi, serta migrasi  yang sudah terjadwal secara otomatis di dalam satu paket tertentu. 

Dengan demikian, kamu bisa memilih jadwal untuk backup, apa yang di backup, dan dimana lokasi storage nya secara mandiri. Kemudian, BackupBuddy juga bisa mentransfer website milikmu menggunakan complete WordPress backup. 

Namun, plugin migrasi yang ini tidak mendukung multisite di WordPress dan fitur restorasi serta migrasi nya akan sedikit sulit untuk pemula. 

Migration Guru 

Migration Guru adalah plugin migrasi WordPress yang didirikan oleh Blog Vault, salah satu solusi untuk WordPress backup yang populer. Migration Guru menawarkan “one-clicl integration” sehingga mempercepat perpindahan website dari satu hosting ke hosting selanjutnya. 

Kemudian, salah satu kelebihan Migration Guru adalah dia bisa menyederhanakan migrasi meskipun websitemu memiliki network multisite yang besar, contohnya website yang memiliki 200GB pun tidak dipermasalahkan oleh Migrate Guru. Dan lebih enaknya lagi, Migration Guru ini tidak memungut biaya lho, jadi gratis untuk dipakai. 

Akan tetapi, plugin migrasi WordPress yang ini tidak mendukung localhost untuk memiliki live website atau localhost transfers. 

WP Migrate DB

WP Migrate DB ini merupakan plugin migrasi WordPress yang bisa membuat ekspor dan migrasi database secara cepat, gampang, dan mudah. Hal tersebut dikarenakan setiap migrasi hanya melalui tiga langkah, yaitu ; (1) mencari dan menggantikan data yang diinginkan di interface WP Migrate DB, (2) ekspor SQL, dan (3) impor ke database baru menggunakan tool seperti phpMyAdmin. 

plugin migrasi
WP Migrate DB (Source: screenshot website)

Oleh karena itu, fitur tersebut sangat pas untuk para developer website. Kemudian, plugin migrasi WordPress yang ini bisa backup data kamu yang sudah ada di database sebelum menggantikannya dengan yang baru. 

Akan tetapi, sayangnya, plugin WordPress ini membutuhkan kamu untuk bayar disaat ingin menyelesaikan migrasi dan kamu akan membutuhkan beberapa add on yang berbayar. 

Baca Juga  WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali Fitur Terbarunya, Yuk!

UpDraftPlus

Plugin migrasi WordPress yang ke-enam adalah UpdraftPlus. UpdraftPlus ini sering sekali digunakan sebagai tool backup, akan tetapi plugin ini memiliki kapabilitas yang lebih karena bisa menyederhanakan segala proses. Contohnya, plugin ini hanya membutuhkan toblok satu klik untuk melakukan backup untuk semua file di dalam website. Setelah itu restorasi bisa dilakukan di site yang sama atau dimanapun yang kamu mau. Semua bisa dilakukan dengan satu tombol saja. 

plugin migrasi
UpdraftPlus (Source: screenshot website)

Plugin ini sering menarik perhatian pemilik website WordPress karena bisa menyelesaikan backup dengan layanan cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive. 

Akan tetapi, untuk mengakses tool migrasi untuk memindahkan website, kamu harus bayar versi premium nya terlebih dahulu. Juga, untuk mengakses migrasi tersebut, kamu harus menginstal WordPress terlebih dahulu di destinasi server baru. 

JetPack

JetPack adalah plugin migrasi WordPress yang ke-tujuh yang merupakan plugin website yang masif dan juga memiliki fitur backup. Fitur tersebut dinamakan VaultPress yang sebelumnya di jual sebagai produk yang berbeda. Namun sekarang, VaultPress termasuk dalam Backup jetPack dan bisa mengembalikan website WordPress milikmu dan memindahkannya ke server hosting yang baru. 

Plugin JetPack ini menawarkan backup dan pengembalian yang gampang untuk WordPress di lokasi baru karena memiliki fitur satu-klik. Kemudian, plugin tersebut juga memiliki fitur sekuritas sehingga backup website akan dijalankan secara lancar. Sebagai tambahan juga, semua data disimpan di cloud storage alhasil kamu tidak harus mengunduh ulang backup secara manual disaat sedang migrasi. 

Namun, proses set-up nya mungkin bakal agak sulit untuk para pemula dan mengharuskan kamu untuk memiliki dua plugin yang berbeda; JetPack dan akun WordPress. 

Backup Guard

Backup Guard merupakan salah satu plugin backup dan migrasi WordPress yang komplit. Plugin tersebut menawarkan cara termudah untuk mengembalikan, backup serta migrasi sebuah website WordPress. Tidak hanya itu, Backup Guard memiliki set fitur serta interface yang minimalis sehingga bisa menarik banyak pengguna. 

plugin migrasi wordpress
Backup Guard (source : screenshot website)

Backup Guar memiliki dua penawaran; plugin yang free dan berbayar. Yang gratis memungkinkan kamu untuk melakukan backup file, restore site dan mengunduh file tersebut ke Dropbox dan beberapa lokasi lainnya. Kemudian jika kamu meningkat ke versi premium, kamu bisa menggunakan fitur migrasi nya. Versi premium nya berada di RP. 145,000.00  per bulan. 

Meskipun berbayar, fitur yang ditawarkan sangat banyak dan bisa menutupi biayanya. Contohnya, kamu bisa menggunakan backup, restorasi, serta site yang tidak terbatas. Kemudian kamu juga bisa migrasi seberapa banyak dan bisa menjadwalkan waktu untuk backup. 

WP Clone 

WP Clone merupakan plugin migrasi WordPress yang bagus untuk mengkloning dan migrasi website WordPress dari satu site ke domain atau server hosting selanjutnya. Dengan WP clone, kamu juga bisa mengkreasi backup untuk website. 

plugin migrasi WordPress
WP Clone (source: screenshot Website)

Kemudian,plugin migrasi yang ini tidak mengharuskanmu untuk mengakses FTP untuk melakukan backup, migrasi, atau kloning.Selanjutnya,  karena WP Clone tidak mengembalikan sistem file WordPress, hal tersebut mengurangi waktu untuk migrasi alhasil meningkatkan keamanan untuk website. Yang terakhir, WP Clone juga melakukan backup melalui http connection host sebelumnya sehingga tidak akan memakan waktu jika harus mengunggah file backup yang besar dan menggamangkan migrasi. 

Penutupan 

Dengan demikian, itulah 9 rekomendasi plugin migrasi WordPress yang terpercaya dan aman untuk dipakai sebagai plugin untuk migrasi website WordPress milikmu dari hosting sebelumnya ke hosting yang baru. Setiap plugin yang tertera tentunya memiliki kemampuan yang berbeda dan mencakup range yang berbeda. Jadi, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan status website WordPress yang dimiliki sekarang. 
Jangan lupa untuk cek paket kece yang ditawarkan oleh Exabytes untuk WordPress Hosting ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments