13+ Situs Tempat Jual Foto Online, Bayarannya Tinggi!

516
Situs Tempat Jual Foto Online
12 min read

Exabytes Friends memiliki stok foto yang menumpuk di kamera dan ingin mendapatkan cuan dari foto tersebut? Maka cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan menjualnya sebagai lisensi atau hak cipta melalui berbagai tempat jual foto online. 

Dengan beragamnya situs penyedia jual beli foto online yang ada di internet saat ini, mungkin kalian akan bingung untuk menentukan pilihan yang tepat. Oleh karena itu, artikel ini hadir dalam membantu Exabytes Friends dengan memberikan 13+ rekomendasi tempat jual foto online terbaik.

Rekomendasi Tempat Jual Beli Foto Online

13+ Situs Tempat Jual Foto Online, Bayarannya Tinggi! - 2022
Mengunggah karya foto kita pada situs jual beli foto online dapat menghasilkan pundi pundi uang dengan jumlah yang lumayan. (Sumber: ShutterStock)

Berikut akan disajikan 14 platform terbaik yang menyediakan jasa jual beli foto online. Yuk, simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini! 

1. ShutterStock

tempat jual foto online: shutterstock

Adakah yang belum mengenal ShutterStock? Platform penyedia stok gambar, vektor, foto, video, dan musik satu ini sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan ShutterStock diklaim sebagai platform foto yang paling disukai oleh fotografer dan penikmat seni. 

ShutterStock menyediakan lebih dari 360 juta foto dengan kualitas premium dan otentik. Jenis foto yang terpajang pada ShutterStock ada yang eksklusif dan non-eksklusif. Dengan pangsa pasar yang sangat global dan pengguna yang sangat masif, ShutterStock sangat cocok digunakan bagi kalian para fotografer yang ingin memperoleh tambahan pundi-pundi rupiah. 

Meskipun ShutterStock bukan platform yang berasal dari Indonesia, tetapi penggunanya yang berasal dari Indonesia selalu meningkat sekitar 49% dalam setiap tahun. So, sangat menggiurkan bukan pangsa pasar yang dimiliki oleh ShutterStock?

tempat jual foto online: shutterstock

Apabila Exabytes Friends berniat ingin menjual foto atau gambar di ShutterStock, maka kalian harus mendaftar sebagai kontributor terlebih dahulu. Langkah-langkah yang disyaratkan agar terdaftar sebagai kontributor ShutterStock pun tergolong mudah dan tidak rumit. Kalian hanya perlu melakukan: 

  Mendaftar pada link berikut dengan mengisi beberapa identitas diri seperti nama, alamat email, dan password.

  Melakukan verifikasi akun yang telah didaftarkan. 

Setelah itu, akun kontributor kalian telah aktif dan dapat digunakan untuk mengunggah foto dan gambar. Berikut sedikit tips untuk mengunggah foto yang baik pada ShutterStock: usahakan mengunggah gambar dengan resolusi paling rendah 4 Megapixel, dan cantumkan deskripsi gambar dalam bahasa inggris.

Berapa sih upah yang didapat dengan menjadi kontributor ShutterStock? Upah tersebut dihitung berdasarkan jumlah unduhan yang didapat untuk masing-masing foto yang kalian unggah. Upah per unduhan yang diterapkan oleh ShutterStock adalah $0.10 (berdasarkan data terakhir tahun 2020).

tempat jual foto online: shutterstock

Untuk persentase bagi hasil dari royalti gambar sebenarnya sudah cukup menguntungkan kontributor, yakni berkisar antara 15% (level 1) hingga 40% (level 6).

Kelebihan lain dari ShutterStock adalah menyediakan Dashboard pengunggah gambar yang dapat diakses melalui desktop dan mobile. Tips tambahan agar foto yang kalian unggah dapat dikurasi oleh ShutterStock, apabila pada foto terdapat model atau talent maka kalian harus melampirkan serta form model release (izin dari orang yang ada di foto).

Apa saja yang bisa dijual melalui ShutterStock? 

  Gambar ilustrasi atau vektor dengan format eps 8 atau 10.

  Foto-foto editorial (kategori news, sport, dan entertainment) atau foto-foto umum (pemandangan, desain, dan lainnya).

  Video Footage dengan durasi singkat hanya 5 hingga 60 detik.

  Aransemen musik yang dapat digunakan sebagai backsound.

Untuk metode pencairan uang yang disediakan oleh ShutterStock meliputi PayPal, Monetskyrill, dan Bank Check. Gimana nih udah tertarik mendaftar sebagai kontributor di ShutterStock?

2. Getty Images

tempat jual foto online: Getty Images

Tempat jual foto online yang direkomendasikan berikutnya adalah Getty Images. Meskipun platform satu ini tidak sepopuler ShutterStock, tetapi Getty Images memiliki total pengguna yang tak kalah banyak, yaitu 1,5 juta pelanggan yang tersebar pada 200 negara. 

Pangsa pasar dari Getty Images yaitu para brand atau penerbit profesional yang membutuhkan foto eksklusif dengan kualitas dan resolusi tinggi. Oleh karena itu, foto dan gambar yang diunggah ke Getty Images tidaklah kaleng-kaleng. Sebagian besar adalah foto otentik, unik, ciamik, dan sulit ditemukan pada platform tempat jual foto online lainnya.

tempat jual foto online: Getty Images

Sama seperti ShutterStock, untuk mendapatkan tambahan pemasukan melalui Getty Images, kalian harus mendaftar sebagai kontributor terlebih dahulu. Langkah-langkah yang disyaratkan agar terdaftar sebagai kontributor Getty Images pun tergolong mudah dan tidak rumit. Kalian hanya perlu melakukan:

  Syarat pertama untuk mendaftar sebagai kontributor Getty Images adalah harus berusia minimal 18 tahun.

  Apabila memenuhi syarat, selanjutnya kalian dapat mengunduh aplikasi Getty images pada App Store atau Google Play.

  Mengunggah portofolio berupa 3 hingga 6 contoh foto, gambar, video, atau ilustrasi desain melalui tautan YouTube.

  Selanjutnya pihak Getty Images akan menilai dan meninjau portofolio yang kalian kirimkan dan akan berkabar mengenai hasilnya (diterima sebagai kontributor atau tidak). 

Namun perlu dicatat bahwa persaingan untuk lolos menjadi kontributor Getty Images sangatlah ketat. Karena saat ini pun telah ada sekitar 200.00 kontributor aktif dan berbakat mulai dari pemula, seniman ulung, atau fotografer paruh waktu.

Harga yang dibanderol oleh Getty Images untuk tiap unduhan adalah $110 hingga $499. Nantinya kontributor akan memperoleh bagi hasil royalti sebesar 20%.

3. Adobe Stock

tempat jual foto online: Adobe StockAdobe sebagai perusahaan raksasa penyedia software komputer saat ini telah memiliki pengguna yang sangat masif dan tersebar secara global. Berbagai software desain dan visual besutan dari Adobe tentunya sudah banyak menemani lika-liku perjalanan karir para designer, fotografer, dan illustrator. Salah satu software tersebut adalah Adobe Stock.

Adobe Stock direkomendasikan sebagai tempat jual foto online karena memiliki keunggulan yaitu terintegrasi dengan berbagai tools Adobe, seperti Photoshop, Illustrator, Lightroom, InDesign, Flash, Dreamweaver, dan lainnya. 

tempat jual foto online: Adobe Stock

Tips agar foto yang diunggah dapat diterima oleh Adobe Stock:

  Foto yang diunggah menggunakan format .JPEG.

  Memiliki resolusi sebesar 4 Megapixel (minimal) hingga 100 Megapixel (maksimal).

  Ukuran foto atau gambar yang diunggah maksimal 45MB.

Kelebihan lain dari Adobe Stock yaitu menyediakan tools untuk melakukan optimasi foto, seperti mengatur kata kunci dan alt text image agar foto dapat menggaet banyak pelanggan. Adobe Stock juga menyediakan dashboard khusus kontributor untuk memudahkan dalam proses unggah foto melalui mobile dan desktop. 

Jenis stock foto yang paling laku di Adobe Stock adalah foto acara tahunan, foto trends, foto makanan, landscape, dan foto produk yang unik. Namun kalian memerlukan tips foto produk untuk menciptakan foto yang otentik agar dilirik oleh Adobe Stock. 

tempat jual foto online: Adobe stock

Harga yang dibanderol oleh Adobe Stock dalam setiap unduhan adalah $43.3 hingga $26.40. Dengan pembagian royalti sebesar 30% (royalti foto) hingga 35% (royalti video) untuk kontributor. So, masih ragu untuk memilih Adobe Stock?

4. Foap

tempat jual foto online: FoapRekomendasi tempat jual foto online pilihan Exabytes selanjutnya adalah Foap. Hadir sebagai sebuah aplikasi yang dapat kalian unduh pada App Store dan Google Play, Foap telah menjadi platform sejuta umat untuk menjual foto. 

Hal tersebut dikarenakan Foap menawarkan penghasilan dengan jumlah yang tidak main-main. Terdapat sebuah bukti nyata bahwa seorang pria asal California memperoleh total pendapatan hingga sebesar Rp45.000.000 dalam kurun waktu kurang dari setahun melalui Foap. 

tempat jual foto online: Foap

Harga dari menjual foto pada Foap dipatok secara beragam. Mulai dari $5 untuk setiap foto yang kalian unggah dan berhasil memperoleh pelanggan. Lalu $100 hingga $2.500 untuk setiap kontributor yang dapat menyelesaikan misi khusus dari Foap.

Foap juga dapat digunakan melalui smartphone sehingga sangat memudahkan kontributor. Oleh karena itu, bagi Exabytes Friends yang menimbun banyak foto di smartphone, yuk kirimkan pada Foap agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan jumlah fantastis.

5. Alamy 

tempat jual foto online: Alamy 

Makan nasi bareng Anya.

Yuk, kita tengok rekomendasi selanjutnya.

Nah, kali ini Exabytes merekomendasikan Alamy sebagai salah satu tempat jual foto online yang menarik. Digadang-gadang sebagai platform dengan royalti paling tinggi, berapa sih sebenarnya proporsi hasil bagi di Alamy? 

Ternyata, Alamy menawarkan pembagian royalti hingga 50% ke kontributor, loh! Sangat menggiurkan bukan? Tidak heran jika platform satu ini telah merambah hingga ke 173 negara dengan konsisten menambahkan 100.000 gambar baru tiap harinya.

Untuk biaya yang dipasang Alamy tiap unduhan foto berkisar antara $19.99 hingga $639.99. Bahkan Alamy memiliki promo menarik bagi kalian yang masih pelajar. Karena untuk kontributor pelajar, dapat menikmati royalti penuh 100% selama dua tahun pertama.

6. Dreamstime

tempat jual foto online: Dreamstime

Tempat jual foto online yang telah berdiri sejak tahun 2000 ini telah berhasil menghipnotis 34 juta pengguna untuk berkontribusi di dalamnya. Dari 34 juta pengguna tersebut, 700.000 diantaranya adalah kontributor aktif yang masih setia mengisi halaman demi halaman Dreamstime dengan karya foto mereka.

Sebagai platform foto yang hype dan kekinian, Dreamstime menerima bervariasi karya mulai dari gambar desain, foto, ilustrasi, ikon, vektor, video, hingga klip suara. Skema royalti yang ditawarkan oleh Dreamstime pun sangat fleksibel tergantung dari jenis konten yang diunggah dan jumlah unduhan yang diperoleh.

tempat jual foto online: Dreamstime 

Dreamstime sendiri memiliki syarat kontrak kerja yaitu kontributor harus bersedia menjalani komitmen 6 bulan untuk terus mengunggah karya mereka di Dreamstime. Selama masa 6 bulan awal di Dreamstime, kalian belum menerima royalti karena karya foto yang kalian unggah terhitung sebagai portofolio. 

Apabila telah melewati tenggat waktu 6 bulan, maka kalian sudah bisa memulai untuk menjaring pundi-pundi rupiah melalui pembagian royalti. Pembagian royalti di Dreamstime terbagi menjadi dua kelompok, yakni kontributor eksklusif (memperoleh royalti 27,5% hingga 55%) dan kontributor non-eksklusif (memperoleh royalti 25% hingga 50%).

7. FreeDigitalPhotos.net

FreeDigitalPhotos hadir sebagai rekomendasi tempat jual foto online berikutnya. Platform asal Hongkong ini cenderung memiliki strategi marketing yang unik dan menarik. Awalnya foto yang terunggah di platform ini akan ditawarkan kepada pembeli secara gratis dengan resolusi sangat rendah. 

Nah, apabila pembeli ingin mendapatkan foto dengan resolusi premium dan terbaik, maka mereka harus membeli dengan sejumlah biaya tertentu. Kelebihan dari FreeDigitalPhotos adalah memberikan royalti kepada kontributornya dengan nominal yang sangat fantastis (pembagian 70% kepada kontributor). 

Harga foto yang ditawarkan oleh FreeDigitalPhotos terbagi berdasarkan tingkat resolusi. Semakin tinggi tingkat resolusi yang diinginkan pembeli, maka harga yang dipatok juga semakin mahal.

8. Depositphotos

tempat jual foto online: Depositphotos

Mencari tempat jual foto online untuk menambah penghasilan dengan persyaratan yang tidak terlalu ribet? Maka Depositphotos dapat menjadi salah satu pilihan mutlak bagi Exabytes Friends. 

Depositphotos memiliki regulasi sistem pembayaran yang sedikit berbeda dengan platform jual foto lainnya. Di mana platform ini menerapkan pembayaran kepada kontributor berdasarkan pengalaman dan resolusi foto yang berhasil didapatkan. 

Jadi, patokan dari Depositphotos untuk membayar kontributor tidak dinilai dari banyaknya jumlah unduhan. Untuk besaran komisi yang ditawarkan oleh Depositphotos berkisar antara 34% hingga 42%.

9. iStockphoto

tempat jual foto online: iStockphoto

Kali ini kita bakal membahas platform jual beli foto online yang sudah sangat populer dan menjadi incaran bagi para fotografer untuk menjual karya mereka. Jumlah pelanggan iStockphoto sendiri telah mencapai 1,5 juta selama setahun terakhir.

Mirip dengan platform lainnya, iStockphoto juga mewajibkan kalian mendaftar sebagai kontributor terlebih dahulu untuk dapat mengunggah foto. Berikut cara mendaftar sebagai kontributor di iStockphoto: 

  Melakukan registrasi pada laman iStockphoto dengan mengisi beberapa identitas diri, seperti nama, alamat email, dan asal negara.

  Mengunggah setidaknya 3 hingga 5 foto untuk di-review terlebih dahulu oleh iStockphoto.

  Waktu tunggu selama 5 hari hingga 7 hari hingga foto kalian dapat dikurasi dengan optimal oleh tim iStockphoto.

  Pemberitahuan kelolosan menjadi kontributor akan dikabarkan selanjutnya melalui email.

iStockphoto sebagai jajaran terdepan platform foto paling populer tentunya memiliki kriteria khusus dalam memilih foto dan gambar dari kontributor. Persyaratannya adalah: 

  Foto minimal harus memiliki resolusi 720×960 pixels hingga 9000×9000 pixels.

  Memiliki format JPG, JPEG, atau PNG.

  Memastikan bahwa foto yang terunggah memiliki kualitas number one dan tanpa noise.

tempat jual foto online: iStockphoto

Sedikit tips bagi Exabytes Friends yang tertarik mengirimkan karyanya di iStockphoto, sebaiknya kalian mengirim foto atau gambar dengan tema Custom Content & Creative.

Mengenai royalti yang ditawarkan oleh iStockphoto adalah berkisar antara 15% hingga 45% tergantung dari seberapa eksklusif foto yang dikurasi. 

10. 500px

tempat jual foto online: 500px

500px adalah tempat jual foto online selanjutnya yang direkomendasikan oleh Exabytes. Platform satu ini telah bekerjasama dengan Getty Images dan VCG (Visual China Group) sehingga memiliki pangsa pasar yang global.

500px menyajikan beragam konten gambar untuk kebutuhan komersial (digital campaign) hingga editorial (cover buku atau website). Algoritma yang saat ini dijalankan oleh 500px pun sangat menguntungkan kontributor baru.

Karena platform ini akan menampilkan konten foto dari kontributor baru pada posisi paling atas SERP mereka. Untuk pembagian royalti sendiri, 500px menawarkan proporsi 60% kepada kontributor.

11. Smugmug Pro

tempat jual foto online: Smugsmugpro

Smugmug Pro dinobatkan sebagai jajaran teratas platform foto online dengan bayaran tertinggi. Bagaimana tidak, jumlah royalti yang diberikan oleh Smugmug Pro sendiri berada di angka 85%. Sangat fantastis, bukan?

Itulah mengapa meskipun tergolong baru, namun lini pelanggan Smugmug Pro sudah terhitung banyak dan beragam. Namun kelemahan dari platform ini yaitu jika kontributor ingin bisa mengirim foto, maka mereka harus mendaftar terlebih dahulu sebagai member premium dengan biaya pendaftaran sekitar $12,5 per bulan. 

12. Stocksy

tempat jual foto online: Stocksy

Stocksy adalah sebuah startup yang memiliki core bisnis sebagai tempat jual foto online. Dari beberapa platform foto online lainnya, Stocky memiliki regulasi yang paling demokratis karena bagi hasil royalti foto dilakukan seadil-adilnya. 

Sistem pembayaran yang diberlakukan oleh Stocksy yaitu untuk tiap transaksi unduhan, kontributor akan memperoleh royalti 50%. Sedangkan untuk tiap lisensi yang diperpanjang, royalti yang didapatkan adalah penuh 100%. Selain itu, tiap akhir tahun Stocksy juga akan membagikan 90% dari semua keuntungan yang mereka dapatkan kepada kontributor.

13. EyeEM 

EyeEM hadir sebagai platform foto online dengan konsep yang sangat unik. Exabytes Friends dapat mengunggah foto diri kalian sendiri ke EyeEM dan menjualnya. Selain itu, jenis foto yang menjadi benchmark di EyeEM adalah “Photography Iklan”. 

Untuk sistem pembayaran yang diterapkan oleh EyeEM, kontributor akan mendapatkan komisi hingga 50% untuk tiap unduhan yang mereka dapatkan. 

14. Fotolia

tempat jual foto online: Fotolia

Fotolia adalah platform foto online yang diakuisisi oleh Adobe. Melalui Fotolia, kalian bisa menambah uang jajan dengan mengunggah berbagai foto menarik yang selama ini tertimbun di smartphone dan tak terjamah.

Untuk metode pembayaran di Fotolia terbagi menjadi dua jenis, yaitu Pay-As-You-Go dan Subscription. Untuk Pay-As-You-Go, kontributor akan mendapatkan royalti antara 20% hingga 63%. 

Sedangkan opsi pembayaran Subscription memungkinkan kontributor memperoleh pendapatan 33% setiap ada pelanggan yang membeli konten foto.

Masih Ragu Untuk Mengkomersilkan Hasil Foto Kalian?

Fotografi kian diminati sebagai side hustle oleh generasi muda saat ini. Melalui situs jual beli foto online, kalian dapat menjalani hobi fotografi dan mendapatkan cuan yang menggiurkan dari hobi tersebut. Cara untuk menjadi kontributor di beberapa situs tersebut juga tergolong sangat mudah. 

Namun kalian harus konsisten dan memiliki benchmark yang otentik agar tetap dapat bertahan di pasar mereka. Foto yang kalian unggah pada situs jual beli foto online juga dapat membangun portofolio serta personal branding dari skill fotografi kalian. 

Yuk, segera mulai berkontribusi untuk mengkomersilkan hasil karya fotografi kalian demi mendapatkan pundi-pundi uang tambahan yang fantastis.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rekomendasi tempat jual beli foto online. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan digital marketing, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan jasa desain logo, loh! 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments