Tips & Cara Instal WordPress di Subdomain

0
1075

Sebagian owner bisnis yang ingin memanfaatkan subdomain untuk membangun website profesional mereka. Nah dengan menggunakan WordPress Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah dan Anda juga bisa memiliki kendali penuh atas website tersebut. 

Jika Anda penasaran tentang cara instal WordPress di subdomain dengan tepat, Anda sudah berada di artikel yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan alasan mengapa menggunakan subdomain adalah langkah yang bijaksana dan kami juga akan memberikan tips praktis serta langkah-langkah lengkap untuk menginstal WordPress di subdomain Anda sendiri.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki situs web yang terpisah dari domain utama Anda, memberikan fleksibilitas dan kontrol penuh atas konten yang Anda kembangkan. 

Mari kita mulai perjalanan kita menuju kemudahan dan kesuksesan dalam membangun situs web dengan WordPress di subdomain.

Cara Instal WordPress di Subdomain

Kami akan membahas cara instal WordPress di subdomain melalui dua platform terkenal seperti Plesk dan cPanel. 

Yuk kita mulai!

Cara Instal WordPress di Subdomain Melalui Panel Plesk

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pada pembahasan ini kita akan membahas tiga cara instal WordPress di subdomain dan pembahasan pertama instal WordPress di subdomain melalui panel Plesk.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Login ke halaman Plesk terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan WordPress hosting dari Exabytes, Anda bisa login ke panel Plesk dengan sangat mudah.

Langkah 2: Setelah Anda berhasil masuk ke halaman admin Plesk, tampilannya kurang lebih akan seperti di bawah ini:

cara instal wordpress di subdomain

Langkah 3: Kemudian, carilah tombol Add Subdomain. Biasanya ada di samping tombol Add Domain, tapi semua itu tergantung versi panel Plesk yang Anda gunakan.

cara instal wordpress di subdomain

Langkah 4: Isi nama subdomain yang ingin Anda gunakan di kolom “Subdomain name”. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan subdomain “blog” untuk instalasi WordPress, masukkan “blog” di kolom tersebut.

Tips & Cara Instal WordPress di Subdomain - 2024

Langkah 5: Pada bagian “Document root”, tentukan direktori tempat WordPress akan diinstal. Misalnya, jika Anda ingin menginstal WordPress di direktori “/httpdocs/blog”, masukkan “blog.eriga.my.id” di kolom tersebut. 

Catatan: Pastikan direktori ini kosong atau tidak berisi file penting, karena instalasi WordPress akan menggantikan file-file yang ada.

Langkah 6: Setelah selesai mengisi informasi tersebut, klik tombol “OK” atau “Create” untuk membuat subdomain.

Langkah 7: Kembali ke halaman utama Panel Plesk, cari dan klik “Websites & Domains”, scroll sampe menemukan halaman subdomain yang sudah kita buat sebelumnya.

Tips & Cara Instal WordPress di Subdomain - 2024

Langkah 8: Di halaman subdomain tersebut, scroll dan cari install application. 

Tips & Cara Instal WordPress di Subdomain - 2024

Langkah 9: Pilih WordPress.

Tips & Cara Instal WordPress di Subdomain - 2024

Langkah 10: Isi detail informasi yang diminta,lalu klik tombol “Install”  untuk memulai proses instalasi WordPress. Tunggu hingga proses selesai.

Tips & Cara Instal WordPress di Subdomain - 2024

Langkah 11: Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat pesan yang mengkonfirmasi bahwa WordPress berhasil diinstal pada subdomain.

Langkah 12: Sekarang, Anda dapat mengakses subdomain WordPress yang baru saja Anda install melalui URL seperti “http://subdomain.domainutamaanda.com”. Ganti “subdomain” dengan nama subdomain yang Anda buat dan “domainanda.com” dengan domain yang Anda gunakan.

Itulah langkah-langkah untuk menginstal WordPress pada subdomain di Plesk. Pastikan Anda telah membuat subdomain terlebih dahulu sebelum menginstal WordPress. Semoga berhasil!

Cara Instal WordPress di Subdomain Melalui cPanel

Sebenernya untuk cara instal WordPress di subdomain melalui cPanel ada tiga cara yang mudah. Mulai dari instalasi manual yang menyeluruh hingga penggunaan Softaculous atau WordPress Toolkits yang praktis, Anda memiliki pilihan untuk metode yang manapun. 

Tapi dalam panduan ini, kami akan membagikan langkah-langkah instalasi WordPress melalui Softaculous dan WordPress Toolkits, yang merupakan opsi terbaik untuk memudahkan proses instalasi. 

Jadi, pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi Anda dan mulailah membangun situs web impian Anda!

Cara Instal WordPress di Subdomain Melalui Softaculous

Cara yang pertama melalui softaculous, dengan Softaculous Anda tidak perlu lagi repot mengunggah file installer CMS, mengkonfigurasi database, atau menyentuh hal-hal rumit lainnya.

Di artikel ini kami akan menjelaskan cara instal WordPress di Subdomain menggunakan Softaculous Apps Installer, yang akan membawa pengalaman instalasi ke level yang lebih mudah dan menyenangkan.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke cPanel dan buat subdomain disana, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang panduan membuat subdomain di cPanel.

Langkah 2: Setelah berhasil membuat subdomain, klik menu Software > Softaculous Apps Installer.

Langkah 3: Akan muncul daftar CMS yang tersedia, kita pilih WordPress.

Langkah 4: Klik menu software setup, nah dibagian choose domain pilih subdomain dan dibagian direktori dikosongkan saja.

Keterangan:

  • Choose Protocol: Anda memiliki kebebasan untuk memilih protokol default URL yang ingin digunakan. Apakah Anda ingin menggunakan HTTPS atau HTTP? Apakah ingin menyertakan “www” atau tidak? Sesuaikan dengan preferensi Anda.
  • Choose Domain: Di sini, Anda dapat memilih nama domain atau subdomain tempat Anda ingin menginstal WordPress. Jadikan tempat ini sebagai rumah yang sempurna untuk situs web Anda.
  • In Directory: Jika Anda ingin menginstal WordPress pada subdirectory di subdomain, Anda dapat menentukan direktori tersebut di sini. Misalnya, untuk keperluan pengembangan, Anda dapat menggunakan “blog.namadomain/dev” sebagai direktori. Jika tidak, biarkan kolom ini kosong.
  • Site Name dan Site Description: Berikan identitas pada situs web Anda dengan memberi nama dan deskripsi singkat yang sesuai. Biarkan mereka mencerminkan karakteristik unik yang akan Anda tampilkan.
  • Enable Multisite: Jika Anda tidak berniat menggunakan fitur Multisite WordPress, biarkan opsi ini tetap tidak dicentang seperti pada pengaturan default.
  • Disable wordpress cron: Jika Anda tidak perlu mematikan WordPress Cron, biarkan opsi ini tetap tidak dicentang.
  • Admin Username & Password: Tentukan nama pengguna dan kata sandi yang akan digunakan untuk akun admin WordPress Anda. Pastikan untuk memilih kombinasi yang kuat untuk menjaga keamanan situs Anda.
  • Alamat Email: Masukkan alamat email yang akan digunakan sebagai akun admin. Alamat ini akan digunakan untuk mengirimkan email reset password jika Anda lupa kata sandi nantinya.
  • Select Plugin: Jika Anda memiliki plugin tertentu yang ingin diinstal sekaligus, pilih plugin tersebut di sini. Namun, jika Anda ingin memilihnya nanti, biarkan opsi ini mengikuti pengaturan default.
  • Choose Language: Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk WordPress. Jika Anda ingin menggunakan bahasa Inggris, biarkan pengaturan default.
  • Choose Thema: Anda dapat memilih tema yang ingin digunakan saat ini. Jika Anda tidak memilih, WordPress akan menginstal tema default. Namun, ingat bahwa Anda masih dapat mengganti tema nanti melalui dashboard setelah instalasi selesai.
  • Email installation details to: Masukkan alamat email di sini untuk menerima rincian instalasi WordPress setelah proses instalasi selesai. Dengan begitu, Anda akan memiliki informasi penting tentang instalasi situs web Anda dalam genggaman Anda.

Langkah 5: Klik instal dan tunggu proses instalasinya.

Langkah 6: Jika berhasil maka akan muncul “Congratulations, the software was installed successfully”.

Cara Instal WordPress di Subdomain Melalui WordPress Toolkit

Cara kedua yaitu menggunakan WordPress toolkit, dengan menggunakan WordPress Toolkits, Anda dapat melakukan berbagai tugas, mulai dari instalasi WordPress, pemasangan plugin, pemasangan tema, hingga akses langsung ke dasbor situs dengan cepat dan tanpa kesulitan.

Langkah 1: Login ke cPanel Hosting Anda, pastikan Anda memiliki akses ke panel kontrol cPanel yang disediakan oleh penyedia hosting Anda.

Langkah 2: Setelah masuk ke cPanel, temukan dan klik opsi “WordPress Toolkits”. Biasanya, Anda akan menemukannya di bagian “Aplikasi” atau “Software”.

Langkah 3: Di menu WordPress Toolkits, cari dan klik tombol “Install” untuk memulai proses instalasi WordPress pada subdomain yang ingin Anda gunakan.

Langkah 4: Pilih subdomain yang akan Anda pasang WordPress dan isi keterangan yang akan ditampilkan website.

Langkah 5: Setelah semuanya terisi, klik tombol instal dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Langkah 6: Jika sudah berhasil, akan muncul instalasi WordPress yang sudah Anda lakukan.

Bagaimana mudah bukan? Jika Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka Anda sudah bisa mengelola website yang ada di subdomain tersebut.

Panduan Mudah Instalasi WordPress di Subdomain Melalui Platform Plesk dan cPanel

Dalam artikel ini, kita telah mengetahui langkah mudah untuk menginstal WordPress di subdomain menggunakan Plesk dan cPanel. Dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh kedua platform ini, Anda dapat dengan cepat membangun situs web yang menarik dan fungsional di subdomain pilihan Anda. 

Tidak perlu khawatir tentang proses teknis yang rumit, karena panduan langkah demi langkah telah memastikan kesuksesan instalasi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman WordPress hosting yang optimal, kami merekomendasikan untuk menggunakan layanan web hosting khusus untuk WordPress dari Exabytes Indonesia.

Dengan layanan mereka yang andal, kecepatan yang tinggi, dan dukungan teknis yang responsif, Anda dapat memastikan situs web WordPress Anda berjalan dengan lancar dan efisien.

Jadilah bagian dari komunitas Exabytes Indonesia dan mulailah membangun kehadiran online yang mengesankan hari ini, layanan Exabytes Indonesia juga telah memiliki sertifikat ISO 27001, jadi lebih mneyakinkan bukan?

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments