Apa Itu Link Phishing? Tips Aman Mengenali dan Menghindarinya!

0
147

Sebenarnya apa itu link phishing dan mengapa kamu harus mewaspadainya?

Phising adalah salah satu bentuk kejahatan di dunia siber yang sudah banyak memakan korban. Oleh sebab itu, pengguna internet harus berhati-hati apabila mendapatkan tautan dan tidak terburu-buru membuka tautan tersebut.

Tentang Apa Itu Link Phishing

Tentang Apa Itu Link Phishing

Apa itu link phishing dan apa dampaknya bagi mereka yang terlanjur membuka tautan tersebut? Phishing adalah tindakan kejahatan siber melalui tautan yang mengatasnamakan organisasi, perusahaan, atau pihak tertentu. Tautan dibuat seolah berasal atau dikirimkan oleh pihak kredibel untuk menarik perhatian korban.

Tujuan dari pembuatan tautan (link) tersebut adalah mengambil data pribadi korban yang bukan tidak mungkin akan digunakan untuk tindak kejahatan.

Sering menemukan tautan yang kamu curigai sebagai link phishing? Kejah tan elektronik ini memancing korban untuk membuka tautan tersebut baik yang dibagikan di email maupun media lain, termasuk WhatsApp.

Sayangnya, siapapun berisiko terkena penipuan tersebut. Oleh karena itu, setiap orang harus selalu berhati-hati dan tidak sembarang membuka tautan, terlebih yang dibagikan oleh pihak yang tidak dikenal.

Ciri-ciri Link Phishing

Meski sudah mengetahui apa itu link phishing dari penjelasan di atas, namun apakah kamu bisa dengan cepat mengenali ciri-cirinya? 

Untuk berjaga-jaga dan tidak sembarangan dalam menggunakan internet, termasuk saat menerima pesan dari orang yang tidak dikenal dan saat mengakses situs web tertentu, kenali ciri-ciri link phishing berikut:

  • Pesan mengatasnamakan instansi, organisasi, perusahaan, atau pihak yang sudah dikenal luas, seperti bank atau perusahaan penyedia layanan telekomunikasi
  • Berisi kata-kata yang mengejutkan atau mendesak, misalnya “Selamat! Anda berhak mendapatkan hadiah 100 juta” atau “Perangkat Anda terinfeksi virus”
  • Mencantumkan tautan palsu yang tampak dikirim oleh pihak kredibel
  • Berisi file berbahaya berupa dokumen bukti transfer palsu atau apk yang secara otomatis akan terpasang di perangkat
  • Tidak menyebutkan nama penerima
  • Meminta informasi pribadi yang bersifat sensitif, seperti nomor rekening, password, nama pengguna, dan lainnya
  • Berisi konten yang tidak sesuai dengan situs resmi pihak kredibel
  • Kredensial akun tetap terbaca meski salah
  • Terdeteksi sebagai situs web yang tidak aman dengan munculnya peringatan “connection is not secure” atau sejenisnya di browser

Cara Menghindari Link Phishing

Cara Menghindari Link Phishing

Ya, apa itu phishing adalah tindak kejahatan yang tersebar luas dan bisa mengancam siapa saja. Akan tetapi, kamu bisa melakukan beberapa cara agar terhindar dari kejahatan tersebut, termasuk:

Menjaga Data Pribadi

Bagaimana cara agar terhindar atau tidak menjadi korban penipuan melalui tautan phising? Kamu bisa memastikan semua data pribadi, terutama yang bersifat sensitif tetap terjaga. Internet memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dewasa ini dengan berbagai aktivitas yang memerlukan koneksi internet. 

Namun bukan berarti kamu tidak bijak dalam menggunakannya. Sebagai pengguna internet, jaga dengan baik data pribadi. Jadi, pastikan untuk tidak pernah membagikan data dengan sembarangan orang, termasuk kode OTP. 

Hindari mencantumkan nomor telepon sembarangan, terlebih jika tidak ada kebutuhan penting. Misalnya, mencantumkan nomor telepon di media sosial yang bisa dilihat orang pengguna media sosial lain yang bahkan kamu tidak mengenalnya.

Ini membuktikan bahwa mengetahui dan mewaspadai apa itu link phishing sangat penting bagi setiap individu.

Hindari Sembarangan Klik Tautan

Terkadang rasa penasaran membuat kamu bertindak ceroboh sehingga akhirnya mengklik tautan yang ada di email atau pesan masuk. Tapi, tahukah kamu hal tersebut bisa membuka peluang bagi orang lain untuk mendapatkan informasi pribadi?

Agar terhindar dari tautan phishing, sebaiknya hindari membuka tautan, terutama yang datang dari pengirim yang tidak dikenal. Namun, apabila kamu ingin memastikan keamanan tautan tersebut, arahkan kursor mouse ke tautan tanpa harus mengkliknya. Lihat URL tersebut untuk mengetahui kemana tujuan tautan tersebut.

Cek Nama Domain

Agar terhindar dari link phising, mengapa tidak mengecek nama domain di  tautan tersebut? Pengecekan tersebut bertujuan mengetahui siapa pemilik domain tersebut. 

Who Is adalah situs kredibel yang banyak digunakan untuk mengecek nama domain. Sehingga memungkinkan pengguna mengetahui nama pendaftaran, alamat email, dan keterangan lain. Hal tersebut akan membantu dalam memastikan keaslian tautan sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan.

Apabila belum pernah melakukan pengecekan tersebut, kamu bisa mencoba cara cek domain ini.

Berhati-hati saat Menerima dan Membaca Email

Email menjadi salah satu media yang banyak digunakan untuk mengirimkan link phising. Apabila kamu mendapatkan email masuk, perhatikan dengan baik siapa pengirim email tersebut dan cermat dalam membaca isi email.

Apakah pengirim mengatasnamakan suatu perusahaan atau institusi? Apabila kamu tidak merasa pernah terhubung dengan institusi tersebut dengan alasan apapun, artinya kamu harus berhati-hati. 

Misalnya, kamu tiba-tiba mendapatkan email dari pihak yang berpura-pura sebagai perwakilan bank tertentu namun kamu bukan nasabah bank tersebut. 

Bisa jadi email tersebut dikirim oleh penipu untuk tujuan phising agar kamu melakukan tindakan seperti yang mereka harapkan. Misalnya dengan mentransfer sejumlah uang, membagikan data pribadi, atau tindakan lain yang merugikan kamu di kemudian hari.

Gunakan Layanan Hosting Terpercaya

Saat ini, situs web menjadi kebutuhan bagi banyak orang seiring dengan pertumbuhan internet. Apabila kamu hendak menjalankan bisnis online dengan membangun situs web, pastikan keamanan situs akan tetap terjaga. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir tindak kejahatan berupa link phising.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam menjaga keamanan situs adalah dengan memilih hosting yang tepat. Misalnya dengan memilih layanan hosting dari Exabytes.

Periksa apakah hosting pilihan kamu menawarkan fitur yang dapat membantu meningkatkan keamanan situs. Sehingga data pelanggan akan terjaga dan tetap aman. Hal tersebut akan berdampak pada kenyamanan dan kepercayaan pelanggan.

Gunakan SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu lapisan keamanan yang menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi komunikasi yang terjadi di sebuah situs web.

Dengan SSL, kamu bisa melindungi data sensitif pelanggan agar tidak mudah dicuri pihak tidak bertanggung jawab. Teknologi enkripsi pada SSL akan membuat pesan hanya bisa terbaca oleh penerima yang dimaksud.

SSL tersedia di Exabytes, jadi apakah kamu akan membelinya sekarang?

Apa yang Harus Dilakikan Jika Terlanjur Klik Link Phishing?

Phishing adalah salah satu cara penjahat siber melakukan tindak kejahatan untuk mengelabuhi korban dan mendapatkan apa yang mereka tuju. Terdapat banyak cara untuk menghindari tindak kejahatan satu ini. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur mengklik tautan tersebut?

Apabila sudah terlalu klik link phishing yang dibagikan di media tertentu, misalnya WhatsApp atau email, pastikan untuk tetap tenang dan lakukan beberapa hal berikut:

Putuskan Koneksi Internet

Sudah tahu kan apa itu link phishing dan bahayanya bagi korban? Apabila kamu ternyata sudah mengklik tautan yang dicurigai sebagai link phishing, coba lakukan hal ini. Ya, kamu harus memastikan bahwa koneksi internet sudah terputus.

Pastikan perangkat yang kamu gunakan tidak memiliki koneksi internet dari sumber manapun. Cara ini terbilang efektif karena peretas memanfaatkan jaringan internet untuk mengambil dan mengirimkan data dari suatu perangkat ke perangkat lain.

Saat koneksi internet terputus, kamu menghambat hacker sehingga mereka akan mencari cara lain untuk melancarkan tindak kejahatannya. Tindak kejahatan ini menjadi salah satu alasan mengapa sebaiknya tidak menggunakan internet umum seperti memanfaatkan Wi-Fi di tempat terbuka.

Biasanya, jaringan internet tersebut tidak dilengkapi dengan keamanan yang ketat. Sehingga dapat memungkinkan siapa saja mengambil informasi yang bertebaran. Hal ini tentu dapat membahayakan pengguna internet.

Hapus Riwayat Pencarian di Browser

Tidak sengaja mengklik tautan phishing saat membuka pesan atau email? Jika ia, kamu bisa segera menghapus riwayat penggunaan internet atau pencarian di browser. Biasanya, aktivitas yang melibatkan penggunaan internet terekam di browser perangkat.

Menghapus riwayat di browser bisa menjadi antisipasi agar hacker tidak bisa mengambil data pribadi kamu melalui tautan yang tadi kamu klik. Hacker dapat melacak kembali perangkat yang masih mengakses link yang dibagikan sehingga harus segera kamu hapus dari riwayat terlepas browser apa yang kamu gunakan.

Bersihkan Cache Penyimpanan

Selain dua hal di atas, pastikan kamu juga membersihkan cache atau sampah penyimpanan di perangkat. Hacker mungkin mengarahkan perangkat untuk langsung mendownload aplikasi yang mereka buat dan bagikan melalui link phishing.

Tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut adalah mengambil informasi yang ada di perangkat dan kemudian menggunakannya untuk kepentingan mereka. Oleh sebab itu, kamu harus segera membersihkan cache. Periksa kembali apakah ada file atau aplikasi yang sebelumnya belum pernah terpasang di perangkat kamu.

Nah, kamu bisa memanfaatkan cara menghapus cache browser apabila tidak tahu bagaimana cara menghapus sampah penyimpanan yang ada di perangkat yang digunakan.

Sudah Paham Apa Itu Link Phising?

Dari penjelasan tentang apa itu link phishing, kamu bisa menyimpulkan bahwa phishing adalah tindakan kejahatan yang menggunakan tautan (link) untuk menjerat korban. Adapun media pengiriman tautan bisa bervariasi, mulai dari email, pesan, atau situs web yang dikunjungi dan tampak seperti situs biasa pada umumnya.

Agar tetap merasa aman dan nyaman tanpa adanya potensi tautan phising pada email, kamu bisa menggunakan SpamExperts dari Exabytes. Dengan layanan tersebut, kamu akan terlindungi dari email spam termasuk email yang berisi tautan phishing.