7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin Jika Kamu Gunakan

0
1535

Sebagai pengguna WordPress, istilah theme nulled atau plugin WordPress nulled mungkin sering Anda dengar. Tidak jarang juga pengguna WordPress mempertanyakan apakah boleh menggunakan tema maupun plugin WordPress nulled?

Tema dan plugin WordPress nulled adalah salinan bajakan dari produk tema maupun plugin WordPress premium.

Nah pada artikel ini, kami akan menjelaskan bahaya nulled themes dan nulled plugin, terutama jika Anda mengelola website bisnis.

Apa itu Tema dan Plugin WordPress Nulled?

bahaya nulled themes dan nulled plugin

Tema dan plugin WordPress nulled adalah tema dan plugin berbayar yang telah dimodifikasi, lalu dibagikan secara gratis oleh pihak ketiga tanpa izin atau lisensi dari pemilik hak cipta aslinya. 

Meskipun tema dan plugin WordPress nulled bisa digunakan secara gratis, tetapi tema dan plugin ini seringkali tidak memiliki dukungan atau pembaruan resmi dari pengembangnya. Sehingga menimbulkan bahaya keamanan dan integritas website yang menggunakan tema serta plugin tersebut.

Dan tidak jarang tema dan plugin WordPress nulled menjadi salah satu penyebab utama website kita diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lebih detailnya, di bawah ini ada beberapa alasan utama mengapa Anda tidak kami sarankan untuk menggunakan plugin maupun tema WordPress nulled.

7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin

Kami menemukan ada 7+ bahaya nulled themes dan nulled plugin, penjelasannya ada di bawah ini:

Bahaya Keamanan

5 Data Center Terbaik

Plugin dan tema WordPress nulled jika Anda gunakan akan sangat berbahaya terhadap keamanan website WordPress, karena biasanya plugin dan theme nulled di dalamnya terhadap malware atau bahkan kode berbahaya berupa backdoor.

Kode berbahaya yang ada di dalamnya dapat dengan mudah menyebar ke berbagai file, tujuannya untuk menyamarkan dirinya sendiri sehingga sulit untuk dideteksi dan diperbaiki ketika website Anda diretas.

Jika website Anda diretas, salah satu kerugian Anda adalah kehilangan data dan situs Anda mungkin akan di de index dari mesin pencari karena telah terdeteksi menyebarkan malware.

Privasi Terancam Dicuri Peretas

7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin Jika Kamu Gunakan - 2024

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tema dan plugin nulled memiliki berbagai jenis kode berbahaya yang tersembunyi di dalamnya. Kode tersebut bisa mencuri segala informasi yang ada di website WordPress yang Anda kelola.

Informasi yang biasanya dicuri seperti nama pengguna, alamat email dan kata sandi. Jika website yang Anda kelola ternyata toko online atau website forum, maka informasi pelanggan Anda juga bisa terancam dicuri.

Efek Buruk Terhadap SEO

mitos seputar SEO yang perlu diketahui

Tema dan plugin WordPress nulled bisa menghancurkan SEO website WordPress Anda. Cara kerjanya yaitu dengan menambahkan tautan spam ke website Anda atau lebih parahnya lagi adalah membajak website Anda dan mengarahkan pengunjung website ke URL berbahaya.

Aktivitas tersebut sulit untuk dideteksi, akan tetapi mesin pencari seperti Google bisa dengan cepat menyadarinya dan akan menindak website Anda dengan cara memberikan hukuman berupa penurunan peringkat di hasil pencarian, bahkan bisa dihapus dari indeks pencarian.

Jika hal itu terjadi, Anda harus membangun ulang SEO website Anda untuk memulihkan peringkatnya dan terkadang untuk kasus tertentu Anda harus membuat website baru, lalu menghapus website lama yang terkena spam tersebut.

Masih yakin menggunakan tema dan plugin WordPress nulled? 

Ilegal

7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin Jika Kamu Gunakan - 2024

Masalah lainnya jika Anda menggunakan tema dan plugin nulled adalah masalah hukum hak cipta. Memang ada banyak tema dan plugin WordPress yang bersifat open source/gratisan, tetapi berbeda jika plugin dan tema tersebut berlisensi berbayar dan dibuat nulled agar menjadi gratis.

Plugin dan tema berbayar artinya semua bagian kodenya dilindungi hukum hak cipta dan jika Anda menggunakan versi nullednya, maka Anda tidak memiliki izin untuk menggunakannya. Jika Anda tetap memaksa ingin menggunakannya, maka Anda akan diminta untuk membayar denda dalam jumlah tertentu.

Jumlah dendanya biasanya tidak sedikit, resiko bayar denda tinggi dan keamanan juga tidak terjamin. Yakin masih ingin menggunakan plugin dan tema nulled?

Tidak Adanya Akses ke Pembaharuan Tema dan Plugin

7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin Jika Kamu Gunakan - 2024

Dampak buruk selanjutnya jika Anda menggunakan tema dan plugin nulled adalah tidak adanya akses ke pembaruan terbaru. Tema dan plugin WordPress nulled tidak didukung oleh pengembang asli dan tidak memiliki akses ke pembaruan resmi dari WordPress. 

Oleh karena itu, penggunaan tema dan plugin nulled dapat mengakibatkan website Anda terlalu banyak bug dan rentan terhadap serangan keamanan.

Dengan tidak adanya akses ke pembaruan jika menggunakan tema dan plugin WordPress nulled, dapat mengakibatkan banyak masalah pada website Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari penggunaan tema dan plugin nulled dan beralih ke tema dan plugin resmi yang terpercaya.

Tidak Adanya Akses ke Fitur Terbaru

Masalah lainnya adalah Anda tidak bisa mengakses ke fitur baru, jika Anda menggunakan tema dan plugin WordPress nulled. Karena seperti pembahasan di awal, Anda tidak bisa mengakses pembaruan otomatis.

Fitur baru yang dikembangkan ini bisa membantu Anda mengembangkan website secara signifikan, bahkan bisa membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang secara online. Akan tetapi, Anda tidak akan mendapatkan fitur dan perubahan lainnya jika Anda menggunakan versi nulled.

Dukungan & Dokumentasi 

7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin Jika Kamu Gunakan - 2024

Kita tahu bahwa yang namanya sistem pasti ada saja masalah dan pengguna WordPress berpengalaman juga terkadang tidak bisa mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, kita membutuhkan dukungan dan dokumentasi dari penyedia layanan maupun pengembang tema dan plugin WordPress.

Tapi jika Anda menggunakan tema dan plugin WordPress versi nulled, Anda tidak akan mendapatkan dukungan dan dokumentasi tersebut. Artinya Anda harus melakukannya sendiri dan Anda tidak bisa meminta bantuan pengembang untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.

Menghambat Inovasi dan Merugikan Orang Lain

Banyak orang yang beralasan jika mereka menggunakan versi nulled karena mereka tidak mampu menggunakan versi berbayar. Akan tetap, tahukah Anda bahwa plugin dan tema premium ini hasil dari sebuah keterampilan, bakat dan kerja keras seseorang.

Jika Anda menggunakan versi nulled, artinya Anda sudah mencuri karya mereka. Bahkan menurut kami sama dengan Anda mencuri uang dari mereka. 

Pengembang tema dan plugin WordPress premium menghabiskan waktunya untuk menulis kode, mereka juga harus memberikan dukungan, membuat dokumentasi, membuat websitenya, membayar gaji karyawannya dan menghabiskan banyak uang untuk membiayai bisnisnya.

Tentu saja, jika Anda menggunakan plugin dan tema WordPress nulled akan merugikan bisnisnya dan mereka juga akan kehilangan uang yang banyak. Praktik yang tidak etis ini akan membuat para pengembang potensial enggan menciptakan produk inovasi yang baru dan bermanfaat untuk jutaan orang.

Gunakan Alternatif Plugin dan Tema Gratis

7+ Bahaya Nulled Themes dan Nulled Plugin Jika Kamu Gunakan - 2024

Jika alasannya karena belum memiliki budget yang cukup untuk membeli tema dan plugin WordPress premium, maka jawabannya adalah gunakan yang gratis. Saat ini tidak ada alasan bagi siapapun untuk menggunakan tema dan plugin WordPress nulled.

Karena saat ini sudah ada jutaan plugin dan tema gratis yang cocok untuk semua jenis website. Misalnya saja Anda sedang membutuhkan plugin untuk membuat contact form, maka kami sarankan Anda menggunakan WPForms Lite.

Jika Anda membutuhkan plugin untuk membantu SEO website, bisa menggunakan versi gratis dari All in One SEO atau Yoast SEO dan plugin SEO terbaik gratis lainnya.

Jika Anda sedang mencari tema WordPress untuk ecommerce, baca artikel kami sebelumnya tentang 10 template WordPress Ecommerce Terbaik dan Gratis.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan untuk pembahasan ini sudah jelas, jangan pernah menggunakan tema  dan plugin WordPress nulled, karena bahaya nulled themes dan nulled plugin tidak bisa Anda remehkan.

Jika Anda tidak bisa menggunakan versi premium, Anda bisa menggunakan versi yang gratis. Karena WordPress.org memiliki ribuan plugin dan tema gratis. Bahkan beberapa plugin dan tema gratisan ini sebagiannya lebih baik dari pada yang versi premium.

Hal pentingnya adalah Anda bisa menggunakan tema dan plugin tersebut secara legal dan tidak membebani hati nurani Anda. 

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda mempelajari bahaya nulled themes dan nulled plugin. Anda mungkin sedang mencari layanan WordPress hosting terbaik, Anda bisa mengunjungi halaman web hosting kami untuk mendapatkan info lebih lanjut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments