Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads

0
2342

Perlu panduan lengkap agar bisa segera menggunakan Google Ads untuk mengiklankan produk atau jasa secara online melalui mesin pencari Google? Sebenarnya, cara daftar akun Google Ads tergolong mudah dan cepat. Namun, tidak sedikit pemula yang masih bingung cara memulainya. 

Itulah kenapa artikel ini hadir dan diharapkan bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi cara daftar Google Ads. 

Kenali Perbedaan Google Ads dengan Google Adsense

Singkatnya, Google Ads digunakan untuk kamu yang ingin mempromosikan brand atau produk dengan menjangkau pengguna internet. 

Sedangkan Google Ads diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan melalui iklan yang terpasang di website yang mereka punya. Namun, iklan tersebut bukan milik mereka melainkan milik orang lain yang ingin menjangkau lebih banyak pengguna internet melalui iklan digital. 

Pemilik website atau konten akan mendapatkan bayaran dari setiap klik iklan yang nantinya akan diarahkan ke website atau link pemasang iklan.

Agar tidak salah persepsi soal Google Ads, kamu bisa terlebih dahulu membaca artikel tentang perbedaan Google Ads dengan Google Adsense. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa layanan Google yang kamu pilih memang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Sekilas tentang Google Ads

Mengenal apa itu Google Ads
Google Ads membantu bisnis menjangkau lebih banyak audiens melalui iklan pay per click. (Sumber: flickr)

Masih bingung membedakan Google Ads dengan Google Adsense? Google Ads adalah istilah yang kini digunakan untuk layanan Google yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Adwords.

Tapi, tahukah kamu apa itu Google Ads? Google Ads merupakan platform yang Google sediakan untuk para pebisnis atau marketer yang ingin mempromosikan brand atau produk sesuai dengan tujuan bisnis masing-masing.

Bisa dikatakan Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang akan muncul di hasil pencarian Google saat seseorang mengetikan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan bisnis kamu. 

Agar bisa muncul di hasil pencarian tersebut, tentunya kamu harus mengatur dan menggunakan keyword yang berhubungan dengan apa yang orang lain cari. Tidak hanya itu, kamu juga harus punya anggaran khusus untuk setiap keyword.

Dengan mengatur budget yang tepat untuk setiap klik iklan berdasarkan keyword, kamu bisa mengungguli para kompetitor sehingga iklan kamu akan ditampilkan lebih atas. Semakin besar budget yang diatur, semakin baik karena peluang muncul di hasil pencarian akan lebih tinggi. 

Manfaat Google Ads

Manfaat Google Ads
Google Ads sebagai media iklan dan promosi memberikan banyak manfaat. (Sumber: pixabay)

Sebagai salah satu cara mengiklankan brand, produk, atau jasa, Google Ads tentunya hadir dengan segudang manfaat. Namun, manfaat tersebut akan terasa semakin maksimal apabila kamu tahu bagaimana cara menjalankan Google Ads dengan baik. 

Ini juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa sebenarnya menggunakan jasa Google Ads akan lebih menguntungkan terutama bagi pemula yang belum berpengalaman dalam menjalankan Google Ads.

Berikut adalah beberapa manfaat Google Ads yang bisa kamu atau marketer lain dapatkan:

Menarik Minat Audiens Berdasarkan Ketertarikan yang Spesifik

Menjalankan bisnis online mengharuskan kamu menjalankan minimal satu strategi digital marketing. Misalnya, kamu ingin cepat mendapatkan hasil dari strategi tersebut, sangat tepat untuk memilih Google Ads. Jika dibandingkan dengan pencarian organik yang memerlukan waktu cukup lama, pencarian berbayar akan lebih cepat memberikan hasil.

Pengguna internet yang sedang mencari produk atau jasa tertentu akan langsung mengunjungi website kamu melalui iklan kamu yang ditampilkan. Dengan begitu, akan semakin cepat bagi kamu untuk mencapai tujuan apakah ingin mendapatkan sales, membangun brand awareness, memberitahu orang-orang dimana lokasi fisik toko, atau lainnya.

Untuk bisa menarik minat audiens berdasarkan ketertarikan spesifik, tentunya kamu harus menggunakan keyword spesifik. Dengan begitu, iklan hanya akan ditampilkan pada pencarian yang relevan dengan keyword atau bisnis kamu. Hal tersebut juga tentunya akan membuat iklan lebih terarah.

Trafik Akan Lebih Cepat Naik dan Tertarget

Ingin menaikan trafik dengan cepat dan tertarget? Google Ads bisa menjadi solusi tepat. Iklan yang kamu jalankan akan membantu meningkatkan trafik website melalui pengunjung yang diarahkan dari iklan yang mereka klik.

Membantu Brand Awareness

Meski banyak pengguna digital marketing, namun tidak semuanya berfokus pada penjualan atau sales. Beberapa diantaranya mungkin lebih ingin membangun brand awareness atau menaikkan trafik website. Sebagai bisnis baru, mendapatkan perhatian dari pengguna internet tentunya menjadi langkah awal agar lebih banyak dikenal oleh mereka.

Nah, brand awareness bisa terbentuk melalui iklan Google Ads dimana pengguna internet akan semakin sadar dengan keberadaan bisnis atau brand kamu. Perlahan tapi pasti, mereka akan penasaran dan bukan tidak mungkin tertarik pada apa yang kamu lakukan di dunia digital.

Memahami Target Audiens dengan Lebih Mudah

Manfaat lain dari beriklan menggunakan Google Ads adalah memahami target audiens dengan lebih mudah. kamu bisa mendapatkan data audiens yang juga menunjukkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan.

Google Ads juga membantu memetakan kebiasaan audiens yang kamu atau bisnis kamu targetkan. Tentunya hal tersebut bisa terjadi melalui optimalisasi keyword yang dapat mengetahui data audiens berupa lokasi dan waktu yang sering mereka gunakan untuk mencari atau menikmati konten tertentu. 

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain audiens yang nantinya bisa digunakan untuk memaksimalkan marketing dan sales di waktu mendatang.

Cara Daftar Akun Google Ads

Cara daftar akun Google Ads
Ketahui cara daftar akun Google Ads yang tepat agar bisa segera mengiklankan bisnis di mesin pencari Google. (Sumber: flickr)

Saat hendak menggunakan Google Ads untuk kebutuhan iklan dan promosi brand atau produk, tentunya kamu harus terlebih dahulu memiliki akun. Jika belum punya, cukup daftarkan dengan mudah di laptop atau komputer.

Berikut adalah beberapa langkah dan cara daftar akun Google Ads yang bisa kamu coba:

Kunjungi Link Pembuatan Google Ads

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Seperti yang kita ketahui kalau ada begitu banyak manfaat Google Ads untuk bisnis online. Jika kamu hendak memasarkan produk atau jasa secara online melalui iklan digital, tentunya Google Ads bisa jadi pilihan tepat. Langkah pertama untuk bisa menggunakan layanan tersebut adalah dengan membuat akun di link yang dikhususkan untuk Google Ads. 

Kemudian, klik tombol mulai sekarang atau get started tergantung bahasa yang ditampilkan. Seperti yang sudah dikatakan kalau ini adalah langkah awal yang harus kamu lalui untuk bisa memiliki akun Google Ads.

Atur Nama Bisnis

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman kampanye baru dimana kamu harus menulis atau mengisi nama bisnis. Nama tersebut nantinya akan Google tampilkan pada setiap pencari yang melakukan penelusuran berdasarkan nama.

Masukkan Website

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Nah, jika sudah tahu produk atau jasa apa yang hendak kamu iklankan, tentunya kamu sudah memiliki website, bukan? Alamat website menjadi salah satu hal penting yang diperlukan dalam pembuatan akun Google Ads. 

Setelah itu, nama dan tampilan website akan ditampilkan di layar komputer dengan tampilan desktop dan seluler.

Tentukan Tujuan Iklan

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Sudah tahu apa tujuan dari iklan yang hendak kamu tampilkan di mesin pencari Google? Ada beberapa opsi yang bisa kamu sesuaikan dengan sasaran yang ingin ditargetkan seperti mendapatkan lebih banyak panggilan, mendapatkan sales pada website atau sign-ups dari pengunjung, dan mendapatkan lebih banyak pengunjung ke toko resmi.

Atau kamu juga bisa memilih Switch to Expert Mode apabila ingin lebih leluasa mengatur iklan. Pilihan tersebut memungkinkan kamu menjalankan beberapa kampanye iklan dalam satu akun Google Ads.

Jadi sebenarnya, apa yang hendak kamu capai dari iklan mesin pencari? Apakah sales, leads, trafik website, atau lainnya? Pembuatan iklan Google Ads tentunya bisa kamu sesuaikan dengan memilih salah satu opsi.

Pilih Jenis Tampilan

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Cara daftar akun Google Ads selanjutnya adalah menentukan jenis tampilan  iklan. Apabila ingin orang-orang tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan dengan iklan teks, maka kamu bisa memilih search atau penelusuran.

Namun, lagi-lagi bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan milikmu. Ada juga beberapa pilihan kampanye lainnya seperti display, shopping, video, dan lainnya.

Lengkapi Pengaturan Iklan

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Jika beberapa langkah di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu bisa langsung melengkapi informasi yang diperlukan dalam mengatur iklan. Cara daftar akun Google Ads satu ini tidak kalah penting dengan langkah-langkah lainnya, jadi pastikan untuk mengisinya sesuai tujuan dan kebutuhan iklan bisnismu.

Tentukan Durasi dan Lokasi Jangkauan Iklan

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Kira-kira, berapa lama iklan ingin kamu tampilkan di mesin pencari Google? Kamu juga bisa mengaturnya di saat mendaftar akun Google Ads. Lanjutkan dengan memilih lokasi jangkauan iklan misalnya Indonesia  atau semua negara dan wilayah. 

Tentukan Anggaran Iklan

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Agar bisa menggunakan layanan Google Ads Indonesia, tentunya setiap bisnis atau pemilik akun harus menentukan anggaran yang akan mereka gunakan untuk kampanye yang dijalankan dengan anggaran minimum Rp 50 ribu apabila memilih mata uang rupiah atau IDR.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan fokus apakah per klik atau lainnya. Bahkan, tersedia pilihan untuk menetapkan batas bid biaya per klik maksimal dengan mencentang kotak yang tersedia di bawah fokus bid.

Atur Keyword untuk Iklan di Ad Group

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Cara daftar akun Google Ads yang selanjutnya adalah mengatur kata kunci (keyword) yang akan digunakan untuk ad group. Sebenarnya, langkah ini bisa kamu skip dan atur nanti. Jadi, kamu bisa memilih mengaturnya langsung ketika membuat akun atau nanti setelah siap menjalankan Google Ads.

Pastikan keyword yang digunakan berhubungan dengan iklan yang dibuat serta produk atau jasa yang kamu tawarkan pada website. Dengan begitu iklan kamu akan tampil di hasil pencarian para pengguna internet dengan saat mereka mengetikan keyword tertentu. 

Buat Beberapa Judul untuk Iklan Google Ads

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Di tahapan selanjutnya dari cara daftar akun Google Ads adalah membuat beberapa judul yang nantinya akn ditampilkan pada target audiens atau pengguna internet. Masukkan informasi yang diminta dan periksa kembali apakah masih ada yang kurang atau sudah sesuai.

Masukkan Detail Pembayaran

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Untuk bisa menggunakan Google Ads tentunya kamu harus memastikan saldo cukup atau Google tidak akan menampilkan iklan yang sudah kamu buat. Isi detail pembayaran sesuai dengan yang kamu kehendaki untuk setiap kolomnya.

Tentukan Cara Pembayaran atau Pengisian Saldo 

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, iklan akan berjalan apabila saldo cukup. Jadi, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan saldo. Namun sebelumnya, kamu harus memilih cara pembayaran apakah secara manual atau otomatis. 

Lihat Ringkasan Kampanye yang Sudah Dibuat

Panduan Lengkap Cara Daftar Akun Google Ads - 2024

Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar dan kamu merasa tidak ada informasi yang salah, kamu bisa mulai melakukan pengaturan lanjutan pada kampanye iklan yang dibuat.

Pada ringkasan, kamu bisa mengontrol setiap bagian dari iklan seperti kampanye atau grup iklan yang akan digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa, dan ada juga setelan atau setting. bahkan, kamu bisa melihat keyword apa saja yang digunakan dimana kamu juga bisa menambahkan beberapa keyword atau kata kunci baru.

Kesimpulan

Sudah tahu kan bagaimana cara daftar akun Google Ads? Iklan berbayar memang menawarkan banyak manfaat. Akan tetapi, perlu waktu untuk mengatur kampanye iklan yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnis.

Apabila kamu ingin memusatkan perhatian, waktu, dan tenaga untuk kepentingan bisnis lain yang tidak kalah penting, kamu bisa mempercayakan kebutuhan iklan dan promosi kepada Exabytes yang menawarkan jasa Google Ads.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mengatur semuanya sendiri karena Exabytes akan menjalankan iklan Google sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Jadi, kenapa masih ragu? Hubungi Exabytes sekarang juga dan iklankan bisnis atau brand kamu agar bisa menjangkau lebih banyak target audiens atau calon konsumen.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments