15+ Ekstensi Google Chrome Untuk SEO & Digital Marketing

0
3054

Berbincang mengenai strategi konten pada website, tidak jarang hal pertama yang muncul pada pikiran adalah SEO. Hal tersebut memang tidak salah. SEO sebagai salah satu strategi untuk mengoptimasi website agar muncul pada posisi teratas SERP tentu mampu membuat konten kita memiliki lebih banyak pembaca. 

Namun, masih sering ditemukan pola pikir di mana SEO dianggap hanya mampu membantu website menduduki peringkat atas Google. Padahal nyatanya hal tersebut hanya secuil fungsi dari SEO, belum mencakup semuanya. 

Apabila digali lebih mendalam, ternyata layanan SEO juga mampu meningkatkan brand awareness, branding, user acquisition, hingga konversi penjualan. Oleh karena itu, belajar SEO tentu wajib dilakukan bagi pemilik website bisnis.

Namun jika Exabytes Friends memiliki waktu yang terbatas sehingga tidak sempat belajar SEO, maka dapat menggunakan jasa SEO Indonesia atau pun ekstensi Google Chrome untuk SEO. Nah, khusus pembahasan pada artikel kali ini kita hanya akan berfokus pada ekstensi Google Chrome untuk SEO. Penasaran apa saja ekstensi yang direkomendasikan? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Ekstensi Google Chrome?

apa itu ekstensi google chrome

Ekstensi yaitu sebuah modul software besutan Google yang memungkinkan kalian menggunakan web browser dengan banyak fungsi. Saat ini Google telah memiliki total 137.435 ektensi dengan berbagai fungsi dan manfaat. Sedangkan ekstensi Google Chrome khusus SEO diperkirakan ada sekitar >100 ekstensi. 

Cara untuk memasang ekstensi pun sangat mudah. Exabytes Friends hanya perlu mengunjungi chrome.google.com/webstore lalu masuk ke tab ‘Extensions’ untuk memilih ekstensi yang diinginkan dan menekan button  ‘Add to Chrome’.

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing 

Dari begitu banyak ekstensi SEO yang ada saat ini, berikut akan Exabytes rekomendasikan pilihan ekstensi yang terbaik guna menunjang performa SEO bagi website bisnis kalian. Yuk simak!

1. Keyword Suffer

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Keyword Suffer

Ekstensi Keyword Suffer
Jumlah pengguna 300+ ribu users
Rating 4.5/5
Ukuran 1.1MiB 

Fungsi utama yang ditawarkan oleh Keyword Surfer adalah memperkirakan traffic dari sebuah domain website, menghitung volume pencarian untuk keywords secara lokal ataupun global, memberikan rekomendasi keywords, serta menghitung jumlah backlink domain.

Dengan berbagai fitur yang telah disebutkan di atas, tidak heran jika Keyword Surfer adalah salah satu ekstensi SEO yang paling populer. Banyak website yang menggunakannya karena ekstensi ini dilengkapi pula dengan keyword insight maupun backlink insights.

Namun salah satu kelemahan dari Keyword Surfer yaitu tidak tersedia secara gratis. Exabytes Friends harus bersedia merogoh kocek mulai dari $1 per bulan untuk menikmati fitur yang dimiliki Keyword Surfer. 

Baca juga: Optimalkan WordPress Untuk SEO: Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Traffic Website

2. SEOQuake

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: SEOQuake

Ekstensi SEOQuake
Jumlah pengguna 700+ ribu users
Rating 4.5/5
Ukuran 1.4MiB

SEOQuake merupakan salah satu ekstensi Google Chrome yang tersedia secara gratis sehingga dapat dimanfaatkan oleh siapa pun bahkan perseorangan atau bisnis. Nah, yang menarik adalah ekstensi satu ini merupakan besutan dari salah satu platform marketing ternama di dunia yaitu SEMRush.

Fitur dan layanan yang dimiliki oleh SEOQuake pun sangat lengkap dan rinci, mulai dari laporan tentang keyword density, laporan analisis SEO audit, hingga analisis mengenai internal link.

Selain itu, SEOQuake juga dilengkapi dengan fitur diagnosis yang mampu menunjukkan berbagai metrics SEO pada website kalian yang masih perlu untuk dioptimasi. Beberapa metrics SEO yang mampu didiagnosis oleh SEOQuake adalah URL, frames, flash, schema, judul, tag, meta description, keywords, ALT, open graph, dan heading.

3. GrowthBar

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Growthbar

Ekstensi GrowthBar
Jumlah pengguna 4+ ribu users
Rating 5/5
Ukuran 1.2MiB

Bagi Exabytes Friends yang ingin mengembangkan website agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah atau memiliki e-commerce, maka GrowthBar adalah salah satu pilihan ekstensi Google Chrome untuk SEO yang paling tepat.

Fitur serta layanan yang mampu disajikan oleh Growth Bar yaitu rekomendasi keyword, memantau peringkat keyword dibanding kompetitor, memeriksa backlink, hingga menyajikan rekomendasi kata kunci khusus untuk Google Ads Indonesia dan Facebook Ads. 

Untuk biaya berlangganan GrowthBar, kalian dapat mencoba versi trial terlebih dahulu selama lima hari secara gratis. Apabila dirasa cocok, maka dapat mulai berlangganan premium dengan biaya mulai dari $29 per bulan.

4. Keywords Everywhere

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Keywords Everywhere

Ekstensi Keywords Everywhere
Jumlah pengguna 1+ juta users
Rating 4.6/5
Ukuran 628KiB

Keywords Everywhere diklaim sebagai ekstensi Google Chrome untuk SEO yang paling diminati oleh pemilik website di Indonesia. Hadir dengan prinsip “Freemium” yaitu tersedia dalam versi gratis hingga berlangganan dengan biaya yang masih cukup terjangkau.

Kelebihan dari Keywords Everywhere yaitu tidak hanya menyediakan fitur optimasi SEO bagi SERP Google, tetapi juga optimasi keyword untuk Youtube search, HashTag Instagram, Pinterest, hingga berbagai mesin pencarian lainnya seperti DuckDuckGo, Etsy, eBay, Bing, dan Amazon.

Untuk versi gratis dari Keywords Everywhere, sudah mencakup layanan rekomendasi keyword di SERP, trend chart, trending keywords, dan backlink. Selain itu juga mencakup rekomendasi SERP metrics dan insight widget pada YouTube, hingga hashtag generator pada Instagram, dan rekomendasi kata kunci populer untuk Pinterest.

Sedangkan versi premium berbayar dari Keywords Everywhere menyediakan fitur tambahan berupa perbandingan keyword dengan kompetitor, CPC, volume pencarian kata kunci bulanan yang sedang populer, hingga histori timeline keyword yang paling banyak dicari sejak tahun 2004. 

5. Free Backlink Checker by LRT

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Free Backlink Checker by LRT

Ekstensi Free Backlink Checker by LRT
Jumlah pengguna 10+ ribu users
Rating 4/5
Ukuran 822KiB

Bagi Exabytes Friends yang sedang mencari ekstensi Google Chrome khusus untuk optimasi baclink website, maka Free Backlink Checker by LRT dapat menjadi pilihan teratas. Ekstensi satu ini dapat memberikan layanan optimasi on-page SEO, mulai dari analisis hyperlink, memantau performa backlink, hingga mendeteksi ketika backlink tidak terverifikasi. 

Bukan hanya itu saja, kelebihan lain dari ekstensi ini adalah dapat melakukan export semua link atau tautan yang dimiliki sebuah website ke dokumen XLSX (Excel) atau CSV. 

6. Fatrank

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Fatrank

Ekstensi Fatrank
Jumlah pengguna 50+ ribu users
Rating 4/5
Ukuran 215KiB

Fatrank merupakan pilihan ekstensi yang tepat bagi para pemilik website yang ingin mencapai posisi teratas pencarian Google secara cepat dan tepat. Ekstensi ini akan menggunakan pengaturan pencarian lokal pada Google kalian sehingga pemeringkatan keyword didasarkan pada lokasi website Exabytes Friends berasal.

Salah satu kelebihan dari Fatrank adalah menyediakan fitur dan layanan secara gratis tanpa memerlukan biaya apa pun. Sehingga sangat cocok bagi pemilik website pemula yang masih terkendala dalam mengatur anggaran biaya.

7. Ninja Outreach

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Ninja Outreach

Ekstensi Ninja Outreach
Jumlah pengguna 5+ ribu users
Rating 3.5/5
Ukuran 951KiB

Ninja Outreach adalah salah satu ekstensi Google Chrome untuk SEO yang dapat membantu Exabytes Friends dalam membangun backlink guna memperoleh peringkat SERP yang lebih baik. Ekstensi satu ini bekerja dengan menemukan kontak email dari developer atau pemilik situs website yang berada pada bidang sama dengan kalian untuk dijadikan tautan backlink. 

Nah, untuk persoalan biaya, Exabytes Friends tidak perlu khawatir karena Ninja Outreach tersedia secara full gratis tanpa memerlukan biaya apa pun. 

8. SEO Search Simulator by Nightwatch

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: SEO Search Simulator by Nightwatch

Ekstensi SEO Search Simulator by Nightwatch
Jumlah pengguna 30+ ribu users
Rating 4.8/5
Ukuran 5.1MiB

Pada intinya, SEO Search Simulator by Nightwatch adalah ekstensi simulasi SEO untuk mengecek apakah URL dari website kalian telah masuk di peringkat 100 besar Google. Hal tersebut sangat penting karena apabila backlink atau URL website memiliki peringkat SEO yang bagus, akan meningkatkan pula brand value dan user acquisition.

Selain memantau peringkat URL website, SEO Search Simulator juga dapat dimanfaatkan untuk melihat peringkat URL dari website kompetitor. 

9. SEO Minion

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: SEO Minion

Ekstensi SEO Minion
Jumlah pengguna 100+ ribu users
Rating 5/5
Ukuran 626KiB

SEO Minion merupakan ekstensi Google Chrome untuk optimasi on-page SEO. Kegunaan utama dari SEO Minion yaitu untuk mengecek tautan pada website kalian apakah ada yang rusak atau tidak. Selain itu, SEO Minion juga dapat digunakan untuk melakukan translasi konten atau artikel ke berbagai bahasa lain menggunakan “hreflang data”. Hal tersebut sangat berguna apabila website Exabytes Friends memiliki target audience dari berbagai negara dan bahasa.

10. SERPTrends SEO Extension

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: SERPTrends SEO Extension

Ekstensi SERPTrends SEO Extension
Jumlah pengguna 20+ ribu users
Rating 4/5
Ukuran 88.7KiB

Apabila Exabytes Friends sedang berfokus dalam mengoptimasi website agar menduduki peringkat teratas SERP, maka SERPTrends SEO Extension dapat menjadi pilihan yang tepat. Ekstensi Google Chrome satu ini berfungsi untuk memantau dinamika SERP dari Google, Yahoo, atau pun Bing. 

Kalian dapat melihat daftar situs website yang naik dan turun pada peringkat SERP melalui SERPTrends secara gratis. Dengan mengetahui peringkat kompetitor, maka kalian akan lebih mudah untuk menentukan strategi selanjutnya agar dapat lebih unggul.

11. Ubersuggest

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Ubersuggest

Ekstensi Ubersuggest
Jumlah pengguna 300+ ribu users
Rating 3.6/5
Ukuran 1.5MiB

Ubersuggest merupakan salah satu ekstensi Google Chrome yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis digital. Ubersuggest dilengkapi dengan beberapa fitur utama seperti keyword analyzer (mencakup volume pencarian kata kunci), competitive analysis (menampilkan perbandingan kata kunci dengan website kompetitor), dan SEO explorer (menyajikan informasi mengenai performa SEO yang dimiliki website). 

Ubersuggest tersedia hanya dalam versi berbayar. Biaya yang perlu Exabytes Friends keluarkan jika ingin berlangganan Ubersuggest yaitu berkisar antara $12 per bulan (untuk kebutuhan individu), $20 per bulan (kebutuhan bisnis), hingga $40 (untuk kebutuhan perusahaan besar atau agensi).

12. Similarweb

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Similarweb

Ekstensi Similarweb
Jumlah pengguna 800+ ribu users
Rating 4.6/5
Ukuran 814KiB

Pasti sudah banyak di antara Exabytes Friends yang pernah mendengar tentang Similarweb. Dengan lebih dari 800 ribu pengguna, Similarweb telah dinobatkan menjadi ekstensi Google Chrome paling berpengaruh dan banyak digunakan. Bahkan IDA (Indonesia Digital Association) telah resmi memilih Similarweb sebagai tools pengukuran audiens terbaik pada Maret 2021.

Hal tersebut sudah mampu membuktikan kepopuleran dari ekstensi satu ini. Melalui Similarweb, kalian akan dapat memantau category rank, country rank, hingga global rank dari situs website. Kelebihan lain dari Similarweb yaitu memiliki user interface yang sangat ramah pengguna serta mudah dipahami.

13. MozBar

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Mozbar

Ekstensi Mozbar
Jumlah pengguna 800+ ribu users
Rating 4/5
Ukuran 1.0MiB

MozBar adalah salah satu ekstensi Google Chrome yang sangat multitalenta. Berbagai kelebihan yang dimiliki yaitu melakukan analisis teknikal SEO, memberikan rekomendasi konten on-site, memantau backlink, memberikan rekomendasi keyword dan perbandingannya dengan kompetitor, hingga meningkatkan engagement media sosial.

Namun tentu saja kelengkapan fitur selalu linear dengan biaya yang lumayan tinggi. Apabila Exabytes Friends ingin menikmati kelengkapan fitur dari MozBar, maka harus siap-siap merogoh kocek agak dalam yaitu $179 per bulan.

14. Google Lighthouse

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Google lighthouse

Ekstensi Google Lighthouse
Jumlah pengguna 700+ ribu users
Rating 4.5/5
Ukuran 27.1KiB

Nah, jika sebelumnya kita berfokus dalam membahas berbagai ekstensi dari developer dunia, kali ini akan disajikan ekstensi SEO buatan dari Google sendiri, yaitu Google Lighthouse. 

Google Lighthouse diciptakan khusus untuk membantu web developer dalam mengatasi permasalahan pada Page Experience. Selain menyajikan informasi dan rekomendasi terkait SEO website, Google Lighthouse juga dilengkapi fitur untuk menyajikan report accessibility dan progressive web apps (PWA).

15. Pagespeed Insights

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Pagespeed insights

Ekstensi Pagespeed Insights
Jumlah pengguna 20+ ribu users
Rating 4/5
Ukuran 101KiB

Pada intinya, Pagespeed Insights berfungsi untuk menyajikan laporan performa website (mulai dari kecepatan page, SEO, hingga backlink). Pagespeed Insight dapat diakses melalui mobile dan desktop.

Pagespeed Insight lebih berfokus dalam menganalisis tingkat kecepatan website dengan memberi skala 0 hingga 10. Telah diketahui bahwa website dengan load yang cepat akan berpengaruh pada peringkat di SERP. Karena tentu saja pengunjung akan lebih betah untuk mengakses website dengan kecepatan yang tinggi.

16. Buzzsumo

Rekomendasi Ekstensi Google Chrome Untuk SEO dan Digital Marketing: Buzzsumo

Ekstensi Buzzmo
Jumlah pengguna 200+ ribu users
Rating 4/5
Ukuran 869KiB

Buzzsumo adalah ekstensi Google Chrome yang sangat cocok digunakan untuk kebutuhan content marketing. Berbagai keyword dan juga topik yang sedang trending dan ramai diperbincangkan akan dengan mudah diamati melalui Buzzsumo.

Beberapa fitur pilihan dari Buzzsumo yaitu dapat mengetahui jenis konten dengan jumlah “share” paling banyak, melakukan analisis mendalam terhadap performa konten, rekomendasi kata kunci yang sedang trend, dan memetakan influencers yang paling cocok dengan konten yang akan diterbitkan.

Tidak hanya itu, Buzzsumo juga ahli dalam melakukan analisis kompetitor. Sangat lengkap dan menarik, bukan?

Manakah Ekstensi Google Chrome Untuk SEO Pilihan Kalian?

Melalui artikel kali ini Exabytes Friends telah memahami mulai dari apa itu ekstensi Google Chrome, manfaat SEO bagi website, hingga rekomendasi beberapa ekstensi Google Chrome untuk SEO yang terbaik.

Bagi Exabytes Friends yang ingin mencoba ekstensi SEO secara full gratis, maka dapat memilih SEOQuake, Free Backlink Checker by LRT, Ninja Outreach, Fatrank, dan SERPTrends SEO Extension.

Namun apabila Exabytes Friends membutuhkan ekstensi SEO yang profesional dengan fitur lengkap, maka direkomendasikan Ubersuggest, Similarweb, SEOQuake, Keyword Everywhere, dan MozBar. Sedangkan untuk rekomendasi ekstensi Google Chrome yang lebih berfokus dalam menangani backlink, maka Exabytes Friends dapat mencoba Free Backlink Checker by LRT dan Ninja Outreach. 

Terakhir, jika yang menjadi fokus kalian adalah meningkatkan kecepatan website, maka Google Lighthouse dan Pagespeed Insight merupakan pilihan ekstensi Google Chrome terbaik.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rekomendasi ekstensi Google Chrome untuk SEO. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan web hosting juga menyediakan jasa Facebook Ads, loh! 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments