Ini 4 Cara Mengetahui Versi WordPress yang Dapat Anda Coba!

320
Mengetahui versi wordpress
10 min read

Sebagai pengguna platform blog WordPress, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui versi WordPress yang Anda gunakan atau yang orang lain gunakan? Ternyata terdapat beberapa cara mengetahui versi WordPress yang bisa Anda terapkan.

Cara mengetahui versi WordPress paling mudah adalah Anda memiliki akses ke halaman login admin maupun file situs website. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki akses login tersebut? Tenang saja, kelebihan WordPress yaitu memiliki beberapa metode lain yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui versi WordPress.

Beberapa cara mengetahui versi WordPress ini, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menemukan info versi WordPress yang digunakan. Namun, sebelum kita membahas hal teknikal sebaiknya kita tahu alasan mengapa mengetahui versi WordPress yang digunakan itu sangat penting? Simak penjelasan berikut ya!

Mengapa Mengetahui Versi WordPress Itu Penting?

Jika Anda belum pernah atau bertanya-tanya tentang cara mengetahui versi WordPress itu bagaimana, bahkan mungkin saja Anda menganggap bahwa versi WordPress adalah sesuatu hal yang kecil dan kurang penting, benar bukan?

Ya, ini keyakinan sebagian orang. Sebagian orang akan merasa direpotkan untuk mengawasi atau mengecek versi WordPress yang digunakan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mengetahui versi WordPress yang digunakan sangatlah penting?

Alasannya karena pada tahun 2019, sekitar 49% website diretas menggunakan versi WordPress yang sudah usang atau versi lama. Para peretas ini mengandalkan celah yang ada di versi WordPress lama untuk menyusup ke sistem website.

Celah ini bisa Anda perbaiki dengan cara membarui website ke versi yang lebih baru. Website WordPress yang diperbarui adalah bagian dari maintenance WordPress yang bisa memberikan pertahanan terbaik terhadap peretasan.

Tapi pertanyaannya mengapa pengguna WordPress bisa sampai lupa tidak membarui versi WordPressnya? Jawabannya ada dua, pertama bisa saja memang tidak adanya perhatian dengan versi WordPressnya dan memiliki keyakinan tidak terlalu penting untuk membarui versi WordPress.

Atau kemungkinan kedua yaitu pengguna memang tidak mengetahui versi WordPress yang digunakan. Jadi ia lupa untuk melakukan pembaharuan di sistem WordPressnya, jika memang Anda berada di posisi kedua tersebut. Mungkin pembahasan cara mengetahui versi WordPress di bawah ini bisa sangat membantu.

Cara Mengetahui Versi WordPress yang Digunakan

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya mengetahui versi WordPress yang digunakan, sekarang mungkin Anda bersiap untuk mencari tahu informasi tersebut.

Ada beberapa cara mengetahui versi WordPress, kami hanya akan membahas beberapa cara yang menurut kami paling mudah. Jadi jangan sampai ada yang terlewat ya!

Cek Versi WordPress via Area Admin

Cara paling mudah ketika Anda ingin mengetahui versi WordPress adalah melalui area admin dashboard WordPress dan di area dashboard WordPress tersebut ada beberapa lokasi yang menampilkan versi WordPress yang Anda gunakan. Bagaimana caranya?

Baca Juga  5 Keuntungan Hosting WordPress SSD yang Wajib Kamu Tahu

Langkah 1: login ke halaman dashboard dengan memasukkan username dan password.

Cara membuat wordpress: Akses URL domainanda.com/wp-admin, misalnya domain Anda menggunakan nama domain catatanku.com artinya URL untuk login adalah catatanku/wp-admin dan nanti akan muncul halaman login seperti di bawah ini:

Langkah 2: Setelah berada di halaman dashboard WordPress, Anda bisa menemukan versi WordPress di beberapa tempat. Cara pertama bisa Anda temukan versi WordPress di bagian sudut kanan bawah.

Langkah 3: Jika di langkah 2 Anda tidak menemukan versi WordPress yang digunakan, silakan cek di bagian kotak At a Glance. Pada kotak tersebut ada beberapa informasi penting seperti jumlah postingan, halaman, komentar dan termasuk versi WordPress yang digunakan.

Jika di langkah 2 Anda tidak menemukan versi WordPress yang digunakan, silakan cek di bagian kotak At a Glance. Pada kotak tersebut ada beberapa informasi penting seperti jumlah postingan, halaman, komentar dan termasuk versi WordPress yang digunakan.

Dalam beberapa kasus, website WordPress tidak memiliki kotak At a Glance. Penyebabnya adalah kotak tersebut bisa saja dihapus, menggunakan tema khusus, atau menggunakan versi WordPress yang sudah lama. Anda bisa gunakan cara lain seperti yang dijelaskan pada langkah 4 di bawah ini:

Langkah 4: Cara lainnya untuk cek versi WordPress yang Anda gunakan adalah melalui menu dashboard, caranya klik menu dashboard > Updates.

Di halaman update tersebut, biasanya ada pemberitahuan jika Anda sudah saatnya untuk melakukan pembaharuan. Di halaman ini juga, bisa Anda gunakan untuk cek versi WordPress.

Di halaman update tersebut, biasanya ada pemberitahuan jika Anda sudah saatnya untuk melakukan pembaharuan. Di halaman ini juga, bisa Anda gunakan untuk cek versi WordPress.

Hanya saja jika Anda menggunakan versi lama. Biasanya tidak akan ada tampilan versi, melainkan hanya tampilan saran untuk membarui versi WordPress.

Oh iya, Anda juga bisa scroll ke bagian bawah di halaman updates untuk melihat tulisan thank you for creating with WordPress dan di bagian pojok kanan bawahnya biasanya terdapat informasi versi WordPressnya.

nda juga bisa scroll ke bagian bawah di halaman updates untuk melihat tulisan thank you for creating with WordPress dan di bagian pojok kanan bawahnya biasanya terdapat informasi versi WordPressnya.

Informasi ini hanya bisa dilihat untuk versi WordPress 4.1.5 keatas, jika Anda menggunakan versi di bawahnya maka informasi tersebut tidak ditampilkan.

Cek Versi WordPress dengan Cara Akses File version.php

Cara mengetahui versi WordPress lainnya adalah dengan langsung memeriksanya pada  file version.php. Bagaimana caranya?Untuk melakukannya, Anda harus bisa mengakses halaman hosting.

Bagi Anda yang menggunakan hosting murah dari Exabytes, cara ini akan sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya cukup login ke member area Exabytes dan ikuti langkah-langkah di bawah ya.

Tapi bagaimana jika hosting yang digunakan menggunakan layanan lain? Tenang, Anda bisa bermigrasi ke Exabytes dan cek domain di Exabytes Indonesia. 

Detail langkah-langkah cara mengetahui versi WordPress via file version.php ada di bawah ini ya!

Langkah 1: Login ke halaman member Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Di halaman member Exabytes Indonesia, klik menu Layanan.

Setelah masuk klik Layanan.

Langkah 3: Di halaman my product & services, klik Manage Product.

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Scroll dan temukan tombol My Manage Hosting.

Langkah 5: Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 5: Di halaman hosting (di sini kami menggunakan jenis hosting Plesk) klik menu Files.

Ini 4 Cara Mengetahui Versi WordPress yang Dapat Anda Coba! - 2022

Langkah 6: Klik httpdocs > wp-includes > cari file version.php.

Klik httpdocs > wp-includes > cari file version.php.

Langkah 7: Buka file versions.php tersebut.

Buka file versions.php tersebut.

Catatan: Berhati-hatilah untuk tidak mengganti apa pun selain yang kami tunjukkan.

Langkah 8: Lakukan pencarian variabel $wp-version, dengan cara menggunakan tombol kombinasi ctrl+F.

 Lakukan pencarian variabel $wp-version, dengan cara menggunakan tombol kombinasi ctrl+F.

Nantinya akan terlihat nomor versi WordPress tepat disamping kode variabel $wp-version.

Cara Mengetahui Versi WordPress Milik Orang Lain

Cara yang satu ini bisa Anda terapkan ketika Anda ingin mengetahui versi WordPress yang orang lain gunakan atau ketika Anda tidak memiliki akses ke halaman dashboard admin WordPress dan halaman hosting.

Baca Juga  Cara Membuat Website Untuk Pemula Tanpa Coding [LENGKAP]

Bagaimana caranya? Mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah saja!

Cek Versi WordPress via Front End WordPress

Terkadang di website-website tertentu, Anda bisa menemukan versi WordPress yang digunakan. Namun banyak juga para webmaster yang dengan sengaja menyembunyikan versi WordPress yang mereka gunakan, sehingga Anda tidak bisa menemukannya di front end.

Jadi cara ini kemungkinan tidak bisa berfungsi untuk website-website tertentu, hanya bisa Anda gunakan di situs website yang pengaturan default tentang versi tetap utuh. Jika Anda mencoba cara mengetahui versi WordPress menggunakan metode ini tapi tidak berhasil, maka kami sarankan Anda untuk mencari metode lainnya.

Langkah 1: Buka halaman website yang menggunakan WordPress. Misalnya dalam demo ini kami akan cek versi WordPress untuk halaman website contoh.mainkit.id.

Langkah 2: Klik kanan dan pilih Inspeksi.

Klik kanan dan pilih Inspeksi.

Langkah 3: Tab baru yang menampilkan kode HTML dan CSS di halaman tersebut terbuka.

Tab baru yang menampilkan kode HTML dan CSS di halaman tersebut terbuka.

Langkah 4: Tekan tombol kombinasi ctrl+F untuk memunculkan fitur pencarian.

Tekan tombol kombinasi ctrl+F untuk memunculkan fitur pencarian.

Langkah 5: Masukkan kode “?ver=” di kolom pencarian yang telah dimunculkan sebelumnya.

Langkah 6: Nantinya Anda akan melihat beberapa baris yang diakhiri dengan “? ver=xxx” angka tersebut adalah versi dari WordPress yang digunakan.

Catatan: Terkadang di beberapa kondisi, metode ini tidak selalu bisa diandalkan karena template WordPress dan plugin juga menampilkan versinya di kode tersebut, sehingga mungkin akan cukup membingungkan.

Karenanya  Anda bisa mencoba metode lainnya, yang akan kami jelaskan berikut ini:

Cek Versi WordPress via RSS

Metode lainnya yang bisa Anda coba adalah mengakses RSS Feed. Langkah-langkahnya sangatlah mudah!

Langkah 1: Tambahkan /feed di bagian akhir URL situs website yang ingin Anda cari tahu versi WordPress yang digunakan.

Tambahkan /feed di bagian akhir URL situs website yang ingin Anda cari tahu versi WordPress yang digunakan.

Langkah 2: Setelah terbuka, tekan tombol kombinasi ctrl+F untuk membuka kolom pencarian halaman.

 Setelah terbuka, tekan tombol kombinasi ctrl+F untuk membuka kolom pencarian halaman.

Langkah 3: Ketikkan “generator” di kolom pencarian tersebut.

Ketikkan “generator” di kolom pencarian tersebut.

Langkah 4: Nantinya Anda akan melihat kode seperti <generator>https://wordpress.org/?v=xxx</generator> dan di dalamnya ada nomor versi WordPress yang digunakan website tersebut. Coba perhatikan gambar di atas!

Nah itu adalah beberapa cara mengetahui versi WordPress, silakan gunakan cara yang menurut Anda lebih mudah untuk dilakukan.

Ketahui Versi WordPress Anda dan Update Sekarang Juga!

Dengan Anda mengetahui versi WordPress, Anda bisa melakukan update dan maintenance WordPress sekarang juga. Sehingga masalah yang timbul akibat dari tidak menggunakan versi terbaru bisa diselesaikan dengan baik.

Cara mengetahui versi WordPress di atas memiliki beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Namun, cara terbaik mengetahui versi WordPress yang Anda gunakan adalah melalui halaman admin dashboard WordPress.

Jika Anda tidak bisa login ke halaman dashboard menggunakan akun WordPress, Anda bisa login ke halaman dashboard melalui halaman control panel hosting yang Anda gunakan. Atau bagi Anda yang tidak bisa melalui dua cara tersebut, bisa melalui RSS dan ini adalah metode yang paling cepat.

Selamat mencoba ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments