10+ Tren Web Design 2022 yang Akan Booming, Yuk Cari Tahu!

0
3204

Disadari atau tidak, design website memegang peran penting dalam merepresentasikan citra perusahaan, toko, maupun orang pribadi yang memiliki situs tersebut. Seperti penampilan seseorang, saat pertama kali bertemu kamu bisa menilai apakah orang itu dapat dapat dipercaya, menyenangkan, pemalu, atau mencurigakan.

Begitu juga web design, bagaimana pengaturan elemen, pemilihan warna, gaya, serta konsep grafis yang ditampilkan dapat mempengaruhi kesan pertama yang menentukan apakah pengunjung akan melanjutkan navigasi atau memilih untuk menutup tab websitemu.

Karena itu web design tidak bisa dianggap remeh, sekadar memiliki website yang terlihat bagus saja tidak cukup. Kamu perlu melakukan research dan berdiskusi dengan designer web untuk menciptakan website yang mewakili identitas dan menjawab kebutuhan pengunjung.

Kamu bisa mulai dengan memperhatikan beberapa website yang memiliki bidang serupa. Bagaimana mereka mengatur layout, tampilan website serta ciri khas apa yang mereka punya. Selain itu, melihat-lihat design website yang kreatif juga bisa menambah inspirasi lho. Nah, 10+ tren web design 2022 yang akan booming berikut ini bisa menjadi referensi kamu dalam membuat website terbaik.

Apa Itu Web Design?

Sebelum membahas lebih lanjut apa saja tren web design 2022, ada baiknya kamu lebih dulu memahami apa itu web design dan apa saja pengaruhnya bagi website yang kamu punya.

Web design adalah proses membangun elemen website mulai dari struktur, layout, gambar, warna, font, serta grafik untuk menciptakan keseluruhan tampilan dan nuansa website yang mewakili  citra pemiliknya. Kesan pertama pengunjung online, paling banyak dipengaruhi oleh hal-hal yang berkaitan dengan design website.

Bahkan 75% di antaranya menilai kredibilitas berdasarkan keseluruhan design dan 38% orang akan berhenti menggunakan suatu website apabila layoutnya dirasa kurang atraktif. Hal ini menegaskan, bahwa web design merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi performa sebuah situs.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Dalam Merancang Web Design?

Setelah memahami apa itu web design, kamu mungkin bertanya-tanya contoh desain website seperti apa yang disukai oleh pelanggan? Sebenarnya, tidak ada aturan pasti yang bisa menuntun keberhasilan design sebuah website.

Alasannya tentu saja karena perusahaan, toko, maupun orang pribadi yang diwakili oleh website tersebut memiliki ciri khas, unique selling point dan kelebihan yang berbeda-beda. Namun, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini agar lebih mudah menentukan design seperti apa yang dapat meningkatkan kualitas website serta memberikan performa terbaik.

UI UX Design

Bagi pemula istilah UI UX design mungkin masih terasa asing, meski terdengar mirip tapi sebenarnya keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Secara sederhana, perbedaan UI design dan UX design terletak fokus masing-masing bidang tersebut.

UI design merupakan singkatan dari user interface design yang berfokus pada bagaimana tampilan antarmuka sebuah website, aplikasi, atau program dapat memberikan pengalaman yang memuaskan penggunanya. Desain grafis, pemilihan warna, dan peletakan tombol navigasi merupakan beberapa contoh ruang lingkup UI design.

Sedangkan, UX design merupakan singkatan dari user experience design yang lebih berfokus pada research, analisis, dan pemetaan mengenai apa yang dibutuhkan oleh target market. UX design tidak berhubungan dengan design website secara teknis, namun lebih mengarah pada bagaimana seharusnya design tersebut dapat menjawab kebutuhan pelanggan berdasarkan research yang sudah dilakukan.

UI design dan UX design merupakan point penting dalam menciptakan website yang berkualitas. Dengan UI UX design, proses pembuatan sebuah website menjadi lebih jelas, terarah, dan terukur.

Copywriting yang Menarik

Website merupakan media komunikasi satu arah, kamu tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan pengunjung kecuali mereka masuk ke bilah chat untuk menghubungimu. Karena itu, copywriting menjadi salah satu point yang penting untuk diperhatikan.

Beberapa design web menggunakan teks berukuran besar atau jenis tulisan tebal untuk menegaskan identitas mereka. Tulisan apa saja yang ditampilkan tidak bisa sembarangan dibuat, karena itu kamu perlu merangkai copy yang persuasif, menarik, dan meyakinkan pengunjung untuk menjalin kerja sama atau melakukan pembelian di website..

Style yang Konsisten

Konsistensi merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Style web design yang konsisten dapat menciptakan kesan kuat dan mempengaruhi persepsi pengunjung. Pengunjung akan mudah teringat dengan websitemu saat melihat hal-hal yang serupa, dengan begitu mereka akan lebih mudah kembali dan tercipta engagement yang kuat antara pengunjung dengan website yang kamu miliki.

10+ Tren Web Design 2022 yang Akan Booming

Menggunakan desain yang sedang naik daun dapat membuat websitemu terlihat lebih menarik dan up to date. Awal tahun ini merupakan momen yang tepat untuk membuat atau mengganti desain websitemu mengikuti tren yang sedang booming. Beberapa contoh web design berikut ini bisa menjadi sumber inspirasimu dalam merancang design website yang menarik perhatian.

Tampilan Seperti Aplikasi

tren web design 2022: tampilan seperti aplikasi
Contoh design website yang mengadaptasi struktur tampilan aplikasi (sumber: webdesignerdepot)

Saat ini masyarakat sudah terbiasa dengan aplikasi, memenuhi berbagai keperluan lewat aplikasi sudah menjadi hal yang wajar dan normal. Mengadaptasi tampilan aplikasi sebagai desain website akan memberikan kesan familiar dan memudahkan pengunjung melakukan navigasi. Selain itu tampilan aplikasi pada sebuah website juga dapat menarik perhatian, karena memberikan pengalaman berselancar yang baru pada pengunjung website.

One-page Website

tren web design 2022: one-page website
Contoh portfolio dengan design one-page website (sumber: sergiopedercini)

One-page website diprediksi akan menjadi tren web design 2022. Model website seperti ini cocok untuk tujuan portfolio atau presentasi karena hanya menggunakan satu halaman. Tidak ada menu navigasi, semua informasi dimuat dalam satu halaman website. Pengguna cukup menggulir ke bawah untuk menemukan display art, materi presentasi, kontak, maupun informasi lainnya.

Gradients dengan Efek Grain

tren web design 2022: gradients dengan efek grain
Contoh web design dengan background gradients dan grain (sumber: wix)

Gradients sebenarnya sudah popular dan mendominasi banyak desain website saat ini. Namun, penambahan efek grain menciptakan kesan berbeda yang diprediksi akan menjadi tren web design 2022. Konsep gradient dan grain ini cocok digunakan sebagai background landing page, grafik animasi, atau dekorasi pada website karena memberikan kesan modern dan futuristis.

Linework

tren web design 2022: linework
Contoh tren website design yang menggunakan banyak elemen garis (sumber: webflow)

Elemen garis juga tidak mau ketinggalan meramaikan tren web design 2022. Garis dapat digunakan untuk membuat section, header, paragraf, atau grid dinamis pada seluruh halaman website. Perpaduan garis dengan ketebalan tertentu juga dapat memberikan kesan yang berbeda. Misalnya, garis tipis dapat memberikan kesan modern minimalist sedangkan garis yang tebal cenderung membawa kesan tegas dan kaku.

Lebih Sedikit Gambar

tren web design 2022: lebih sedikit gambar
Contoh design website yang menggunakan lebih sedikit gambar (sumber: webflow)

Umumnya website menggunakan banyak gambar untuk menarik perhatian pengunjung. Namun tren web design 2022 nampaknya mulai menggeser konsep tersebut. Sebagai gantinya, teks dengan copy yang atraktif digunakan untuk menyampaikan informasi dan menarik minat pengunjung. Tapi jangan sampai keliru, gambar bukannya menghilang sama sekali. Beberapa icon dan gambar kecil yang mendukung dapat tetap digunakan untuk mempercantik tampilan website.

Glassmorphism

tren web design 2022: glassmorphism
Contoh design website dengan style glassmorphism (sumber: dribble/Boguslaw Podhalicz)

Glassmorphism merujuk pada konsep design yang menggunakan efek transparansi, shadow dan blur untuk menciptakan tampilan seperti kaca. Konsep design ini juga diprediksi akan menjadi tren web design 2022. Teknik glassmorphism dapat digunakan pada logo, ilustrasi atau seluruh halaman website karena memberikan feel 3D yang membawa kesan mewah, elegan, dan unik.

Fun Optimistic Design

tren web design 2022: fun optimistic design
Contoh design dengan elemen fun optimistic design (sumber: designmodo)

Website yang menampilkan warna-warna cerah serta design yang fun dapat memberikan kesan menyenangkan bagi pengunjungnya. Jenis design ini banyak menggunakan block, shape, dan garis untuk membentuk wajah atau gambar-gambar yang lucu. Style yang akan menjadi tren web design 2022 ini cocok untuk digunakan untuk website portfolio, e-commerce, atau situs pendidikan.

Oversized Typography

tren web design 2022: oversized typography
Contoh design website dengan oversized typography (sumber: webflow)

Tidak ketinggalan, typography juga ikut eksis menjadi tren web design 2022. Seperti namanya, oversized typography mengusung konsep font berukuran besar yang memenuhi layar landing page. Konsep design ini cocok untuk digunakan pada style design apapun karena teks merupakan elemen yang wajib ada pada semua website. Gaya minimalist, maximalist, modern, atau retro semua bisa mengikuti tren oversized typography dengan sempurna.

Elemen Design Tiga Dimensi

tren web design 2022: elemen design tiga dimensi
Contoh penerapan elemen tiga dimensi pada design website (sumber: designmodo)

Elemen tiga dimensi menggunakan bayangan, animasi dan efek layer untuk menciptakan dimensi dan kedalaman gambar. Style design 3D memberikan kesan realistic dan lebih atraktif untuk mempresentasikan model prototype, video, atau diterapkan sebagai ilustrasi. Meskipun gaya desain ini tidak bisa dibilang baru, namun pemanfaatan elemen design tiga dimensi pada objek flat dan animasi merupakan inovasi yang fresh dan dapat menjadi tren web design 2022.

Split Screen Websites

tren web design 2022: split screen website
Contoh split-screen websites (sumber: webflow)

Sesuai namanya, split screen website membagi layout menjadi beberapa bidang dalam satu tampilan. Style tren web design 2022 yang satu ini menggunakan perpaduan warna-warna komplementer yang kontras untuk menarik perhatian pengunjung. Selain itu pembagian section pada style split-screen websites juga dapat dimanfaatkan untuk menampilkan banyak informasi dengan rapi dan terorganisir.

Homepage Tanpa Gambar

tren web design 2022: homepage tanpa gambar
Contoh design website dengan homepage tanpa gambar (sumber: designmodo)

Berbeda dengan style design lebih sedikit gambar pada pembahasan sebelumnya, web design yang satu ini benar-benar tidak menggunakan elemen gambar sama sekali pada halaman landing page-nya. Meski begitu, dengan pemilihan style font yang tepat, design website yang satu ini justru berhasil menampilkan kesan minimalist dan elegan yang kuat. Jadi, tidak heran bila style homepage tanpa gambar menjadi salah satu tren web design 2022.

Efek Tumpang Tindih

tren web design 2022: efek tumpang tindih
Contoh design website dengan style efek tumpang tindih (sumber: designmodo)

Penataan elemen yang kreatif serta pemilihan warna yang harmonis membuat style efek tumpang tindih menjadi salah satu tren web design 2022. Apabila kamu tertarik mengadaptasi design website yang satu ini, kamu perlu memperhatikan proporsi elemen yang digunakan agar tidak terkesan berlebihan. 

Gunakan jenis font yang netral agar desain menjadi lebih seimbang, dengan begitu elemen tumpang tindih yang sudah diatur dapat menjadi point utama yang membuat website kamu tampil unik dan berbeda

Penutup

Nah, itu dia 10+ tren web design 2022 yang akan booming tahun ini. Kamu juga bisa menggabungkan beberapa style yang menarik dan cocok untuk website kamu lho. Tapi tentunya dengan pertimbangan yang matang dan proporsi yang sesuai ya. Jangan sampai websitemu memakan waktu loading yang lama hanya karena terlalu banyak elemen yang digunakan.

Apabila kamu membutuhkan jasa pembuatan website profesional kamu bisa percayakan pada Exabytes! Kamu cukup menjelaskan design yang kamu inginkan, dan Exabytes siap mengurus seluruh keperluan websitemu mulai dari web design, copywriting, SEO, hingga optimalisasi mobile.

Selain itu, Exabytes juga menyediakan web hosting Indonesia dengan kapasitas besar yang dapat membuat websitemu loading dengan cepat dan responsif. Sebuah paket lengkap bukan? Jadi, kamu tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk mengurus web design, hanya dengan mengandalkan Exabytes semua urusan websitemu bisa selesai dengan cepat dan profesional.

Demikian artikel 10+ tren webdesign 2022 yang akan booming, semoga bisa membantu ya.

1 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments