Cara Redirect Domain dengan Mudah, Tanpa Ribet!

0
3303

Kadang para pemilik website harus mengganti domain utama mereka dan mungkin Anda adalah salah satunya, walaupun bahkan semua tips memilih nama domain sudah Anda terapkan. Sampai akhirnya domain baru Anda lahir.

Akan tetapi proses perpindahan dari domain lama Anda tidak bisa begitu saja diganti, traffic dari domain utama yang sudah terbangun harus dipindahkan ke domain baru Anda. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan teknik redirect domain.

Jika Anda adalah salah satu yang sedang mencari cara redirect domain, maka Anda berada di artikel yang tepat. Langkah-langkah dalam artikel ini bisa Anda ikuti untuk mengarahkan domain lama Anda ke domain yang baru.

Cara redirect domain yang kami bahas ini bisa Anda terapkan pada control panel hosting yang Anda gunakan. Sebagai contoh penerapan cara redirect domain ini kami menggunakan control panel hosting dari Plesk.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan teknikal cara redirect domain, seaiknya kita mengetahui apa itu redirect domain? Dan mengapa Anda perlu menerapkan cara redirect domain?

Apa itu Redirect Domain?

Cara Redirect Domain dengan Mudah, Tanpa Ribet!

Redirect domain merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan pengelola website untuk mengarahkan pengunjung ke domain website yang berbeda. Misalnya saja Anda memiliki website di domain portal-sejahtera.com.

Ketika seseorang mengakses domain portal-sejahtera.com, maka akan dialihkan ke halaman atau website dengan domain yang lainnya.

Jenis-Jenis Redirect Domain

Contoh pada pembahasan tentang redirect domain di atas adalah tipe redirect 301. Lalu, sebenarnyaada berapa jenis redirect domain? Jenisnya ada dua dan dengan fungsi yang berbeda-beda. Pada pembahasan ini kami akan menjelaskan tipe/jenis redirect dan fungsinya.

Sehingga dengan Anda memahami jenis dan fungsinya, Anda bisa menggunakan redirect secara tepat dan sesuai kebutuhan. Ada apa saja tipe redirect yang perlu Anda ketahui? Selengkapnya Anda bisa mengamati pembahasan berikut ini:

Redirect 301

Nah ini adalah jenis redirect yang digunakan pada demo cara redirect domain di atas. Jenis redirect ini merupakan jenis redirect permanen dan tujuan dari redirect ini adalah untuk melakukan perpindahan isi website dari domain lama ke situs website dengan domain yang baru secara permanen.

Mesin pencari seperti Google biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengenali perpindahan ini. Redirect tipe 301 sangat penting dan tepat digunakan jika website Anda sedang dalam kondisi seperti:

1. Redirect 301 bisa digunakan ketika Anda menginginkan untuk mengganti domain website ke domain yang baru.
2. Jika Anda memiliki beberapa alamat domain dan ingin mengarahkannya ke domain utama sebagai pusatnya. Sehingga, Anda bisa menaikan peringkat domain utama tersebut.
3. Ketika Anda memiliki dua halaman website yang sama dan Anda menginginkan menaikan peringkat salah satu dari halaman website tersebut.

Selain dari ketiga kondisi di atas, redirect jenis ini juga bisa Anda gunakan ketika ingin mengalihkan domain non WWW ke domain dengan tambahan WWW di bagian depannya.

Redirect 302

Redirect 302 ini memiliki sifat temporary atau untuk sementara. Redirect tipe ini bisa Anda gunakan ketika Anda hanya ingin menerapkannya pada halaman sementara di landing page website yang Anda miliki.

Anda dapat menerapkan metode redirect ini pada pembahasan cara redirect domain selanjutnya, di mana pada langkah 8 kode yang harus Anda gunakan adalah:

Redirect tipe ini bisa diaplikasikan ketika website berada dalam kondisi sebagai berikut:

1. Website Anda sedang menjalankan maintenance.
2. Ketika website menginginkan URL asli tetap diindeks, tujuannya agar pengguna bisa mengunjungi halaman lain.
3. Jika halaman yang terkaitpenjualan ada di page tujuan yang akan di redirect.

Anda dapat menerapkan metode redirect ini pada pembahasan cara redirect domain selanjutnya, di mana pada langkah 8 kode yang harus Anda gunakan adalah:

Redirect 302 / http://url-tujuan.com/

Manfaat Redirect Domain Untuk Website

Setelah Anda mengetahui fungsi dari redirect domain adalah untuk mengalihkan pengunjung dari domain website lama ke website yang baru, mungkin Anda cukup bertanya-tanya, apa manfaat yang bisa didapatkan dari redirect domain tersebut?

Nah semua itu akan dijawab dalam pembahasan selanjutnya. Apa saja? Yuk simak saja pembahasannya sampai selesai!

Mempertahankan Reputasi Website Anda

Ketika website Anda sudah mendapatkan reputasi yang baik berupa ranking bagus di mesin pencari seperti Google, akan tetapi ada kondisi di mana Anda perlu melakukan redirect. Namun, Anda tidak ingin kerja keras Anda dalam membangun reputasi website terbuang sia-sia.

Maka dari itulah redirect domain hadir, teknik ini bisa memindahkan website maupun halaman tertentu ke domain baru secara permanen tanpa mempengaruhi reputasi website atau bisa dibilang dapat membantu Anda mempertahankan reputasi website.

Tingkat efektifitas redirect domain dalam mempertahankan ranking dan juga reputasi website bisa mencapai 90–99%.

Website Dapat Tetap di Akses dengan Baik

Error 404 bisa saja terjadi jika pengunjung mengakses website dengan domain yang telah dihapus maupun diganti. Tentu saja ini tidak akan mempengaruhi ranking maupun reputasi website di mesin pencari.

Akan tetapi, pengunjung akan keberatan untuk kembali dan akhirnya pengunjung yang sebelumnya banyak perlahan akan menurun. Terlebih jika website yang Anda jalankan berupa toko online, hal tersebut akan mengurangi kredibilitas website tersebut.

Jika Anda memang akan mengganti domain utama Anda ke domain yang baru, Anda perlu menggunakan teknik redirect. Cara redirect domain akan kami bahas pada pembahasanberikutnya, jadi baca sampai selesai agar Anda bisa mendapatkan keseluruhan insightnya.

Memberitahu Mesin Pencari Bahwa Anda Menggunakan Domain Baru

Menggunakan redirect domain, selain bisa membuat pengunjung website menjadi lebih nyaman, secara tidak langsung teknik ini dapat memberitahu mesin pencari bahwa Anda sudah memiliki domain utama yang baru.

Sehingga mesin pencari dengan algoritma yang mereka miliki, sedikit demi sedikit akan mengganti alamat domain utama Anda dengan menampilkan domain utama yang baru.

Kapan Harus Menggunakan Redirect Domain?

kapan harus menggunakan redirect domain?

Kini Anda mengetahui apa itu redirect domain beserta dengan manfaatnya. Lalu kapan harus menggunakan redirect domain tersebut? Tenang, tentu saja ada waktu yang tepat menggunakan redirect domain, Anda tidak bisa menggunakan teknik ini setiap waktu.

Ada baiknya Anda menggunakan redirect domain ketika menemukan kondisi seperti di bawah ini:

1. Anda sedang menata ulang website dan mengubah domain utama.
2. Ketika Anda menginginkan pengunjung dialihkan saat mengakses halaman tertentu.
3. Menggabungkan dua website menjadi satu website.
4.  Jika Anda ingin mengganti CMS, maka bisa menggunakan teknik redirect.

Cara Redirect Domain dengan Mudah!

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti, yakni bagaimana cara redirect domain. Silakan ikuti panduan dua cara berikut yang menurut Anda paling mudah!

Cara Redirect Domain Menggunakan Metode File .htaccess

Panduan di bawah ini menjelaskan cara redirect domain di control panel Plesk menggunakan metode file .htaccess. 

Langkah1: Akses halaman member area Exabytes di URL billing.exabytes.co.id/clientarea.php.

Langkah1: Akses halaman member area Exabytes di URL billing.exabytes.co.id/clientarea.php.

Langkah 2: Masukkan email address dan password akun Exabytes Anda dan klik login.

Langkah 3: Di halaman member area Exabytes, klik menu Layanan.

Langkah 3: Di halaman member area Exabytes, klik menu Layanan.

Langkah 4: Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 5: Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 6: Klik menu Files > httpdocs.

Klik menu Files > httpdocs.

Langkah 7: Cari dan buka file .htaccess.

 Cari dan buka file .htaccess.

Langkah 8: Tambahkan kode di bawah ini ke dalam file .htaccess, bagian url-tujuan.com diganti dengan alamat domain tujuan.

Redirect 301 / http://url-tujuan.com/
Langkah 8: Tambahkan kode di bawah ini ke dalam file .htaccess, bagian url-tujuan.com diganti dengan alamat domain tujuan.

Langkah 9: Setelah menambahkan kode di atas, jangan lupa untuk save. Metode redirect di atas menggunakan redirect 301 (permanen).

Cara Redirect Domain Menggunakan Plugin

Salah satu kelebihan WordPress adalah plugin yang dapat mempermudah penggunanya. Cara redirect domain menggunakan plugin ini bisa Anda terapkan ketika Anda kurang familiar dengan file .htaccess.

Plugin tersebut bernama Redirection, dengan menggunakan plugin ini Anda tidak perlu melakukan koding apapun. Anda hanya cukup instal plugin tersebut dan masuk ke dashboard lalu masukkan URL lama dan URL baru. Cek gambar di bawah ini agar lebih jelas!

Plugin tersebut bernama Redirection, dengan menggunakan plugin ini Anda tidak perlu melakukan koding apapun. Anda hanya cukup instal plugin tersebut dan masuk ke dashboard lalu masukkan URL lama dan URL baru.

Namun perlu diketahui, plugin ini hanya bisa digunakan untuk tipe redirect 301 per halaman dalam satu domain yang sama. Jika Anda ingin menerapkan cara redirect domain 301, maka Anda bisa menggunakan cara pertama dengan menggunakan file .htaccess.

Yuk Terapkan Cara Redirect Domain Sekarang Juga!

Nah itu dia cara redirect domain di Plesk dengan metode menggunakan file .htaccess yang bisa Anda terapkan. Jika tidak berfungsi dengan baik, cek terlebih dahulu apakah website tujuan sedang mengalami down dan hapus juga cache di browser.

Jika masih gagal, Anda bisa menghapus pengaturan redirect yang telah dibuat dan mulai kembali menerapkan cara redirect domain dari awal sampai berfungsi dengan baik, karena bisa saja ada beberapa langkah yang terlewat sehingga fungsi redirect tidak berhasil.

Praktik adalah cara terbaik dalam belajar, sehingga Anda tidak perlu takut untuk mencoba semua jenis redirect baik itu 301 maupun 302. Jika Anda ingin mencoba cara tersebut, namun belum memiliki nama domain, tenang karena sekarang sudah banyak domain murah tersedia di Exabytes Indonesia.

Exabytes Indonesia juga sering mengadakan promo domain. Yuk cek domain Anda sekarang!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments