Apa Itu Patchman: Pengaman Website Terbaik yang Multifungsi

301
apa itu patchman
5 min read

Teknologi yang telah canggih menjadikan informasi lebih mudah dan dengan cepat diperoleh serta disebarluaskan. Namun kita tetap harus waspada agar tidak mudah terlena oleh kemudahan yang ditawarkan teknologi saat ini. Karena seiring dengan berkembangnya teknologi, maka kejahatan siber juga semakin meluas.

Banyak oknum yang memanfaatkan kemampuannya dalam berteknologi untuk merugikan pihak lain demi memperoleh keuntungan pribadi. Salah satu contoh kejahatan siber yang sudah diketahui banyak orang dan menelan banyak korban adalah hacking.

Seiring meningkatkaya perkembangan teknologi, keamanan di dunia siber juga perlu diperhatikan.
Seiring meningkatnya perkembangan teknologi, keamanan website di dunia siber juga perlu diperhatikan. (Sumber: Pixabay)

Tahukah kalian jika lebih dari 10 juta situs diretas setiap tahunnya? Situs atau website yang diretas tidak hanya membuat data dan file penting yang tersimpan di dalamnya menjadi hilang atau rentan dicuri, tetapi juga dapat merusak reputasi dari situs tersebut dan menelan biaya yang cukup mahal untuk memperbaikinya.

Lalu bagi Anda yang memiliki situs website dengan banyak data dan file penting di dalamnya, bagaimana cara untuk menjaga keamanannya? Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan Patchman.

Apa Itu Patchman?

Apa itu Patchman
Patchman merupakan salah satu software yang dapat menjaga keamanan website.

Patchman merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang memiliki fungsi utama untuk mengamankan website atau situs dari berbagai kejahatan atau ancaman siber, seperti hacking, malware, virus, dan celah keamanan atau vulnerability. Patchman bekerja dengan cara memindai situs (scanning) dan memperbaiki permasalahan yang ditemukan di situs Anda tanpa mengganggu kinerja situs ataupun merusaknya.

Patchman saat ini mendukung beberapa platform website dan tidak menutup kemungkinan kedepannya akan lebih banyak lagi platform yang dapat didukung. Beberapa jenis platform website yang saat ini didukung oleh Patchman, seperti:

  • WordPress (Versi 3.x dan versi setelahnya)
  • Joomla (Versi 1.5.x dan versi setelahnya)
  • Drupal (Versi 5.x dan versi setelahnya)
  • osCommerce (Versi 2.2)
  • Magento (Versi 1.9.2 dan versi setelahnya)
  • WooCommerce (Versi 2.1.0 dan versi setelahnya)
  • PrestaShop (Versi 1.6.0.1 dan versi setelahnya)

Kegunaan Patchman

Berikut adalah beberapa kegunaan Patchman yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya:

Deteksi Aplikasi Web yang Usang

Salah satu celah yang dapat dimasuki oleh peretas (hacker) untuk mencuri data ataupun merusak situs website adalah ketika script yang digunakan pada website ternyata sudah usang atau tidak pernah dilakukan update. Patchman membantu mendeteksi adanya aplikasi di situs website Anda yang butuh di-update disesuaikan dengan platform yang Anda gunakan.

Dengan melakukan update berkala terhadap aplikasi website maka akan memberikan beberapa manfaat di antaranya, menyediakan pilihan fitur website yang paling terbaru sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menunjang kinerja website, menghilangkan bug, meningkatkan kecepatan situs website, hingga meningkatkan kompatibilitas website.

Apabila website Anda memiliki beberapa aplikasi yang terinstall di dalamnya, maka akan sulit untuk mendeteksi mana saja aplikasi yang telah diperbarui dan mana yang belum diperbarui. Sehingga salah satu alasan mengapa Patchman sangat dibutuhkan oleh website Anda adalah agar dapat memberikan notifikasi mengenai aplikasi di website Anda mana saja yang butuh untuk diupdate dengan segera.

Namun sebelum melakukan update terhadap aplikasi website Anda, pastikan Anda telah melakukan backup website terhadap data-data dan file penting yang tersimpan didalamnya. Apabila Anda adalah salah satu pengguna WordPress, Anda dapat menggunakan plugin backup WordPress yang banyak tersedia.

Mengecek Celah Keamanan Website

Kerentanan sebuah website atau dapat pula disebut dengan celah keamanan (vulnerability) adalah sebuah kelemahan atau kesalahan konfigurasi dalam website atau coding website yang memungkinkan attacker dapat dengan mudah masuk ke website atau bahkan mengambil alih atas website tersebut. Beberapa platform website yang memiliki celah keamanan (vulnerability) rentan di antaranya Drupal, Joomla, dan WordPress.

Oleh karena itu dibutuhkan Patchman untuk mengatasi permasalahan celah keamanan dari sebuah website hanya dengan melakukan scanning terhadap permasalahan ataupun malware yang ada di website. Waktu yang dibutuhkan bagi aplikasi Patchman untuk melakukan scanning hanyalah 60 detik saja.

Mendeteksi dan Menangani Malware

Selama ini mungkin Anda hanya mengenal virus sebagai salah satu bentuk ancaman digital pada website, komputer, atau file-file penting Anda yang tersimpan pada cloud. Namun terdapat ancaman digital lainnya yang juga berbahaya, yaitu Malware. Malware (malicious software) termasuk jenis perangkat lunak (software) yang dibuat dengan sengaja untuk cybercriminal atau kejahatan dunia maya.

Virus termasuk salah satu jenis malware yang paling sederhana. Jenis lain dari malware adalah worm, trojan, horse, spyware, dan lainnya. Patchman memiliki kelebihan untuk mengamankan website Anda dari serangan malware yang dapat mencuri data atau mengganggu kinerja dari website Anda. Cara kerja Patchman untuk mengamankan website Anda dari serangan malware adalah:

  • Patchman dapat dengan cepat mendeteksi dan mengetahui adanya serangan yang terjadi pada website secara real time.
  • Setelah mengetahui adanya serangan malware yang mencoba masuk ke website, maka Patchman akan memberikan keterangan detail mengenai percobaan serangan yang terjadi.
  • Namun apabila serangan malware telah berhasil masuk ke website Anda, maka tidak perlu khawatir karena Patchman memiliki fitur Roll Back Changes dan Automasi secara otomatis yang berguna untuk mengembalikan website Anda ke kondisi semula sebelum terjadinya serangan malware.

Kirim Pemberitahuan Otomatis kepada Client di Website Anda

Apabila website Anda termasuk jenis website yang menyediakan layanan jasa ataupun menangani penjualan sebuah barang, maka Patchman adalah perangkat lunak yang tepat untuk Anda pilih guna mengamankan website Anda. Karena apabila website Anda sedang dalam gangguan atau mengalami serangan keamanan, maka Patchman akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan kepada client atau customer yang terdata di website Anda.

Kesimpulan

Lebih dari 10 juta situs telah diretas setiap tahunnya. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengamankan situs website yang Anda punya pun beserta dengan data dan file penting yang tersimpan di dalamnya. Salah satu cara untuk mengamankan website Anda yaitu dengan menggunakan Patchman.

Patchman bekerja secara realtime dengan melakukan scanning hanya dengan waktu 60 detik untuk mengetahui apakah ada serangan keamanan yang masuk untuk mengancam website Anda. Ancaman keamanan yang dapat dideteksi oleh Patchman, diantaranya malware (virus, trojan, worm, horse, spyware, dan lainnya), vulnerability, hacking, ataupun phising.

Selain berguna untuk proteksi website, Patchman juga berfungsi untuk mengetahui adanya aplikasi yang usang (outdated) dan mengirimkan notifikasi kepada client dan customer Anda. Kelebihan lain dari Patchman yaitu dapat dengan mudah untuk diintegrasikan dengan control panel apapun, contohnya cPanel, Plesk, dan DirectAdmin.

Anda juga dapat menyimak cara meningkatkan keamanan website lainnya pada artikel berikut!

Kabar baiknya, Layanan hosting Indonesia di Exabytes saat ini telah diperbarui sistem keamanannya menggunakan fitur Patchman Lho! Dimana situs web Anda akan terjamin keamanannya dari berbagai serangan cyber. Jadi tunggu apa lagi, yuk beli hosting terbaik sekarang hanya di Exabytes.

Sekian informasi kami berikan. Semoga bermanfaat!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments