15 Rekomendasi E-commerce Template Terbaik [Gratis]

595
12 min read

Memiliki sebuah website e-commerce saja tidak cukup untuk menarik dan meyakinkan calon pembeli. Salah satu cara yang dapat membedakan bisnismu dengan kompetitor dan membuatnya lebih unggul adalah dengan memiliki tampilan website e-commerce yang menarik dan sesuai brand yang ingin dibangun.

Untungnya, sekarang ini kamu tidak perlu membuat website e-commerce sendiri untuk bisnismu. Ada banyak cara mudah buat website, salah satunya dengan menggunakan template website toko online. Namun, bagaimana cara memilih template yang tepat untuk bisnis dan produk-mu? Berikut beberapa rekomendasi e-commerce template. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Pengertian E-Commerce

E-commerce yang juga dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet yang mengacu pada pembelian dan penjualan barang atau jasa menggunakan situs web di internet, dan transfer uang dan data untuk melakukan transaksi ini.

Mengapa Tampilan Website E-commerce Begitu Penting?

Menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh calon pelanggan pada website yang kamu miliki tidaklah cukup. Salah satu faktor utama yang tidak boleh terlupakan dari perhatian yaitu tampilan visual atau desain dari website bisnismu. 

Berikut adalah alasan mengapa tampilan website e-commerce begitu penting, di antaranya:

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Calon pelanggan tidak mempercayai website dengan desain yang buruk. Apabila mereka melihat tampilan yang kurang menarik atau kurang informatif, kepercayaan mereka terhadap bisnis tersebut akan menurun. Bahkan mereka mungkin menjadi curiga terhadap bisnis tersebut karena tidak memiliki desain website atau tampilan yang baik. 

Sebaliknya, website yang terlihat profesional akan membuat costumer lebih percaya dan merasa aman untuk melakukan transaksi di website tersebut. Tampilan website menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan customer. Semakin lama mereka berada di websitemu, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan leads dan meningkatkan penjualan.

Dapat Membantu Meningkatkan Penjualan

Visual yang efektif dapat membantu kamu meningkatkan penjualan. Tampilan yang baik memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Apabila mereka bisa mendapatkan seluruh informasi yang mereka butuhkan di website, mereka akan semakin mudah membuat keputusan untuk melakukan pembelian. Alhasil, peluang untuk meningkatkan penjualan pun lebih besar.

Mempengaruhi Ranking SEO

Website yang tidak didesain dengan baik dapat mempengaruhi kecepatan website. Apabila website membutuhkan waktu lama untuk dibuka, pelanggan akan tidak menyukainya dan akhirnya meninggalkan website. 

Ini akan meningkatkan bounce rate dan akhirnya membuat peringkat SEO website turun. Hal ini penting untuk diperhatikan juga dalam mendesain tampilan website, agar peringkat SEO tetap konsisten sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon customer.

Menentukan Kesan Pertama

Calon customer mu akan mendapatkan kesan pertama tentang bisnismu salah satunya dari tampilan website. Para calon customer bisa menentukan opini mereka terhadap brand-mu dalam hitungan detik. 

Karenanya, penting untuk memiliki tampilan website yang dapat memberikan kesan positif dari tampilan, tingkat responsif, kecepatan, dan kemudahan penggunaannya. Apabila pengunjung merasa nyaman, mereka akan lebih betah melihat-lihat dan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang kamu jual dan tentang bisnis tersebut.

Merupakan Bagian dari Branding

Desain merupakan bagian dari branding, termasuk juga desain website. Tampilan website yang konsisten dan harmonis dengan keseluruhan desain brand akan menunjukkan identitas bisnis dan membuatnya lebih mudah diingat oleh konsumen. 

Selain itu, branding yang baik juga membantu bisnis untuk lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor.

Rekomendasi 15 E-commerce Template

Nah daripada kamu bingung mencarinya, kami sudah menyiapkan 15 rekomendasi template website e-commerce terbaik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut daftar e-commerce templatenya:

Astra

e-commerce template Astra

Rekomendasi tema untuk e-commerce yang pertama adalah Astra. Jika dilihat dari tampilan tema nya saja sudah terlihat bahwa tema ini memang sangat modern dan dapat disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

Bahkan masih relevan apabila digunakan untuk blog pribadi, portofolio maupun web bisnis. Mereka menawarkan kecepatan loading website yang tidak tertandingi karena ukuran temanya sangat ringan, hanya 50 KB saja. 

Baca Juga  Mengenal Tentang E-Commerce [LENGKAP]

Selain itu, SEO juga sangat dipertimbangkan di sini agar toko online tetap teroptimasi. Di samping itu, Astra juga kompatibel dengan page builder seperti elementor, Beaver Builder dan yang lain. Fitur lain di antaranya seperti dukungan terhadap WooCommerce dan terjemahan bahasa. Apabila kamu ingin mendapatkan fitur lebih, kamu juga bisa meningkatkannya ke paket premium.

Qi

e-commerce template Qi

Qi Theme adalah tema WordPress untuk berbagai macam jenis situs, tema ini mengusung desain profesional dan minimalis. Bagi kamu yang suka dengan desain minimalis pasti akan tertarik untuk menggunakan tema buatan dari Qi Theme ini.

Clothing Store dari Qi Theme adalah tema user friendly yang sangat halus serta kaya akan fitur praktis. Tema ini mengintegrasikan 100 opsi demo dengan tampilan super menawan yang cocok untuk berbagai niche toko online. 

Qi Theme juga kompatibel dengan plugin WooCommerce serta menyediakan pilihan e-commerce template lengkap untuk berbagai jenis toko online yang berbeda. Fiturnya juga sangat beragam, mulai dari katalog produk, testimoni, artikel, fitur pengiriman, sampai pembayaran.

eStore

e-commerce template  eStore

eStore adalah tema WordPress gratis untuk tema toko online WooCommerce dengan tampilan yang bersih, indah dan sepenuhnya disesuaikan. Tema ini memiliki banyak paket fitur premium dan beberapa widget kustom yang membantu membuat toko online kamu menjadi profesional dan terorganisasi dengan baik.

Selain terdapat plugin wishlist, tema ini tentu kompatibel juga dengan WooCommerce. Dengan plugin tersebut kamu dapat membuat toko online yang lebih menarik pelanggan.

Shops

e-commerce template Shops

Tema WordPress gratis dan terbaik untuk toko online berikutnya adalah Shops, yang merupakan tema serbaguna dan dibangun dari HTML5. Tema ini sepenuhnya responsif sehingga dapat dikustomisasi langsung dari dasbor WordPress. 

Jika dilihat dari tampilan temanya, Shops memiliki desain minimalis dengan warna dominan putih. Hal ini cocok digunakan untuk kamu yang tidak mau desain toko online yang ramai.

Opsi kustomisasi yang ditawarkan oleh Shops bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk mendapatkan desain yang maksimal. Seperti logo pada header yang bisa diganti dan terdapat tombol untuk kembali ke halaman atas.

Tidak hanya dapat dapat digunakan untuk e-commerce saja,  Shops juga bisa digunakan pada blog, majalah, portofolio dan masih banyak yang lain.

Leto

e-commerce template Leto

Saat pertama kali kamu membuka tema Leto, maka yang pertama kali mencuri perhatian adalah header image yang besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memasukan gambar atau video singkat mengenai produk yang sedang kamu jual.

Selain itu, kustomisasinya juga sangat mudah. Kamu bisa mengganti warna, font, pilihan tema blog dan masih banyak lainnya. Leto juga mendukung plugin page builder untuk mempermudah kustomisasi. 

eCommerce Gem

e-commerce template eCommerce Gem

eCommerce Gem merupakan tema yang cocok digunakan pada semua jenis toko online dan terintegrasi penuh dengan WooCommerce. Fitur unggulan pada eCommerce Gem adalah pencarian produk dengan pemilihan kategori.

Pada halaman depan terdapat slider image yang besar, pada widget tersebut bisa kamu gunakan untuk meletakkan foto produk.

Selain itu, karena memiliki tata letak yang multiguna, tema ini tidak hanya cocok untuk toko online saja melainkan seperti blog pribadi, web perusahaan, atau lainnya.

StoreShip

e-commerce template Storeship

StoreShip merupakan e-commerce template toko online responsif gratis dan serbaguna yang dapat digunakan pada jenis toko apapun. Di antaranya seperti toko digital, pakaian, furniture dan yang lainnya.

Selain itu, StoreShip kompatibel dengan editor Gutenberg sehingga kamu bisa mengatur tampilannya dengan mudah.Tema tersebut juga telah dirancang agar teroptimasi dan muncul pada halaman pertama Google atau istilahnya SEO friendly.

Keunggulan pada tema ini yaitu terdapat banner untuk memasang iklan di bagian header. Jadi kamu tidak perlu memasang plugin iklan lagi pada WordPress.

ShopStore

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress ShopStore

ShopStore merupakan tema WordPress WooCommerce yang sepenuhnya responsif dan dapat membuat toko online kamu terlihat lebih bagus dan fit terhadap layar perangkat apapun. 

Tema ini menyediakan banyak tampilan halaman produk sehingga cocok digunakan pada jenis toko online apapun seperti fashion, olahraga, teknologi, furnitur dan yang lain. Karena plugin WooCommerce saja sudah sangat lengkap fiturnya, apalagi jika ditambah dengan tema ShopStore. Pasti akan menghasilkan toko online WordPress yang sempurna. 

Baca Juga  10 Rekomendasi E-Commerce Untuk Belanja Make Up & Skin Care

Zigcy Lite

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Zigcy Lite

Zigcy Lite merupakan salah satu template WordPress gratis toko online yang sangat memaksimalkan fleksibilitas. Artinya, kamu bisa mengkustomisasi halaman dengan maksimal sesuai yang kamu inginkan.

Tema ini dapat digunakan pada semua jenis toko online. Pada Zigcy Lite, kurang lebih kamu akan mendapatkan fitur menarik seperti impor demo hanya dengan satu kali klik, loading yang super cepat, CTA (call-to-action) menuju produk lain, dan masih banyak lagi.

Envo eCommerce

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Envo eCommerce

Rekomendasi e-commerce template WordPress terakhir yaitu Envo eCommerce. Apabila dilihat dari tampilan temanya, Envo eCommerce merupakan tema WordPress yang bersih, modern, dan tentunya responsif.

Selain itu didukung penuh oleh plugin WooCommerce sehingga fitur-fitur pada plugin tersebut dapat digunakan pada tema ini.

Di samping itu, Envo eCommerce juga mendukung beberapa page builder populer seperti Beaver Builder, Elementor dan King Composer. Fitur lain yang pasti kamu dapatkan seperti SEO Friendly, dukungan translate dengan WPML dan RTL.

Spacious

e-commerce template Spacious

Spacious adalah tema responsif WordPress gratis yang dibuat oleh themegrill. Dapat digunakan untuk situs dengan berbagai tujuan dan dirancang dengan desain yang elegan. Kamu dapat menggunakan tema spacious ini untuk membangun situs bisnis, portofolio, blogging atau jenis situs lain yang anda inginkan. 

Tema Ini memiliki 4 layout halaman, 6 halaman template, 13 widget area, 5 widget kustom berfokus pada template bisnis, slider mengagumkan, pilihan warna dasar untuk mencocokkan logo & website, box dan layout website yang luas, dan banyak lagi. 

Selain itu tema spacious juga bisa kamu gunakan untuk membuat toko online, sehingga produk kamu dapat dijual secara langsung dengan bantuan plugin Woocommerce.

iTek

e-commerce template iTek

Itek adalah e-commerce template dengan tema minimalis yang cocok untuk membangun toko online e-commerce atau website perusahaan. Muncul dengan tata letak tema yang sangat responsif, yang bekerja sempurna pada komputer, tablet dan ponsel. 

Muncul dengan efek Parallax yang akan membuat website kamu terlihat lebih indah. Tema WooCommerce gratis ini mendukung Microformats, latar belakang kustom, warna / gambar, dan terjemahan, dan masih banyak lagi.

Dazzling

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Dazzling

Dazzling adalah tema e-commerce gratis yang trendi dilengkapi dengan fitur terbaik. Dazzling menjadi tema gratis pilihan yang dapat bersaing dengan tema premium. Tema bisnis yang modern ini dibangun berdasarkan Bootstrap 3, yang membuatnya benar-benar responsif dan dioptimalkan untuk berbagai jenis perangkat mobile. 

Fitur ini memungkinkan pengunjung untuk menggeser bolak-balik antara produk dalam situs. Tema ini juga dioptimalkan untuk bekerja sempurna dengan WooCommerce untuk membantu membangun sebuah toko online dengan sangat mudah!

Illdy

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Illdy

E-commerce template selanjutnya adalah Illdy. Illdy adalah Theme WordPress responsive gratis yang serbaguna, dibangun berdasarkan kerangka Bootstrap frontend. Tema ini cocok untuk bisnis, landing page, portfolio, toko online atau website kreatif lainnya. 

Tema ini adalah tema WordPress yang paling fleksibel dan benar-benar gratis untuk kamu gunakan sebagai website pribadi maupun komersial. Tema ini juga SEO friendly yang akan membantumu mencapai peringkat tertinggi di Google dan mesin pencari lainnya. Tema ini dilengkapi dengan gambar latar belakang fullscreen dan parallax scrolling untuk pengalaman pengguna.

Discover

e-commerce template Discover

Discover adalah tema WordPress yang menawarkan warna orange dan putih e-commerce yang ideal dan bersih untuk membuat tampilan website yang mengagumkan.

Tema ini sepenuhnya responsif dan memiliki tipografi sederhana serta mencolok yang menambahkan gaya untuk keseluruhan tampilan tema. Selain itu, tema ini mendukung Plugin WooCommerce untuk membantu kamu dengan mudah membangun sebuah toko online.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa 15 rekomendasi tema WordPress terbaik untuk e-commerce. Kamu bisa mengunduh e-commerce template gratis tersebut pada direktori WordPress secara langsung. Kamu juga bisa membaca artikel rekomendasi CMS web builder e-commerce ini jika ingin membangun website toko online sendiri.

Namun, jika kamu ingin yang lebih praktis, Exabytes menyediakan layanan lain seperti jasa pembuatan website toko online, Website Builder, dan Web hosting yang akan membantu mewujudkan impian kamu dalam membangun website profesional semudah Drag-and-Drop! Layanan Exabytes memberikan skala fleksibilitas terbaik untuk mendukung pertumbuhan bisnis kamu. Yuk, mulai sekarang!

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments