Mengenal 8+ Fitur Dropbox, Dijamin Memudahkan Penggunanya!

0
2517

Data sering terhapus atau hilang saat perangkat seperti smartphone dan laptop rusak? Kini, kamu tidak perlu panik lagi karena bisa menyimpan data secara online menggunakan Dropbox. Agar dapat memaksimalkan fungsi dan manfaat dari penyimpanan cloud satu ini, yuk cari tahu juga apa saja fitur Dropbox.

Fitur-fitur Dropbox akan semakin meningkatkan pengalaman dalam menggunakan solusi penyimpanan data berupa video, gambar, suara, dan lainnya secara digital.

Tidak perlu berlama-lama, mari kita cari tahu apa saja fitur Dropbox yang akan memudahkan para penggunanya.

Apa Itu Dropbox?

Mengenal Dropbox
Dropbox memungkinkan pengguna menyimpan file dan data secara online dan lebih aman. (Sumber: pixabay)

Jika ini kali pertama kamu mengetahui Dropbox, kamu mungkin bertanya-tanya apa itu Dropbox, bagaimana cara menggunakannya, dan apa saja manfaatnya.

Secara umum, kita bisa mendefinisikan Dropbox sebagai layanan penyimpanan cloud agar pengguna bisa menyimpan berbagai jenis file dengan lebih aman yang nantinya bisa dibagikan kepada para pengguna lain. 

Karena file tersebut tersimpan secara cloud, kamu bisa mengaksesnya kembali kapan saja dan dimana saja bahkan dengan perangkat yang berbeda.

Penyimpanan cloud satu ini banyak digunakan baik oleh individu maupun bisnis untuk berbagai alasan terlebih dengan beragam fitur menarik yang akan semakin memudahkan para penggunanya. 

Ya, fitur Dropbox akan membuat kamu semakin menyukai cara baru dalam menyimpan dan mengamankan data penting atau bahkan foto dan video yang penuh kenangan. 

Dengan menyimpannya secara online di Dropbox, kamu tidak perlu khawatir file atau data akan hilang. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan karena Dropbox menawarkan ruang penyimpanan hingga 5 TB.

Jenis-Jenis Dropbox

Jenis dan fitur Dropbox
Jenis dan fitur Dropbox memudahkan para penggunanya. (Sumber: pixabay)

Salah satu hal menarik dari Dropbox adalah penggunaannya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Sebenarnya, Dropbox menawarkan layanan basic yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain bisa digunakan untuk kebutuhan individu, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan yang aman hingga 2 GB.

Tidak hanya itu, kamu bisa menghubungkan hingga tiga perangkat berbeda. Tetapi, seiring dengan bertambahnya file dan data yang perlu disimpan dan diamankan dengan baik, ruang penyimpanan yang ditawarkan dirasa terlalu sedikit. 

Itulah kenapa Dropbox menawarkan beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

Dropbox Individu

Karena penggunaan Dropbox bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang tentunya berbeda-beda, tersedia Dropbox individu. Jenis Dropbox satu ini hadir sebagai solusi penyimpanan terbaik untuk berbagai kebutuhan penyimpanan individu baik berupa file, foto, video, suara, dan lain sebagainya.

Nah, jenis Dropbox Indonesia satu ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu $9,99 per bulan. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan dengan total 2 TB. Menarik, bukan?

Jika memerlukan ruang yang lebih, ada pilihan paket Dropbox profesional dengan ruang penyimpanan sebesar 3 TB. Untuk mendapatkannya, kamu harus menyiapkan sekitar $16,59 setiap bulannya.

Dropbox Bisnis

Jika file-file pribadi saja harus diamankan dengan baik, apalagi dengan file penting bisnis. Dengan fitur Dropbox dan berbagai manfaatnya, kamu tidak hanya dapat menyimpan file tetapi juga berbagi file dengan mudah. Dengan begitu, bisnis akan berjalan dengan lancar dan peluang untuk mendapatkan profit yang besar semakin terbuka lebar. 

Mengelola bisnis dengan jumlah pegawai yang banyak merupakan sebuah tantangan. Dalam hal penyimpanan data-data penting, kamu bisa memilih Dropbox bisnis yang tersedia dalam beberapa pilihan paket. 

Yang pertama, ada paket standar dengan biaya $12,50 per bulan. Paket kedua yaitu paket advance bisa kamu dapatkan dengan mengeluarkan $20 per bulannya.

Terakhir, ada paket Enterprise dengan harga yang lebih tinggi namun bisa kamu diskusikan dengan perusahaan yang jual Dropbox

Untuk paket standar, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan 5 TB. Sedangkan untuk paket advance dan enterprise dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Sudah menemukan alasan menggunakan Dropbox yang tepat selain ruang penyimpanan yang besar dan kemudahan dalam mengakses data?

Fitur-Fitur Dropbox

Keberadaan fitur Dropbox akan semakin menambah daftar manfaat Dropbox yang hanya bisa kamu dapatkan setelah menjadi pengguna. Jika sebelumnya belum pernah menggunakan workspace modern satu ini, penasaran dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Dropbox?

Berikut adalah beberapa fitur Dropbox yang akan memberikan pengalaman yang lebih selain dari cara menggunakan Dropbox yang mudah.

Menyimpan dan Melindungi File

Dropbox memungkinkan kamu menjelajahi banyak hal meskipun pada dasarnya layanan ini digunakan untuk menyimpan, melindungi, dan berbagai data. Penyimpanan secara online memungkin data atau file tetap aman dan dapat diakses dari berbagai perangkat atau device.

Menyimpan file secara online tentunya minim risiko data hilang seperti yang sering terjadi saat kamu menyimpan data di hardware.

Berbagi Folder Dengan Teman di Dropbox

Fitur Dropbox untuk berbagi folder
Fitur Dropbox memungkinkan kamu berbagi folder dengan teman atau tim. (Sumber: pixabay)

Bekerja dalam tim berarti kamu akan berbagai file dan folder dengan anggota tim. Dibandingkan dengan berbagai file atau link, akan lebih mudah jika kamu berbagai folder, di mana kamu bisa menambahkan siapa saja yang bisa mengakses folder tersebut.

File yang baru ditambahkan atau diedit akan bisa dilihat oleh setiap orang yang memiliki akses ke folder tersebut. Alhasil, pekerjaan akan semakin mudah dan hemat waktu. 

Simpan Screenshot di Dropbox

Fitur Dropbox satu ini mungkin tidak begitu familiar bagi beberapa pengguna tetapi sangat patut untuk dicoba. Setiap hasil screenshot bisa kamu simpan secara otomatis di Dropbox yang terpasang di perangkat kamu.

Agar bisa menyimpan screenshot secara otomatis, kamu bisa pergi ke menu setting, pilih preferences, dan kemudian tekan tab import. Lanjutkan dengan mencentang “Share screenshot using Dropbox. Nantinya, Dropbox akan menyimpan berkas screenshot di folder yang sudah disediakan. 

Melihat File Apapun Tanpa Software Tambahan

Tool preview merupakan salah satu Fitur Dropbox yang sangat berguna dan mudah digunakan. Kamu bisa melihat file apapun yang tersimpan di Dropbox. Kamu hanya perlu menggunakan browser untuk mengakses Dropbox, kemudian cari dan lihat file yang kamu inginkan.

Cara yang lebih simpel adalah dengan memasang Dropbox di perangkat komputer atau smartphone sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan browser untuk melihat berbagai file yang tersimpan baik yang berupa dokumen PDF maupun gambar.

Menambahkan Komentar Pada File

Mengenal 8+ Fitur Dropbox, Dijamin Memudahkan Penggunanya! - 2024

Berbagi folder merupakan salah satu fitur sekaligus manfaat Dropbox. Untuk mengundang seseorang agar dapat mengakses file tertentu, kamu hanya perlu membagikan link file tersebut.

Ada fitur tambahkan komen yang mungkin belum semua pengguna tahu. Dengan fitur ini, kamu bisa berdiskusi tentang file tersebut dengan setiap anggota tim atau siapapun yang dapat mengakses file tersebut.

Fitur ini bisa ditemukan baik dalam versi Dropbox web maupun mobile. Kamu juga bisa menemukannya pada aplikasi desktop. Caranya adalah dengan memilih file dan kemudian membukanya di tool preview untuk melihat sidebar dengan komentar.

Backup Semua Folder dan Dokumen yang ada di Desktop

Saat ini, Dropbox bisa kamu gunakan untuk melakukan backup semua file dan data yang ada di desktop berupa hasil download, folder dokumen, dan lain sebagainya jika kamu mau. Namun, pastikan kalau ruang penyimpanan kamu masih tersedia banyak agar proses backup tidak terhambat.

Melihat File Favorit Secara Offline di Aplikasi Mobile

Melihat file secara offline dengan fitur Dropbox
File bisa dilihat secara offline dengan menggunakan fitur Dropbox. (Sumber: pixabay)

Saat sedang bepergian ke tempat yang bahkan susah sinyal, kamu mungkin ingin mengakses file tertentu. Untuk kebutuhan semacam ini, kamu bisa memilih file tertentu agar bisa dilihat secara offline tanpa harus mengandalkan koneksi internet.

Caranya adalah dengan mengklik tiga titik di samping file dan pilih Make available offline. Kemudian, Dropbox akan mendownload file tersebut ke perangkat kamu. Dengan begitu, kamu bisa melihat file tersebut di smartphone meski tidak sedang online atau tidak ada koneksi internet.

Menghapus File Secara Remote Pada Perangkat yang Dicuri atau Hilang

Kemungkinan terburuk dalam menggunakan Dropbox adalah perangkat seperti laptop atau smartphone hilang dicuri. Dalam kasus seperti ini, kamu bisa segera menyelamatkan file di perangkat tersebut. Manfaatkan fitur yang memungkinkan kamu menghapus file tersebut sehingga tidak akan ada pihak yang dapat mengakses file tersebut.

Fitur satu ini tersedia pada akun Dropbox berbayar, di mana kamu bisa menghapus file dari perangkat yang sudah terhubung dengan akun Dropbox milikmu. 

Temukan File Apapun yang Kamu Bagikan

Merasa salah mengirim file di Dropbox? Tidak perlu panik karena kamu bisa melihat apapun yang kamu bagikan sebelumnya. Kamu bisa mengakses akun Dropbox milikmu dengan membukanya melalui situs resminya dan kemudian pilih tombol Shared (Dibagikan) di samping kiri sidebar.

Di menu tersebut, kamu bisa melihat file apa saja yang dibagikan lengkap dengan waktunya. Apabila file tersebut bukan yang seharusnya kamu bagikan, maka kamu bisa segera menghapusnya. 

Sesuaikan Notifikasi Dropbox

Fitur dropbox satu ini akan sangat membantu kamu dalam mengelola notifikasi terlebih jika kamu berbagai dan berkomentar pada banyak file. Kamu bisa mengontrol notifikasi sesuai preferensi dengan cara mengubah notifikasi email. Pilih Notification Settings dan sesuaikan notifikasi Dropbox kamu.

Kesimpulan

Jika Dropbox kamu butuhkan sebagai solusi penyimpanan data agar lebih aman dan mudah diakses, kamu juga berkesempatan untuk menikmati beragam fitur Dropbox. Terlebih jika memilih paket berbayar baik untuk keperluan individu maupun bisnis.

Sementara untuk penyimpanan data dan file pada website, yang kamu perlukan bukan Dropbox, melainkan web hosting Indonesia
Jadi, mana yang lebih kamu butuhkan saat ini, Dropbox atau web hosting? Kedua layanan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di waktu yang sama hanya dengan menghubungi Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments