15+ Tips Memilih Jasa Facebook Ads Untuk Kebutuhan Bisnis

0
2598

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis secara online tentu membutuhkan strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Salah satu opsi yang bisa kamu pilih adalah iklan di berbagai platform media sosial termasuk Facebook. Penasaran bagaimana cara memilih jasa Facebook ads yang tepat?

Memilih jasa Facebook ads sama halnya dengan memilih jasa iklan lain seperti Google ads atau Instagram ads. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Apabila kamu masih belum paham betul apa itu Facebook ads, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara memilih jasa iklan facebook ads, yuk kita belajar bersama melalui artikel ini.

Apa Itu Facebook Ads?

Mengenal lebih jauh tentang Facebook ads
Facebook ads bisa menjadi salah satu strategi digital marketing yang efektif. (Sumber: flickr – Launchpresso)

Beriklan melalui Facebook bisa menjadi salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan pelanggan. Kamu pasti sudah tahu pengaruh media sosial pada kehidupan sehari-hari termasuk untuk bisnis. Banyak bisnis baru yang meraih kesuksesan melalui platform tersebut.

Untuk memaksimalkan pemasaran produk atau jasa yang kamu tawarkan, kamu bisa memanfaatkan keberadaan Facebook ads yang memungkinkan kamu untuk mengiklankan produk atau jasa guna mencapai audiens yang kamu targetkan.

Facebook ads adalah fitur yang Facebook rancang secara khusus untuk mengiklankan fanpage yang kamu sudah buat. Fanpage adalah halaman yang memungkinkan pengguna Facebook menjadi pengikut halaman tersebut atau yang memberikan like.

Facebook ads memberikan kemudahan pada para pengiklan untuk merancang iklannya agar sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan layanan iklan satu ini, kamu bisa mengatur target pasar berdasarkan wilayah geografis, jenis kelamin, usia, dan lainnya.

Agar lebih paham dengan semua hal yang berhubungan dengan iklan melalui Facebook, kamu bisa belajar Facebook ads dengan membaca artikel ini.

Baca juga: 9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat!

Keuntungan Facebook Ads

Keuntungan menggunakan iklan Facebook
Dengan memilih jasa Facebook ads yang tepat, bisnis online bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. (Sumber: unsplash – Alexander Shatov)

Apakah Facebook ads penting untuk bisnis online yang sedang menjalankan Google ads? Kedua jenis layanan iklan ini berbeda meskipun sama-sama bertujuan mengiklankan produk atau jasa. Agar semakin paham kenapa kamu butuh keduanya, coba baca artikel tentang Facebook ads vs Google Adwords ini.

Pebisnis tidak akan memilih iklan Facebook jika tidak bisa memberikan keuntungan bagi mereka. Untuk memastikan bahwa uang kamu tidak akan terbuang sia-sia, berikut adalah keuntungan dari Facebook ads yang bisa kamu dapatkan.

Meningkatkan Branding

Branding adalah hal penting terlebih untuk bisnis baru di dunia maya. Kamu bisa menjalankan iklan Facebook yang bisa membantu meningkatkan branding bisnis. Dengan jumlah pengguna aktif yang tidak sedikit, Facebook bisa menjadi tempat yang tepat bagi kamu dan bisnis lain agar semakin dikenal oleh target audiens di berbagai wilayah.

Iklan Semakin Tertarget

Dengan menggunakan iklan di Facebook, kamu bisa memastikan jika iklan menjadi lebih tertarget. Hal ini sangat mungkin sebab kamu bisa mengatur iklan agar sesuai dengan target audiens berdasarkan data seperti usia, minat, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Bisa Kamu Sesuaikan dengan Budget

Ingin beriklan di media sosial tapi budget terbatas? Jangan khawatir karena kamu bisa menyesuaikan biaya Facebook ads dengan anggaran yang kamu miliki. Ini adalah keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan beriklan di media sosial satu ini.

Biaya beriklan di Facebook sangat terjangkau. Untuk memaksimalkan hasil agar sesuai harapan, coba terapkan tips Facebook marketing yang akan sangat bermanfaat dan membantu.

Selain itu, kamu juga harus mulai belajar cara membuat konten yang menarik dan caption yang memancing konsumen. Akan lebih baik jika kamu juga mengenal dan mengimplementasikan berbagai strategi internet marketing.

Membangun Komunitas untuk Berjualan

Keuntungan lain dari menggunakan Facebook ads adalah kesempatan untuk membangung komunitas untuk berjualan. Facebook memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi para pebisnis atau pengiklan yang ingin membangun dan mengelola komunitasnya. Kamu bisa menggunakan komunitas tersebut untuk berjualan.

Tips Memilih Jasa Facebook Ads

Tips memilih jasa Facebook ads
Gunakan jasa Facebook ads untuk mendapatkan hasil iklan yang lebih maksimal.(Sumber: pixabay – Firmbee)

Sebagai pemula, kamu mungkin memiliki kesulitan dalam membuat iklan di media sosial, terutama Facebook. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih jasa digital marketing yang menawarkan layanan Facebook ads

Berikut adalah tips yang bisa kamu coba saat memilih jasa Facebook ads untuk bisnis online.

Perhatikan Portofolio Agensi

Memilih jasa iklan di Facebook mungkin terlihat mudah. Sayangnya, banyak pemula yang tidak tahu seperti apa perusahaan penyedia iklan Facebook yang bisa dipercaya. Kamu bisa memulainya melalui portofolio penyedia layanan tersebut.

Agensi terpercaya biasanya menampilkan karya mereka lewat berbagai taktik baik itu tulisan, video, atau mobile ads. Dari portofolio tersebut kamu bisa mendapatkan gambaran tentang keahlian dan kualitas yang mereka miliki.

Umum atau Spesifik

Digital marketing adalah sebuah bab kompleks yang membutuhkan pengetahuan khusus. Namun, tidak sedikit perusahaan pemasaran offline yang mengaku bisa memberikan layanan yang kamu butuhkan yaitu Facebook ads.

Kamu harus lebih selektif dan evaluatif dalam menentukan pilihan. Akan lebih baik jika memilih agen yang menggeluti bidang pemasaran online agar kamu bisa mendapatkan return dari uang yang kamu habiskan untuk membayar mereka. 

Kemampuan untuk beradaptasi dan mengikuti tren menjadi hal penting dalam pemasaran online. Agar kamu tidak salah pilih, tidak ada salahnya untuk meminta agensi memberikan penjelasan detail mengenai jenis iklan Facebook ads dan ukurannya.

Pengalaman dan Kreativitas

Pengalaman dan kreativitas menjadi faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih penyedia layanan Facebook ads. Meski terlihat sulit, tapi sebenarnya kamu bisa menemukan agensi jasa iklan online dengan mudah sesuai jenis dan tujuan bisnis kamu.

Selain berpengalaman, agensi tersebut juga harus memiliki kreativitas yang tinggi. Pertukaran informasi yang cepat dan banyaknya pebisnis yang menggunakan Facebook untuk kebutuhan pemasaran dan promosi menuntut kreativitas tinggi untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru dan menarik.

Perusahaan Internasional atau Perusahaan Lokal

Pemilihan perusahaan internasional atau perusahaan lokal tergantung pada tujuan kamu beriklan. Perusahaan internasional bisa membantu merek kamu menjangkau audiens lebih luas. Sedangkan perusahaan lokal memiliki jangkauan jarak yang dekat dan cocok untuk bisnis yang membatasi pasarnya hanya di wilayah tertentu.

Agensi Besar atau Kecil

Tidak semua bisnis merupakan bisnis besar, begitu pula dengan agensi iklan Facebook. Kamu bisa memilih perusahaan kecil dengan berbagai pertimbangan dan alasan. Agensi seperti ini bisa memahami kebutuhan kamu terutama dalam hal biaya. 

Jika kamu ingin partner dalam beriklan di Facebook dengan perusahaan yang memiliki tim multitalenta serta teknologi dan ide-ide terbaru, maka agensi besar adalah pilihan paling tepat.

Desain Iklan yang Disediakan

Desain pada tampilan iklan akan berpengaruh dalam kesuksesan promosi. Itulah kenapa kamu harus tahu bagaimana cara perusahaan Facebook ads marketing mengolah tampilan visual iklan untuk setiap kliennya. Hal ini termasuk pemilihan gambar, grafis, jenis huruf, video, dan aspek penting lainnya.

Penyedia layanan iklan Facebook profesional dan berpengalaman tahu cara membuat desain iklan yang bisa menarik pengguna Facebook untuk membuka iklan yang muncul saat mereka menggunakan sosial media. 

Layanan yang Diberikan

Salah satu cara memastikan bahwa agensi Facebook ads pilihanmu adalah yang paling cocok yaitu dengan mendapatkan informasi seputar layanan yang mereka sediakan. Apabila layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan iklan online bisnis kamu, tidak ada keraguan untuk memilih agensi tersebut.

Karenanya, selalu perhatikan tiap paket layanan yang ditawarkan dan bandingkan beberapa paket tersebut dengan agensi pengiklan lainnya untuk mendapatkan jasa Facebook ads terbaik.

Kompetensi Kemampuan

Kamu harus benar-benar yakin bahwa layanan iklan yang kamu pilih akan memberikan hasil yang sesuai harapan. Agensi jasa iklan Facebook sering kali menonjolkan kemampuan utama mereka di website. Mereka tidak akan menyebutkan kelemahannya karena ini memang bagian dari strategi.

Apabila kamu mencari agensi yang fokus dan andal di Facebook ads, kamu bisa memperhatikan secara spesifik isi website agensi tersebut. Sebagian besar topik yang mereka bahas akan selalu berkaitan dengan kemampuan yang mereka miliki.

Pertimbangkan Harga

Setiap perusahaan tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Kamu bisa mendapatkan paket harga terjangkau yang bisa kamu sesuaikan dengan budget.

Tidak ada harga pasti untuk membuat iklan di Facebook, namun ada beberapa variabel yang bisa menentukan harga Facebook ads. Kamu atau pebisnis lain yang ingin membuat laman aplikasi iklan harus mengisi formulir.

Karena pemula sering mengalami kesulitan dalam mengisi formulir tersebut, mereka butuh agensi yang sudah berpengalaman agar iklan bisa tepat sasaran. Selain untuk kebutuhan iklan Facebook, agensi tersebut juga akan menarik bayaran untuk setiap jasa yang mereka tawarkan.

Saat mendapatkan layanan dengan harga murah, jangan terlalu dini membuat keputusan untuk memilihnya. Bagaimanapun juga, kamu harus mendapatkan informasi detail apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan sejumlah uang yang akan kamu bayarkan.

Rencanakan Diskusi

Setiap penyedia layanan iklan Facebook tentu menawarkan yang terbaik. Kamu mungkin sedikit kebingungan dalam menentukan penyedia layanan mana yang harus dipilih karena semuanya begitu meyakinkan.

Nah, kamu bisa merencanakan diskusi untuk mengetahui lebih jauh seperti apa agensi yang akan kamu pilih. Kamu bisa meminta perwakilan agensi untuk melakukan pertemuan tatap muka di mana kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan agar semakin yakin dengan pilihanmu.

Diskusi bisa memberikan gambaran jelas tentang kecakapan sebuah agensi dalam menjalankan iklan Facebook. Kamu bisa menyampaikan apa yang kamu ingin capai dan lihat apakah agensi tersebut bisa membantu mewujudkannya.

Akuntabilitas

Akuntabilitas berhubungan dengan dokumen yang akan kamu terima seperti laporan, metrik, dan parameter lain. Ya, ini merupakan kelebihan utama dari iklan Facebook. Pastikan juga tim ahli kamu selalu memberikan waktu untuk melakukan review dan evaluasi iklan yang sudah ditayangkan.

Agensi yang profesional tidak akan keberatan bahkan untuk mengajari kamu cara memasang facebook pixel di website yang akan sangat membantumu dalam memantau iklan Facebook yang kamu jalankan.

Review dan Rating

Perusahaan yang sudah ada di industri terkait sejak lama pasti memiliki banyak klien. Dari para klien inilah kamu bisa mendapatkan review serta rating. Kedua hal tersebut akan membantu kamu mengetahui sejauh mana klien sebelumnya merasa senang dan puas dengan layanan iklan Facebook yang mereka dapatkan.

Assignment

Jika kamu masih butuh instrumen lain untuk menilai kelayakan agensi Facebook ads sebagai partner dalam menjalankan pemasaran digital, kamu bisa memberikan semacam ujian. Jika tidak punya banyak waktu untuk melakukannya, kamu bisa meminta bukti hasil kerja agensi tersebut.

Bandingkan Beberapa Agensi

Setelah mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih layanan iklan Facebook, kini saatnya kamu memilih pilihan terbaik. Caranya adalah dengan membandingkan beberapa agensi dan pilih yang paling memenuhi kriteria dan standar yang kamu buat. 

Perjanjian Kerja

Saat memilih layanan iklan Facebook, kamu tidak boleh melupakan pentingnya perjanjian kerja. Konsep, pembayaran, dan hal lain yang menyangkut layanan iklan harus jelas dan dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. 

Hasil yang Dijanjikan

Kamu memang tidak bisa menebak seperti apa hasil yang bisa diberikan oleh agensi pilihanmu. Tetapi, setidaknya kamu tahu apa yang bisa mereka upayakan untuk memberikan hasil yang bagus. Kamu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk Facebook ads, jadi pastikan bahwa hasilnya pun akan sesuai. 

Kesimpulan

Facebook ads bisa melengkapi strategi digital marketing yang hendak kamu jalankan. Namun, kamu tidak perlu turun tangan langsung terlebih jika masih awam dan minim pengetahuan. Ada solusi tepat bagi pemula seperti kamu yaitu dengan memilih jasa Facebook ads.

Untuk semua kebutuhan pemasaran digital termasuk Facebook ads, kamu bisa mempercayakannya pada Exabytes

Selain berbagai layanan digital marketing Indonesia, Exabytes juga menyediakan hosting Indonesia yang sangat dibutuhkan saat kamu hendak membuat website baru. Mulai sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments