Digital marketing semakin populer dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi dan kemajuan internet memegang peran penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat. Orang-orang kini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Sehingga tidak heran bila sekarang digital marketing menjadi sebuah keharusan, terutama bila Anda memiliki bisnis.
Ada banyak platform atau media yang bisa Anda gunakan untuk memulai digital marketing. Selain sosial media dan website, Anda juga bisa memanfaatkan email marketing untuk menjangkau pelanggan. Tentunya Anda tidak perlu mengirimkan email satu persatu pada mereka, Anda bisa mengirimkannya sekaligus menggunakan email blast.
Dengan email blast Anda bisa menghemat banyak waktu dan mempersonalisasi pesan secara spesifik pada kategori pelanggan yang ingin Anda tuju. Apabila Anda masih baru memulai email blast, Anda dapat membaca artikel ini untuk memahami apa itu email marketing, cara blast email serta contoh email blast marketing yang baik dan efektif.
Daftar Isi
Apa yang Dimaksud dengan Email Blast?
Email blast adalah sebuah strategi untuk mengirimkan satu email pada sekelompok orang secara bersamaan. Strategi ini umumnya digunakan ketika seseorang perlu mengirimkan pesan yang sama kepada banyak penerima. Tentu akan memakan banyak waktu bila mengirimkannya satu persatu, maka email blast hadir sebagai jawaban untuk mengefisiensi kebutuhan tersebut.
Fitur ini kemudian tidak hanya digunakan untuk mengirimkan email blast yang berhubungan dengan pekerjaan saja tapi juga untuk keperluan marketing. Banyak pelaku bisnis yang dengan sengaja mengumpulkan data email pelanggannya untuk kemudian mengirimkan katalog rutin, voucher diskon sampai menjangkau pelanggan yang sudah lama tidak melakukan transaksi.
Terutama bila target market Anda berada pada kalangan usia 20-35 tahun kemungkinan besar mereka masih rutin membuka email. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menarik perhatian mereka dan menjangkau pelanggan dengan menggunakan email marketing.
Cara Blast Email Marketing
Mengirimkan email blast marketing memang cukup berbeda dengan email pribadi yang umum digunakan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena cara blast email terbilang cukup sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus. Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk memahami alur dan cara blast email marketing dengan mudah.
Baca juga: Email Hosting: Solusi Profesional untuk Komunikasi
Pilih Aplikasi Email Blast yang Akan Digunakan
Untuk mengirimkan email blast Anda perlu menentukan aplikasi apa yang akan Anda gunakan.
Aplikasi khusus email blast menyediakan fitur yang lengkap dan dibutuhkan untuk mengirim email dalam jumlah banyak sekaligus. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah dilakukan.
Buat Daftar Email yang Dituju
Setelah menentukan aplikasi yang akan Anda gunakan, selanjutnya buatlah daftar alamat email pelanggan yang akan anda tuju. Lengkapi juga informasi lain yang diperlukan seperti usia, jenis kelamin, wilayah tempat tinggal maupun demografi lainnya. Nantinya daftar ini dapat menjadi database yang tidak hanya berguna untuk email blast tapi juga keperluan marketing lainnya.
Segmentasi Daftar Email yang Dituju
Setelah daftar email tujuan selesai dibuat, Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu melakukan segmentasi. Anda dapat mengelompokkan email pelanggan berdasarkan jenis kelamin, kecenderungan berbelanja maupun minat mereka. Dengan begitu Anda bisa mempersonalisasi email yang lebih sesuai dengan preferensi mereka, sehingga potensi email dilihat menjadi lebih tinggi.
Buat Email Sesuai Target Market
Setelah semua persiapan selesai, Anda bisa mulai membuat email yang akan di-blast kepada para pelanggan. Disini Anda dapat menentukan desain template email seperti apa yang akan digunakan, jenis email yang akan dikirimkan (katalog, informasi atau voucher) serta gaya bahasa yang akan dibawa oleh email tersebut. Langkah ini mungkin akan memakan waktu lebih lama karena Anda perlu memastikan email yang akan dikirimkan benar-benar sesuai dengan citra produk Anda.
Analisis Performa Email dan Lakukan Perbaikan
Setelah email yang Anda buat selesai, Anda dapat segera mengirimkan email tersebut pada daftar kontak yang sudah di segmentasi. Proses pengiriman email mungkin akan berbeda tergantung aplikasi email blast apa yang Anda gunakan.
Setelah email tersebut dikirimkan Anda dapat melihat laporan performa email yang tersedia pada aplikasi email blast. Anda dapat melakukan analisa dan menyusun strategi selanjutnya apa yang harus dilakukan agar email blast marketing dapat mencapai target yang ditentukan.
Aplikasi Email Blast Gratis
Ada banyak aplikasi email blast yang dapat Anda pilih, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Meskipun umumnya fitur utama yang disediakan sama, namun ada beberapa fitur tambahan yang seringkali terbatas atau hanya disediakan platform tertentu. Karena itu, ada baiknya Anda membandingkan beberapa aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum menentukan pilihan.
Beberapa aplikasi email blast juga menyediakan versi gratis dengan fitur terbatas. Bila skala bisnis Anda masih tergolong kecil mungkin Anda bisa memanfaatkan fitur gratis ini. Anda dapat membandingkan beberapa penyedia aplikasi email blast gratis berikut ini :
- HubSpot Email Marketing
- Sender
- Sendinblue
- Omnisend
- Sendplulse
- Benchmark Email
- Mailchimp
- MailerLite
- Mailjet
- Moosend
Contoh Email Blast Marketing yang Efektif
Tantangan besar dalam mengirimkan email marketing adalah rendahnya persentase email dibuka dan dilihat oleh penerima. Setiap harinya pelanggan Anda mungkin menerima pesan masuk yang banyak, sehingga email Anda bisa saja terabaikan. Karena itu, Anda perlu menyusun strategi agar penerima tidak hanya tertarik untuk membuka tapi juga mengambil tindakan dari email yang dikirimkan.
Sebagai pemula mungkin Anda bingung bagaimana bentuk email blast marketing yang baik dan efektif? Anda dapat mencermati beberapa point contoh email blast marketing berikut ini.
Gunakan Sapaan Yang Personal
Email yang Anda kirimkan akan diterima langsung oleh calon pelanggan. Karena itu, Anda bisa menyapa secara personal dengan menyebutkan nama depan mereka seperti contoh di bawah ini. Anda bisa menggunakan fitur pada aplikasi email blast untuk mengatur personalisasi pesan.
Contoh Email Marketing Yang Efektif
Buatlah Copywriting yang Menarik
Buatlah judul yang menarik sehingga pelanggan merasa penasaran dan tertarik untuk melihat lebih banyak. Anda juga bisa menyusun copywriting yang menarik dan menentukan gaya bahasa yang cocok dengan identitas brand agar terkesan lebih profesional.
Gunakan Layout yang User Friendly
Desain email marketing juga memiliki peranan penting. Gunakan template yang simple dan mudah dipahami. Dengan begitu pelanggan yang membuka email Anda bisa langsung melakukan action dengan mudah.
Personalisasi Alamat Email
Alamat email yang terpercaya menjadi salah satu pertimbangan pelanggan ketika mereka menerima email marketing. Karena itu, sebagai perusahaan bisnis akan lebih baik bila Anda mempersonalisasi alamat email dengan email hosting.
Email hosting adalah email dengan domain yang dapat dipersonalisasi dengan nama brand atau perusahaan. Email seperti ini terkesan lebih profesional dan terpercaya dibandingkan domain email umum.
Penutup
Email marketing merupakan tools yang cukup efektif untuk menjangkau pelanggan. Apalagi, manfaat dari blast email marketing bisa Anda peroleh dengan budget yang minim. Terutama bila Anda menggunakan aplikasi email blast gratis, alokasi budget yang ada bisa Anda alihkan pada hal-hal pendukung lainnya seperti email hosting dan fitur HelloSign.
Anda bisa mempercayakan kebutuhan email hosting dan HelloSign pada Exabytes. Dengan biaya yang relatif terjangkau Anda bisa meningkatkan citra profesionalisme bisnis dengan mudah dan cepat. Sekian panduan email blast marketing ini, semoga membantu ya!














