13+ Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Website

370
plugin-seo-wordpress
10 min read

Hi Exabytes Friends!

Seperti yang kita ketahui banyak sekali plugin SEO WordPress yang bersebaran di luar sana dan kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Namun dari sekian banyak plugin SEO WordPress tersebut, plugin SEO WordPress mana kah yang terbaik dan tidak boleh kamu lewatkan?

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada terkait rekomendasi plugin SEO WordPress jempolan yang wajib kamu coba dan bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan situs website. Simak selengkapnya di bawah!

SEMrush

Semrush merupakan salah satu plugin SEO terbaik yang kerap digunakan untuk mengoptimalkan website.

Plugin SEO pertama adalah SEMrush. SEMrush merupakan salah satu plugin SEO yang memiliki kualitas jempolan di kelasnya. Sering digunakan oleh para pakar SEO Expert, blogger, dan pebisnis dari berbagai kalangan. Tidak heran mengapa SEMrush ini diungguli sebagai plugin SEO WordPress terbaik yang menyediakan tools yang kompleks untuk meningkatkan trafik situs website kamu.

Dengan SEMrush, kamu akan lebih mudah menjumpai keyword (kata kunci) organik dan sudut pandang pencarian yang lebih beragam sehingga kamu bisa memeringkatkannya dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa membuat sebuah kompetisi eksperimen dan melihat keyword seperti apa yang para kompetitor bisnis kamu gunakan serta bagaimana kamu bisa mengungguli mereka.

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan Plugin SEO WordPress

Siapa sih yang gak kenal plugin SEO satu ini, Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO WordPress jempolan yang ada di pasaran. Plugin Yoast SEO ini memberikan tools untuk mengoptimasi situs website yang dikemas secara lengkap yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan trafik situs website.

Dengan menggunakan plugin Yoast SEO, dapat mempermudah kamu dalam menambahkan  judul maupun meta deskripsi SEO ke semua postingan dan setiap halaman pada situs website kamu. Selain itu, dengan plugin Yoast SEO dapat mempermudah dalam menambahkan metadata Open Graph dan juga gambar yang terdapat di media sosial untuk ditambahkan ke dalam artikel kamu.

Cara kerja plugin Yoast SEO adalah secara otomatis akan menghasilkan peta situs dalam bentuk XML untuk semua konten yang berada pada situs website, di mana tentunya hal ini dapat mempermudah search engine (mesin pencari) ketika merayapi situs website. Selain itu, plugin Yoast SEO juga secara otomatis akan langsung mengimpor data SEO kamu, jika kamu pernah menggunakan plugin SEO lain sebelumnya.

Google Keyword Planner

Banyak jalan menuju roma, mungkin cuplikan peribahasa tersebut menggambarkan salah satu plugin SEO WordPress jempolan satu ini. Ya, namanya Google Keyword Planner. Dengan Google Keyword Planner, kamu bisa memperoleh lebih banyak ide tentang kata kunci (keyword) dari Google. 

Plugin SEO WordPress ini diperuntukkan dan ditawarkan secara gratis bagi siapa saja yang menginginkannya dan ingin menggunakannya. Tujuan utamanya adalah agar bisa menunjukkan kepada si pengiklan kata kunci yang bisa mereka gunakan untuk promosi atau campaign iklan mereka.

Selain itu, dengan Google Keyword Planner dapat memudahkan para pengiklan dalam memilih kata kunci yang paling tepat dengan memberikan mereka perkiraan volume pencarian, jumlah hasil yang didapatkan dan juga tingkat kesulitannya.

Tentunya sebagai blogger, kamu bisa menggunakan data dari Google Keyword Planner ini untuk menemukan keyword atau kata kunci dengan volume pencarian paling tinggi, minat pengiklan yang tinggi, dan yang paling penting adalah kata kunci yang mampu mengungguli semua situs website lainya.

SEOPress

Plugin SEOPress merupakan plugin SEO WordPress yang terlihat sederhana namun memberikan manfaat yang begitu banyak. Semua fitur yang kamu harapkan ada semua di dalam plugin SEOPress ini yang meliputi judul meta, meta deskripsi, dukungan grafik terbuka, gambar dan konten peta XML, redirect, dan masih banyak lagi.

Hadir dengan menu pengaturan yang mudah untuk para pemula dan juga hadir dengan pengaturan kontrol lanjutan untuk para pengguna yang sudah berpengalaman. Dengan semua kelebihan dan keunggulan yang dimilikinya, tidak heran kalau Plugin SEOPress menjadi salah satu plugin SEO jempolan yang banyak digandrungi oleh banyak pengguna.

Kenapa para pengguna WordPress lebih memilih plugin SEOPress daripada plugin Yoast SEO? Alasannya adalah karena versi premium dari plugin SEOPress ini jauh lebih murah dan muncul dengan banyak fitur canggih yang hampir mirip dengan plugin Yoast SEO.

Rank Math

Plugin SEO WordPress Jempolan

Plugin Rank Math merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang ramah pengguna yang saat ini penggunaannya sangat berkembang pesat. Kamu bisa mengoptimasi situs website kamu di situs pencarian Google dan juga di media sosial dengan lebih mudah. 

Baca Juga  Catat! 15+ Kesalahan SEO yang Harus Dihindari [Terbaru]

Hadir dengan panduan pengaturan, plugin Rank Math dapat mengimpor seluruh data yang terdapat dari plugin SEO sebelumnya secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menambahkan judul meta, meta deskripsi, dan metadata grafik ke postingan situs website kamu, dapat membuat peta situs XML, bisa terhubung dengan Google Search Console, dan dapat mengontrol beberapa akses ke fitur plugin berdasarkan dengan peran dari si pengguna. Simak artikel cara instal RankMath untuk memulainya!

Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah tools yang dihadirkan oleh Google secara gratis yang diperuntukan untuk pemilik situs website dalam membantunya untuk memantau dan mempertahankan keberadaan sebuah situs website mereka di hasil pencarian Google.

Plugin Google Search Console atau yang disingkat dengan GSC ini dapat memberitahumu ketika pihak Google tidak bisa menelusuri dan mengindeks halaman di situs website kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa tips yang bermanfaat tentang bagaimana cara memperbaiki kesalahan penelusuran tersebut.

GSC ini dapat menunjukan kepada kamu beberapa pilihan kata kunci yang baik untuk situs website kamu, tautan teks, posisi rata-rata (average position), tayangan (impression) dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan data dari GSC ini, dengan mudahnya kamu dapat menemukan kata kunci terbaik hanya dengan mengoptimasi konten yang ada pada situs website kamu. Selain itu dengan data yang ada, kamu akan mendapatkan ide postingan baru untuk artikel kamu. 

Tertarik menggunakan Google Search Console? Yuk mulai dengan panduan daftar website di Google Search Console!

Ahrefs

Plugin Ahrefs merupakan salah satu tools SEO WordPress yang all in one dan diperuntukan untuk pemilik situs website, blogger, serta juga pemilik bisnis. Plugin SEO WordPress ini merupakan alternatif paling familiar dari SEMrush dan banyak menawarkan tools dan fitur yang hampir sama.

Dengan plugin Ahrefs, kamu dapat melakukan observasi kata kunci yang tepat, menganalisis persaingan dengan kompetitor, observasi backlink yang tepat, dapat memantau peringkat kata kunci terbaik dan masih banyak lagi.

Selain itu, plugin Ahrefs juga menawarkan tools yang dapat digunakan untuk menganalisis konten secara terperinci yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan konten sembari melakukan penargetan kata kunci tertentu.

Berbeda dengan plugin SEO WordPress lainnya, keunggulan dari plugin Ahrefs adalah dapat menganalisis backlink. Di mana kamu bisa melihat situs website mana saja yang ditautkan ke beberapa link situs website kompetitor. Dengan plugin Ahrefs, kamu bisa mendapatkan lebih banyak tautan balik dan bisa membangun koneksi.

Keunggulan plugin Ahrefs lainnya adalah dapat membantu kamu dalam mengidentifikasi sebuah konten yang duplikat dan kanibalisasi keyword dengan lebih baik, di mana dapat membantu kamu menggabungkan dan juga meningkatkan peringkat di mesin pencarian Google.

KeywordTool.io

KeywordTool.io merupakan salah satu tools SEO jempolan yang digunakan untuk meneliti kata kunci yang bisa didapatkan secara gratis. Dengan KeywordTool.io, kamu bisa menghasilkan ide kata kunci dengan hanya mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Nantinya saran kata kunci yang tepat akan muncul dan dikumpulkan dari fitur saran Google secara otomatis.

Selain itu, dengan KeywordTool.io kamu bisa mendapatkan secara mudah volume pencarian, biaya per klik nya dan data lain untuk per kata kunci namun kamu harus meningkatkan tools KeywordTool.io kamu ke paket berbayar yang mereka sediakan.

All in One SEO Pack

SEO All in One SEO Pack merupakan salah satu plugin SEO WordPress paling terkenal yang banyak menawarkan beberapa tools lengkap yang bisa digunakan untuk meningkatkan situs website kamu. Dengan All in One SEO Pack, dapat memudahkan kamu dalam menambahkan judul SEO yang kamu inginkan, meta tag, meta tag grafik terbuka, peta situs XML, peta situs website gambar, dan masih banyak lagi.

Hadir dengan beberapa pengaturan yang lebih mudah yang memungkinkan kamu untuk mengakses ke pengaturan yang berbeda menggunakan fitur management. Yang mana plugin All in One SEO Pack ini dapat memberikan kamu akses lebih ke banyak addon.

All in One Schema Rich Snippets

Rich Snippets merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang memungkinkan kamu untuk membuat situs website bisa terlihat lebih menonjol dalam hasil pencarian Google dengan menunjukkan ranking berupa bintang di bawah ulasan, harga di bawah produk, gambar atau berupa video di samping deskripsi dan lain sebagainya. Di mana mesin penelusuran Google menggunakan data yang ada dalam format Skema untuk mendapatkan informasi ini.

Baca Juga  15+ Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google

Plugin All in One Schema Rich Snippets dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan situs website dengan menambahkan meta data Skema ke situs website kamu.

MonsterInsights

Saat ini banyak sekali pemula yang masih mengandalkan tebakan terbaik mereka untuk membuat sebuah keputusan pemasaran. Dengan hadirnya plugin MonsterInsights, kamu tidak perlu lagi melakukan hal tersebut. Karena kamu bisa dengan mudah mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang kamu butuhkan ketika ingin meningkatkan strategi SEO untuk situs website kamu.

Apa itu plugin MonsterInsights? Plugin MonsterInsights merupakan salah satu plugin Google Analytics untuk WordPress yang memungkinkan kamu untuk menginstal dengan mudah Google Analytics di WordPress dan menampilkan beberapa laporan yang bisa dibaca oleh manusia di dalam dashboard WordPress kamu.

Dengan plugin MonsterInsights, dapat memberitahukan kamu tentang darimana para pengguna situs website kamu berasal, konten teratas kamu, apa yang dilakukan oleh para pengguna di situs website kamu dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa melacak SEO WooCommerce kamu dengan melihat produk mana saja yang paling terkenal dan di mana kamu kehilangan para pelanggan.

SEOquake

SEOquake merupakan salah satu tools SEO yang bermanfaat untuk para pemilik situs website. Hadir sebagai addon browser untuk beberapa browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari.

Dengan SEOquake, kamu bisa mendapatkan informasi atau data mengenai SEO untuk situs website apapun. Informasi atau data ini meliputi kesehatan halaman, peringkat situs di Alexa, pembaharuan terakhir, dan banyak parameter lainnya. Dengan kata lain, SEOquake merupakan salah satu addons browser yang banyak digunakan dan di download oleh para pakar SEO.

Selain itu, toolbar pada SEOquake bisa menampilkan semua hasil pencarian informasi yang sama saat kamu mengetikkan keyword atau kata kunci. Informasi dan data ini bisa sangat bermanfaat apabila kamu melakukan penilaian terhadap persaingan untuk kata kunci yang berbeda. Kamu bahkan bisa mengunggah hasil pencarian keyword dalam format .CSV.

Broken Link Checker

Tahukah kamu? Jika tautan atau link yang rusak bisa mempengaruhi SEO di situs website dan juga bisa memberikan pengalaman yang kurang baik bagi para pengguna.

Apabila kamu sudah menjalankan website selama beberapa waktu lamanya, kamu harus memeriksa situs website kamu secara berkala apakah terdapat tautan atau link yang rusak dan apabila ada yang rusak kamu harus segera untuk memperbaikinya.

Plugin Broken Link Checker merupakan plugin SEO WordPress yang bisa kamu dapatkan secara gratis yang memungkinkan kamu dapat menemukan tautan atau link yang rusak di situs WordPress kamu. Dengan Plugin Broken Link Checker, kamu bisa langsung memperbaiki tautan atau link tersebut tanpa harus mengedit terlebih dahulu postingan kamu.

WP Rocket

Kecepatan suatu situs website dalam search engine merupakan salah satu faktor utama di dalam mesin pencarian. Itulah kenapa kamu harus selalu memantau kecepatan dan kinerja situs website kamu untuk memastikan kecepatan tersebut tidak mempengaruhi SEO kamu.

Oleh karena itu, cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs website adalah dengan mengaktifkan caching. Plugin WP Rocket merupakan salah satu plugin SEO WOrdPress jempolan yang ada di pasaran yang memungkinkan kamu dapat mengatur caching tanpa harus mendalami hal-hal yang bersifat teknis.

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali plugin SEO WordPress yang bisa kamu coba namun pilihlah yang paling jempolan yang sudah terbukti memberikan hasil yang baik untuk situs website kamu. Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel ini, di mana terdapat 14 plugin SEO WordPress terbaik yang wajib kamu coba dan tidak boleh sampai kamu lewatkan.

Sebagai seorang pemilik website tentunya sangat memerlukan sekali plugin SEO untuk mempermudah dalam melakukan optimasi pada situs websitenya. Dengan adanya plugin SEO, tentunya menaikkan peringkat di mesin pencarian Google menjadi lebih mudah.

Bagi kamu seorang pemula, jangan takut ketinggalan! Karena kamu bisa membuat website pertama kamu menggunakan hosting Indonesia terbaik dari Exabytes. Hosting ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menciptakan website profesional namun dengan harga yang relatif terjangkau dan murah. Jika kamu ingin meningkatkan SEO website dengan lebih praktis, kamu dapat mencoba layanan SEO terbaik untuk mengelola kinerja website di mesin pencari. Mulai sekarang!

Sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya. Selamat membaca!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments