7 Tips Tetap Efektif dan Produktif Saat Work From Home

0
3625

Hi Exabytes Friends!

Saat ini Indonesia tengah dihadapi oleh permasalahan kesehatan dunia yaitu COVID 19. Dilansir dari CNN Indonesia pada hari Minggu (15/3) jumlah pasien yang positif corona sudah mencapai 117 pasien. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan edaran sekolah dan universitas diliburkan untuk sementara waktu. 

Termasuk perusahaan yang kini mengambil langkah untuk menghimbau karyawannya yang work from home atau bekerja di rumah sampai tanggal waktu yang ditentukan. Cara ini diambil dikarenakan untuk mencegah COVID-19 agar tidak semakin meluas di masyarakat. Ini adalah bentuk social distancing atau jaga jarak sosial dimana masyarakat dihimbau untuk menjaga diri agar nggak berada di pusat keramaian yang melibatkan banyak orang terlebih dahulu sebelum kasus COVID 19 ini mereda.

7 Tips Tetap Efektif dan Produktif Saat Work From Home - 2024

Buat kamu yang saat ini work from home, kamu patut memperhatikan beberapa hal. Nah, berikut ini adalah 7 tips tetap efektif dan produktif saat work from home yang bisa Exabytes Friends terapkan nih. Simak yuk dalam artikel berikut ini 

Menentukan Jam Kerja

Meskipun kalian kerja di rumah tetapi sebaiknya kamu juga menentukan jam kerja. Hal ini berguna untuk mendisiplinkan diri agar bisa on time mengerjakan pekerjaan sesuai waktu. Walau kamu bisa fleksibel mengatur kapan kamu kerja entah pagi, siang atau malam dan bisa istirahat sesuai keinginanmu tapi yang penting deadline kamu harus dikerjakan tepat waktu ya. 

Jika ingin lebih produktif, bekerja di pagi hari adalah waktu yang tepat. Di pagi hari, otak kamu masih fresh dan masih bersemangat untuk melakukan banyak hal. Atau jika kamu memang merasa waktu produktif itu saat malam hari, boleh juga asalkan nggak sering-sering begadang ya supaya kamu nggak jatuh sakit. 

Jika tidak, bekerjalah sesuai dengan jam kantor kamu seperti yang diterapkan oleh Exabytes dimana Exabytes memberlakukan Work From Home dari pukul 08:00 -17:00. 

Oh iya sebagai tambahan, jika biasanya kamu melakukan absensi di kantor maka mulai sekarang kamu bisa terapkan absensi online di rumah. Biasanya ada aplikasi yang memudahkan kamu untuk absensi contohnya seperti Easywork. Jangan lupa untuk klik clock in dan clock out juga ya sesuai dengan working hour kamu meskipun kamu kerja remote di rumah.

Buat Jadwal atau To Do List

Membuat to do list apa yang harus dilakukan penting banget lho, Exabytes Friends. Dengan adanya jadwal membuat kamu lebih terorganisir. Kamu bisa mengerjakan mana yang lebih prioritas dan bisa mencegah kamu agar tidak kelewatan mengerjakan tugas atau nggak menunda pekerjaan lain. 

Kamu bisa memasang to do list di meja, dinding atau di buku agenda. Atau kamu bisa mendownload aplikasi to do list di handphone kamu agar kamu bisa bisa mengeceknya sewaktu-waktu. Pastikan kamu tetap produktif dan mampu mengerjakan semua deadline walaupun sedang work from home ya..

Mencari Tempat Yang Nyaman dan Kondusif

Jangan remehkan hal ini ya karena tempat itu berpengaruh ke produktivitas kerja kamu. Kamu harus siapkan tempat yang nyaman untukmu. Selain nyaman, tempatnya juga harus tenang agar bisa fokus dengan pekerjaanmu. Kamu bisa menentukan sendiri mau kerja di kamar atau ruangan lainnya. Selain ruangan, kamu perlu juga punya kursi, meja dan laptop untuk menunjang pekerjaanmu. Sediakan juga botol air minum di dekatmu, snack ringan dan earphone yang bisa membuatmu nggak suntuk selama kerja ya. Untuk di situasi seperti ini, Mimin sarankan kamu untuk tetap bekerja di rumah dan hindari mengunjungi public area ya, guys!

Pastikan Ada Koneksi Internet

Percuma saja kamu sudah bekerja tetapi kamu nggak bisa mengirimkan kerjaanmu melalui  email atau melakukan video chat dengan rekan kerjamu kalau nggak ada internet. Pastikan koneksi internet di rumah kamu cepat dan stabil untuk kelancaran pekerjaanmu ya. Jika perlu, siapkan modem atau mifi sendiri untuk berjaga-jaga ya Friends. 

Eits tapi jangan pergi ke public space yang ada wifi ya Friends, kan kamu harus social distancing dulu sementara waktu karena COVID-19.

Aplikasi Komunikasi Yang Mendukung

Jangan lewatkan ya selama di rumah agar nggak ketinggalan info soal kerjaan. Ada banyak aplikasi komunikasi yang digunakan untuk bekerja. Salah satunya adalah Slack dan Hangout yaitu chat-based workspace atau sarana komunikasi berbasis kerja. 

Slack ini akan membuatmu terhubung dengan rekan kerja perusahaanmu. Aplikasi ini lebih efisien untuk membicarakan soal kerjaan dibandingkan aplikasi seperti WhatsApp yang membuatmu bisa keditsraksi dengan urusan personal. Pastikan turn on ya Slack, Hangout atau aplikasi untuk berkomunikasi dengan rekan kerjamu ya.

Jauhkan Dari Hal Yang Membuatmu Terdistraksi

Salah satu tantangan bekerja di rumah adalah mudah terdistraksi dengan banyak hal. Karena nggak ada yang mengawasi kamu bekerja secara langsung, kamu bisa saja terganggu dengan suara televisi sehingga kamu malah nonton tv dan lupa mengerjakan pekerjaanmu. Atau malah terlalu asik dengan gadget atau scrolling sosial media sampai lupa waktu. Selain itu, buat kamu yang bekerja di kamar akan membuatmu tergoda untuk terus rebahan hingga kamu mengabaikan deadlinemu.

Untuk itu sebaiknya jauhkan hal-hal itu dari kamu untuk sementara waktu ya dan bekerja di luar kamar dulu agar kamu nggak terlena melakukan hal lain di luar pekerjaanmu.

Menjaga Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Last but not least, keep communication with your co-worker. Karena kamu nggak bertatapan muka bisa saja ada miscommunication soal kerjaan. Kamu perlu jelasin soal kapan jam kerja kamu selama di rumah. Jelaskan progress kerjaan yang kamu kerjakan dan tanyakan apa yang perlu dikerjakan atau nggak. Sampaikan semua itu lewat aplikasi chatting yang digunakan.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk kalian semua ya. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan selamat bekerja di rumah Exabytes Friends!